5 Aplikasi WiFi untuk Menjadikan Laptop & PC Menjadi Router Hotspot

Smartphone Android telah menyediakan fitur untuk membuat hotspot portabel alias tethering untuk berbagi koneksi internet kamu ke banyak perangkat, tapi tidak ada fitur seperti itu di komputer Windows, yang membuat kita harus mencari aplikasi gratis terbaik WiFi hotspot untuk komputer kita.

Dengan aplikasi WiFi hotspot tadi, kamu nantinya bisa menjadikan laptop sebagai WiFi hotspot hanya dengan beberapa klik. Pada artikel ini juga terdapat cara membuat WiFi hotspot tanpa aplikasi alias hanya menggunakan command prompt saja.

Aplikasi Share WiFi Laptop atau PC

1. Connectify

Aplikasi Share Wifi Connectify

Connectify sebenarnya adalah aplikasi hotspot berbayar, namun tersedia versi gratisan-nya dengan fitur yang terbatas, tapi cukupan kok.

Versi gratis Connectify bekerja dengan baik dalam share koneksi internet kamu dan berjalan dengan baik di Windows 7 dan 8. Ketika DSG membandingkan Connectify Free dengan aplikasi lain dalam daftar ini, aplikasi lain cenderung lebih unggul karena dapat membagikan koneksi dari perangkat 3G dan 4G serta fitur tambahan lainnya.

Versi berbayar-nya dapat menghilangkan timer shut-off hotspot dan dapat share internet dari perangkat 3G dan 4G.

Link Download

 

2. MaryFi

Aplikasi WIFI Maryfi

MaryFi adalah aplikasi router WiFi berbasis aplikasi yang membantu kamu membuat WiFi hotspot dan kemudian share koneksi internet yang aktif di PC Windows kamu.

MaryFi juga dapat digunakan sebagai WiFi repeater (kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk menerima sinyal dari sebuah modem WiFi dan melakukan propagasi ulang sinyal tersebut dengan fitur WiFi yang tersedia pada komputer kamu). Dengan kata lain, jika kamu mengaktifkan MaryFi namun tidak ada koneksi internet aktif di PC kamu, aplikasi ini akan mengakses shared folders di PC kamu dari perangkat lain, atau bermain game multiplayer, memanfaatkan LAN.

MaryFi ini gratis dan mendukung sistem operasi Windows 7. MaryFi memiliki antarmuka yang minimalis serta pendekatan yang mudah dimengerti saat kita mengakses fitur-fitur nya. Jadi, apabila kamu ingin share wifi dari laptop, cobalah MaryFi. Walau gratis, MaryFi tidak menyertakan iklan di aplikasinya. User experience tidak terganggu deh :D

Link Download

 

3. MyPublicWiFi

Aplikasi WIFI MyPublicWiFi

Ini dia aplikasi lain untuk membuat WiFi hotspot yang mudah digunakan, MyPublicWiFi. Aplikasi ini merupakan freeware dan mendukung Windows 7,8 dan Windows Server 2008.

Karena aplikasi ini mendukung prosesor dengan arsitektur 32 dan 64 bit, MyPublicWiFi berjalan lancar di device apapun selama itu berbasis Windows. Fitur-fitur utamanya adalah:

  • Kamu dapat mengetahui device apa saja yang ter-koneksi dengan WiFi hotspot kamu, jadi walaupun kamu membuat sebuah open network, kamu masih bisa mengetahui siapa saja yang terhubung ke koneksi hotspot kamu.
  • Terdapat fitur URL Logging, sehingga kamu tahu situs (beserta detailnya) apa saja yang diakses selama sesi hotspot dibuka.
  • Kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai WiFi repeater untuk memperpanjang sinyal home WiFi atau koneksi lain. Kamu juga dapat memperluas jangkauan modem WiFi kamu dalam beberapa detik saja.

Link Download

 

4. mHotspot

Aplikasi Wifi mHotspot

mHotspot adalah aplikasi untuk membuat koneksi hotspot yang mudah digunakan. Cukup pilih nama untuk hotspot, password, sumber koneksi internet dan jumlah maksimum klien. mHotspot bekerja di Windows 7 dan 8.

Fitur:

  • Hotspot dapat melayani hingga 10 klien. Kamu diberi fitur untuk membatasi jumlah perangkat yang ter-koneksi ke hotspot kamu.
  • Kamu dapat mengetahui detail perangkat WiFi yang terkoneksi dan detail konsumsi resource mereka.
  • Jika dibandingkan dengan yang lain, mHotspot punya ukuran file yang sangat kecil (sekitar 400 KB). Mendownload-nya tidak akan menjadi masalah walaupun koneksi internet mu empot-empotan…

mHotspot adalah aplikasi yang bagus jika kamu butuh aplikasi untuk membuat WiFi hotspot dengan banyak fitur tanpa menghabiskan banyak waktu! DSG suka fitur-nya yang dimana kita dapat memilih sumber koneksi internet sebelum membuat hotspot.

Link Download

 

5. My WIFI Router

Catatan: aplikasi ini tidak bisa digunakan di Windows 10

My WIFI Router adalah aplikasi gratis untuk membuat WiFi hotspot di komputer Windows. Aplikasi ini mendukung versi Windows XP, 7, dan 8 baik arsitektur 32 maupun 64 bit.

Fitur Lainnya:

  • Manajemen perangkat yang ter-koneksi lebih mudah serta kamu dapat membatasi kecepatan, blacklist, atau mengganti nickname tiap perangkat. Jadi, jika kamu ingin membatasi beberapa perangkat usil yang nyolong bandwidth, batasi saja perangkat tadi lewat client management.
  • Kemampuan untuk share koleksi video kamu menggunakan WiFi jadi kamu bisa menonton video yang tersimpan di PC, langsung dari smartphone kamu. Jika kamu mengaktifkan fitur Share Video, kamu akan diberi alamat IP; alamat IP tadi ketik di browser device lain untuk browsing dan memutar video yang tersimpan di folder tertentu pada PC-mu.

Dengan adanya fitur tadi, My WIFI Router adalah aplikasi WiFi hotspot yang powerful, apalagi dilengkapi dengan antarmuka minimalis dan mudah dimengerti.

Link Download

Link Alternatif

 

Cara membuat WiFi Hotspot tanpa install aplikasi apapun (cara manual)

DSG sudah memberikan daftar aplikasi gratis untuk membuat WiFi hotspot. Tapi jika kamu sedang tidak memungkinkan untuk download/lebih suka yang manual, berikut ini cara membuat WiFi hotspot menggunakan Windows Command Prompt.

1. Buka command prompt dengan akses admin (administrative privileges). Klik kanan pada ikon Command Prompt dan pilih Run as Administrator.

Aplikasi WIFI start CMD

2. Sekarang, cek apakah PC kamu support untuk membuat WiFi hotspot. Ketik command berikut di command prompt: netsh wlan show drivers 

3. Hasil command tadi akan menunjukkan hasil seperti gambar dibawah. Cek apakah PC kamu mendukung Hosted Network. Jika Ya, kamu bisa lanjut. Jika Tidak, berarti kamu tidak bisa membuat WiFi hotspot menggunakan metode ini.

4. Jika WiFi network card kamu mendukung Hosted Network, kamu dapat membuat hotspot baru dengan sebuah command seperti berikut. Sesuaikan value SSID menjadi nama hotspot yang kamu inginkan, key menjadi password yang kamu inginkan: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Namahotspot key=passwordKamu.

Aplikasi Wifi keypassword

5. Apabila sukses, kamu akan mendapat notifikasi bahwa mode hosted network telah diatur menjadi ‘allow’ dan username serta password berhasil diubah. Sekarang kamu sudah berhasil membuat WiFi hotspot tapi kamu perlu mengaktifkan-nya dengan command: netsh wlan start hostednetwork 

Aplikasi WIFI start hostednetwork

6. Jika ingin mematikan hotspot: netsh wlan stop hostednetwork 

Aplikasi WIFI Stop Hosted Network

7. Untuk mengetahui detail WiFi hotspot yang telah dibuat, gunakan command netsh wlan show hostednetwork.

Aplikasi Show Hosted Network

Sip! Kamu sudah bisa membuat WiFi hotspot di PC Windows hanya dengan command prompt! Sekarang ikuti langkah dibawah untuk share koneksi internet.

1. Akses Network and Sharing Center (Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center) dan klik pada Koneksi Internet Sumber/ Utama

Aplikasi WIFI Network and Sharing Center

2. Klik Properties


3. Akses tab Sharing dan centang Allow other network users through this computer internet connection.

Aplikasi Wifi Shared Connection

4. Pada pilihan dropdownHome Network Connection” Pilih network/ jaringan yang baru dibuat. Sebagai contoh disini koneksi saya adalah “Local Area Connection* 12

 

***

Berbicara mengenai yang favorit, My WIFI Router bisa jadi jawaban, karena proses pembuatan hotspot nya cepat dan kemampuan berbagi video ke seluruh jaringan. Untuk pertanyaan yang sering ditanyakan dan solusinya lihat kolom komentar

71 Komentar
  1. christian h tambun berkata:

    saya pengguna samsung j3 pro dan sudah saya dowload My WiFi Router anehnya android lain dapat meng akses wifi dari laptop saya, akan tetapi tidak dapat terkoneksi dengan android saya. mohon bantuannya terimakasih.

    • Firman Herdiansyah berkata:

      coba di “forget”/ hapus dulu koneksi wifinya di Androidnya lalu coba koneksi lagi. Pastikan pengaturan IP Android-nya otomatis (DHCP)

  2. Esa berkata:

    bang kalo mau buat max cilents nya 30 gimana?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Jumlah klien maksimal tergantung dari dua faktor utama: 1 Kemampuan perangkat kerasnya (wifi adapter), dan konfigurasi administratif. Ada kemungkinan perangkat keras WiFi kamu tidak mendukung lebih dari dua klien.

      Untuk menghapus pembatasan dari sisi konfigurasi administratif, coba ikuti langkah berikut ini (Perhatikan bahwa proses ini akan menghapus SSID dan password hotspot yang telah di konfigurasikan, jadi kamu harus membuatnya lagi)

      net stop wlansvc
      reg delete hklm\system\currentcontrolset\services\wlansvc\parameters\hostednetworksettings /v hostednetworksettings
      net start wlansvc
      netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=arby key=87654321 <<< buat hotspot baru netsh wlan start hostednetwork netsh wlan show hostednetwork

  3. firman berkata:

    gan saya sudah connect, tapi baru sebentar kok putus ya. padahal di HP keterangannya connect

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.