5 Aplikasi untuk Mengetahui Orang yang Memakai WiFi Kita

Teknologi WiFi ada dimana-mana dan sepertinya hampir semua perangkat elektronik disekitar kita memiliki koneksi jaringan nirkabel. Mulai dari laptop, tablet, kamera digital, printer, smartphone, konsol game, jam tangan pintar dan banyak perangkat lainnya dapat terhubung satu sama lain melalui koneksi WiFi. Tapi pengaturan jaringan nirkabel juga menghadirkan beberapa permasalahan saat berhubungan dengan jaringan yang menyertainya.

Pengaturan jaringan WiFi kamu sendiri dengan perlindungan yang memadai seperti WPA2 dan penggunaan password yang kuat sangat penting, namun tetap ada kemungkinan orang lain memakai wifi kita tanpa sepengetahuan kamu. Mungkin mereka teman, tetangga atau anggota keluarga yang secara sengaja maupun tidak telah memberitahu orang lain kredensial WiFi kita kepada orang lain dan orang-orang yang bahkan kamu tidak tahu bahwa mereka memiliki akses ke jaringan dan file. Meskipun banyak router memiliki pengamanan tambahan seperti filter alamat MAC, mungkin hal ini tidak dikonfigurasi atau seseorang telah berhasil mengelabui ini.

Banyak router modern akan memberi kamu daftar perangkat kabel dan nirkabel yang membuat koneksi ke jaringan, namun pada beberapa perangkat akan sulit menemukan informasi itu. Cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi untuk mendapatkan daftar perangkat yang terhubung.

Aplikasi untuk mengetahui orang yang memakai wifi kita

1. Wireless Network Watcher

Aplikasi untuk Mengetahui Orang yang Memakai WiFi Kita wnetwatcher

Hal yang baik dari Wireless Network Watcher adalah tidak memerlukan pengaturan alamat IP dan akan secara otomatis mulai scan adaptor jaringan utama pada perangkat. Jika kamu ingin scan range alamat adaptor atau khusus yang berbeda, gunakan “Advanced Options” dengan menekan F9.

Scan range IP cepat hanya membutuhkan beberapa detik, setelah itu kamu mendapatkan informasi seperti IP, nama perangkat, alamat MAC, produsen adaptor, jumlah perangkat yang terdeteksi dan statusnya. Wireless Network Watcher dapat bekerja untuk memantau secara terus menerus pada jangkauan IP untuk mendeteksi perangkat baru yang terhubung dan yang terputus, kamu dapat mengatur balon notifikasi dan peringatan audio saat perangkat terdeteksi atau terputus. Interval scan pada latar belakang dapat diatur dalam hitungan detik melalui jendela Advanced Options (F9).

 

2. SoftPerfect WiFi Guard

Aplikasi untuk Mengetahui Orang yang Memakai WiFi Kita SoftPerfect WiFi Guard

SoftPerfect WiFi Guard merupakan versi yang lebih mendasar dari Scanner Jaringan SoftPerfect yang lebih cocok hanya untuk mendeteksi koneksi jaringan yang tidak dikenal atau tidak sah. Aplikasi ini akan scan jaringan kamu untuk perangkat yang terhubung dan menelusuri ulang setiap beberapa menit, dan akam memunculkan pesan jika ada sambungan yang tidak diketahui.

Jika kamu memiliki lebih dari satu adaptor jaringan aktif, aplikasi akan memunculkan jendela pengaturan saat diluncurkan untuk memilih adaptor yang ingin kamu scan, jika tidak kamu akan dibawa ke jendela utama yang terdapat tombol “Scan Now” untuk mendeteksi semua perangkat yang terhubung ke jaringan.

Jika kamu mendapati perangkat yang kamu kenal atau kamu izinkan untuk terkoneksi namun memiliki tanda merah, klik dua kali pada IP perangkat tersebut dan centang kotak “I know this computer or device“, yang mana akan memberi tahu aplikasi bahwa perangkat yang terhubung itu kamu ketahui. WiFi Guard akan menjalankan scan setiap 0 sampai 60 menit (default adalah 30 menit) dan akan memunculkan popup pesan di layar jika perangkat baru yang tidak diketahui telah terdeteksi.

 

3. Advanced IP Scanner

Aplikasi untuk Mengetahui Orang yang Memakai WiFi Kita Advanced IP Scanner

Ini adalah aplikasi seputar administrasi jaringan yang dapat melakukan sejumlah tugas selain scan jaringan kamu untuk koneksi. Ada juga pilihan remote untuk Wake-on-LAN dan shutdown, terhubung melalui HTTP/ FTP juga remote control dengan Remote Desktop dan Radmin. Tentu saja fitur tersebut tidak diperlukan apabila tujuan kamu hanya untuk scan jaringan kamu untuk melihat koneksi WiFi.

Secara default Advanced IP Scanner akan mengatur range alamat untuk semua koneksi di komputer, hanya range IP koneksi WiFi yang kemungkinan besar harus discan. Jika kamu hanya memiliki satu sambungan aktif, kamu tidak perlu mengatur range IP. Setelah scan, semua koneksi akan ditampilkan bersama dengan produsen perangkat nirkabel, alamat MAC dan namanya. Advanced IP Scanner tidak harus diinstal karena memiliki versi portable yang dapat dipilih saat menjalankan setup file exe-nya.

 

4. Angry IP Scanner

Aplikasi untuk Mengetahui Orang yang Memakai WiFi Kita Angry IP Scanner

Angry IP Scanner adalah aplikasi multi platform yang bekerja pada Windows, Mac juga Linux. Aplikasi ini hanya menampilkan setiap alamat IP di kisaran yang dipilih untuk sebuah respons dan kemudian menampilkan hasilnya beserta informasi yang kamu minta pada jendela Fetchers.

Untuk memilih alamat IP yang akan discan, kamu dapat memasukkan sendiri atau klik tombol IP dan pilih adaptor jaringan yang ingin di scan. Kemudian klik drop down di sebelah kanan untuk memilih range. Kamu juga bisa menggunakan file teks yang memiliki daftar IP jika memerlukan setup yang rumit. Proses scanning cukup cepat karena aplikasi menggunakan beberapa thread. Untuk melihat hasil dari semua alamat yang discan, buka Tools > Preferences > Display dan pilih “All scanned hosts“, ini akan menampilkan perangkat lain yang mungkin terhubung namun tidak merespons ping.

 

5. Who Is On My WiFi

Aplikasi untuk Mengetahui Orang yang Memakai WiFi Kita Who Is On My WiFi

Aplikasi ini sedikit berbeda dari yang lain karena tugas utamanya adalah mengidentifikasi komputer di jaringan kamu dan memperingatkan kamu bila koneksi yang tidak diketahui atau tidak dikenal. Sayangnya salah satu fungsi yang paling berguna untuk memblokir koneksi yang tidak diketahui atau mencurigakan hanya tersedia jika kamu mendaftar sebagai member berbayar. Walau begitu versi gratisnya masih memungkinkan kamu untuk scan dan menemukan semua perangkat yang terhubung ke jaringan kamu.

Hal pertama yang diperlukan adalah mengkonfigurasi range alamat IP untuk di scan dengan mengklik tombol Settings dan memasukkan kisaran yang kamu butuhkan untuk jaringan kamu, seperti 192.168.0.1 – 192.168.0.254. Jika kamu tidak yakin pergi ke tab Diagnostik di Settings dan klik “Detect IP Ranges” untuk melihat apa yang jaringan kamu gunakan saat ini. Kemudian jalankan scan dan perangkat pada jaringan yang akan diidentifikasi.

Jika kamu tetap menjalankan Who Is On My WiFi di latar belakang, Who Is On My WiFi akan menampilkan pesan saat perangkat jaringan yang tidak dikenal terdeteksi, secara default Who Is On My WiFi akan melakukan scan setiap 5 menit meskipun kamu dapat mengubah waktu ini menjadi antara 2 dan 10 menit di Pengaturan. Pastikan untuk menutup Who Is On My WiFi dari ikon system tray jika kamu tidak ingin menggunakan fitur pemantauan.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.