5 Cara Menemukan File Gambar Duplikat pada Windows

Kalau kamu tipe orang yang suka save gambar, meme, foto, wallpaper, atau jenis citra lain, bisa jadi sekarang di hard drive kamu ada banyak banget file gambar yang kembar. Kalau cuma sedikit yang ganda sih gak begitu terasa, tapi bagaimana kalau yang duplikat ada ribuan, dan kebanyakan dari mereka bersifat raw images dengan ukuran besar? Kan menuh-menuhin ya.

Yuk buang jauh-jauh rasa malas (untuk sementara) dan mulai rutin membersihkan folder-folder tempat kita menyimpan gambar.

Tentunya tidak manual dalam mencari file gambar duplikat, melainkan dengan bantuan software gratisan. Berikut ini daftar 5 aplikasi (urutan tidak menunjukkan peringkat) yang dapat menemukan file gambar duplikat pada komputer Windows.

1. Dup Detector

Cara Menemukan File Gambar Duplikat pada Windows Dup Detector

Dup Detector mengharuskan gambar yang dipindai berada dalam satu folder. Kalau sudah, pertama-tama aplikasi ini akan membandingkan pixel data dari tiap gambar. Nantinya, data tersebut disimpan dalam sebuah file data dan akan menemukan gambar duplikat dengan membandingkan tingkat kesamaan dari pixel data. Tampilan aplikasi terdiri dari empat tab: Method, Get Data, Find Dups, dan View Dups.

Tab Method memberi opsi untuk menemukan file gambar duplikat dalam satu koleksi gambar, antara dua koleksi, atau membandingkan satu gambar dengan semua gambar dalam sebuah koleksi. Pada Get Data kita bisa membuka sebuah file data (contoh: daftar file gambar) atau membuat data file baru. Tab Find Dups adalah dimana kamu bisa mengatur kriteria persamaan gambar seperti prosentase kesamaan, warna, dan pencahayaan. Sedangkan View Dups adalah tab untuk memperlihatkan hasil file gambar yang cocok kesamaannya. Kamu bisa melakukan setting aplikasi agar file gambar yang duplikat dihapus secara manual, semi-otomatis, atau otomatis.

Dup Detector kompatibel dengan format file gambar jpg, bmp, png, tif, pcx, tga, wmf, emf, dan psp. Aplikasi ini berukuran kecil, sekitar 1 MB saja.

2. DupliFinder

Cara Menemukan File Gambar Duplikat pada Windows DupliFinder

DupliFinder akan memindai dan mengecek kesamaan gambar dengan menganalisis MD5 sum (semacam sidik jari digital) dari setiap file. Tampilan aplikasinya to the point, kamu bisa browse ke folder gambarmu atau langsung drag and drop. Aplikasi kemudian akan mengecek folder atau sub-folder gambar mana yang identik dan foto mana yang mirip. Setelah itu, tampilan foto yang mirip atau duplikat bisa kamu lihat di results window. Fitur pratinjau-nya akan membantu kita memilih gambar mana yang hendak dihapus. Kecepatan memindainya terbilang lambat, terutama dalam folder gambar berukuran besar, tapi hasil perbandingannya terbilang sangat dekat. Aplikasi berukuran 407 KB ini membutuhkan minimal Java 1.5 dan tersedia untuk OS Windows dan Linux.

3. DoubleKiller

Cara Menemukan File Gambar Duplikat pada Windows DoubleKiller

Seperti namanya, aplikasi ini akan mencari semua tipe file yang dobel dengan membandingkan kombinasi nama, ukuran, tanggal dimodifikasi, atau kontennya. Tidak hanya gambar yang bisa dideteksi aplikasi ini, tapi hampir semua jenis file. Selain itu, kamu bisa melakukan wildcard searches dan menyaring hasil pencarian dengan kriteria-kriteria khusus seperti read only, hidden, dll.

Hasil pencarian (atau penemuan?) akan ditampilkan setelah pemindaian selesai. Kamu dapat memilih file yang akan dihapus secara manual maupun otomatis. Hasilnya juga bisa diekspor ke dalam file teks tab-delimited seperti CSV. Aplikasi ini juga berukuran kecil yakni 793 KB saja.

4. SimilarImages

Cara Menemukan File Gambar Duplikat pada Windows SimilarImages

SimilarImages menemukan gambar duplikat pada hard drive dengan menggunakan sebuah graphics library yang akan mengecek gambar berdasarkan kemiripannya secara komposisi. Hasilnya bergantung dari nilai similarity threshold yang sudah di-set sebelumnya oleh pengguna atau secara default. Aplikasi ini dapat menangani berbagai macam format file gambar dan akan mencari kemiripan dengan mode pencarian Normal, Inclusive (hanya dalam folder yang sama), atau Exclusive (hanya di luar folder). Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk hanya memproses file baru dalam rentang tanggal tertentu.

Tampilan hasil pencariannya terdiri dari dua panel gambar dan beberapa fitur yang bisa dilakukan pengguna, seperti menghapus satu atau kedua file duplikat dan melakukan swap file. Kalau mau menggunakan fitur Semi-automated Deletion juga bisa, dengan mengatur konfigurasi di awal.

5. VisiPics

Cara Menemukan File Gambar Duplikat pada Windows VisiPics

Aplikasi ini sangat kami rekomendasikan untuk mencari dan menemukan file gambar yang sama. Ukuran aplikasinya juga hanya 1.9 MB. VisiPics memiliki lima tingkat penyaringan perbandingan gambar. Salah satu contoh penggunaan aplikasi ini: aplikasi dapat menandai dua file gambar identik tapi memiliki resolusi berbeda sebagai gambar duplikat; atau gambar yang sama tapi berbeda format; bahkan mencari duplikat dengan tingkat kemiripan yang kecil, secara komposisi. Tingkat kemiripan dapat di-set pada slider di aplikasi.

Hasil duplikasi yang terdeteksi akan ditampilkan berdampingan dalam thumbnails dan pada window pratinjau yang lebih besar. Gambar-gambar tersebut bisa ditandai untuk kemudian dihapus, bisa juga diganti nama, ataupun dipindah ke lokasi lain. Mode auto-select akan memberikan kita opsi apakah akan mempertahankan file gambar dengan resolusi lebih tinggi, tipe file mentah/tidak di-kompres, file yang lebih kecil, atau semua opsi yang tersedia. Tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Proses pemindaian juga terbilang cepat. Menurut pengembangnya, aplikasi ini sudah diuji coba untuk pemrosesan 100.000 gambar sebesar 15 GB dan menyelesaikan semua proses hanya dalam waktu 3 jam.

Format gambar yang didukung termasuk JPEG, GIF, PNG, BMP, PCX, TIFF, TGA, dan RAW.

***

Itu tadi beberapa rekomendasi kami untuk menemukan file gambar duplikat dengan aplikasi gratis. Yang mana yang sudah kamu coba? Atau, adakah rekomendasi aplikasi lain yang lebih mudah digunakan dan tentunya, gratis? Kasih tahu ya di kolom komentar…

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.