Review Adobe Audition

Review Adobe Audition

Dalam ulasan Adobe Audition ini, kita akan melihat mengapa kamu mungkin ingin menggunakannya untuk produksi audio. Saat ini ada begitu banyak pilihan untuk merekam dan mengedit audio. Dan Adobe Audition dianggap sebagai opsi “premium” karena beberapa alasan.

Pertama, Adobe audition adalah DAW yang sangat kuat, intuitif, dan fleksibel (“DAW” adalah singkatan dari “Digital Audio Workstation”). Kedua, perlu biaya langganan bulanan untuk menggunakannya.

Sementara banyak orang dapat merekam dan mengedit audio secara gratis dengan Audacity, atau membayar biaya satu kali dan mendapatkan aplikasi Reaper, banyak orang selalu terjebak dengan Audition selama bertahun-tahun.

Tidak ada satu pun DAW yang “benar” untuk digunakan. Ini lebih tentang bagaimana kamu menggunakannya.

Jika kamu tetap menggunakan salah satu DAW dan benar-benar menguasainya, itu akan menghemat waktu kamu dalam jangka panjang, dan berarti kamu mendapatkan kualitas audio yang optimal untuk pertunjukan kamu.

Dalam ulasan Adobe Audition ini saya akan menjelaskan kepada kamu tentang beberapa fitur dan proses favorit dengan Adobe Audition.

Namun, jika kamu berada di sini untuk mengetahui informasi lengkap tentang Audition itu sendiri, mari kita mulai dengan melihat biaya menjalankan aplikasi iniā€¦

Harga Adobe Audition

Harga Adobe Audition

Biaya bulanan Adobe Audition CC adalah Rp424.900, meskipun Paket Tahunan yang dibayarkan setiap bulan turun menjadi Rp283.300

Biaya tahunan prabayar Adobe Audition CC adalah Rp3.237.600

Adobe juga menawarkan paket “Semua Aplikasi”, yang memberi kamu akses ke lebih dari 20 aplikasi (termasuk Audition, Photoshop, dan Illustrator)

Biaya bulanan paket Semua Aplikasi Adobe adalah Rp1.073.000, meskipun Paket Tahunan yang dibayarkan setiap bulan turun menjadi Rp715.100

Biaya tahunan prabayar dari paket Semua Aplikasi Adobe adalah Rp8.095.200

Siswa dan guru berhak mendapatkan diskon dengan paket Semua Aplikasi. Di sini, biaya bulanan adalah Rp269.800 dan biaya tahunan adalah Rp3.237.600.

Fitur

Adobe Audition adalah salah satu aplikasi yang mana kamu mungkin akan menemukan fitur baru setiap kali kamu membukanya. Jadi daripada mencoba menjalankan semua fiturnya, saya pikir saya akan mencantumkan proses favorit dan paling umum.

Multitrack Recording

Multitrack Recording

Memiliki kemampuan untuk merekam banyak trek audio dengan mikrofon terpisah dapat memberi kamu banyak fleksibilitas dan kontrol.

Kamu dapat mengatur tingkat yang sesuai dengan suara setiap orang, kemudian memberi pengaturan equalizer dan perlakuan pemrosesan dalam pascaproduksi pada tiap suara individu.

Fitur ini dapat berguna saat merekam acara diskusi maupun podcast.

Clip & Track Effects

Selama proses pengeditan, kamu dapat menerapkan berbagai efek ke klip audio. Pada Adobe Audition, kamu dapat menerapkan efek ke seluruh trek audio, atau ke klip audio individu. Efek ini bisa apa saja, mulai dari kompresi, EQ, hingga efek reverb atau filter telepon.

Efek ini sama sekali tidak merusak, jadi Efek Clip & Track tidak akan secara permanen membuat perubahan apa pun pada klip audio kamu, dan kamu dapat dengan mudah mengaktifkan dan menonaktifkan efek.

Adaptive Noise Reduction

Review Adobe Audition - Adaptive Noise Reduction

Banyak podcaster menggunakan mikrofon dinamis yang berarti ada tingkat desisan tertentu di audio mereka. Adaptive Noise Reduction sangat bagus untuk membersihkannya. Biasanya proses ini bekerja dengan mengambil sampel secara manual (sekitar 20 detik) dari jenis “noise” yang ingin kamu hapus, lalu menerapkannya ke seluruh klip audio.

Proses Audition Adaptive Noise Reduction berjalan sebagai efek trek audio di multitrack. Bahkan dengan pengaturan default Noise Reduction membersihkan trek vokal dengan sangat baik. Kamu kemudian dapat mengekspor trek audio ini untuk membuat versi audio “bersih” baru untuk digunakan.

Adaptive Noise Reduction menyesuaikan dengan tingkat kebisingan di bawah vokal saat diproses. Jadi, meskipun kamu banyak melakukan penyesuaian selama perekaman, Adaptive Noise Reduction akan beradaptasi dengan variasinya.

Spectral Analysis

Sementara desisan (hisss) yang konstan adalah salah satu bentuk kebisingan yang tidak diinginkan, namun suara lainnya bisa jadi suara terisolasi dari berbagai hal di latar belakang selama perekaman. Ini bisa apa saja mulai dari gonggongan anjing, hingga dering telepon.

Jika suara seperti itu terjadi pada saat yang sama saat seseorang berbicara, dan apa yang mereka katakan sangat penting untuk percakapan, maka kamu tidak dapat mengeditnya dalam menggunakan cara “cut” tradisional.

Dengan analisis spektral, kamu dapat melihat audio dalam bentuk frekuensi, memilih suara yang tidak diinginkan, dan benar-benar menghapusnya.

Seperti jenis pekerjaan pemulihan lainnya, ada batasannya, tetapi ada kalanya proses ini dapat bekerja seperti proses yang ajaib dan benar-benar membantu dalam keadaan darurat.

Envelopes

Review Adobe Audition - Envelopes

Setiap klip dan trek audio di dalam multitrack Audition memiliki garis “envelope” yang melaluinya. Pada klip itu sendiri, kamu dapat menambahkan bingkai utama ke envelope ini, yang memberi kamu kendali penuh atas tingkat volume dan kemampuan untuk menggeser audio dari kiri ke kanan.

Di bawah setiap lagu juga ada area dropdown dengan menu “Show Envelopes”.

Envelopes memberi kamu opsi untuk melakukan pekerjaan di trek audio, bukan klip itu sendiri. Artinya kamu dapat menukar klip yang berbeda dan tetap memiliki perubahan volume dan panning.

Di sini, kamu juga dapat mengontrol envelope EQ. Ini sangat bagus jika kamu tidak ingin menerapkan pengaturan EQ tertentu ke seluruh trek audio, tetapi ingin menangani area tertentu.

Paling umum dalam podcasting, envelope digunakan untuk mengontrol tingkat volume musik, fading out, fading out, dan “fading out” pada ucapan.

Match Loudness

Review Adobe Audition - Match Loudness

Tingkat volume bisa menjadi masalah bagi podcaster. Ada variasi potensial dari segmen ke segmen, episode ke episode, dan acara untuk ditampilkan.

Keseluruhan “loudness” audio biasanya diukur dalam LUFS. Sayangnya, ada sekitar 10 “standar industri” yang berbeda tentang seberapa keras suara podcast.

loudness biasanya berkisar dari -16LUFS (cukup keras) hingga -24LUFS (cukup hening). Saya cenderung berkompromi dengan -19LUFS.

Apa pun yang kamu pilih, mengatur loudness sangat mudah di Adobe Audition. Kamu cukup menyeret file kamu ke jendela Match Loudness, ketik “-19” atau apa pun yang kamu inginkan, tekan Run, dan selesai.

Adobe Audition Essential Sound

Review Adobe Audition - Adobe Audition Essential Sound

Panel Essential Sound telah membantu menyederhanakan Adobe Audition, dan membuatnya lebih mudah diakses oleh pemula.

Adobe Audition Essential Sound pada dasarnya adalah cara lain untuk menambahkan efek ke klip kamu, tetapi dengan cara dipandu.

Adobe Audition Essential Sound bekerja dengan memilih klip di multitrack kamu, dan menetapkan kategori untuk itu yang antara lain: Dialogue , Music , SFX , dan Ambience.

Setelah dipilih, setiap kategori memiliki banyak efek yang dapat kamu pilih. Misalnya pada Dialogue, kamu akan menemukan efek seperti “Make Distant”, “Over the Intercom”, atau bahkan “Podcast Voice”.

Dan di SFX kamu akan menemukan efek seperti “In a Large Room”, atau “From Outside”.

Kamu juga dapat menggunakan kontrol Essential Sound untuk menyesuaikan dan mengatur volume klip, panning, dan tingkat reverb.

Ringkasan

Ini adalah beberapa alasan utama untuk berlangganan Adobe Creative Cloud dan menggunakan Adobe Audition untuk produksi audio.

Saya sendiri bukan penggemar terbesar model langganan, tetapi pembaruan rutin berarti selalu memiliki versi terbaru, dengan fitur baru yang telah mereka luncurkan.

Ini juga berarti dapat mengakses aplikasi lain seperti Photoshop dan Premiere Pro, aplikasi yang tidak pernah mampu saya beli secara langsung.

Jika kamu seorang pemula yang tidak memiliki pengalaman audio sebelumnya dan ingin memulai produksi audio pertama kamu, maka saya selalu merekomendasikan pengujian dengan Audacity. Audacity gratis, dan meskipun tidak sekuat dan sefleksibel Audition, kamu masih dapat mengelola banyak hal di Audacity.

Tetapi jika kamu ingin meningkatkan kemampuan, merampingkan alur kerja, dan benar-benar meningkatkan kualitas audio kamu, saya sarankan kamu untuk mencoba Adobe Audition.

Jika Adobe Audition dan Audacity terlihat terlalu rumit, coba Alitu, Aplikasi Pembuat Podcast. Alitu akan membantu kamu menyederhanakan proses produksi audio secara besar-besaran.