7 CMS Gratis Terbaik Alternatif WordPress

Ketika kita berpikir tentang CMS (Content Management System), WordPress-lah yang muncul pertama kali dalam pikiran kita. Ya, WordPress adalah raja-nya CMS. Sebenarnya CMS bukan hanya WordPress saja, ada banyak alternatif lain yang bisa digunakan.

Walau sifatnya “alternatif”, namun alternatif WordPress ini gratis dan memiliki banyak fungsi. Mungkin saja Anda sedang bosan dengan WordPress dan ingin mencoba alternatif lain, maka artikel ini adalah yang tepat untuk Anda.

Alternatif gratis CMS WordPress ini beberapa lebih fokus di kategori website portfolio dimana yang lain menyediakan pilihan lain untuk para penulis & blogger yang tidak ingin ada gangguan dalam menulis.

CMS Gratis Terbaik Alternatif WordPress

TYPO3

Typo3 adalah CMS yang sangat kuat dengan kemungkinan untuk modifikasi yang luas. Typo3 salah satu CMS canggih, tetapi apakah Typo3 dapat digunakan dengan baik pada berbagai kebutuhan web?.

Script Typo3 dikembangkan sebagai Open Source dan dipilih sebagian besar oleh programmer ahli yang mencari aplikasi yang komprehensif dengan banyak fungsi dan bersedia menginvestasikan banyak waktu untuk mempelajarinya.

Typo3 CMS serbaguna dan dapat digunakan untuk membuat situs web sederhana serta portal canggih dengan semua jenis konten, tetapi dibutuhkan banyak waktu untuk menguasainya di sisi programmer. Modularitas dan kemampuan penambahan fitur adalah sifat yang signifikan, tetapi tanpa disadari hal ini berarti kehilangan efisiensi dan tuntutan tinggi pada sumber daya server.

 

concrete5

CMS Gratis Terbaik Alternatif WordPress concrete5

Concrete5 dibangun menggunakan PHP dan sering dibandingkan dengan WordPress, Joomla dan Drupal. Concrete5 terkenal karena pengeditan dalam konteks yang diterapkan dengan baik yang membuatnya mudah digunakan untuk penulis web non-teknis. Concrete5 dirilis sebagai CMS open-source pada tahun 2008 dan semakin populer sejak itu. Meskipun sistem inti adalah open-source, fungsionalitas tambahan didistribusikan melalui pasar Concrete5 sebagai add-on. add-on sebagian besar dikomersialkan.

Kekuatan utama dari Concrete5 adalah kemudahan penggunaannya. Pengeditan dalam konteks diterapkan dengan baik dan memenangkan hati kontributor web yang paling tidak berpengalaman secara teknis. Antarmuka editorial yang intuitif membantu dengan dukungan pengguna yang merupakan tantangan mendasar bagi banyak proyek CMS.

Komunitas pengembang berkembang pesat tetapi masih kecil jika dibandingkan dengan komunitas sistem sumber terbuka berbasis PHP yang lebih matang seperti WordPress, Joomla! dan Drupal. Menemukan pengembang Concrete5 yang berpengalaman dan andal bukanlah hal yang mudah. Sistem ini cukup muda sehingga sangat sedikit pengembang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem dan catatan proyek yang sukses.

 

Drupal

CMS Gratis Terbaik Alternatif WordPress Drupal

Drupal merupakan sistem CMS canggih yang menawarkan banyak fungsi, yang dalam CMS lain memerlukan untuk menginstal banyak plugin. Sayangnya itu berarti, bahwa setiap gangguan dalam kode membutuhkan pengetahuan lanjutan tentang PHP dan bahasa HTML serta CSS. Beruntung bagi mereka yang setidaknya memiliki pengetahuan dasar bahasa pemmrograman tersebut karena ada dukungan teknis yang sangat baik.

Drupal dapat menjadi solusi luar biasa untuk kebutuhan kamu mengelola konten besar dan membangun situs dalam waktu yang relatif singkat. Platform Drupal sederhana sehingga orang-orang yang tidak memiliki keterampilan pengembangan juga dapat menggunakannya tetapi tetap saja, kamu bisa merasa agak rumit untuk menggunakannya.

Ada lebih dari 300.000 situs web aktif yang menggunakan Drupal dan banyaknya pengembang yang berdedikasi, penulis teknis, pelatih, dan pengguna yang antusias. Belum lagi perusahaan yang menyediakan dukungan teknis profesional. Banyak modul telah dikembangkan, masalah telah dipecahkan, dan adanya pembelajaran juga dokumentasi tertulis.

 

GetSimple

CMS Gratis Terbaik Alternatif WordPress GetSimple

GetSimple CMS merupakan sistem manajemen konten sumber terbuka gratis yang dibangun menggunakan PHP. GetSimple pertama kali dibuat pada tahun 2009 oleh Chris Cagle dan dimaksudkan untuk menjadi sekuat WordPress, tetapi lebih mudah digunakan.

Fitur-fiturnya menjadikannya pilihan yang baik untuk situs web ukuran apa pun, dari platform kecil hingga besar. Beberapa contoh fitur pada GetSimple termasuk kemudahan instalasi dan penyesuaian melalui tema, antarmuka pengguna yang ramah dan manajemen banyak pengguna. GetSimple CMS berbasis XML dan tidak menggunakan database untuk menyimpan informasi.

GetSimple CMS yang mudah untuk diinstall dengan ruang lingkup yang sangat spesifik, memungkinkan orang untuk memperbarui halaman situs web mereka. Meskipun kamu dapat melakukan hal-hal lain seperti mengedit thumbnail dan menginstal plugins, GetSimple CMS adalah cara lain untuk memungkinkan orang non-teknologi memperbarui situs. Hal-hal tertentu, seperti memasang tema dan plugin, tidak semudah pada CMS berfitur lengkap, sehingga mungkin ada ketergantungan yang lebih besar pada pengembang. GetSimple cocok bagi mereka yang membutuhkan situs cepat dan ringan yang mereka ingin perbarui sendiri tanpa semua notifikasi dan pemberitahuan seperti WordPress.

 

Zotonic

CMS Gratis Terbaik Alternatif WordPress Zotonic

Zotonic adalah framework open source untuk melakukan pengembangan web full-stack, mulai dari frontend hingga backend. Terdiri dari satu set kecil fungsi inti, Zotonic mengimplementasikan Sistem Manajemen Konten (CMS) yang ringan namun dapat diperluas lagi kemampuannya. Tujuan utama Zotonic adalah kemudahan dalam membuat situs web yang berkinerja baik “di luar kotak”, sehingga situs web memiliki skala yang baik sejak awal.

Meskipun berbagi banyak fitur dan fungsi dengan framework pengembangan web seperti Django, Drupal, Ruby on Rails dan WordPress, keunggulan kompetitif utamanya adalah bahasa yang didukung Zotonic oleh: Erlang. Bahasa ini, awalnya dikembangkan untuk membangun switch telepon, memungkinkan Zotonic menjadi toleran terhadap kesalahan dan memiliki karakteristik kinerja yang hebat. Zotonic (CMS Erlang) mengklaim “Biasanya 10 kali lebih cepat daripada sistem manajemen konten PHP lain”.

Menggunakan Zotonic memungkinkan untuk membangun sistem dan kerangka kerja manajemen konten yang sangat kompeten dan berkinerja baik tanpa memerlukan server web, proxy caching, server memcache, atau penanganan email yang terpisah. Ini sangat menyederhanakan tugas manajemen sistem.

 

Exponent CMS

CMS Gratis Terbaik Alternatif WordPress Exponent CMS 2

Exponent CMS adalah sistem manajemen konten (CMS) sumber terbuka gratis yang memberikan solusi ideal untuk situs ecommerce. Exponent CMS memiliki reputasi sebagai platform yang sangat ramah pengguna dan juga SEO-friendly yang menghadirkan banyak fitur.

CMS menawarkan antarmuka editor konten intuitif yang sangat sederhana sehingga kamu dapat mengedit konten seperti yang muncul di halaman manapun tanpa perlu administrasi back-end atau keterampilan teknis. Eksponen menggunakan antarmuka berbasis modul yang logis untuk siapa saja. Dukungan disediakan oleh pengembang yang luas dan forum yang berorientasi pada komunitas, dan dalam hal kebutuhan yang luas dan persyaratan dukungan

Tidak seperti platform perangkat lunak ecommerce lainnya, dengan Exponent CMS kamu tidak perlu mengunduh berbagai aplikasi lain untuk menggunakannya. Muncul dengan semua yang kamu butuhkan untuk konfigurasi situs web, manajemen pengguna, dan pengeditan konten yang semuanya gratis. Eksponen untuk ecommerce mudah digunakan untuk administrator dan pengembang, serta pengguna akhir. Exponent CMS membuat pengelolaan pesanan pelanggan cepat dan mudah dengan sistem e-commerce open source. Sistem Manajemen Konten Eksponen diciptakan oleh Online Innovative Creations untuk komunitas perangkat lunak sumber terbuka.

 

Impresscms

CMS Gratis Terbaik Alternatif WordPress Impresscms

ImpressCMS adalah sistem manajemen konten open source gratis yang dikembangkan menggunakan PHP dan menggunakan database MySQL. Proyek ini dimulai pada 2007 sebagai hasil dari divisi di komunitas XOOPS. Sebagai CMS pemenang penghargaan, ImpressCMS memiliki beberapa fitur hebat untuk ditawarkan.

Dengan ImpressCMS menjaga konten situs web menjadi semudah menulis di aplikasi word. ImpressCMS adalah alat yang ideal untuk berbagai pengguna, mulai dari dari bisnis sampai pengguna komunitas, dari perusahaan besar hingga orang yang menginginkan alat blogging yang sederhana dan mudah digunakan. ImpressCMS adalah sistem tangguh yang mendapatkan hasil luar biasa dan gratis!

Penyedia shared hosting adalah cara termudah dan termurah untuk menerbitkan web kita ke internet, tetapi kamu harus memperhitungkan beberapa kelemahan pada shared hosting seperti memori terbatas dan waktu pemrosesan, dan sebagian besar waktu tidak ada akses baris perintah. Akar ImpressCMS terletak di dalam ruang hosting bersama, sehingga fondasi inti ImpressCMS dibangun sedemikian rupa agar ringan pada memori dan pemrosesan.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.