Aplikasi Alternatif Photoshop Gratis Terbaik untuk Mac

Photoshop adalah nama besar dalam dunia aplikasi pembuatan dan pengeditan gambar, tetapi Photoshop tidak murah, bahkan Photoshop Elements yang relatif murah dibanderol sekitar 1.400.000 IDR, sedangkan siswa yang berlangganan Creative Cloud Photography harus mengeluarkan uang sebesar 140.000/ bulan.

Alternatif Photoshop terbaik saat ini sedikit lebih murah di kisaran 700.000 IDR, tetapi bagaimana jika anggaran kamu bahkan tidak mencapai itu? Berita baiknya adalah mungkin untuk mendapatkan aplikasi gambar yang sangat canggih secara gratis.

Berita buruknya? fitur yang dimiliki aplikasi-aplikasi gratis tidak banyak. Kamu tidak akan mendapatkan fitur pengaturan langsung dari semua yang dapat kamu temukan di Photoshop, tetapi kamu mungkin akan terkejut dengan betapa dahsyatnya aplikasi alternatif gratis Photoshop terbaik. Beberapa aplikasi mungkin akan mengalami masalah dalam penggunaanya, misalnya salah satu pilihan kami, editor berbasis web, tidak berfungsi dengan baik di web browser Safari, sementara lainnya mungkin sedikit sulit untuk dipelajari, tetapi manfaatnya lebih besar daripada kekurangan yang mungkin akan kamu dapati pada aplikasi di daftar ini.

Alternatif Photoshop Gratis Terbaik untuk Mac

GIMP

Alternatif Photoshop Gratis Terbaik untuk Mac GIMP

Aplikasi yang paling mendekati Photoshop dan sepenuhnya gratis. GIMP akan memberimu sebagian besar fitur Adobe Photoshop secara gratis.

GIMP mungkin berlebihan untuk mengedit foto dasar tetapi jika kamu ingin membuat atau mengedit gambar yang kompleks, bekerja dengan banyak format file yang tidak biasa atau mengotomatiskan sebanyak mungkin pekerjaan, GIMP memang aplikasi yang sangat solid.

GIMP juga merupakan aplikasi lintas platform, sehingga kamu dapat menggunakannya di mesin Windows, Linux, maupun di Mac kamu. GIMP berguna jika kamu perlu berkolaborasi dengan orang lain.

Tampilan aplikasi memang bukan yang tercantik, dan membutuhkan sedikit waktu untuk mempelajarinya, namun panduan bantuan mungkin bisa menjawab sesuatu yang diinginkan. GIMP memungkinkan kamu untuk bekerja di berbagai layer, termasuk pilihan brush, filter dan alat untuk mengoptimalkan gambar dan mendukung banyak plugin. GIMP juga dapat disesuaikan, sehingga kamu dapat mengatur semuanya agar sesuai dengan cara kerja kamu.

Jika kamu pernah menggunakan GIMP di masa lalu tetapi menganggapnya terlalu sulit, ada baiknya kamu mencobanya lagi. GIMP telah menjadi aplikasi yang jauh lebih baik dalam beberapa tahun terakhir: tampilan telah dirapikan, dan berjalan jauh lebih baik juga stabil.

 

Pixlr Editor

Alternatif Photoshop Gratis Terbaik untuk Mac Pixlr Editor

Alternatif Photoshop berbasis browser yang mencakup layer dan mask.

Pixlr Editor adalah alternatif Photoshop yang sangat baik untuk Mac, meskipun kehilangan poin karena dua hal: pertama Pixlr membutuhkan Adobe Flash Player, yang Apple hilangkan dari Mac, dan kedua, Pixlr Editor tidak berfungsi dengan baik di Safari sehingga kamu harus menjalankannya di Chrome. Versi HTML5 sedang dalam pengembangan dan harusnya menyelesaikan masalah tersebut.

Saat kamu menjalankannya di Chrome, Pixlr Editor sangat bagus. Pixlr Editor didukung iklan tetapi tidak agresif, dan Pixlr Editor lebih canggih daripada banyak aplikasi desktop dimana mendukung layer dan mask, memiliki pilihan penyesuaian foto yang baik, dapat membuka foto dari URL serta file desktop, dan tidak terlihat terlalu berbeda dengan Photoshop karena kamu mendapatkan pilihan filter dan brush yang dapat disesuaikan, riwayat undo dan tampilan yang cukup fleksibel.

 

Fotor

Alternatif Photoshop Gratis Terbaik untuk Mac Fotor

Alternatif Photoshop berbasis browser lainnya dengan dukungan penyimpanan cloud

Seperti Pixlr, Fotor berjalan di browser web. Tetapi tidak seperti Pixlr, Fotor menggunakan HTML5, jadi kamu tidak memerlukan Flash. Iklan sedikit lebih agresif daripada Pixlr, dengan, tetapi iklannya tidak berganti-ganti sehingga kamu akan terbiasa.

Fotor sangat bagus, dan memiliki pendekatan yang sangat ramah pengguna, jauh lebih mirip dengan pemfilteran Foto daripada Photoshop. Bilah alat di sisi kiri layar menyediakan akses cepat ke alat dasar, efek, shape, filter mempercantik dan teks, dan kamu dapat menyimpan pekerjaan kamu ke cloud sehingga dapat diakses dari mana saja. Fotor mungkin terlihat sederhana tetapi alat dan filter yang tersedia sangat bagus. Jika minat utama kamu dalam meningkatkan atau menyesuaikan foto, Fotor akan menjadi alat yang berguna.

 

Vectr

Alternatif Photoshop Gratis Terbaik untuk Mac Vectr

Jika kamu bekerja dengan grafik vektor, kamu tidak akan menemukan alat gratis yang lebih baik dari Vectr.

Seperti namanya, Vectr didedikasikan untuk grafik vektor, membuatnya lebih seperti Adobe Illustrator daripada Photoshop. Tidak seperti grafik raster (seperti foto), vektor tidak akan menghilangkan kejelasan saat kamu mengatur skala gambar dari kecil ke besar.

Meskipun kami tidak akan menggunakannya sebagai pengganti aplikasi desktop publishing khusus, Vectr adalah solusi yang layak untuk satu kali pekerjaan seperti poster atau pamflet. Kamu dapat berbagi secara online untuk kolaborasi dan ada versi berbasis web untuk siapa saja yang tidak memiliki aplikasi desktop.

Untuk saat ini Vectr paling cocok untuk pemula, tetapi pengembangan terjadi sangat cepat dan pengembangan kedepannya menjanjikan fitur yang lebih ramah seperti versi gambar. Jika tidak cocok untuk kamu sekarang, ada baiknya selalu memantau perkembangannya.

 

Google Photos

Alternatif Photoshop Gratis Terbaik untuk Mac Google Photos

Alternatif sederhana untuk Photoshop Express

Jika yang kamu inginkan adalah memperbaiki, memotong, dan menyimpan foto foto sederhana, maka Google Photos berbasis web sangat bagus. Kamu dapat memotong dan memutar gambar, menambahkan filter, dan menyesuaikan pengaturan warna dasar (termasuk “cahaya”, “warna” dan “pop”), dan itu mendukung Live Photos.

Kekurangan dari Google Photos bukan aplikasi, tetapi dari sisi penyimpanan. Gambar yang didukung harus kurang dari 16 megapiksel dan video kamu tidak boleh melebihi resolusi 1080px untuk penyimpanan tanpa batas secara gratis. Kamu masih dapat menyimpan foto dengan resolusi lebih tinggi tetapi akan menggunakan ruang Google Drive kamu.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.