Apa Arti First Person Shooter (FPS)?

First person shooter (FPS) adalah “aliran/ gaya” video game aksi yang dimainkan dari sudut pandang orang pertama (protagonis). Game FPS biasanya memetakan gerakan gamer dan memberikan pandangan tentang apa yang akan dilihat dan dilakukan orang sebenarnya dalam game.

Ciri khas game FPS

FPS biasanya menampilkan lengan protagonis di bagian bawah layar dengan membawa senjata yang digunakan. Pemain diharapkan untuk mengantar “avatar” gamenya melalui permainan dengan menggerakkannya ke depan, ke belakang, ke samping, dan sebagainya menggunakan pengontrol permainan.

Gerakan pemain di FPS

Gerakan maju pengontrol menghasilkan “avatar” dalam game bergerak maju melewati pemandangan, biasanya dengan sedikit gerakan kiri-kanan untuk mensimulasikan perilaku manusia secara tepat. Untuk meningkatkan tingkat realisme, banyak game menyertakan suara napas dan langkah kaki selain efek suara biasa.

Apa Arti First Person Shooter

Mode umum FPS

Game FPS dapat dimainkan dalam dua mode umum, mode misi atau pencarian dan mode banyak pemain/ multiplayer. Mode misi biasanya merupakan mode standar untuk satu pemain. Di mode ini biasanya pemain berjuang melalui tingkat permainan yang semakin sulit menuju tujuan akhir. Mode banyak pemain (multiplayer) melibatkan banyak pemain yang berpartisipasi melalui jaringan dan bermain di lingkungan permainan bersama. Mode banyak pemain dapat mengambil banyak bentuk, termasuk:

  • Deathmatches
  • Capture the flag
  • Team deathmatch
  • Search and destroy
  • Base (alias penyerangan atau mempertahankan markas)
  • Last man standing/ Orang yang terakhir bertahan

Perspektif permainan FPS

FPS terutama mengacu pada perspektif permainan. Ada ailran/ gaya game lain yang juga menggunakan sudut pandang orang pertama, termasuk game balap dan game tinju. Game menembak, yaitu permainan di mana berbagai senjata (tetapi sebagian besar senapan) digunakan untuk membunuh lawan, telah dibuat menggunakan semua perspektif permainan dasar: orang pertama (first person), orang ketiga (third person), scroll samping (side scrolling), atas-bawah (top-down), dan 3/4.

Sejarah game FPS

Game FPS pertama adalah “Maze War“, yang dikembangkan pada tahun 1973. Namun, game “Wolfenstein 3D” tahun 1992-lah yang benar-benar mempopulerkan konsep tersebut. Beberapa game FPS paling berpengaruh termasuk “Doom“, “Quake” dan seri game “Half-Life: Counter Strike“. Semua mendapatkan fans yang berdedikasi.

Platform game FPS

Ada berbagai macam game FPS di pasaran. Banyak yang dapat dimainkan di berbagai platform, termasuk PC, konsol game, dan smartphone.