Aplikasi untuk Menghasilkan Citra 2D dari Adegan 3D: RenderMan

Sistem rendering yang dibuat oleh Pixar untuk 2D imagery berdasarkan deskripsi adegan (scene) 3D yang bisa digunakan sebagai alat mandiri atau sebagai plugin Autodesk Maya.

RenderMan adalah aplikasi kompleks yang dikembangkan oleh Pixar Animation Studios yang memungkinkan pengguna menghasilkan citra 2D (lengkap dengan shadows / lighting / indirect lighting / subsurface dll) yang didasarkan dari deskripsi adegan 3D.

Aplikasi untuk Menghasilkan Gambar 2D dari 3D RenderMan

RenderMan bisa berfungsi baik sebagai alat standalone, namun dalam bentuk ini ditujukan untuk pengguna ahli, begitu juga plugin grafis untuk Autodesk Maya atau The Foundry’s Katana.

Umumnya, deskripsi adegan terdiri dari informasi tentang geometri spesifik yang ditemukan dalam sebuah adegan, rincian tentang bagaimana objek geometris harus diarsir, posisi sumber cahaya serta data tentang kamera virtual yang digunakan untuk menggambarkan adegan.

Deskripsi adegan juga dapat menyertakan informasi lain yang tak terhitung jumlahnya, seperti parameter tampilan, dan ini disimpan dalam file format RIB (RenderMan Interface Bytestream).

Aplikasi ini terdiri dari empat elemen berbeda yang dapat digunakan pengguna, khususnya RenderMan untuk Maya dan RenderMan untuk Katana, plugin yang bertindak sebagai paket jembatan antara program host dan fungsionalitas RenderMan. Dua komponen lainnya diwakili oleh “it” (imaging tool) juga “Slim” (RSL Shader Network Authoring Tool).

Plugin Autodesk Maya menawarkan pengguna akses ke fitur RenderMan yang canggih, meskipun menggunakan fungsi dan alur kerja Maya. “Slim” bekerja sebagai pencipta shader dan manipulator untuk tugas pembuatan material.

“Slim” memungkinkan pengguna untuk menghasilkan renderMan shader dengan menggabungkan modul dan menyesuaikan parameternya, yang memungkinkan untuk melihat pratinjau hasil sebelum menyimpannya, dimana ini semua tidak memerlukan penulisan kode apa pun.

“it” berfungsi sebagai jendela tampilan framebuffer/ render dengan kemampuan floating point, yang juga menawarkan instrumen imaging yang mampu memanipulasi dan membuat imaging dengan kualitas tinggi.

Dengan menyediakan fitur canggih kepada pengguna, Renderman dapat mengkonfigurasi berbagai aspek yang berkaitan dengan geometri, pencahayaan, dan material, yang semuanya ditentukan pengguna

CATATAN: RenderMan gratis untuk penggunaan non-komersial saja. Untuk bisa menggunakan RenderMan, kamu perlu mendaftar untuk mendapatkan akun.

Persyaratan sistem

Autodesk Maya atau The Foundry’s KATANA

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.