9 Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik

Di Amerika Serikat pada tahun 2012-2013, rata-rata biaya administrasi yang dikeluarkan sekolah negeri tingkat SMA per siswa per tahun adalah sekitar $829. Sedangkan biaya keseluruhan yang dibebankan pada satu siswa per tahun adalah $12.296. Artinya, biaya administrasi adalah sebesar 6,75% dari biaya total.

Biaya administrasi sekolah sebenarnya bisa dikurangi dengan bantuan aplikasi gratisan dan open-source untuk mengelola administrasi sekolah.Kan lumayan, biaya sekolah bisa lebih murah, dan semua data administrasi sekolah bisa tersimpan lebih rapi. Tentunya, aplikasi untuk mengelola administrasi sekolah yang hendak DSG rekomendasikan di bawah ini tidak hanya bisa digunakan untuk sekolah formal saja, melainkan cocok pula bagi Anda yang memiliki usaha yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya, bimbingan belajar.

Aplikasi Administrasi Sekolah

8. FeKara

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik Fekara

FeKara, seperti halnya School Time (#7), merupakan aplikasi admin sekolah serbaguna, selama yang ditampung ‘hanya’ 50 siswa atau kurang.

Kelebihan

Memiliki tampilan yang clean dan modern dan kaya fitur: ulangan/ujian, tugas, budgeting, perpesanan internal antar staf. FeKara bahkan menyediakan app mobile yang bisa diinstall di tablet dan smartphone agar lebih portabel.

Kekurangan

Mirip dengan School Time, jumlah siswa, bandwidth, dan penyimpanannya dibatasi untuk versi gratisnya. FeKara gratis digunakan untuk sekolah apapun selama siswanya tidak lebih dari lima puluh dan gurunya tidak lebih dari lima. Kalau lebih, Anda diharuskan membayar $0.20 per siswa namun jumlah guru tidak terbatas. Kalau tidak mau ribet, biaya untuk jumlah siswa dan guru yang tidak dibatasi adalah $350 sekali bayar.

 

7. School Time

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik School Time

Apabila sekolah yang Anda kelola terbilang kecil, contohnya seperti bimbingan belajar atau PAUD dengan siswa kurang dari 50, versi gratisan dari School Time bisa jadi pilihan tepat untuk Anda.

Kelebihan

Tidak diperlukan kartu kredit atau sejenisnya untuk mendaftar versi gratis program ini, dan tidak ada kadaluwarsa. Fiturnya meliputi manajemen dewan sekolah, sistem penilaian, basis data perpustakaan, manajemen ujian, transportasi, kehadiran, bahkan manajemen asrama.

Kekurangan

Kekurangan yang paling kentara ya ada pada batasan siswa yang bisa diakomodasi oleh School Time. Permasalahan ini bisa diatasi dengan upgrade pastinya. Mbayar.

Namun apabila sekolah yang Anda kelola tidak sampai 50 siswa, coba saja School Time.

 

6. TS School

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik TS School

TS School (Time Software School) adalah tool klasik namun powerful yang menawarkan semua fitur yang dibutuhkan untuk mengelola sekolah.

Kelebihan

TS School bagus untuk mengelola sumber daya manusia dalam satu sekolah karena didukung oleh banyak modul. TS School juga menawarkan sistem pengelolaan data siswa yang bisa diandalkan, pelaporan, kalender organisasi yang powerful karena disertai banyak tempat untuk meletakkan detail penting, serta modul persiapan ujian atau semacam silabus bagi para guru.

Kekurangan

TS School versi gratisan memiliki fitur terbatas. Namun, selama Anda tidak begitu membutuhkan laporan custom, development, inventori, keamanan, dan admisi, maka versi gratisan sudah lebih dari cukup. Menurut beberapa ulasan juga menguasai TS School membutuhkan waktu terutama bagi staf/guru yang tidak pernah berurusan dengan aplikasi administrasi sekolah.

Link Download

 

5. Fedena

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik Fedena

Fedena adalah aplikasi administrasi sekolahan bersifat open-source yang lebih fokus untuk menangani data.

Kelebihan

Fedena tidak membatasi jumlah akun admin dan siswa yang bisa login ke sistem, disertai juga jumlah pelajaran dan sejenisnya yang tidak dibatasi. Sistem ini dirancang menggunakan Ruby on Rails, sehingga sekolah dapat dengan mudah melakukan kustomisasi kode sesuai kebutuhan sekolah. Sistemnya meliputi manajemen sumber daya manusia, kalender, manajemen finansial, manajemen ujian, dan login siswa/orang tua.

Kekurangan

Selain versi open-source, Fedena juga memiliki versi gratis dan berbayar, yang sepertinya dari pengembang berbeda namun nama yang sama. Fiturnya tentu berbeda pula, dan yang open-source fiturnya terbatas.

Link Download

 

4. Ascend SMS

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik Ascend SMS

FYI, singkatan SMS pada Ascend SMS adalah School Management System ya, bukan Short Messaging Service hehe.

Ascend SMS merupakan aplikasi administrasi sekolah full sistem yang lebih cocok dipakai untuk Sekolah Independen dan Sekolah Katolik. Ascend SMS tidak percaya kalau sekolah harus membayar jumlah yang tidak masuk akal untuk sesuatu yang fundamental dalam menjalankan sekolah tersebut, karena itulah dibuat aplikasi ini.

Kelebihan

Ascend SMS menawarkan paket komplit. Mulai dari sistem manajemen kesehatan untuk UKS hingga aplikasi mobile bagi para orang tua untuk mengecek laporan disiplin anaknya.

Kekurangan

Ascend SMS hanya gratis untuk Sekolah Independen dan/atau Katolik. Ascend SMS juga membatasi jumlah sekolah yang diberi gratisan tiap tahunnya.

 

3. SchoolTool

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik SchoolTool

SchoolTool merupakan aplikasi administrasi sekolah berbasis cloud dan open-source yang dibuat untuk sekolah-sekolah di negara berkembang.

Kelebihan

SchoolTool memiliki banyak sekali fitur yang lebih memanjakan pihak guru. Aplikasi menyediakan fitur pendukung akar para pendidik dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan baik, meliputi: buku nilai, dokumen nilai keterampilan, lembar presensi, dan jurnal partisipasi harian. Ada juga fitur organisasi seperti kalender yang bisa terhubung dengan aplikasi kalender lain seperti Google Calendar, serta generator raport yang bisa diandalkan. SchoolTool dibuat menggunakan Python sehingga terbilang aman dan dijalankan pada Linux Ubuntu.

Kekurangan

SchoolTool memang merupakan aplikasi yang baik digunakan untuk sekolah skala kecil, namun bukanlah paket komplit. Misalnya, pihak sekolah harus menggunakan aplikasi lain untuk melakukan kegiatan human resources, pelaporan, dan manajemen keuangan. SchoolTool lebih ke tool untuk guru, bukan untuk administrator alias Tata Usaha (TU) sekolah. Kabarnya juga terhitung sejak 17 Oktober 2016 pengembangnya sudah tidak memprioritaskan project ini sehingga ke depannya keberlangsungan performanya bakal tidak pasti.

 

2. Gibbon

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik Gibbon

Gibbon memberi definisi baru bagi aplikasi all-in-one. Gibbon merupakan platform sekolah open-source yang tidak hanya berkutat pada administrasi sekolah namun juga menyediakan fitur dan layanan bagi guru.

Kelebihan

Gibbon menawarkan rentang fitur luas meliputi: tool administratif dan keuangan, manajemen staf, daftar gaji, invoicing, departmenting, dan penjadwalan. Gibbon juga menyediakan tool untuk mengajar serta akses bagi orang tua, meliputi buku nilai, rubrik, hasil penilaian, tool perancang, dan katalog perpustakaan.

Tampilan antarmuka yang rapi juga membantu saat learning curve alias beradaptasi dengan sistem aplikasi baru.

Kekurangan

Pemeliharaan aplikasi Gibbon terbilang teknis, membutuhkan keahlian coding, yang biasanya juga diperlukan untuk aplikasi open-source lainnya. Support yang disediakan terbatas hanya pada panduan online yang ditulis untuk admin, guru, dan orang tua apabila mereka mendapati masalah.

Kurangnya info dan dokumentasi dari seluruh fitur-fitur Gibbon membuat kita harus oprek sendiri fitur mana saja yang bakal sangat dibutuhkan.

Link Download

 

1. OpenSIS Open Source

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik OpenSIS Open Source

OpenSIS adalah platform gratis dan open-source yang didesain untuk sekolah wajib (12 tahun pertama) tidak peduli apakah statusnya negeri, swasta, atau yang lain. OpenSIS sangat cocok untuk sekolah skala kecil dan menengah yang memiliki staf IT yang paham dalam maintenance program ini.

Kelebihan

OpenSIS memiliki versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya sudah memiliki fitur lebih dari cukup. Sekolah-sekolah bisa menggunakan aplikasi ini untuk menyimpan transkrip, rekam kesehatan, kehadiran, informasi demografis, penjadwalan, buku nilai, dan laporan custom. Di SourceForge, rating untuk OpenSIS mencapai 4.8/5. OpenSIS juga menawarkan integrasi dengan aplikasi Moodle LMS versi terbaru, membuat proses pembuatan anggota baru serta manajemen siswa, staf, dan guru menjadi lebih mudah.

Kekurangan

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari OpenSIS, staf IT pada sekolah tersebut harus familier dengan PostgreSQL. Versi gratis aplikasi ini tidak menyediakan fitur jurusan, portal kelas, tagihan, atau laporan dalam skala yang lebih besar.

Link Download

 

Bonus: ThinkWave Online Gradebook

Online Gradebook lansiran ThinkWave memang bukan opsi aplikasi administrasi sekolah paling lengkap, tapi bisa jadi pilihan terbaik untuk membuat buku nilai/rapor pada sekolah kecil.

Aplikasi Administrasi Sekolah Gratis Terbaik ThinkWave Online Gradebook

Kelebihan

Sistem intuitif ini mudah dipelajari dan digunakan para guru dan kompatibel dengan hampir semua sistem operasi dan browser. Versi gratisnya menawarkan opsi penilaian yang fleksibel, sehingga guru-guru bisa mengatur pembobotan nilai untuk project dan ujian tertentu. Pengembang menyediakan penyimpanan 25 MB untuk menyimpan tugas online dan baik orang tua maupun siswa bisa mengakses portal.

Kekurangan

Layaknya aplikasi cloud gratisan kebanyakan, ThinkWave Online Gradebook menampilkan iklan. ThinkWave tidak menyediakan support teknis atau enkripsi SSL… kecuali kita upgrade ke Premium seharga $49.95 per tahunnya.

 

Kesimpulan

Benar adanya bahwa banyak tool gratisan eksis di jagat maya, namun kebanyakan dibatasi fiturnya, dibatasi minimal sistem operasinya, atau pembatasan pengguna. Ada sekolah yang meski besar namun masih bisa menggunakan aplikasi administrasi sekolah yang gratisan. Begitu juga sebaliknya. Ada juga yang normal-normal saja. Intinya, peran staf IT sekolah harus dilibatkan maksimal sebelum memutuskan menggunakan salah satu (atau beberapa) aplikasi administrasi sekolah gratisan atau berbayar. Semoga sukses!

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.