5+ Aplikasi Backup Gratis Terbaik untuk Mac

Backup data secara berkala harus menjadi salah satu prioritas yang harus dilakukan bagi setiap pengguna Mac (begitu juga dengan pengguna Windows). Selama bertahun-tahun, setiap drive di setiap komputer yang pernah saya miliki mengalami kerusakan di beberapa bagian. Tapi karena saya menyimpan backup data saya saat ini, dan secara rutin memeriksa Mac dan drive-nya, saya tidak pernah mengalami masalah serius saat mengalami kegagalan drive; hanya sedikit merepotkan. Jika kamu belum menyiapkan rutinitas backup agar data kamu tetap aman, daftar aplikasi backup Mac gratis ini akan membantu kamu memulai. Jangan menunda; besok mungkin sudah terlambat.

Sebuah kata tentang gratis; beberapa aplikasi yang dipilih memang gratis, seperti Apple’s Time Machine, yang disertakan dengan setiap OS X. Dan karena OS X telah gratis sejak OS X Lion, saya akan mempertimbangkan Time Machine sebuah aplikasi backup gratis. Sementara aplikasi lainnya adalah gabungan gratis/ berbayar. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dijalankan tanpa masalah sebagai aplikasi backup, namun versi berbayar memiliki fitur tambahan. Jika saat ini kamu tidak menggunakan aplikasi backup, saya sangat menyarankan untuk mencoba salah satu aplikasi backup Mac ini. Kamu akan merasa jauh lebih aman karena mengetahui bahwa, apabila terjadi sesuatu pada sistem penyimpanan Mac kamu, kamu dapat dengan cepat mengembalikan data yang hilang dan segera kembali bekerja.

Aplikasi Backup Gratis Terbaik untuk Mac

Time Machine

Aplikasi Backup Gratis Terbaik untuk Mac Time Machine

Time Machine, yang disertakan dengan OS X, merupakan aplikasi backup pilihan bagi banyak pengguna Mac.Aplikasi ini mudah diseting dan mudah digunakan. Time Machine bisa melakukan pekerjaan secara otomatis. Begitu kamu mengaturnya, kamu bisa menjalani bisnis harian kamu tanpa harus memikirkan proses backup, karena Time Machine secara otomatis akan mengurus semuanya untuk kamu. Time Machine juga bekerja sama dengan asisten migrasi OS X, menjadikannya pilihan efektif untuk memindahkan data ke Mac baru dan juga melakukan backup.

Meski menawarkan sejumlah fitur menarik, Time Machine tidak sempurna. Sebaiknya gunakan Time Machine sebagai strategi utama backup kamu dan menggunakan aplikasi backup lainnya untuk kemampuan tambahan, seperti kloning atau backup remote/ cloud.

Link Download

 

SuperDuper

Aplikasi Backup Gratis Terbaik untuk Mac SuperDuper

SuperDuper adalah aplikasi backup yang mendukung pendekatan backup penuh dan incremental tradisional yang biasa digunakan banyak orang. Selain SuperDuper juga mampu menciptakan klon bootable dari drive startup, salah satu fitur yang tidak dimiliki Time Machine

Fitur inti SuperDuper (membuat kloning dan backup) gratis. Versi SuperDuper berbayar mencakup fitur tambahan, seperti kemampuan untuk mengatur jadwal untuk mengotomatisasi backup atau kloning harddisk kamu, Smart Updates, yang merupakan kloning inkremental dan untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memperbarui kloning yang ada, dan skrip pengguna, agar kamu dapat membuat rutinitas dan jadwal backup kamu sendiri.

Link Download

 

Carbon Copy Cloner

Aplikasi Backup Gratis Terbaik untuk Mac Carbon Copy Cloner

Carbon Copy Cloner adalah aplikasi kloning Mac yang hebat. Carbon Copy Cloner telah lama menjadi favorit komunitas Mac, dan merupakan aplikasi yang bisa mendapatkan tempat di daftar aplikasi saya yang selalu saya instal di Mac saya. Carbon Copy Cloner banyak digunakan untuk membuat klon bootable, namun juga dapat membuat backup penuh dan inkremental, mendukung penjadwalan, dan backup ke jaringan manapun yang dapat dipasang oleh Mac kamu di desktopnya.

Link Download

 

Get Backup

Aplikasi Backup Gratis Terbaik untuk Mac Get Backup

Dapatkan Backup dari BeLight Software tersedia dalam versi gratis dan berbayar (pro). Versi pro memiliki beberapa fitur tambahan yang bagus yang layak dikenakan biaya tambahan kecil, namun versi gratisnya memiliki semua fitur dasar yang dibutuhkan banyak pengguna Mac. Get Backup memiliki fungsi untuk membuat backup lengkap dan berversi, mengecualikan file dan folder, menyinkronkan file dan folder, dan membuat klon bootable dari drive startup.

Satu hal yang perlu diperhatikan, aplikasi Get Backup tersedia dari Mac App Store dan dari situs web BeLight Software. Versi Mac App Store dari Get Backup tidak menyertakan kemampuan kloning karena Apple tidak mengizinkan aplikasi yang memerlukan hak istimewa administratif untuk dijual melalui Mac App Store.

Link Download

 

Mac Backup Guru

Aplikasi Backup Gratis Terbaik untuk Mac Mac Backup Guru

Mac Backup Guru adalah aplikasi backup lain yang mengkhususkan diri dalam kloning, yaitu membuat salinan dari drive yang dipilih. Jadi jika drive target adalah yang kamu gunakan sebagai drive startup kamu, kloning yang dihasilkan juga akan dapat di-boot.

Tentu saja kloning drive bukanlah hal yang baru, dan kebanyakan utilitas backup dapat melakukan layanan ini. Mac Backup Guru memiliki beberapa trik tambahan yang bisa dilakukan. Selain mengkloning drive, Mac Backup Guru dapat melakukan sinkrinisasi folder yang dipilih, dan membuat klon tambahan, yang dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyimpan kloning backup saat ini. Mac Backup Guru juga memiliki sistem penjadwalan penuh sehingga kamu bisa mengotomatisasi backup kamu.

Link Download

 

IDrive

Aplikasi Backup Gratis Terbaik untuk Mac IDrive

IDrive adalah layanan backup berbasis online lainnya yang bisa digunakan dengan Mac kamu. Selainbisa membackup PC kamu dan juga perangkat mobile kamu. IDrive menawarkan tingkat dasar gratis, memungkinkan kamu membuat backup data hingga 5GB dari perangkat apa pun. Jika kamu membutuhkan lebih banyak ruang backup, kamu bisa memilih paket 1TB yang pada saat penulisan ini adalah $52 setahun. iDrive menawarkan lebih banyak fitur daripada layanan backup dasar, dimana memungkinkan kamu untuk menyinkronkan file antar perangkat, dan file dapat ditandai untuk di sshare, menggunakan aplikasi IDrive gratis.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.