15 Aplikasi Copy File Gratis untuk Kecepatan Transfer Tercepat

Sebagian besar dari kita pasti tahu bahwa dimungkinkan melakukan copy atau memindahkan folder dan file di Windows dengan menggunakan mouse untuk copy paste, maupun metode drag and drop menggunakan sejumlah shortcut keyboard. Faktor terbesar yang mempengaruhi kecepatan transfer apa pun adalah besaranya ukuran file yang kamu copy dari atau ke perangkat penyimpanan seperti harddisk, SSD, flashdisk, jaringan, dan sebagainya. Faktor lainnya adalah bagaimana Windows menangani operasi ini, dan semua versi Windows tidak pernah efisien dalam melakukan proses ini.

Sangat mungkin untuk mempersingkat durasi copy atau pemindahan file jika kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil alih proses transfer file. Tidak hanya bisa membantu kecepatan transfer, dengan menggunakan aplikasi tambahan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti informasi yang lebih baik, mangatur antrian proses transfer, menghentikan sejenak proses, melewatkan beberapa file, dan menangani file bermasalah atau bentrok jauh lebih baik daripada yang dilakukan Windows.

Aplikasi Copy File Gratis

1. Copy Handler

Aplikasi Copy File Gratis Copy Handler

Copy Handler adalah aplikasi yang saat aktif di system tray sistem kamu, dapat mengambil alih operasi copy file dari Windows atau memonitor clipboard untuk file. Selama proses transfer file jendela kecil dan sederhana akan muncul dengan rincian dasar, klik ganda akan memberi kamu jendela penuh dengan banyak statistik dan operasi masa lalu/ sekarang. Ada beberapa tombol jeda dan resume, entri menu konteks dapat ditambahkan dan jendela pengaturan untuk mengkonfigurasi aplikasi.

Link Download

 

2. ExtremeCopy Standard

Aplikasi Copy File Gratis ExtremeCopy Standard

Ada 2 versi berbeda dari ExtremeCopy, versi gratisan standar dan versi shareware lengkap. Fungsi seperti pilihan proses transfer file, posisi jendela, pemulihan file yang gagal dan ukuran buffer dinonaktifkan dalam versi gratis, namun kamu tetap dapat mengintegrasikan aplikasi ini ke Explorer untuk mengambil alih fungsi proses transfer file Windows standar. Juga terdapat pengaturan untuk jeda, lewati dan verifikasi. Jendela pilihan kecil muncul dari dialog copy dengan menggunakan panah di kiri atas. Juga tersedia versi portable untuk flashdisk.

Link Download

 

3. FastCopy

Aplikasi Copy File Gratis FastCopy

FastCopy adalah aplikasi yang direkomendasikan oleh banyak orang selama bertahun-tahun karena aplikasi copy sederhana namun sangat cepat. Ada sejumlah pengaturan untuk men-tweak kinerja, filter file dasar atau lanjutan, pengaturan penghapusan dan hapus pengaturan NSA, verifikasi dan copy/ sinkron/ diferensial/ mode copy menimpa . FastCopy juga memiliki beberapa pilihan untuk menambahkan entri menu konteks dan pengaturan baris perintah yang luas, walaupun ada sesuatu yang hilang adalah tombol jeda atau skip.

Link Download

 

4. FF Copy

Aplikasi Copy File Gratis FF Copy

FF Copy adalah aplikasi copy yang relatif sederhana dimana kamu memilih atau drag and drop beberapa pilihan file dan folder ke jendela dan akan dicopy atau dipindahkan ke tujuan yang kamu pilih dari tombol atau drop down. Tidak ada pilihan lain dan aplikasi ini mungkin berfungsi dengan baik bila kamu ingin cepat mengirim file dari beberapa lokasi ke beberapa folder yang berbeda.

Link Download

 

5. KillCopy

Aplikasi Copy File Gratis KillCopy

KillCopy adalah aplikasi copy yang tidak terlihat terlalu bagus dan tema yang disebut “standar” adalah yang terbaik yang ada dalam aplikasi ini. Ada beberapa tema yang dapat didownload dari situs web tapi tidak terlalu bagus. KillCopy sendiri memiliki beberapa fitur yang berguna seperti auto resume setelah crash sistem, mode copy paralel dan beberapa setting boosting dan buffer untuk mencoba transfer file. KillCopy dapat menempatkan copy dan memindahkan entri ke menu konteks dan juga dapat diatur menjadi default copy handler menggantikan Explorer.

Link Download

 

6. Mini Copier

Aplikasi Copy File Gratis Mini Copier

Aplikasi copy ini sedikit berbeda dari yang lain karena di bangun menggunakan Java, yang berarti ada versi yang berbeda untuk Windows, Linux dan Mac OSX, walaupun ini memang membuat installer 20MB yang lumayan besar. Aplikasi ini mirip SuperCopier namun untuk menambahkan file dan folder cukup menjatuhkannya ke keranjang merah di jendela aplikasi. Saat kamu siap untuk menyalin, jatuhkan folder tujuan ke ikon kanan dan prosesnya akan dimulai. Tombol jeda dan skip standar tersedia.

Link Download

 

7. NiceCopier

Aplikasi Copy File Gratis NiceCopier

NiceCopier benar-benar hidup sesuai dengan namanya dan merupakan aplikasi yang bagus dan akan menunjukkan jendela progress kecil di sudut desktop atau beralih ke jendela dialog penuh dimana kamu dapat mengubah kecepatan transfer dan mengedit daftar file termasuk pengaturan ignore/ replace/ rename yang perlu dikonfigurasi. NiceCopier akan mengambil alih operasi file Windows saat dijalankan di tray sistem dan ada banyak informasi pada jendela dialog, semuanya relevan dan tertata rapi. Jendela besar akan mengingatkan kamu ketika terjadi tabrakan file apapun.

Link Download

 

8. PerigeeCopy

Aplikasi Copy File Gratis PerigeeCopy

PerigeeCopy memiliki beberapa fungsi berguna yang dibangun untuk mengganti Explorer sebagai operasi file default, menggunakan atau mengabaikan recycle bin saat menghapus file, melewatkan peringatan kesalahan sampai akhir proses copy dan 6 pengaturan overwrite yang berbeda. Jendela copy utama cukup informatif tapi tidak ada fitur tambahan seperti jeda, antrian atau skip.

Link Download

 

9. RichCopy

Aplikasi Copy File Gratis RichCopy

RichCopy sebenarnya adalah aplikasi yang dikembangkan Microsoft dan digunakan secara internal oleh mereka untuk menyalin file selama beberapa tahun sebelum dibuat tersedia untuk umum. RichCopy adalah aplikasi multi threaded yang memungkinkan banyak file dicopy secara paralel dan memiliki beberapa fungsi yang mungkin kamu inginkan dari aplikasi proses transfer file pihak ke-3 seperti jeda, resume, verifikasi, profil, penyimpahan file/ direktori, beberapa sumber sekaligus dan mendukung penuh command line.

Link Download

 

10. SuperCopier

Aplikasi Copy File Gratis SuperCopier

SuperCopier adalah utilitas transfer open source dan sangat mirip dari segi tampilan juga fungsinya dengan UltraCopier, walaupun aplikasi ini nampaknya lebih stabil. Sebagian besar tindakan diakses dari tray sistem termasuk menambahkan tugas proses transfer file baru dan memiliki tombol standar seperti jeda/ resume/ skip disamping daftar proses transfer file dan beberapa pengaturan untuk menangani kesalahan atau bentrok file. Ukuran buffer dan kecepatan transfer juga bisa dikontrol dari jendela Configuration.

Link Download

 

11. TeraCopy

Aplikasi Copy File Gratis TeraCopy

TeraCopy adalah salah satu aplikasi yang paling populer karena dapat sepenuhnya menggantikan Windows Explorer sebagai default copy handler dan juga menambahkan dirinya ke menu konteks. TeraCopy juga mendukung jeda proses, skip file dan memverifikasi file yang dicopy menggunakan CRC32 selain drag and drop file ke antrian proses transfer file. Tersedia juga versi portabel dengan menggunakan installer dan pengguna Total Commander dan Directory Opus memiliki pengaturan untuk mengintegrasikan TeraCopy ke dalam file manager tersebut.

Link Download

 

12. UltraCopier

Aplikasi Copy File Gratis UltraCopier

Aplikasi ini akan menggantikan Explorer secara default saat dijalankan di system tray dan satu hal yang aneh adalah terus beralih ke jendela dialog copy agar sesuai dengan nama file yang panjang. Tersedia fungsi standar seperti jeda, skip, serta antrian copy dan beberapa pilihan tentang apa yang harus dilakukan saat terjadi bentrok file atau error.

Link Download

 

13. Unstoppable Copier

Aplikasi Copy File Gratis Unstoppable Copier

Unstoppable telah ada untuk waktu yang cukup lama saat dan merupakan aplikasi yang populer untuk menyalin data sebanyak mungkin dari disk dan drive yang rusak atau rusak. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur berguna termasuk mode batch yang dapat kamu jalankan dari command line, logging, entri menu konteks klik kanan dan beberapa pilihan tentang cara merawat file yang berpotensi rusak. Tersedia juga versi portabel.

Link Download

 

14. WinMend File Copy

Aplikasi Copy File Gratis WinMend File Copy

WinMend pasti memiliki tampilan paling bagus diantara aplikassi lain pada daftar ini, selain itu tampilanya ramah bagi pengguna awam karena tidak memiliki pilihan yang rumit selain dari slider tambahan dan kemampuan untuk menimpa atau melewatkan file yang sesuai di tempat tujuan. Proses copy bisa dihentikan sementara dan dilanjutkan.

Link Download

 

15. WinRoboCopy

Aplikasi Copy File Gratis WinRoboCopy

WinRoboCopy hanyalah antarmuka GUI untuk utilitas perintah Robocopy yang ada pada Windows Vista dan yang lebih baru. WinRoboCopy bukan untuk pemula karena banyak tombol dan kotak centang switch command line. Namun WinRoboCopy memiliki built in scheduler, drag and drop ke jendela, editor script sederhana dan pengaturan (atau Robojob) saver untuk profil proses transfer file yang berbeda.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.