7 Aplikasi Absensi Android Terbaik untuk Guru, Perusahaan, dan Sekolah

Aplikasi Kehadiran Android Terbaik - Jibble

Sebagai seorang guru, Anda perlu hadir di kelas setiap hari. Hal ini sangat membantu karena ada begitu banyak siswa yang hadir di kelas setiap harinya, sehingga pada akhir bulan atau tahun, Anda tidak akan pernah tahu siapa yang konsisten hadir dan siapa yang jarang hadir. Bahkan di dunia korporasi, ada beberapa mekanisme di dalam kantor di mana karyawan diperlukan untuk memencet tombol absensi untuk menandai kehadiran mereka. Ini perusahaan menghitung cuti dan membayar upah atau gaji yang sesuai.

Dengan munculnya smartphone Android, Anda tidak perlu lagi mendaftar untuk absen secara manual. Beberapa perusahaan terbesar di dunia bergantung pada biometrik dan kartu pintar untuk mengotomatisasi kehadiran, jika tidak maka pintu tidak akan terbuka. Satu-satunya masalah di sini adalah menginstal sistem seperti itu bisa sangat mahal, terutama untuk pemula atau guru sekolah.

Di sinilah aplikasi kehadiran untuk Android bisa dipertimbangkan. Tidak terlalu mahal, tidak terlalu rumit untuk diimplementasikan atau digunakan, tetapi menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Berguna untuk rapat perusahaan, sekolah, dan guru.

Aplikasi Kehadiran Android Terbaik

Attendance Register

Attendance Register

Meskipun pengembang merancang aplikasi untuk digunakan oleh siswa untuk memantau kehadiran mereka sendiri, sehingga mereka dapat merencanakan berapa banyak jatah tidak masuk yang tersisa, saya menemukan aplikasi ini cukup sederhana untuk digunakan oleh startup untuk memantau kehadiran karyawan mereka. Cukup masukkan nama semua orang yang bekerja untuk Anda. Setelah Anda memiliki semuanya dalam daftar, mudah untuk mengacak atau mengatur ulang daftar menggunakan fungsi drag-n-drop.

Untuk menandai karyawan sebagai hadir, cukup ketuk namanya untuk meluncurkan kalender. Sekali lagi, ketuk tanggal hari ini untuk membuka menu popup di mana ada empat pilihan. Present, Absent, Holiday, dan Note (Hadir, Absen, Liburan, dan Catatan). Setelah beberapa waktu, Anda dapat membuka kalender individual untuk melihat representasi visual di mana hadir ditandai dengan warna hijau dan tidak hadir ditandai dengan warna merah.

Link Download

Attendance

Aplikasi Kehadiran Android Terbaik - Attendance

Jika Anda seorang guru yang ingin mengambil daftar absen siswa Anda, masalahnya adalah dua kali lipat. Pertama Anda perlu cara untuk merekam mata pelajaran dan kemudian mencatat nama semua siswa. Kemudian Anda dapat menandai mereka sebagai hadir atau tidak hadir berdasarkan pertemuan yang telah mereka hadiri. Aplikasi Attendance dibangun berdasarkan masalah ini. Anda dapat membuat entri untuk mata pelajaran sekaligus siswa di dalamnya.

Apalagi? Ada juga bagian terpisah untuk mencatat semester. Siswa atau kelompok siswa yang berbeda dapat memilih mata pelajaran yang berbeda karena itulah Attendance juga bagus untuk membuat kelompok. Ketika semuanya sudah diatur, Anda dapat mulai menandai siswa sebagai hadir atau tidak hadir setiap hari berdasarkan mata pelajaran/ kuliah yang mereka hadiri.

Link Download

WiFi Attendance

Aplikasi Kehadiran Android Terbaik - WiFi Attendance

WiFi Attendance adalah konsep unik untuk perusahaan yang mencari cara yang tidak repot untuk memantau kehadiran karyawan mereka. Kebanyakan kantor menawarkan WiFi gratis bagi karyawannya. Mengapa tidak menggunakannya untuk menandai kehadiran? Saat smartphone karyawan terhubung dengan jaringan WiFi kantor, maka karyawan tersebut akan ditandai sebagai hadir, jika tidak maka dianggap tidak hadir. Apalagi? Anda juga dapat menghitung waktu dan detail mereka seperti kapan mereka tiba, kapan mereka pergi, dan berapa lama mereka tinggal di kantor.

Berada di kantor bukan berarti karyawan itu bekerja keras di mejanya. WiFi Attendance akan memantau lokasi karyawan secara real time untuk memberitahu Anda keberadaannya. Aplikasi ini gratis untuk digunakan hingga 10 karyawan, setelah itu, paket dimulai dari $1/ pengguna/ bulan.

Link Download

Attendance Manager for Teachers

Aplikasi Kehadiran Android Terbaik - Attendance Manager for Teachers

Memantau kehadiran siswa harus disederhanakan, dan tidak boleh mengambil lebih banyak waktu dalam situasi yang ideal. Dan aplikasi Attendance Manager for Teachers mengambil konsep ini. Cukup ketuk nama siswa untuk menandai dia hadir atau tidak. Sebagai seorang guru, Anda dapat membuat daftar mata pelajaran dan siswa. Setelah pengaturan awal selesai, cukup klik pada nama untuk menandai hadir/ tidak hadir.

Terkadang, sekolah dapat mengumumkan liburan yang tidak terduga. Dalam hal ini, Anda dapat menandai semua siswa yang absen sekaligus. Ada dukungan untuk impor nama siswa dari file CSV. Anda juga dapat mengekspor detail jika diperlukan. Tampilan sangat fungsional dan terlihat bagus. Aplikasi ini gratis untuk digunakan tanpa iklan.

Link Download

AttendZone

Aplikasi Kehadiran Android Terbaik - AttendZone

AttendZone adalah aplikasi khusus zona yang berarti akan memantau lokasi karyawan dan memberi tahu Anda tentang zona tempat mereka berada saat ini. AttendZone melibatkan pelacakan GPS sehingga Anda akan tahu kapan karyawan check-in dan check-out. AttendZone lebih cocok untuk pengusaha yang memiliki tim pemasaran dengan anggota yang sering bepergian.

Jika Anda adalah bagian dari organisasi besar dengan beberapa kantor, atau zona, Anda dapat membuat izin untuk memantau semua karyawan yang keluar masuk zona yang berbeda. Harga dimulai dari $5/ bulan untuk 10 karyawan

Link Download

Teachers App

https://play.google.com/store/apps/details?id=apps.intellectual.teachersapp

Teachers App merupakan aplikasi absensi lain untuk guru dan profesor yang mengajar siswa mereka, dan ingin memantau kehadiran siswa mereka untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk mengikuti ujian pada akhir semester. Anda mulai dengan membuat profil siswa, menambahkan nama, foto, dan detail biaya mereka. Sekarang, ketika seorang siswa tidak hadir, Anda memiliki pilihan untuk mengirim pesan teks ke orang tua mereka. Wah! Anda juga dapat memberitahu siswa atau orang tua tentang keterlambatan pembayaran biaya.

Fitur menarik lainnya termasuk mengirim kartu laporan tes yang dilakukan di kelas, sehingga orang tua akan tahu bagaimana kinerja anak-anak mereka di sekolah/ kampus. Semua data berharga ini kemudian dapat diekspor dalam format CSV untuk akses offline dan cadangan. Aplikasi ini gratis untuk bulan pertama setelah melewati masa percobaan Anda harus membayar $29,99 untuk aplikasi dan 5000 pesan selama satu tahun.

Link Download

Jibble

Aplikasi Kehadiran Android Terbaik - Jibble

Saat bekerja di suatu organisasi, memantau kehadiran tidak cukup. Anda juga perlu memantau waktu yang mereka habiskan di meja atau di lapangan. Di sinilah Jibble layak dipertimbangkan. Jibble memungkinkan Anda memantau kehadiran dan waktu menggunakan verifikasi biometrik. Bagaimana caranya? Ambil selfie untuk menandai masuk kerja atau pulang kerja. Hal ini mengurangi risiko satu karyawan akan menandai kehadiran temannya menggunakan smartcard-nya.

Jibble juga menggunakan GPS untuk memantau lokasi perangkat yang terhubung dengan sistem untuk memastikan bahwa fungsi kehadiran akan nonaktif ketika diluar area kerja. Setiap kali Anda menekan tombol hadir dan tombol pulang, sistem kemudian akan membuat laporan mingguan dan bulanan untuk memberitahu Anda bagaimana kinerja setiap karyawan selama periode waktu tersebut. Punya banyak klien? Gunakan Jibble untuk memantau jam yang dihabiskan untuk klien yang berbeda dan menghitung penggajian. Jibble adalah aplikasi cross-platform termasuk Slack.

Link Download

Mana Aplikasi Kehadiran Android terbaik?

Tidak masalah di mana Anda bekerja. Apakah Anda seorang guru yang ingin menjadikan kehadiran siswa lebih mudah, atau seorang profesional yang ingin memantau kehadiran dan waktu karyawan, ada aplikasi untuk itu. Yang mana yang Anda pilih akan bergantung pada kebutuhan Anda seperti apakah Anda memerlukan solusi perusahaan yang dapat diskalakan atau sesuatu yang sederhana untuk startup atau sebagai guru.