3 Aplikasi untuk Kompres File Musik dan Video

Aplikasi kompresi video gratis dibuat untuk mengurangi ukuran file video. Pada artikel ini kami akan memberi tahu kamu 3 aplikasi kompresi video gratis terbaik untuk mengurangi ukuran file video. Saat merekam video dengan kamera HD, kamu akan mendapatkan file video dengan ukuran sangat besar. Tidak mungkin mengirim file video besar tersebut melalui media sosial atau apa pun. Jadi tidak ada jalan lain selain mengurangi ukuran file video tersebut.

Kamu bisa menggunakan aplikasi apapun untuk kompres file video. Tapi kamu perlu memilih codec MP4 AVC H.264. Codec ini memberi kualitas yang baik namun dalam ukuran yang lebih kecil. Dan MP4 AVC H.264 adalah codec video yang digunakan secara luas di Internet saat ini. Bila menggunakan codec ini, kamu bisa mengupload video ke hampir semua jaringan media populer.

Aplikasi untuk kompres video gratis terbaik

Meskipun ada banyak pilihan aplikasi gratis yang tersedia, kami hanya akan membahas 3 aplikasi kompresi video terbaik.

1. Format Factory

Aplikasi untuk Kompres File Musik dan Video Format Factory

Format factory merupakan aplikasi open source. Saya sendiri menggunakannya dan sangat merekomendasikan aplikasi ini. Format Factory sangat mudah untuk digunakan. Kamu dapat mengubah format video, audio atau format gambar apapun dengan aplikasi ini. Kamu juga bisa mengkompres ukuran file video dengan sangat mudah. Format Factory mempunya terlalu banyak pilihan. Bila kamu mengetahui spesifikasi teknis untuk kompres video, pada pengaturan kamu dapat memilih codec yang diperlukan, ukuran layar, resolusi, FPS dan pengaturan lainya.

Walaupun kamu tidak mengetahui spesifikasi teknis, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Kamu tidak perlu tahu tentang spesifikasi teknis untuk kompres video. Karena Format Factory memberikan pilihan langsung berdasarkan kualitas, ukuran dan perangkat. Kamu bisa langsung memilih kualitas medium atau kualitas dan ukuran yang kecil. Bila ingin mengirim video melalui hp atau whatsapp, kamu bisa langsung memilih opsi mobile ketimbang menggunakan spesifikasi codec teknis.

 

2. HandBrake

HandBrake juga aplikasi kompres video open source yang banyak digunakan. HandBrake mendukung hampir semua format video. HandBrake bisa mengkonversi video dari format apapun ke format lain. HandBrake tersedia untuk Windows, Mac dan juga Linux. Kamu dapat menemukan banyak pilihan di Output Settings untuk mengubah parameter output. Kamu juga dapat mengubah kualitas video berdasarkan persentase. Kamu dapat mengubah FPS video, codec dan parameter optimasi lainnya.

HandBrake memiliki konversi video dan “preset” pengaturan kompresi untuk perangkat yang berbeda. Kamu bahkan dapat menyeleksi bagian video berdasarkan title atau chapter. HandBrake mendukung chapter markers, subtitle, constant quality atau encoding average bit rate video. HandBrake juga mendukung VFR dan CFR.

 

3. Avidemux

Aplikasi untuk Kompres File Musik dan Video Avidemux

Avidemux merupakan salah satu aplikasi video editing dan kompresi terbaik. Avidemux merupakan aplikasi pengeditan video gratis yang dirancang untuk mengedit, memotong, dan encode video. Avidemux mendukung banyak format file termasuk MP4, AVI, dan DVD. Kamu dapat mengotomatisasi pekerjaan menggunakan proyek dan antrian pekerjaan.

Avidemux tersedia untuk Windows, Mac dan juga Linux. Untuk mengkompres video menggunakan Avidemux, cukup tambahkan file video dari pilihan file. Lalu akses konfigurasi dari menu kiri. Dari sana kamu akan melihat banyak pilihan untuk mengubah codec, frame rate, bit rate dan pengaturan lainnya.

 

Kesimpulan

Banyak aplikasi editing video yang dapat digunakan untuk kompres video. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih codec, bit rate dan frame rate yang sesuai. Dan untuk itu semua saya merekomendasikan Format Factory.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.