5+ Aplikasi Komputer untuk Penerbitan (Desktop Publishing)

Aplikasi desktop publishing (atau aplikasi DTP) adalah aplikasi yang digunakan dalam proses pembuatan proyek editorial. Penggunaan utama DTP adalah untuk menempatkan teks, gambar dan grafik pada halaman dan mudah mengatur elemen-elemen tersebut untuk membuat dokumen yang disukai.

Pertama kali hadir pada 1980-an untuk membuat publikasi media cetak dan PDF, aplikasi DTP saat ini juga digunakan untuk membuat media elektronik, seperti e-book dan halaman web. Aplikasi DTP memungkinkan para kreator dan manajemen profesional membuat desain dokumen.

Aplikasi DTP digunakan untuk membuat berbagai dokumen dasar seperti kartu nama, menu dan brosur dan proyek editorial yang lebih kompleks seperti buku, majalah, katalog, dan daftar harga. Jenis dokumen yang perlu Anda buat akan memengaruhi pilihan aplikasi yang akan Anda gunakan.

Aplikasi desktop publishing mana yang harus saya gunakan?

Banyak pilihan aplikasi beragam saat ini tersedia untuk desktop publishing, termasuk aplikasi populer seperti QuarkXPress dan Adobe InDesign, aplikasi open source seperti Scribus, LaTex, dan Libre Office Suite, dan dua program yang dikembangkan oleh Microsoft (Word dan Publisher).

Juga tersedia Pagination.com, yang merupakan salah satu aplikasi desktop publishing yang paling efektif untuk menyusun teks, data, dan gambar menjadi produk editorial lengkap. Pagination.com adalah salah satu solusi penerbitan database otomatis berbasis cloud pertama yang ditawarkan oleh pasar penerbitan.

Masing-masing solusi ini dicirikan oleh berbagai fitur teknis, kinerja, biaya, kemudahan penggunaan, dan ketersediaan.

Aplikasi DTP terbaik

Untuk membantu Anda memilih aplikasi Desktop Publishing yang tepat untuk Anda, berikut adalah deskripsi singkat tentang beberapa aplikasi DTP yang saat ini tersedia

Adobe InDesign

Aplikasi Komputer untuk Penerbitan Desktop Publishing Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah aplikasi desktop publishing tingkat profesional untuk Windows dan Mac yang pertama kali diproduksi oleh Adobe Systems pada tahun 1999. InDesign adalah pewaris Adobe PageMaker dan dapat digunakan untuk mempublikasikan setiap jenis produk editorial terutama buku, majalah, dan jurnal. Fitur utamanya adalah dukungan multibahasa, manajemen lanjutan font OpenType, kemampuan untuk mengelola efek transparansi, dan integrasi yang cukup besar dengan produk lain yang ditawarkan oleh Adobe Systems.

Mengembalikan fokus ke satu dokumen, pengguna dapat menangani ukuran halaman yang berbeda, menambahkan teks dan paragraf di beberapa kolom dengan alat yang mudah digunakan, dan dengan mudah mengubah objek. Selain itu, Adobe InDesign juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat dokumen interaktif dan proposal multimedia dengan elemen audio dan video.

Adobe InDesign mendukung ekspor ke format EPUB dan SWF untuk membuat e-book dan publikasi digital, seperti majalah digital dan konten yang sesuai untuk tablet. Selain itu, Adobe InDesign juga dapat mengelola XML, style sheet, dan kode markup lainnya.

Versi terbaru Adobe InDesign memiliki beberapa desain baru, termasuk tata letak “liquid” atau desain “responsif” yang secara otomatis menyesuaikan untuk menjadi cocok untuk perangkat yang berbeda dan kemampuan untuk menautkan ke konten yang berbeda. Perubahan penting kedua memungkinkan perubahan untuk direplikasi di semua format sehingga tidak perlu memasukkan beberapa kali (mengurangi kemungkinan kesalahan).

Mulai versi CS6 dan seterusnya, InDesign dijual sebagai langganan biaya bulanan sehingga akun Adobe dapat diaktifkan. Sewa lisensi (sehingga aplikasi dapat diakses dari Adobe Creative Cloud) memungkinkan pilihan di antara semua opsi bulanan. Dengan cara ini, biaya berlebihan yang sering menjadi hambatan untuk menggunakan produk Adobe secara keseluruhan bisa diatasi.

 

Pagination.com

Pagination.com, salah satu layanan penerbitan basis cloud pertama, memungkinkan penerbit desktop untuk mengelola dan membuat katalog dan daftar harga yang sempurna dari spreadsheet sederhana.

Alur kerjanya sederhana dan didasarkan pada struktur berbagi folder. Solusi ini memungkinkan Anda mengelola dan membuat katalog juga daftar harga yang sempurna mulai dari spreadsheet sederhana. Data, gambar, dan tata letak diunggah ke sistem, kemudian dapat diunduh sebagai dokumen lengkap beberapa menit kemudian dalam format InDesign atau PDF. dokumen dapat dicetak atau dibagikan secara online di desktop atau perangkat seluler.

Metode penerbitan database otomatis mengoptimalkan proses untuk katalog dan daftar harga berkat layanan online, karena layanan ini dapat menangani banyak format basis data umum (Excel, AS / 400, SQL, TXT, e XML), kemudian mentransformasikannya menjadi dokumen yang dapat digunakan.

 

QuarkXpress

Aplikasi Komputer untuk Penerbitan Desktop Publishing QuarkXpress

QuarkXpress adalah aplikasi desktop publishing untuk Windows dan Mac OS yang dibuat pada tahun 1987 oleh Quark Inc. Fitur utama QuarkXpress adalah kinerja optimal, tingkat kontrol yang tinggi atas posisi elemen pada halaman (presisi 0,001 mm), dan fitur aplikasi yang dapat diperluas dengan modul kode biner yang dikembangkan oleh Quark atau oleh pihak ketiga. Banyak biro iklan telah membangun sistem editorial (lingkungan khusus untuk manajemen material dan paginasi semi-otomatis) berdasarkan QuarkXpress.

Versi terbaru dari QuarkXpress telah menekankan pengembangan desain web, pembuatan dokumen PDF, dan dukungan XML, namun mengecewakan pelanggan yang menginginkan perluasan dan peningkatan fungsi prepress.

 

Scribus

Aplikasi Komputer untuk Penerbitan Desktop Publishing Scribus

Alternatif open source untuk aplikasi desktop penerbitan berbasis biaya atau pembelian adalah Scribus, dibuat pada tahun 2003 oleh tim yang juga mengadopsi nama tersebut. Scribus didasarkan pada pustaka Qt dan telah dikembangkan dalam berbagai platform (Unix, Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, dll.) dengan dukungan beberapa bahasa (termasuk bahasa Italia).

Kemudahan penggunaan, fitur, dan pendekatan profesionalnya membuat Scribus salah satu aplikasi penerbitan dengan database yang paling dihargai, bahkan untuk pemula. Contoh penggunaan termasuk pembuatan buletin, majalah, presentasi PDF animasi dan interaktif, poster, selebaran, dan dokumen yang memerlukan tata letak yang fleksibel. Scribus juga telah digunakan untuk membuat buku-buku yang lengkap. Mendukung banyak format grafis yang berbeda, format SVG, warna CMYK, dan manajemen ICC dari warna dan script dalam bahasa Python.

Anda dapat menggunakan template preset, bahkan jika mereka tidak sempurna dari sudut pandang grafis, atau Anda dapat membuat yang baru. Prosedur penerbitan dengan Scribus dapat diselesaikan dengan menggeser dan menyeret elemen-elemen di dalam halaman. Dokumen yang dibuat dapat disimpan dalam format teks dan gambar populer.

 

LaTex

Aplikasi Komputer untuk Penerbitan Desktop Publishing LaTex New

LaTex adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat teks. Hal ini berdasarkan pada program TEX komposisi tipografi. Versi terbaru disebut LaTeX2ε. Leslie Lamport menciptakan LaTex pada tahun 1985; sekarang dimiliki oleh Frank Mittelbach.

LaTex dikenal tidak mudah digunakan, meskipun banyak template dan tutorial online menguraikan pedoman sistem utama. Kerumitan ini (dan potensi kesulitan penggunaan) diimbangi oleh hasil LaTex hasil yang sangat baik. Menawarkan fitur penerbitan desktop yang dapat diprogram dan kemungkinan mengotomatisasi sebagian besar fungsi penyusunan angka, termasuk penomoran, referensi silang, tabel dan gambar, organisasi halaman, bibliografi, dan banyak lagi.

LaTex merupakan aplikasi multi-platform (berjalan pada Windows, Linux, dan Mac) dan dapat bekerja dengan setiap jenis dokumen. Bahkan, LaTex sangat sering digunakan oleh fisikawan, matematikawan, ilmuwan komputer, dan insinyur untuk manajemen penerbitan yang sangat baik dari rumus matematika (bahkan Wikipedia menggunakan LaTex untuk membuat rumus) dan referensi bibliografi (karena proyek BibTex). Di beberapa universitas, tesis hanya diizinkan untuk diterbitkan dengan LaTex.

 

Microsoft Word

Word adalah aplikasi pengolah kata yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 1983. Ini adalah bagian dari aplikasi produktivitas Microsoft Office dan tersedia untuk Windows dan OS X. Saat ini, Microsoft Word adalah aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia.

Microsoft Word telah digunakan untuk membuat, menerbitkan, memodifikasi, dan mencetak setiap jenis teks, baik untuk penggunaan pribadi dan bisnis. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memformat teks menggunakan bilah alat dan membuat dokumen yang menyenangkan secara visual tanpa menjadi perancang grafis yang ahli. Aplikasi ini mencakup fungsi gambar dasar untuk membuat bentuk 2D dan 3D sederhana dan menyertakan fungsi WordArt untuk membuat judul berwarna dengan efek 3D. Anda juga dapat memasukkan gambar dan foto ke dalam dokumen, lalu memodifikasinya dengan alat seperti hitam / putih / saturasi, pemotongan, dan sebagainya. Fungsi matematika juga dapat dimasukkan, seperti halnya Excel.

Untuk versi terbaru Microsoft Word, Office Suite (yang mencakup program lain seperti PowerPoint, untuk template presentasi; dan Outlook, untuk email) juga dijual dengan sistem berlangganan dengan biaya bulanan. Salah satu kelemahan terbesar Microsoft Word, biaya lisensi, diatasi dengan format berlangganan ini. Selain itu, Word menawarkan integrasi dengan OneDrive, sehingga pekerjaan Anda dapat disimpan di cloud maupun lokal, untuk kolaborasi yang lebih besar dan pengelolaan file yang lebih baik.

 

Microsoft Publisher

Publisher adalah aplikasi desktop publishing dari Microsoft Office suite; itu dibuat pada tahun 1991. Microsoft Publisher dianggap sebagai aplikasi entry-level (tidak khusus profesional) dan berbeda dari Word karena lebih berorientasi pada grafik daripada ke teks. Microsoft ingin membuat aplikasi mudah yang merupakan alternatif untuk aplikasi profesional klasik. Bahkan, Microsoft Publisher berorientasi untuk digunakan di perusahaan tanpa desainer grafis internal, di mana semua bahan dibuat tanpa pengetahuan khusus di bidang desain grafis.

Microsoft Publisher memberi Anda dua kemungkinan kerja: Anda dapat mulai dari lembar kosong atau memilih salah satu templatnya, yang dibagi ke dalam kategori (brosur, kop surat, kartu pos, kalender, selebaran, label, dll.). Sejumlah besar alat pengeditan tersedia, dan seseorang dapat menambahkan atau menghapus kata-kata, warna, efek, dan sebagainya.

Fitur baik lainnya adalah area kerja yang besar, yang dirancang untuk memudahkan setiap operasi, dan berbagai format yang didukung. Selain itu, seperti Microsoft Word, Publisher dapat diintegrasikan dengan OneDrive sehingga pekerjaan Anda dapat disimpan di cloud.

 

Libre Office Writer

LibreOffice Writer adalah komponen pengolah kata open source dari suite LibreOffice. Hadir pertama kali pada tahun 2010, Writer segera menjadi alternatif untuk Microsoft Word, berkat fitur-fiturnya yang serupa dan karena keseluruhan paket aplikasi dapat didownload secara gratis.

LibreOffice Writer dapat membuka dan menyimpan berbagai jenis format dokumen, seperti Open Documents (format default), Microsoft Word .doc dan .docx, dan HTML. Libre Office Writer juga mampu mengekspor dokumen sebagai PDF.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memproyeksikan dan membuat dokumen teks dengan fitur klasik pengolah kata: pemformatan teks, pemeriksa ejaan dan tata bahasa, sinonim, hyphenation, pembuatan indeks, fungsi perhitungan, dll. Dengan LibreOffice Writer, Anda dapat menyesuaikan tata letak dokumen Anda menggunakan template yang berbeda atau membuat dari awal. Dengan cara yang sama, Anda dapat membuat dan menerapkan gaya ke paragraf, karakter individual, bingkai, dan halaman.

Sebagai aplikasi penerbitan desktop, LibreOffice Writer berisi berbagai alat penerbitan dan gambar untuk membuat dokumen seperti brosur, buletin, dan surat edaran. Beberapa fitur penerbitannya meliputi: memformat dokumen dengan tata letak multi-kolom, menyisipkan bingkai teks, gambar dalam berbagai format (misalnya, JPEG dan GIF), grafik, tabel, dan objek lainnya. Selain itu, dengan alat menggambar, dimungkinkan untuk membuat gambar, garis, grafik, dan legenda untuk dokumen Anda.

 

Libre Office Draw

LibreOffice Draw hadir pertama kali pada tahun 2010 sebagai aplikasi penerbitan dari paket aplikasi LibreOffice, yang mana didedikasikan untuk menggambar dan menyusun komposisi. Aplikasi ini paling sering digunakan untuk membuat gambar teknis dan desain grafis seperti poster, selebaran, dan brosur.

LibreOffice Draw adalah aplikasi untuk pemula, dan bukan dirancang khusus untuk para profesional, namun berbagai fiturnya memungkinkan pengguna untuk mencapai hasil grafis yang bagus. Antarmuka pengguna sederhana dan intuitif, memudahkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur utama yang berkaitan dengan pembuatan, pengeditan teks, gambar, dan grafis.

Seperti kebanyakan program komposisi grafis, Draw menggunakan lapisan, sehingga berbagai elemen (gambar, bentuk, teks) secara otomatis ditempatkan pada lapisan yang berbeda, membiarkannya bebas untuk reorganisasi, membawa objek ke latar depan, atau meletakkannya di latar belakang, antara lain elemen.

Alat yang tersedia memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai gambar teknis, seperti garis, poligon, kurva tangan bebas, bagan alur, bagan organisasi, diagram jaringan, dan banyak lagi. Draw juga dapat mengimpor gambar dan grafik dari format yang paling umum, seperti BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF, dan WMF, dan mengekspor file dalam format Flash (.swf). Akhirnya, LibreOffice Draw juga bisa berfungsi sebagai editor PDF.

Mirip dengan Microsoft Publisher, LibreOffice Draw memungkinkan Anda untuk bekerja baik mulai dari lembar kosong atau untuk memilih salah satu dari banyak templatnya yang telah ditetapkan.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.