15+ Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik

Tidak ada yang bisa membantah teknologi membawa manfaat kepada kita yang tak terhitung jumlahnya. Tidak diragukan lagi teknologi memungkinkan kita untuk terhubung, meningkatkan, memanfaatkan, dan bekerja dengan sumber daya kita melebihi batas apa yang pernah dibayangkan sebelumnya.

Jika Anda tidak memanfaatkan salah satu dari ratusan aplikasi dan alat pengelolaan waktu yang ada saat ini, Anda jelas sudah kehilangan trik yang sangat berguna.

Tetapi dengan begitu banyak aplikasi untuk dipilih, bagaimana Anda tahu yang mana harus digunakan? Ini akan bergantung pada kebutuhan Anda, tetapi kami telah menyusun daftar aplikasi pengelolaan waktu terbaik yang dapat membantu Anda menghadapi tantangan manajemen waktu yang paling umum.

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik

1. Rescue Time — Untuk penggunaan waktu yang bijak

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Rescue Time

Jika Anda ragu bahwa Anda menggunakan waktu Anda dengan bijaksana, aplikasi ini akan mengirim Anda laporan mingguan untuk menunjukkan hal-hal apa saja yang mencuri waktu Anda. Anda mungkin terkejut saat mengetahui berapa banyak waktu yang sebenarnya Anda habiskan.

 

2. Remember The Milk — Menjaga tugas/pekerjaan tetap menjadi prioritas yang harus dikerjakan

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Remember The Milk

Jika Anda berjuang untuk mengelola semua yang harus Anda lakukan, dan Anda bekerja dengan banyak perangkat yang berbeda, maka Remember The Milk adalah aplikasi untuk Anda.

Remember The Milk adalah aplikasi gratis hebat yang kompatibel dengan ponsel, komputer, Gmail, Outlook, dll. Remember The Milk membantu Anda mengelola tugas dengan mudah, dan mengingatkan tugas Anda di mana pun Anda berada.

 

3. Focus Booster – Meningkatkan motivasi untuk menyelesaikan tugas

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Focus Booster

Aplikasi ini didasarkan pada prinsip-prinsip Teknik Pomodoro, dan ditujukan untuk individu yang menunda dan merasa kewalahan oleh tugas. Focus Booster dirancang untuk meningkatkan fokus Anda dan menghilangkan kecemasan yang mungkin Anda miliki akibat tekanan waktu.

 

4. Toggl – Memantau waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan dan tugas

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Toggl

Toggl adalah alternatif yang bagus untuk aplikasi “Rescue Time”, jika Anda perlu memantau berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk pekerjaan yang berbeda. Manajemen waktu yang efektif dimulai dengan memperjelas berapa banyak waktu yang sebenarnya Anda habiskan untuk pekerjaan dan tugas Anda, dan kemudian melalui analisis, bagaimana Anda dapat mengelolanya dengan lebih efektif.

 

5. Dropbox — Simpan dan kirim file besar dengan mudah

Ada banyak aplikasi yang memungkinkan Anda mentransfer konten dari komputer Anda ke perangkat lain. tetapi Dropbox lebih mudah digunakan daripada yang lain. Dengan aplikasi Dropbox, Anda bahkan dapat mengakses dan membagikan file penting saat bepergian.

 

6. Evernote — Simpan semua catatan Anda di satu tempat

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Evernote

Evernote adalah alat produktivitas gratis yang memungkinkan Anda mencatat semua ide, pemikiran, dan gambar Anda dengan berbagai cara (misal dengan suara, catatan, atau gambar). Anda bahkan dapat merekam pertemuan, wawancara, pidato dan ide, membuat daftar, menambahkan lampiran suara atau teks, dan membagikan file Anda dengan teman-teman.

Anda juga dapat menyinkronkan aplikasi “Remember The Milk” dengan Evernote untuk benar-benar mengoptimalkan waktu Anda.

 

7. Mind42 — Fokus pada tugas yang sedang dikerjakan dengan pemetaan pikiran

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Mind42

Pemetaan pikiran (mind mapping) adalah teknik produktivitas yang hebat, dan Mind42 adalah aplikasi pemetaan pikiran gratis terbaik yang tersedia saat ini. Mind42 membantu Anda menjadi lebih terorganisasi dengan memfokuskan pikiran Anda, dengan demikian mendapatkan kejelasan tentang apa yang perlu dilakukan.

 

8. SyncBackFree — Back up and sync your files effortlessly

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik SyncBackFree

Aplikasi gratis ini memungkinkan Anda untuk membuat cadangan, memulihkan, dan menyinkronkan file Anda dengan mudah. SyncBackFree tidak hanya menghemat waktu Anda sekarang, tetapi juga di masa depan. Jika Anda belum pernah mencadangkan file Anda sebelumnya, Anda harus benar-benar melihat alat penting ini.

 

9. MyLifeOrganized (MLO) – Kelola daftar pekerjaan Anda secara efektif

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik MyLifeOrganized

Coba MyLifeOrganized jika Anda merasa sulit untuk mengelola semua tugas Anda, untuk bekerja dengan daftar yang harus dilakukan, dan untuk mengatur tujuan Anda. Sistem manajemen tugas ini akan membantu Anda untuk menargetkan apa yang harus Anda fokuskan untuk mencapai tujuan Anda.

MyLifeOrganized secara otomatis menghasilkan daftar yang harus dilakukan, dengan tindakan prioritas untuk diperhatikan langsung oleh Anda sehingga Anda dapat memantau kemajuan Anda secara metodis.

 

10. 1Password — Mengingat semua kata sandi Anda

1Password

1Password memungkinkan Anda menyimpan semua kata sandi Anda dalam satu basis data terenkripsi, dilindungi oleh satu kata sandi utama. 1Password menghemat waktu Anda ketika Anda lupa kata sandi Anda dan perlu mengambilnya.

1Password juga memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai kata sandi untuk akun yang berbeda sehingga Anda tidak berkompromi dengan masalah keamanan.

 

11. Pocket — untuk tetap fokus pada apa yang sedang Anda kerjakan saat itu

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Pocket

Saat menjelajahi web, kita akan sangat mudah untuk terganggu oleh situs web menarik dan mempesona. Gunakan alat ini untuk menyimpan “penemuan” Anda untuk mengakses dan membacanya nanti pada waktu yang tepat yang tidak akan berdampak langsung pada pekerjaan Anda.

 

12. Focus@Will — Meningkatkan rentang perhatian Anda

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Focus@Will

Aplikasi luar biasa ini menggabungkan ilmu saraf dan musik untuk meningkatkan produktivitas Anda. Menurut pengembang, mungkin untuk meningkatkan rentang perhatian Anda hingga 400%! Ideal bagi mereka yang sulit fokus saat belajar, bekerja atau membaca.

 

13. Launchy — Berinteraksi dengan komputer Anda dengan cara yang cerdas

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Launchy

Alat kecil dan sederhana ini memungkinkan Anda untuk membuka dokumen, file proyek, folder, dan bookmark hanya dengan beberapa penekanan tombol. Launchy membuat hidup jadi lebih mudah karena Anda tidak perlu melalui menu mulai untuk mengakses apa yang Anda inginkan.

 

14. Forest — Tingkatkan fokus Anda dengan menumbuhkan hutan

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik Forest

Aplikasi unik dan menyenangkan ini membantu Anda tetap fokus dan pada apa yang sedang anda kerjakan. Konsepnya sederhana: kapanpun Anda ingin fokus, tanam pohon virtual. Jika Anda tetap fokus, pohon itu akan tumbuh. Jika Anda kehilangan fokus, pohon itu akan mati. Seperti namanya aplikasi, Anda dapat menumbuhkan beberapa pohon untuk membuat hutan virtual!

 

15. Trello — Pantau proyek Anda dengan cara yang sangat visual

Trello

Trello adalah aplikasi yang sangat populer yang mungkin sudah Anda kenal. Trello memungkinkan Anda untuk membuat kartu untuk tugas-tugas yang perlu Anda selesaikan. Setiap kartu bergerak melintasi papan Trello (yang biasanya dipecah menjadi kolom-kolom seperti To Do, In Progress, dan Completed) sebagai awal, kerjakan dan selesaikan tugas yang terkait.

 

16. Wunderlist — Mendigitalkan daftar tugas Anda

Widget Android Gratis Terbaik Wunderlist To-Do List & Tasks

Dibeli oleh Microsoft pada tahun 2015, Wunderlist adalah aplikasi daftar tugas yang mudah digunakan. Mulai dari merencanakan liburan, hingga berbagi daftar belanja dengan pasangan, atau mengelola beberapa proyek kerja, Wunderlist akan membuat Anda tetap berada pada jalur yang benar untuk menyelesaikan semua tugas Anda.

 

17. TimeTree — Memiliki kalender bersama dengan keluarga Anda

Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik TimeTree

Aplikasi ini memungkinkan keluarga atau tim untuk berbagi banyak kalender dan janji pertemuan. Jadi, baik untuk merencanakan pesta, atau menjalankan tim olahraga, Time Tree dapat membuat setiap orang tetap mengetahui semua kegiatan dan acara saat ini dan yang akan datang.

 

18. Todoist — Mencatat dan mengatur semua tugas dan kegiatan Anda dengan mudah

Aplikasi untuk Mengelola Tugas Terbaik Todoist

Todoist hampir menjadi daftar tugas digital utama. Todoist tersedia melalui browser dan aplikasi, dan memungkinkan Anda menjadwalkan semua tugas dan aktivitas Anda. Setiap item dapat ditandai untuk prioritas serta diberi tenggat waktu. Ada juga opsi yang rapi untuk menambahkan catatan ke salah satu tugas Anda.

 

Penutup

Daftar di atas mencakup apa yang kami anggap sebagai aplikasi dan alat manajemen waktu terbaik. Dan kabar baiknya adalah banyak dari aplikasi-aplikasi tersebut benar-benar gratis! Jadi, apa yang kamu tunggu? Pilih yang paling berguna bagi Anda,  dan mulailah tingkatkan produktivitas Anda sekarang

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.