Aplikasi untuk Mengganti Nama Foto & Video Berdasarkan Waktu & Tanggal Metadata ~ Namexif

Pernahkah kamu melihat folder foto di ponsel atau kamera digital kamu? Perangkat elektronik menyimpan gambar menggunakan nama yang ganjil, beberapa kamera menggunakan IMG diikuti dengan nomor, yang lain menggunakan pengenal berbeda. Tidak masuk akal, dan mencari foto menjadi sangat sulit, terutama jika semua foto disatukan dalam satu folder.

Mungkin lebih mudah jika gambar tersebut memiliki tanggal sebagai namanya, misalnya Gambar dari pesta ulang tahun, atau liburan, dll. Jika kamu setuju dengan itu, maka kamu mungkin menyukai Namexif. Aplikasi gratis ini dapat mengganti nama foto menggunakan data EXIF-nya, yaitu metadata yang disimpan oleh kamera.

Aplikasi untuk Mengganti Nama Foto & Video Berdasarkan Waktu & Tanggal Namexif

Namexif adalah aplikasi portabel. Tampilan aplikasi sedikit berbeda jika kamu membandingkannya dengan aplikasi lain. Setiap kali kamu menjalankannya, kamu akan melihat layar yang menyerupai halaman penginstal. Jendela aplikasi menjelaskan fungsionalitas aplikasi, dan kamu hanya perlu mengklik tombol Next untuk melanjutkan.

Layar berikutnya yang kamu lihat adalah antarmuka utama Namexif. Klik pada tombol “add files” di bagian atas layar, dan gunakan jendela “browse” untuk memilih foto yang ingin kamu ganti namanya.

Aplikasi untuk Mengganti Nama Foto & Video Berdasarkan Waktu & Tanggal Namexif SS1

Namexif mendukung format gambar berikut: JPG, GIF, BMP, PNG dan HEIC. Jika kamu ingin mengubah nama file secara batch, misalnya semua gambar dalam folder, klik tombol Add Dir dan tandai direktori.

Panel pop-up untuk pemilihan folder memiliki tombol untuk memasukkan sub-folder. Aplikasi ini menampilkan daftar file yang telah kamu tambahkan, kamu dapat menghapus daftar dengan satu klik, tetapi kamu tidak dapat menghapus gambar satu per satu yang agak aneh.

Klik Next untuk menyetel aturan penggantian nama. Kamu dapat memilih format default yaitu YYYY-MM-DD-HHhhMMmmSS, yang mewakili tahun, bulan, hari, jam, menit dan detik. Pada dasarnya, Namexif akan menggunakan stempel waktu untuk mengganti nama file.

Opsi lainnya memungkinkan kamu menyesuaikan pola penamaan. Jadi, jika kamu tidak ingin nama unit tertentu, kamu dapat mengecualikannya. Atau kamu dapat menambahkan lebih banyak data ke dalamnya seperti FMR yang merupakan nama sebelumnya. Aplikasi ini juga dapat menggunakan informasi ISO untuk mengganti nama file. Selain pengaturan ini, kamu juga dapat menyesuaikan tanda waktu dengan nilai kustom. Dalam kasus file yang memiliki tanggal/ waktu yang sama, aplikasi akan menambahkan nomor tambahan ke namanya.

Tekan tombol Next untuk memulai proses penggantian nama, kamu akan melihat bilah proses saat Nameexif memeriksa media yang kamu pilih untuk melihat apakah mereka memiliki tag EXIF. Jika file tidak memiliki info EXIF, mereka tidak akan diubah namanya. Aplikasi tidak mengedit media dengan cara apa pun, sehingga kualitasnya tetap sama. Tapi, sebelum kamu melanjutkan, pastikan kamu memiliki backup gambar kamu. Alasan saya mengatakan ini adalah karena Namexif akan mengganti nama file yang telah kamu tambahkan, tetapi tidak ada cara untuk membatalkan perubahan.

Aplikasi untuk Mengganti Nama Foto & Video Berdasarkan Waktu & Tanggal Namexif SS4

Aplikasi untuk Mengganti Nama Foto & Video Berdasarkan Waktu & Tanggal Namexif SS4

Klik pada tombol Finish untuk keluar dari aplikasi. Jika kamu ingin mengganti nama file lainnya, gunakan tombol “Again” untuk kembali ke layar utama. Selain bekerja dengan foto, Namexif juga dapat digunakan untuk mengganti nama video, asalkan berisi beberapa data EXIF. Aplikasi ini bekerja dengan format video AVI dan MOV.

Jika kamu menginginkan aplikasi penggantian nama lengkap, kamu mungkin ingin melihat Advanced Renamer atau FocusOn Renamer sebagai alternatifnya.

Link Download

Kasih jajan buat Download Software Gratisan