5 Aplikasi Pembersih Gratis Terbaik Android

Kebanyakan mungkin akan berpikir untuk membersihkan handphone mereka ketika ada sesuatu yang salah. Handphone Android cukup pintar sehingga pemeliharaan rutin tidak diperlukan, tetapi merupakan ide yang baik untuk melakukan pengaturan digital sesekali. Jangan meremehkan dampak dari tetap terorganisir secara digital, hal itu mungkin membuat handphone kamu akan bekerja lebih lama.

Caranya adalah dengan menemukan aplikasi pembersih handphone yang benar-benar memenuhi apa yang dijanjikan. Aplikasi pembersih yang buruk hanya bisa menginfeksi handphone Android kamu dengan malware, spam, juga iklan. Namun, tidak semua aplikasi pembersih Android tidak berguna, jadi kami akan membantu kamu menemukan aplikasi yang layak digunakan.

Aplikasi pembersihan terbaik untuk handphone dan tablet Android

Droid Optimizer

Aplikasi Pembersih Gratis Terbaik Android Droid Optimizer

Droid Optimizer merupakan salah satu alat pembersih Android paling terkenal, dengan lebih dari satu juta download di Google Play Store. Droid Optimizer sangat mudah digunakan terutama untuk pemula dengan layar pengantar yang menuntun kamu mempelajari izin dan fitur.

Droid Optimizer menawarkan “sistem peringkat” yang dirancang untuk memotivasi kamu untuk menjaga handphone kamu dalam kondisi optimal. Hanya satu ketukan yang kamu perlukan untuk memulai pembersihan handphone. Kamu dapat melihat statistik di bagian atas layar; ruang kosong dan RAM tampil di sebelah skor “peringkat”, tempat kamu menerima poin untuk tindakan pembersihan.

Jika kamu lebih suka mengatur segala sesuatunya, pengoptimal Droid memungkinkan kamu mengatur pembersihan rutin dan otomatis. Pembersihan otomatis ini akan membersihkan cache, menghentikan aplikasi di latar belakang, dan menghapus file yang tidak perlu. Droid Optimizer juga dilengkapi dengan “penjadwal malam” untuk menghemat energi, secara otomatis menonaktifkan fitur seperti Wi-Fi kamu saat tidak aktif. Pengoptimal Droid juga dapat menghapus aplikasi secara massal.

Droid Optimizer bukan aplikasi yang paling menarik, tetapi berfungsi. Jika kamu mencari aplikasi pembersih handphone Android terbaik dan tidak ingin melakukan banyak pekerjaan sendiri, Droid Optimizer harus ada dalam daftar kamu.

 

CCleaner

Aplikasi Pembersih Gratis Terbaik Android CCleaner

Aplikasi desktop terkenal yang sama untuk mendapatkan kembali ruang disk juga tersedia di Android. Kami merasa bahwa kamu harus berhenti menggunakan CCleaner di Windows karena sudah menurun sejak diambil alih oleh Avast. Namun untuk aplikasi Android juga tidak sempurna, namun lebih baik daripada banyak aplikasi pembersih spam lainnya untuk Android.

CCleaner di Android adalah aplikasi multifungsi yang melakukan yang terbaik untuk menganalisis dan membersihkan file-file liar yang menghabiskan ruang berharga kamu. Fungsi utamanya adalah fitur pembersih yang dapat menghapus data cache dari aplikasi, membersihkan folder kosong, dan menghapus berbagai history.

CCleaner juga memiliki Manajer Aplikasi, yang menawarkan tampilan sederhana yang memungkinkan kamu memilih beberapa aplikasi untuk dihapus. Terakhir, halaman System Info memonitor sumber daya handphone kamu (CPU, RAM, detail handphone) sehingga kamu dapat mengetahui apa yang sedang terjadi.

 

All-in-One Toolbox

Aplikasi Pembersih Gratis Terbaik Android All-in-One Toolbox

Membersihkan handphone kamu dari file yang tidak perlu hanyalah satu bagian dari tugas. Bagaimana dengan memantau baterai atau suhu CPU handphone Android kamu, atau iklan-iklan yang menjengkelkan? All-In-One Toolbox hadir untuk melakukan semuanya.

All-in-One Toolbox mampu membersihkan file sementara, menghapus cache, dan menghapus folder kosong dan file tidak berguna. Hanya perlu satu ketuk untuk menganalisis handphone kamu, lalu ketuk lain untuk menghapus, dan selesai.

Fungsi Boost akan membersihkan cache sistem kamu dan menutup aplikasi latar belakang, sekali lagi hanya dengan dua ketukan. Kamu dapat mengatur Fungsi Boost secara otomatis dengan fungsi Boost+ jika kamu mau, tetapi melakukan itu membutuhkan pembelian dalam aplikasi. Jika kamu baterai jus, bagian Penghemat Baterai adalah pembunuh tugas latar belakang lain, juga menyediakan statistik baterai kamu saat ini.

Jika itu tidak cukup, ada juga penghapus aplikasi massal, alat pembersih file canggih, dan analisis Wi-Fi. Sesuai namanya, All-In-One Toolbox mencoba melakukan semuanya.

 

SD Maid

Aplikasi Pembersih Gratis Terbaik Android SD Maid

SD Maid mengklaim “siap melayani kamu” sebagai pembersih digital untuk handphone Android kamu. SD Maid membuat pengalaman tetap sederhana. Dengan membuka aplikasi kamu akan disuguhkan empat fitur tindakan cepat yang dapat kamu gunakan untuk “merapikan” handphone Android kamu.

Fitur yang pertama, Corpse Finder berfungsi mencari dan menghapus file atau folder tidak berguna yang tersisa dari menghapus aplikasi. Lalu System Cleaner adalah alat pencarian dan hapus file lain, kali ini mencari file dan folder umum yang diyakini oleh SD Maid dapat dihapus dengan aman.

Ada juga alat untuk analisis penyimpanan (untuk membantu kamu menemukan dan menghapus file besar) dan penghapusan aplikasi massal.

 

Norton Clean

Aplikasi Pembersih Gratis Terbaik Android Norton Clean

Selain CCleaner (yang dimiliki oleh Avast), tidak ada aplikasi pembersih yang berasal dari perusahaan keamanan tingkat atas. Pencarian aplikasi pembersihan terbaik untuk Android tidak lengkap tanpa menyebut Norton Clean, adik kecil Android dari Norton Antivirus yang terkenal dari Symantec.

Norton mengklaim dapat “menghapus kekacauan” dari handphone Android kamu. Sama seperti aplikasi lain, Norton Clean akan mencari dan menghapus cache, menghapus file sampah, dan membantu kamu dengan cepat menghapus aplikasi yang tidak terpakai yang telah kamu instal. Bagian pengelola Aplikasi mencantumkan semua aplikasi yang terinstal, memungkinkan kamu mengurutkannya berdasarkan penggunaan terakhir, tanggal pemasangan, atau berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakannya.

Norton Clean mengambil pendekatan sederhana. Dibandingkan dengan aplikasi lain, Norton Clean memiliki tampilan pengguna yang paling bersih, paling cerdas, dan paling modern. Semua yang kamu butuhkan adalah satu atau dua ketukan, yang berarti kamu tidak perlu menjadi seorang profesional Android untuk menggunakannya.

 

Peringatan penggunaan Task Killers

Banyak aplikasi pembersih untuk Android menawarkan peningkatan RAM dan Task Killers sebagai fitur, bahkan beberapa pada aplikasi di daftar ini, seperti CCleaner. Namun Task Killers bisa menjadi kontraproduktif dan Task Killers benar-benar merusak kinerja handphone kamu.

Di Android, penggunaan RAM penuh belum tentu menjadi masalah. Faktanya, Android sengaja menjaga penggunaan RAM-nya tinggi untuk memaksimalkan kinerja. OS Android cukup pintar untuk mengetahui bagaimana menyulap aplikasi yang berjalan untuk bekerja secara optimal. Mengganggu proses itu dapat menyebabkan Android bekerja lebih keras dari yang seharusnya, yang pada akhirnya memperlambat handphone kamu — terutama jika kamu menutup aplikasi pada sistem latar belakang.

Sebagian besar aplikasi Android modern seharusnya tidak terlalu mempengaruhi kinerja baterai kamu. Jika ya, Android akan memberitahu kamu tentang masalah tersebut (dengan asumsi kamu memiliki handphone modern). Kamu mungkin perlu melihat cara memperpanjang usia baterai Android kamu jika itu masalahnya. Kamu dapat melakukannya dengan membatasi penggunaan latar belakang menggunakan Android itu sendiri dan bukan dengan menggunakan Task Killers atau aplikasi dengan fitur Task Killers.

Aplikasi jenis ini berguna untuk menghapus file yang tidak digunakan dan menghapus data cache, tetapi kamu harus waspada membiarkan mereka mengontrol aplikasi atau layanan yang berjalan di handphone kamu. Perangkat Android telah berkembang menjadi lebih cepat dan Android lebih baik dalam mengelola sumber daya sistem.

 

Menjaga Android Bersih dan Rapi

Pemeliharaan rutin tidak diperlukan bagi sebagian besar pengguna Android, tetapi dapat membantu menjaga handphone kamu berjalan dengan lancar. Handphone kamu akan tetap berjalan meskipun kamu tidak menghabiskan waktu membersihkan sampah. Sebagian besar handphone Android modern memiliki banyak RAM dan penyimpanan handphone untuk mengatasi apa pun yang telah kamu instal atau simpan. Kamu juga tidak perlu menghabiskan setiap hari kamu untuk membersihkan cache aplikasi.

Yang mengatakan, jika kamu melihat ada masalah dengan handphone Android kamu, pembersih Android bisa sedikit menyelesaikan masalah. Jika tidak berhasil, mungkin saatnya untuk meningkatkan ke handphone Android One untuk mendapatkan perangkat yang lebih baik tanpa bloatware.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.