21 Aplikasi Gratis Terbaik untuk Membuat Kolase Foto

Kolase foto merupakan salah satu cara terpopuler untuk menggabungkan foto-foto koleksimu. Mengumpulkan banyak gambar dalam satu kolase merupakan cara yang baik untuk menampilkan koleksi atau snapshot bagian dari kehidupanmu dalam satu halaman.

Namun, membuat kolase foto bisa jadi sulit ketika kamu tidak menggunakan aplikasi yang tepat. Misalnya kalau pake Photoshop nih. Kalau belum pernah bikin sebelumnya, kamu perlu lihat tutorial dulu dong. Belum lagi gak efisien juga secara waktu. Solusinya, buatlah kolase foto dengan aplikasi khusus untuk membuat kolase foto.

Berikut ini panduan yang bisa kami berikan, mencakup aplikasi online, desktop, iOS (iPhone dan iPad), Android, serta Windows Phone. Dipilih-dipilih…

1. PicCollage

  • Platform: iOS, Android, Windows
  • Pengembang: Cardinal Blue

piccolage

Senantiasa diperbarui terus dengan layout-layout dan desain baru, PicCollage dilengkapi banyak fitur untuk membuat kolase foto keren dari foto-foto, GIF, dan video. Jika kamu pengguna iOS 10 kamu juga bisa menggunakan message stickers. Konten eksklusif dari brand terkenal seperti Hello Kitty dan tokidoki bisa kamu dapatkan. Ada fitur template deteksi wajah kalau kamu ingin menambahkan sesuatu seperti topi pesta di kepala temanmu. Kamu juga bisa membagikan kreasimu ke Instagram, Facebook, Twitter, SMS, email, dll.

 

2. Kizoa Collage Maker

  • Platform: Web
  • Pengembang: Kizoa

kizoa

Kizoa Collage Maker yang berbasis web ini memang mudah digunakan, dilengkapi dengan banyak sekali template siap pakai (statis dan animasi) untuk berbagai suasana. Kamu bisa menyesuaikan templates sesuai selera atau memilih membuatnya dari awal kemudian menambahkan foto, GIF, video, dan stiker ke dalam desain kamu serta menyudahinya dengan beberapa sentuhan teks.

 

3. PicsArt

  • Platform: iOS, Android, Windows
  • Pengembang: PicsArt

picsart collage

Fitur pembuat kolase foto dari PicsArt hanyalah segelintir fitur yang tersedia pada aplikasi ini. Aslinya sih ada ratusan fitur untuk edit foto, filter custom, teks, dan kamera. Kamu bisa menggunakannya sebagai aplikasi suite untuk membuat seni digital, dengan dukungan banyaknya brush dan effect yang bisa dipilih dan memfasilitasi sisi kreatifmu ke level selanjutnya.

 

4. Canva Collage Templates

  • Platform: Web, iPad
  • Pengembang: Canva

canva collage

Canva bagaikan paket lengkap untuk mendesain apa saja. Bisa kamu akses via browser atau sebagai aplikasi iPad. Kamu hanya perlu mendaftar (gratis) dan pilih tools/fitur sesuai kebutuhan. Di antara gudang fiturnya itu, ada banyak template untuk kolase, sebagian besar gratis kok. Templatenya juga keren-keren dan siap digunakan. Kamu juga bisa menghias kolase kamu dengan banyaknya koleksi efek, filter, font, bangun datar, dll.

 

5. PicMonkey Collage

  • Platform: Web
  • Pengembang: PicMonkey

picmonkey collage

Merupakan bagian dari PicMonkey Suite (aplikasi web untuk edit gambar, touch-up dan tool mendesain), PicMonkey Collage merupakan cara cepat dan powerful untuk organisir gambar-gambarmu ke dalam bentuk-bentuk yang atraktif. Kamu bisa mengimpor file dari komputer atau terhubung ke layanan online seperti Facebook, OneDrive, Dropbox, dan Flickr untuk mendapatkan foto. Aplikasi ini memiliki banyak pilihan templates, baik gratis maupun premium.

PicMonkey secara otomatis akan menambahkan gambar (kamu bisa juga drag and drop), kemudian kamu bisa edit-edit kolase lagi dengan menyesuaikan jarak dan ujung layout, juga mengubah background dan warna sel. Kamu juga bisa menyesuaikan exposure dari fotomu.

 

6. Picture2Life

  • Platform: Web
  • Pengembang: Picture2Life

Memang butuh waktu untuk memahami tool pembuat kolase Picture2Life, namun begitu sudah paham, cara yang satu ini merupakan rekomendasi dalam membuat kolase foto sederhana tanpa embel-embel yang tidak perlu. Ada banyak templates yang bisa kamu pilih beserta pilihan elemen-elemen grafis yang mungkin kamu tertarik, dan opsi untuk menambahkan elemen teks dengan banyak pengaturan seperti font, warna, background, bahkan drop shadows. Hasilnya memang bisa dibilang gak wow-wow banget, tapi mudah digunakan dan pastinya gratis.

 

7. Instagram Layout

instagram layout

Instagram telah merilis Layout, sebuah aplikasi yang didesain untuk membantu penggunanya membuat kolase foto dan membagikan hasil karyanya ke media sosial. Dengan Layout, kamu bisa memilih dan mengatur ulang gambar-gambar dengan cara drag and drop. Kamu juga bisa mengubah ukuran gambar dengan cara mencubit (pinching) pada layar. Jika sudah selesai, kamu bisa menyimpannya dengan mudah dan membagikannya ke semua akun media sosial kamu.

 

8. Picture Collage Maker

  • Platform: Mac OS X 10.6 atau yang terbaru
  • Pengembang: PearlMountain

Picture Collage Maker adalah aplikasi pembuat kolase yang powerful namun mudah digunakan di mana kamu bisa membuat kolase keren pada Mac OS X. Ada ratusan templates yang disediakan untuk berbagai suasana dan banyak sekali fitur seperti: lock/unlock, group/ungroup, margin halaman, rotate, resize, crop, duplicate, reflection, dan banyak lagi. Kamu bisa membuat banyak halaman dalam satu window serta memanfaatkan rich elements seperti teks, kalender, bangun datar, background, clip art, frame, mask, dll. Worth it.

 

9. PhotoVideoCollage

  • Platform: Mac OS X 10.8 atau yang terbaru
  • Pengembang: Bits&Coffee

PhotoVideoCollage

PhotoVideoCollage menghadirkan kolase foto klasik ke level selanjutnya. Pengguna tidak hanya bisa menambahkan foto, tapi juga video dan… musik!

Pengguna dapat memilih sebuah template/layout dari banyaknya presets yang tersedia, menambahkan foto dan video ke dalam layout dan menyesuaikan pengaturan tambahan seperti tebal border, curvature, warna, dan tekstur. Penempatan foto dan video dalam kolase bisa dengan mudah diubah secara drag and drop.

 

10. Capcam

  • Platform: iOS
  • Pengembang: GBKS Limited

capcam

Menurut Germany’s Best-Kept Secret yang merupakan pengembang Capcam, cara terbaik untuk menceritakan kisah hidup kita adalah dengan kolase dan captions. Itulah mengapa diciptakan Capcam, aplikasi iOS keren yang bisa menjadikan kegiatan membuat kolase dan ber-caption ria menjadi sederhana.

 

11. PhotoCollage

  • Platform: Web
  • Pengembang: Zygomatic

Sesuai namanya, aplikasi gratisan berbasis web ini fungsinya ya untuk membuat kolase foto. Mudah digunakan kok, dan karena basisnya web jadi bisa diakses dari Mac, Windows, hingga Android dan iOS sekalipun. Kamu bisa memilih dari banyaknya templates kolase atau membuat sendiri dari awal. Ada juga templates untuk banner Facebook dan header Google+ sehingga kamu bisa mempercantik header profil media sosial kamu dengan kolase foto epik.

 

12. Fotor collage maker

  • Platform: Web
  • Pengembang: Fotor

fotor

Fotor pada dasarnya merupakan aplikasi editor foto level profesional dan berbasi website, namun salah satu fiturnya adalah pembuat kolase. Kamu bisa memilih dari empat jenis kolase foto yang tersedia: template collage, photo stitching, photo montage, dan funky collage. Kamu bisa membuat kolase dalam lima langkah mudah, dari membuka halaman webnya hingga menyimpannya dan membagikannya. Kamu juga bisa menggunakan tools edit gambar dari Fotor agar hasilnya lebih sempurna.

 

13. Photovisi

  • Platform: Web
  • Pengembang: Photovisi

photovisi

Photovisi adalah aplikasi yang benar-benar ditujukan untuk membuat kolase, jadi kamu tidak perlu bingung dengan fitur yang ‘keluar fokus’. Bisa dibilang, aplikasi ini adalah yang paling mudah digunakan dari semua aplikasi pada daftar ini: cukup pilih desain kolase, tambahkan foto, atur-atur (drag and drop) sampai puas, kemudian download hasilnya.

 

14. Google Photos

  • Platform: Mac/Windows, Chrome app
  • Pengembang: Google

google photos collage

Google Photos, sebelumnya bernama Picasa, merupakan aplikasi organisasi gambar dan editor foto. Tapi tau gak sih kalau bisa juga dipakai untuk membuat kolase? Kamu bisa bereksperimen dengan enam jenis kolase berbeda pada layar hands-on collage creation, yang kemudian bisa kamu simpan pada folder ‘Collages’.

 

15. Collagelt

  • Platform: Mac/Windows
  • Pengembang: PearlMountain

collageit

Aplikasi pembuat kolase kedua dari PearlMountain ini menawarkan alur yang simpel dan akan membuat kolase secara otomatis namun masih memberimu banyak kendali. Kamu bisa memilih dari banyak templates atau mulai dari kanvas kosong, terserah saja.

Pratinjau real-time nya berarti mudah digunakan bagi siapa saja, kamu juga bisa share hasil karyamu ke banyak tempat, seperti Flickr dan Facebook.

 

16. Ribbet

  • Platform: Web
  • Pengembang: Ribbet

ribbet collage

Namanya lucu ya hehe. Walau begitu, membuat kolase foto tidak ribet kok memakai aplikasi ini. Ada ratusan layouts yang bisa dipilih dan banyak juga pengaturan pendukung, sehingga kemungkinan hasil jadi kolase bakal keren menjadi semakin besar. Kamu bisa menambahkan teks, stiker, border, dan efek-efek ke dalam kolase dan membagikannya ke Facebook, Flickr, atau mengunduhnya.

 

17. BeFunky

  • Platform: Web, iOSAndroid
  • Pengembang: BeFunky

befunky collage

BeFunky mengklaim bahwa editor foto-nya adalah yang terbaik, dan emang sih menurut DSG tool untuk membuat kolase-nya merupakan salah satu yang paling sederhana di dunia. Aplikasi ini menyediakan banyak templates, efek-efek keren, serta integrasi tanpa hambatan dengan BeFunky Photo Editor. Tampilan antarmuka-nya juga keren. Tidak hanya tool online, BeFunky juga tersedia dalam versi app untuk iPhone, iPad, dan Android.

 

18. piZap

  • Platform: Web, iOSAndroid, Chrome app
  • Pengembang: piZap

pizap collage

Memang, tampilan antarmuka aplikasi pembuat kolase piZap bukanlah yang paling atraktif, namun kamu bisa jadi jatuh cinta dengan kesederhanaan yang ditawarkan. Ada banyak layout kolase yang bisa kamu pilih. Setelah menambahkan foto-foto, kamu bisa menambahkan efek, filter, border, frame, dan stiker. Selain website, kamu juga bisa membuat kolase dengan piZap di iPhone, iPad, atau Android kamu.

 

19. Pic Stitch

pic stitch collage

Pic Stitch memungkinkanmu untuk ‘menjahit’ foto-foto menjadi kolase-kolase keren. Pilihlah dari 232 layout dan 15 aspect ratio foto. Plus, kamu juga bisa mengaplikasikan sudut membulat, pattern, shadows, dan trik-trik edit foto lainnya. Kemudian, kamu bisa membagikan hasil karyamu ke banyak media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

 

20. Shapecollage

  • Platform: Mac, Windows, Linux, iOS
  • Pengembang: Shapecollage

Shape Collage merupakan aplikasi pembuat kolase foto otomatis yang akan membuat banyak kolase dalam berbagai bentuk dalam hitungan detik saja. Kamu bisa membuat kolase foto dalam bentuk persegi, hati, teks, logo, semua hanya memerlukan beberapa klik mouse. Tool ini sebagian besar otomatis sehingga kamu hanya perlu memilih bentuk, memilih foto, dan biarkan Shape Collage mengurus sisanya.

 

21. Fotojet

  • Platform: Web
  • Pengembang: Pearlmountain

fotojet collage

Fotojet merupakan aplikasi gratis pembuat kolase foto online di mana kamu bisa membuat kolase keren, kartu foto, poster, cover Facebook, header Twitter, banner YouTube, serta berbagai macam olahan foto lainnya. Ada ratusan templates yang tersedia.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.