5+ Aplikasi Tes Performa & Ketahanan PC Gratis Terbaik

Bagi sebagian orang termasuk saya tak banyak yang lebih memuaskan daripada merakit komponen ke PC baru, menekan tombol power, dan memeriksanya dengan benar. Tetapi bahkan jika build PC kamu berjalan dan sepertinya bekerja tanpa masalah, kamu mungkin ingin memastikan semua komponen berfungsi sepenuhnya. Apakah kartu grafis kamu dapat menampilkan grafis di level yang dijanjikan oleh pabrikan? Apakah RAM kamu beroperasi secara konsisten selama berjam-jam? Apakah CPU kamu memproses sebanyak yang diharapkan dengan beban yang banyak tanpa terlalu panas?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami biasnya melakukan “stress testing” untuk memastikan bahwa semua komponen dapat menangani pekerjaan yang harus dilakukan (atau mungkin juga ketika di overclock). Komponen tersebut mungkin baik-baik saja pada penggunaan normal, namun kamu ingin tahu bahwa komponen hardware akan dapat menangani tugas yang lebih berat seperti saat menjalankan game high-end atau editing video/ media.

Dengan stress testing, kami mensimulasikan beban pemrosesan yang berat di seluruh komputer atau komponen tertentu untuk mengidentifikasi titik lemah potensial, kesalahan pada perangkat keras, atau mengidentifikasi kebutuhan untuk pendinginan tambahan yang lebih baik.

Sebelum kamu memulai

Stress testing dilakukan dengan aplikasi pengujian yang spesifik. Dan inti dari artikel ini adalah merekomendasikan aplikasi, jadi kita semua dapat melakukannya sesegera mungkin. Pertama, beberapa saran sebelum memulai:

  • Untuk hasil terbaik, kamu ingin PC kamu memusatkan semua sumberdayanya pada tes. Tutup semua aplikasi yang tidak penting.
  • Stress test biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan daya kamu untuk menonaktifkan mode “sleep” sebelum kamu mulai melakukan pengujian.
  • Stress testing bisa sangat berbahaya bagi komponen kamu. Sebagian besar komponen dirancang untuk mematikan dirinya sendiri sebelum menimbulkan kerusakan, tapi lebih baik menghindarinya daripada menyesal. Kami merekomendasikan untuk menginstal beberapa jenis aplikasi monitor perangkat keras, seperti HWMonitor, untuk mengawasi suhu.
    Setelah kamu memiliki aplikasi pemantauan perangkat keras, cari suhu maksimum untuk CPU dan GPU kamu. Sebagian besar CPU tidak boleh melebihi 70 derajat C, dan kebanyakan GPU tidak boleh melebihi 100 derajat C. Jika komponen kamu melampaui panas maksimumnya, atau tetap mendekati maksimum untuk waktu yang lama, hentikan tes segera.

 

Pengujian performa dan ketahanan CPU

Prime95

Aplikasi Tes Performa & Ketahanan PC Gratis Terbaik Prime95

Prime95 merupakan aplikasi gratis yang paling populer untuk pengujian CPU. Prime95 akan berjalan tanpa batas waktu, dan dimatikan jika menemukan masalah. Dianjurkan untuk menjalankan Prime95 setidaknya selama 3 jam, dan untuk memastikan suhu tidak terlalu berbahaya saat kamu melakukan pengujian. lihat petunjuk penggunaan Prime95.

Link Download

 

IntelBurnTest

Aplikasi Tes Performa & Ketahanan PC Gratis Terbaik IntelBurnTest

Pilihan populer lainnya untuk pengujian CPU adalah IntelBurnTest. IntelBurnTest menggunakan mesin uji ketahanan yang sama yang digunakan Intel secara internal untuk kontrol kualitas sebelum mendistribusikan CPU mereka. Aplikasi ini juga mengklaim melakukan tes yang diperlukan dalam 8 menit, dibandingkan dengan 3+ jam dengan Prime95.

Link Download

 

Super PI

Aplikasi Tes Performa & Ketahanan PC Gratis Terbaik Super PI

Super PI meruupkana aplikasi benchmark single-threaded yang menghitung jumlah pi sampai jumlah digit tertentu (dengan jumlah maksimum 32 juta). Ini bukan tes ideal untuk CPU multi-core, namun masih bisa memberi informasi bagus tentang bagaimana PC kamu akan menangani tugas single-threaded. Super PI bukan aplikasi yang buruk untuk menguji kinerja gaming PC.

Link Download

 

Pengujian performa dan ketahanan GPU

FurMark

Aplikasi Tes Performa & Ketahanan PC Gratis Terbaik FurMark

FurMark merupakan aplikasi pengujian performa dan ketahanan grafis yang sangat populer. Aplikasi ini akan memaksa kartu grafis kamu bekerja lebih keras daripada game yang paling membutuhkan grafis yang paling baik yang ada di pasaran saat ini. Jika GPU kamu bermasalah, kamu akan mengetahuinya dalam waktu 15 menit.

Link Download

 

Unigine’s Valley

Aplikasi pengujian performa dan ketahanan GPU populer lainnya adalah Unigine’s Valley. Dalam tesnya, Unigine’s Valley akan menghasilkan pemandangan alam yang sangat rinci untuk melihat seberapa banyak rincian yang dapat kartu grafis kamu tangani.

Link Download

 

Pengujian performa dan ketahanan RAM

MemTest86

Aplikasi Tes Performa & Ketahanan PC Gratis Terbaik MemTest86

MemTest86 merupakan aplikasi Tes RAM yang definitif. Boot dari USB drive atau CD/ DVD untuk menguji segala hal tentang RAM kamu. Jika sesuatu berubah menjadi merah, itu buruk. Jika tidak, RAM dalam keadaan baik baik.

Link Download

 

Apa stress testing yang menurut kamu paling berguna? Apakah ada yang kurang dari posting ini? Beri tahu kami di kolom komentar.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.