10 Aplikasi untuk Melihat File AutoCAD (DWG) Gratis Terbaik

File AutoCAD ada di mana-mana, mulai dari teknik hingga desain ada banyak aplikasi untuk gambar teknik.

Sayang sekali untuk bisa menggunakan AutoCAD harus menyediakan biaya hingga 20jt per tahun. Namun, jika kamu hanya ingin melihat file AutoCAD, ada sejumlah aplikasi gratis untuk browser, Windows, Mac, Android, dan iOS. Beberapa dari mereka bahkan berasal dari Autodesk sendiri!

Sebelum memulai daftar Aplikasi gratis untuk Melihat File AutoCAD, mari kita lihat apa arti ketiga format file AutoCAD tersebut.

Format File File AutoCAD

DWG

DWG singkatan DraWinG, itu adalah format file milik AutoCAD yang berisi semua geometri dan metadata. Karena pentingnya AutoCAD dalam komunitas teknik, format ini juga didukung oleh hampir semua aplikasi CAD pihak ketiga. Namun, Autodesk telah berulang kali mencoba untuk menegaskan kontrolnya atas format file ini: Autodesk telah menolak untuk mempublikasikan spesifikasi format dan menggugat pengembang yang melakukan “reverse engineered” format DWG untuk membuat alat konversi DWG pihak ketiga.

 

DWF

Autodesk juga mengembangkan Format Web Desain untuk memfasilitasi distribusi dan komunikasi data AutoCAD dalam proyek teknik dan desain besar yang berupaya membatasi akses ke hak kekayaan intelektual. Oleh karena itu, penerbit dapat secara selektif mengekspor komponen file yang dapat membatasi apa yang bisa dilihat penerima. Dalam pengertian ini, file-file ini bukan gambar AutoCAD “penuh”.

 

DXF

Akhirnya, Format Pertukaran Gambar dirancang untuk memungkinkan interoperabilitas file AutoCAD dengan aplikasi pihak ketiga. Namun, karena format ini tidak mencakup seluruh rangkaian fitur AutoCAD, DXF kurang bermanfaat daripada format DWG. Ditambah karena peran menyeluruh AutoCAD, DWG didukung oleh hampir semua aplikasi CAD lainnya.

 

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD

LibreCAD

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD LibreCAD

LibreCAD jauh lebih dari sekadar penampil AutoCAD gratis. LibreCAD dirancang sebagai aplikasi CAD open source. Ini berarti kamu tidak hanya dapat melihat file DWG yang ada, tetapi kamu dapat membuat model dan memodifikasi desain kamu sendiri.

Karena LibreCAD hanya menampilkan tampilan 2D, LibreCAD memiliki ukuran file ramping hanya 30 MB. Namun tidak perlu khawatir, LibreCAD bisa menampilkan tampilan isometrik. Meskipun aplikasi CAD gratis ini memenuhi kebutuhan menggambar umum, fungsionalitas tidak akan membebani kamu, tidak seperti aplikasi CAD gratis lainnya. Di sisi lain, LibreCAD adalah pilihan yang sempurna untuk pemula, karena tampilan penggunanya tidak berantakan.

 

FreeCAD

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD FreeCAD

FreeCAD bukan hanya penampil AutoCAD, tetapi aplikasi CAD dengan dukungan parametrik yang lengkap. FreeCAD dapat digunakan oleh desainer dan insinyur berpengalaman untuk menggambar objek kehidupan nyata dari berbagai ukuran.

Kemampuan pemodelan parametriknya memungkinkan kamu memodifikasi desain 3D dengan mudah dengan kembali ke “history” dari model dan mengubah dimensinya. Dengan seperangkat fitur yang canggih seperti ini, bersiaplah bahwa kamu akan merasa FreeCAD sedikit berlebihan pada awalnya. Namun, jika kamu berupaya untuk menggali lebih dalam ke dalam aplikasi CAD gratis ini, kamu akan berterima kasih akan banyaknya alat gratis yang luar biasa.

 

DWG TrueView

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD DWG TrueView

DWG TrueView adalah penampil AutoCAD resmi gratis dari Autodesk. DWG TrueView juga merupakan konverter file yang dirancang untuk memastikan interoperabilitas antara berbagai versi DWG dan berbagai rilis AutoCAD.

Sama seperti aplikasi, begitu pula format file berkembang selama tiga dekade sejak dirilis. Meskipun aplikasi CAD pihak ketiga seperti FreeCAD dan LibreCAD dapat membaca dan menulis file DWG, Autodesk mengklaim bahwa DWG TrueView saja yang dapat menjamin fungsionalitas penuh atas seluruh versi AutoCAD.

 

Design Review

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD Design Review

Pada dasarnya, Design Review adalah add-on untuk DWG TrueView yang memperluas rangkaian fitur-fiturnya: Selain melihat file, kamu juga dapat mengukur panjang, sudut dan area.

Lebih penting lagi, Design Review memungkinkan pengguna untuk menambahkan komentar, informasi, dan ide untuk perubahan desain ke file AutoCAD. Design Review menjadikan Design Review sebagai aset yang sangat diperlukan kapan pun diperlukan untuk bertukar file DWG dengan kolaborator.

 

A360

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD A360

Autodesk juga telah merilis aplikasi gratis untuk melihat file DWF dan DWG di perangkat Android dan iOS. Selain itu 50 format file CAD lainnya dapat dilihat dengan A360, termasuk gambar dari aplikasi CAD seperti Inventor, Revit, SolidWorks, Navisworks, CATIA, Fusion 360, dan banyak lagi.

Dibandingkan dengan sebagian besar aplikasi lain, A360 cukup kuat: kamu dapat membuat anotasi, menavigasi ke layer dan komponen, mengukur jarak, permukaan, dan sudut, tetapi kamu tidak dapat mengedit file. Seperti yang dapat diharapkan, penampil AutoCAD gratis ini dapat dihubungkan ke layanan cloud utama.

 

Autodesk Viewer

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD Autodesk Viewer

Jika kamu ingin melihat file AutoCAD tanpa ingin melalui kerumitan mendownload dan menginstal aplikasi baru, kamu harus melihat pada penampil AutoCAD online ini. Selain itu, kamu dapat mengecek desain, membuat tangkapan layar untuk digunakan dalam presentasi, dan bahkan mengukur komponen dengan Autodesk Viewer.

Autodesk Viewer juga merupakan alat yang berguna dalam proyek kolaborasi, karena file AutoCAD dapat dibagikan melalui URL. Penerima kemudian dapat melihat file secara instan tanpa mendaftar dengan Autodesk terlebih dahulu.

 

OnShape

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD OnShape

Dengan OnShape kamu akan mendapatkan lebih dari sekadar penampil AutoCAD gratis. Gratis untuk proyek-proyek sumber terbuka, Onshape pada kenyataannya dilengkapi dengan seperangkat fitur untuk aplikasi CAD skala perusahaan. OnShape ditujukan untuk pengguna tingkat profesional, yang menginginkan kontrol versi, dan alat kolaborasi untuk bekerja dalam tim besar. Onshape dikirim melalui cloud sebagai layanan. Penampil AutoCAD gratis ini bekerja pada hampir semua sistem yang dapat kamu bayangkan, bahkan di iOS dan ponsel Android.

Salah satu fitur paling menarik dari OnShape adalah mode kolaboratifnya. Tidak seperti CAD dan PDM yang diinstal, Onshape memberi semua orang di tim akses instan ke ruang kerja CAD yang sama dan data CAD yang sama di satu tempat sentral di cloud. Fitur bagus lainnya adalah kemampuan untuk mengelola desain utama tanpa perlu menyimpan salinan atau melacak berbagai versi file yang berbeda.

 

IrfanView

Pada dasarnya, IrfanView adalah penampil file multi fungsi. IrfanView mendukung lebih dari 130 format file, jadi kemungkinan besar IrfanView dapat membuka sebagian besar file yang kamu coba buka menggunakan IrfanView. Hingga taraf tertentu, kamu bahkan dapat mengedit file. Dengan IrfanView, kamu dapat memutar, menerapkan tanda air, modifikasi filter, menambah kecerahan, memodifikasi kedalaman warna, membalik, dan banyak lagi.

Meskipun lebih dikenal untuk melihat gambar, IrfanView juga mampu menampilkan file CAD. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu menginstal plugin gratis. Yang pasti IrfanView tidak sekuat AutoCAD atau Photoshop. Tetapi keuntungan menggunakan penampil AutoCAD gratis ini adalah ringan dan hanya membutuhkan sedikit disk kamu. Secara keseluruhan, IrfanView adalah alat yang hebat untuk melihat sejumlah besar format file.

 

Bentley View

Aplikasi Untuk Melihat File AutoCAD Bentley View

Pengembang Mircostation, Bentley, menawarkan alat penampil AutoCAD yang kuat sebagai “Bentley View”. Aplikasi ini menampilkan mode tampilan berbeda yang komprehensif dan sesuai dengan tujuan kamu. Misalnya, tampilan X-ray yang memungkinkan untuk melihat objek dan mempelajari komponen di dalamnya.

Bentley View adalah salah satu aplikasi untuk melihat file AutoCAD yang sangat baik dalam daftar ini. Bentley View tidak hanya memungkinkan kamu membuka file DWG dan 50 format file CAD lainnya, tetapi kamu juga dapat membuka seluruh proyek BIM (Building Information Modeling).

Setiap objek dalam proyek ini dapat dipilih secara individual, memungkinkan kamu memeriksa pengukuran dan sifat material yang sama. Selain itu, Bentley View menawarkan opsi pencarian yang baik untuk menemukan elemen yang sesuai dengan spesifikasi yang kamu inginkan. Semua nilai dapat diekspor sebagai spread sheet. Jika kamu memerlukan penampil AutoCAD gratis yang kuat dan serbaguna, Bentley View harus menjadi prioritas kamu.

 

DraftSight

DraftSight adalah penampil AutoCAD gratis dari Dassault Systèmes, pengembang aplikasi populer seperti CATIA dan Solidworks. Berkat tampilan pengguna yang jelas, siapa pun dapat mempelajari aplikasi dengan cepat. DraftSight tidak hanya sebagai penampil AutoCAD, tetapi juga memiliki semua alat yang diperlukan untuk membuat gambar CAD 2D. Untuk memungkinkan revisi yang akurat, elemen-elemen desain disimpan berlapis-lapis.

Dassault Systèmes menawarkan dukungan bagi pengguna penampil DraftSight. Di antara banyak fitur lainnya, versi komersial DraftSight dapat membandingkan desain, dan menampilkan perbedaan, menambahkan PDF ke file proyek, dan menambahkan simbol perangkat keras standar ke desain kamu.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.