Cara Memisahkan PDF Menggunakan Google Chrome

Dokumen PDF sering digunakan karena jenis file ini membantu mempertahankan konten asli dari dokumen, tetapi ketika berbicara tentanng cara memisahkan atau membagi file, PDF sedikit lebih sulit daripada format dokumen lainnya.

Jika kamu memiliki Adobe Acrobat, kamu dapat menggunakan fitur Split Document bawaan Adobe Acrobat. Namun fitur ini hanya tersedia pada versi berbayar saja. Maka dari itu jika kamu tidak ingin keluar uang untuk membeli Acrobat, kamu dapat menggunakan solusi gratis yang akan dijelaskan pada postingan kali ini untuk mencapai hal yang sama.

Cara Memisahkan PDF Menggunakan Google Chrome

1. Buka file PDF di Google Chrome.

Cara Memisahkan PDF Menggunakan Google Chrome Langkah 1

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan “drag” file PDF ke jendela Chrome yang terbuka. kamu juga dapat melakukan klik kanan pada file PDF, pilih “Open With”, lalu pilih Google Chrome dari daftar program yang tersedia. Jika PDF tidak dapat terbuka di Chrome, Pada adress bar Chrome ketik chrome://plugins/ dan kemudian klik link “Enable” pada bagianian “Chrome PDF Viewer”.

 

2. Klik tombol “Print”.

Kamu dapat menemukan ini di deretan tombol yang muncul saat kamu memindahkan mouse kamu ke sudut kanan bawah dari jendela Chrome.

 

3. Klik tombol Change … di bawah icon printer.

Cara Memisahkan PDF Menggunakan Google Chrome Langkah 3

 

4. Pilih “Save as PDF” pada bagian “Local Destinations”.

Cara Memisahkan PDF Menggunakan Google Chrome Langkah 4

 

5. Masukkan rentang halaman yang ingin kamu buat sebagai dokumen baru.

Cara Memisahkan PDF Menggunakan Google Chrome Langkah 5

Sebagai contoh, katakanlah kamu ingin memisahkan 100 halaman file PDF, dengan membagnya menjadi 70 halaman pertama dalam satu file dan 3 halaman terakhir di file lainnya. Pada bagian Pages, kamu cukup memasukkan “1-70” untuk membuat file PDF pertama dengan 70 halaman. Kamu kemudian dapat mengulangi proses untuk membuat dokumen kedua.

6. Klik “Save” dan beri nama pada file.

Pada tahap ini kamu dapat memilih lokasi dimana file ingin kamu simpan.

"Sharing Is Caring", jika kamu menyukai post ini maka TOLONG share dan biarkan teman kamu tahu betapa bermanfaatnya post ini.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.