Cara Menelusuri Hashtag atau Tagar di YouTube

Google memperkenalkan perubahan pada YouTube januari 2021 yang menghadirkan halaman hashtag khusus di Youtube. Hashtag dapat digunakan oleh kreator video untuk melabeli konten video. Sebagai contoh video teknologi bisa menggunakan hashtag #tech, video tentang keuangan menggunakan hashtag #finance.

Memang sebelum update, kamu dapat mencari hashtag di Youtube, tetapi hasil pencarian menampilkan video dengan judul yang cocok dengan hashtag dan berdasarkan algoritma YouTube terkait dengan pencarian. Pilihan untuk hanya menjelajahi video dan channels dengan hashtag tertentu tidak ada sampai update ini.

Perubahan tersebut memperkenalkan halaman khusus hashtag, dan sangat mudah untuk mengaksesnya. Klik salah satu hashtag yang ditautkan di video YouTube untuk membuka halaman khusus hashtag di Youtube, atau gunakan format URL berikut untuk membuka hashtag secara manual: https://www.youtube.com/hashtag/NAMA-HASTAG.

Cara Menelusuri Hashtag atau Tagar di YouTube

Kamu perlu mengganti NAMA-HASTAG dengan hashtag, misalnya android, tiktok, atau anakkucing untuk mendapatkan URL akhir seperti ini: https://www.youtube.com/hashtag/tiktok. Tagar/ hashtag tidak memiliki spasi dalam namanya meskipun terdiri dari dua kata atau lebih.

Community Manager Youtube Jensen mengumumkan perubahan tersebut pada Januari 2021 di halaman bantuan resmi Youtube. Banyak pengguna Youtube mungkin akan melewatkan pengumuman karena tidak dibaca oleh mayoritas pengguna YouTube.

Kami baru-baru ini memperbarui cara kami mengelompokkan konten dan membantu kamu menemukan video melalui tagar/ hastag. Sebelumnya jika kamu mencari hashtag atau mengklik hashtag di YouTube, kamu akan melihat kombinasi konten yang menggunakan hashtag di video serta konten terkait lainnya. Mulai hari ini, siapa pun yang mencari hashtag tertentu di YouTube, baik desktop atau aplikasi seluler, akan melihat halaman khusus baru yang hanya berisi video dengan hashtag, yang diurutkan berdasarkan video terbaik di atas. Kamu juga dapat membuka halaman hashtag dengan mengklik hashtag yang ditautkan secara otomatis pada video YouTube.

Pencarian dengan hashtags, misal dengan mengetik #tiktok pada kolom pencarian di YouTube, tetap membuka halaman hasil pencarian biasa. Jika kamu tidak melihat hashtag terkait di Youtube, kamu perlu menggunakan format URL (yang telah disebutkan diatas) untuk membukanya secara manual.

Nilai Artikel:
0
Kirim pendapat kamu disini!x