Daftar Web Browser Terbaik

Daftar Browser web terbaik - Edge

Tidak seperti memilih sistem operasi seperti Mac OS, Windows, Linux, atau Chrome OS, di mana pilihannya eksklusif pada kebutuhan dan perangkat yang digunakan, memilih browser web tidak begitu luar biasa. Kamu bisa mendownload salah satu browser populer saat ini bersamaan dengan yang kamu gunakan saat ini. Tapi mana yang terbaik? Mana yang paling aman?

Untuk membantu kamu memutuskan, kami mengambil browser terbaru dan membahasnya secara tuntas. Bahkan jika beberapa dari mereka seharusnya dilakukan perbaikan total, pilihan yang ada menjadi kesempatan terbaik kamu untuk pengalaman online yang hebat.

Daftar Browser web terbaik

Google Chrome – Terbaik diantara terbaik

Daftar Browser web terbaik - Chrome

Chrome ada di mana-mana untuk alasan yang baik. Dengan serangkaian fitur yang canggih, integrasi lengkap dengan Akun Google, ekosistem ekstensi yang terus berkembang, dan rangkaian aplikasi mobile yang handal, mudah untuk melihat mengapa Chrome adalah standar emas untuk browser web. Chrome bahkan memblokir beberapa iklan yang tidak sesuai dengan standar industri yang diterima.

Chrome menawarkan integrasi mobile terbaik yang tersedia. Dengan aplikasi mobile yang tersedia di setiap platform utama, mudah untuk menjaga data kamu tetap sinkron, membuat penjelajahan di antara beberapa perangkat menjadi mudah. Masuk ke akun Google kamu di satu perangkat, dan semua bookmark Chrome, data yang disimpan, dan preferensi akan hadir pada setiap perangkat. Bahkan ekstensi aktif kamu tetap sinkron di seluruh perangkat. Memang hal ini adalah fitur standar yang bisa kamu temukan di platform lain, tetapi integrasi Chrome tidak terkalahkan.

Google merilis Chrome 69 pada tahun 2018 untuk merayakan ulang tahun browser yang ke 10 dengan desain ulang visual yang signifikan dan beberapa fitur baru yang bagus. Tampilan pengguna dibulatkan dan dihaluskan, menghilangkan semua tepi yang lebih tajam dan sudut yang keras untuk estetika yang lebih lembut dan lebih menarik. Tab lebih mudah diidentifikasi berkat favicon yang lebih terlihat, menjadikannya sempurna bagi siapa saja yang biasanya membuka banyak tab.

Selain itu, pengelola kata sandi Chrome sekarang secara otomatis menghasilkan dan merekomendasikan kata sandi yang kuat ketika pengguna membuat akun baru di halaman web. Bagian pencarian atau Omnibox, memberikan hasil yang terdiri dari jawaban yang berguna untuk pertanyaan saat diketik, ditambah hasil kalkulator, skor acara olahraga, dan banyak lagi lainnya.

Menu “Favorites” lebih mudah diakses, dan bisa dikelola di halaman Tab Baru. Pembaruan lain yang lebih baru termasuk “Dark Mode” untuk Windows dan Mac OS , kustomisasi Tab Baru yang lebih baik, dan hover pada kartu tab. Ada juga kemampuan untuk menonaktifkan notifikasi sehingga situs web tidak membombardir kamu dengan permintaan untuk mengaktifkan notifikasi di browser.

Inti dari semuanya? Chrome cepat, gratis, ringan, dan bahkan lebih cantik. Dengan ekosistem ekstensi yang berkembang, fitur lengkap seperti yang kamu inginkan. Semuanya tepat di tempat yang seharusnya.

Jika kamu tidak yakin browser mana yang akan digunakan, instal Chrome sekarang.

Link Download

 

Mozilla Firefox – Alternatif Chrome terbaik

Daftar Browser web terbaik - Firefox

Mozilla mengambil langkah nyata untuk menjadikan browsernya cara yang benar-benar modern untuk berselancar dari situs ke situs, berkat upaya seperti upgrade ke “Firefox Quantum” dan berfokus pada virtual reality-focused, Firefox Reality. Belum lama berselang Mozilla membangun kembali tampilan browser lama yang sudah dikenal, menawarkan tampilan yang lebih bersih dan modern tentang apa yang seharusnya browser web modern, dan bahkan memperkenalkan pengalaman browsing tanpa input kata sandi.

Walau perubahannya tidak terlalu mendalam, namun ada beberapa modifikasi mengesankan yang terjadi di balik layar. Firefox Quantum dirancang untuk memanfaatkan prosesor multi-core dengan cara yang tidak dilakukan oleh para pesaingnya. Fitur ini tidak akan membuat perbedaan besar dalam sesi browsing kamu sehari-hari, tetapi Mozilla Corporation berharap fitur ini akan memberikan keunggulan dalam pengembangan kedepannya. Dengan modifikasi untuk masa depan dan sekarang, Firefox Quantum berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengambil keuntungan dari prosesor yang lebih cepat dan lebih cepat beradaptasi saat prosesor dengan kecepatan yang lebih tinggi hadir dari tahun ke tahun.

Pembaruan yang lebih baru termasuk perlindungan privasi yang lebih baik dengan dukungan anti pelacak, sinkronisasi kata sandi yang lebih baik di seluruh perangkat, peningkatan keterbacaan, peringatan pelanggaran terintegrasi, dan “protections dashboard” yang menyediakan ringkasan tentang bagaimana Firefox melindungi privasi kamu di belakang layar saat browsing.

Disamping perubahan tersebut, Firefox masih sama dengan yang kita semua tahu dan sukai. Firefox adalah browser yang handal dengan koleksi ekstensi dan kustomisasi tampilan pengguna yang mendalam. Aplikasi Firefox Mobile yang baru juga menerima fitur Quantum, jadi lebih cepat dan lebih ramping dari sebelumnya. Instal aplikasi Firefox mobile dan kamu bisa berbagi bookmark antar perangkat, tetapi kamu harus mendaftar untuk akun Firefox terpisah. Sayangnya, mengelola pengaturan lintas platform tidak semulus di Chrome.

Bahkan dengan beberapa perombakan besar, Firefox tetap menjadi browser yang nyaman dan akrab digunakan, disamping ada sedikit manfaat tambahan. Karena sudah hadir lebih dahulu dari Chrome, beberapa aplikasi web tua, yang mungkin kamu temui di universitas atau tempat kerja kamu berfungsi lebih baik di Firefox daripada di Chrome. Karena alasan itu, tidak ada salahnya untuk mempertahankannya.

Sebagai browser utama, Firefox lebih mengutamakan privasi daripada Chrome dan relatif cepat, tetapi rangkaian fiturnya tidak terlalu banyak seperti kompetitornya.

Link Download

 

Opera – Browser web paling inovatif

Daftar Browser web terbaik - Opera

Opera juga merupakan browser yang handal dan menjadi alternatif yang populer, Opera membagikan banyak DNA Chrome. Kedua browser dibuat berdasarkan engine Chromium Google, dan sebagai hasilnya mereka memiliki pengalaman pengguna yang sangat mirip. Keduanya memiliki bilah pencarian/ url hybrid, dan keduanya relatif ringan dan cepat.

Perbedaannya muncul ketika kamu melihat fitur bawaan Opera. Di mana Chrome bergantung pada ekosistem ekstensi untuk menyediakan fungsionalitas yang mungkin diinginkan pengguna, Opera memiliki beberapa fitur lain yang dimasukkan langsung ke browser itu sendiri. Opera juga memperkenalkan kemampuan prediktif preload situs web, dan fitur pencarian instan terpisah dengan mengisolasi hasil pencarian di jendela mereka yang terpisah menjadikan membuat pengguna lebih mudah fokus pada tugas pencarian yang sedang dilakukan.

Kamu bisa menginstal ekstensi dari Opera Addons store, sama seperti Chrome. Mirip dengan browser Chrome, kamu akan menemukan alat yang berguna seperti Giphy, Asisten Amazon, Keamanan Online Avast, Facebook Messenger, WhatsApp, dan banyak lagi. Jika beragam ekstensi Chrome penting bagi kamu, maka Opera menjadi alternatif yang menarik. Opera mungkin saja salah satu browser terbaik untuk menavigasi halaman web dengan cepat.

Opera juga dilengkapi “Stash” bawaan untuk menyimpan halaman untuk dibaca nanti. Tidak perlu mendaftar untuk akun Pocket atau Evernote untuk menyimpan halaman untuk dibaca nanti. Demikian pula, Opera memiliki menu panggilan cepat yang menempatkan semua halaman kamu yang paling sering dikunjungi di satu tempat. Chrome juga melakukan ini tetapi hanya pada tab baru yang kosong. Terakhir, Opera memiliki layanan VPN tak terbatas yang terpasang, menjadikannya pilihan yang lebih aman.

Perubahan terbesar datang pada Opera 60 dan Reborn 3, perombakan lengkap dari desain browser yang membawa desain baru tanpa batas, dukungan Web 3, dan Dompet Crypto memungkinkan pengguna untuk mempersiapkan situs berbasis blockchain. Jika kamu mencari browser penuh fitur yang menawarkan privasi dan keamanan serius, maka Opera adalah pilihan yang bagus.

Dengan hadirnya versi 69, Opera menjadi browser pertama dengan alat Twitter bawaan. Cukup klik ikon pada bilah Tools, masuk ke akun kamu, dan tweet langsung dari dalam menu slide-out. Integrasi Twitter mengikuti Instagram, yang ditambahkan Opera ke bilah alat di versi 68.

Kamu bisa melihat bahwa kami berada dalam wilayah yang menjadikan keputusan memilih menjadi sulit, oleh karena itu penting untuk diingat bahwa pilihan browser kamu, lebih dari layanan atau aplikasi lain yang kamu gunakan setiap hari, sepenuhnya tergantung pada preferensi pribadi kamu, apa yang paling terasa tepat untukmu Opera memiliki tampilan dan nuansa yang unik, dan menggabungkan beberapa fitur terbaik dari Firefox dan Chrome.

Link Download

 

Microsoft Edge – Browser web dengan potensi terbesar

Daftar Browser web terbaik - Edge

Microsoft mengembangkan browser terintegrasi untuk Windows 10, dijuluki Edge, yang menggunakan mesin penelusuran internal dan pembaruan bersama dengan sistem operasi. Proyek ini bisa dibilang gagal, karena Edge tetap tidak bisa memperoleh pangsa pasar yang substansial meskipun berfungsi sebagai browser web standar Windows 10.

Sebagai tanggapan, Microsoft menulis ulang Edge menggunakan mesin browser web Chromium open-source, menjadikan Google memimpin dan membuat sesuatu menjadi berdasarkan keinginan mereka. Versi baru diluncurkan pada 5 Februari 2020, yang menggantikan versi lama yang sudah diinstal pada Windows 10.

Pada percobaan pertama, Microsoft Edge terlihat dan terasa seperti Chrome. Microsoft Edge meminta kamu untuk mengimpor bookmark Chrome dan pengaturan lainnya. Ini bagus jika kamu sebelumnya membenci Edge dan ingin memberikan browser Microsoft kesempatan lain. Bahkan lebih jauh lagi, Microsoft Edge mendukung ekstensi Chrome, meskipun browser membawa kamu ke Microsoft Store untuk add-ons. Kamu harus memuat Toko Web Chrome secara manual untuk menginstal apa pun yang tidak tercantum dalam repositori Microsoft.

Berita besar di sini adalah kinerja. Microsoft mengoptimalkan Edge berbasis Chromium untuk Windows 10. Sebagai percobaan cepat, kami memuat enam halaman/ tab identik di Chrome dan Edge. Melihat Task Manager menunjukkan Chrome mengkonsumsi memori 1GB sementara Microsoft Edge hanya menggunakan hanya setengahnya. Itu berita yang sangat bagus untuk PC dengan jumlah memori rendah.

Microsoft Edge juga menyediakan pengaturan privasi yang lebih sederhana. Di Chrome, kamu hanya memiliki daftar “On-Off” untuk penjelajahan yang aman, permintaan “jangan lacak”, preload halaman, dan banyak lagi. Microsoft Edge menyediakan tampilan yang lebih ramah secara grafis, menampilkan tiga tingkat keamanan: Dasar, Seimbang, dan Ketat. Dengan Balanced ditetapkan sebagai default, banyak situs meminta kamu untuk menonaktifkan pemblokir pop-up meskipun kamu tidak menginstalnya secara manual.

Pada titik ini Microsoft Edge baru menunjukkan harapan, tetapi waktu akan memberi tahu karena Microsoft Edge menjadi fitur yang lebih terintegrasi di Windows 10 sepanjang 2020.

Link Download

 

Browser alternatif

Sementara browser sebelumnya akan memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna, ada alternatif lain untuk siapa pun yang mencari sesuatu yang berbeda.

Apple Safari

Jika kamu menggunakan Mac OS secara eksklusif, Safari sudah menjadi pilihan default kamu. Safari mungkin bukan browser tercepat yang tersedia, Chrome secara signifikan lebih cepat, tetapi Safari cukup cepat sehingga browser kamu tidak akan terasa lambat. Safari terintegrasi ke dalam MacOS, yang berarti kamu merasa lebih di rumah, dan kamu mungkin akan menghabiskan daya tahan baterai yang lebih baik berkat optimasi internal Apple untuk MacOS dan perangkat keras yang mendasarinya.

Safari juga banyak berfokus pada privasi dan keamanan. Jika kamu ingin meminimalkan bagaimana kamu dilacak dan apakah “Big Brother” memantau kamu dibelakang layar, maka Safari adalah pilihan yang baik. Jika kamu juga menggunakan iPhone atau iPad, maka menggunakan Safari di Mac kamu akan membuat transisi antar platform sangat mulus.

Safari tidak ditawarkan di luar ekosistem Apple.

Link Website

 

Vivaldi

Vivaldi benar-benar unik. Tidak ada pengguna Vivaldi yang memiliki pengaturan yang sama. Saat kamu menjalankannya untuk pertama kali, kamu akan dipandu melalui proses pengaturan yang menjabarkan browser kamu dengan cara yang masuk akal. Kamu memilih di mana tab dan bilah alamat kamu ditempatkan, dan apakah kamu ingin tab browser ditampilkan di bagian atas halaman atau di panel samping yang terpisah. Vivaldi adalah browser yang dibangun dari bawah ke atas untuk memberikan pengalaman pengguna yang unik, dan sebagian besar berhasil. Vivaldi 2.0 meningkatkan fitur penyesuaian dan membuatnya lebih mudah diakses.

Browser Vivaldi unggul dalam kustomisasi, dan kamu bisa memilih dari berbagai tema yang menarik yang tidak terasa ketinggalan zaman atau tidak pada tempatnya di PC modern, di samping pilihan tampilan yang disebutkan di atas. Vivaldi juga memiliki beberapa fitur peningkatan privasi yang menonjol, seperti kerjasama dengan DuckDuckGo, untuk membuat alat pencarian non-pelacakan menjadi pilihan default ketika dalam mode privasi.

Akhirnya, pembaruan terkini menambahkan manajemen tab yang lebih kuat, penyempurnaan seperti Panel Web yang menjadikan penjelajahan lebih pintar, dan bahkan opsi penyesuaian yang lebih canggih. Versi 3 memperkenalkan pemblokir iklan bawaan, pemblokir pelacak bawaan, jam di bilah status, dan banyak lagi. Di versi 3.1 juga ditambahkan Notes Manager baru.

Link Download

 

Brave

Adalah Brave, salah satu browser yang paling tidak biasa atau mungkin model bisnis pemberaninya yang paling aneh. Brave memblokir semua iklan di semua halaman web secara default, yang menjadikannya browser tercepat di dunia. Iklan adalah bagian besar dari berapa banyak situs web yang menghasilkan uang, memblokir iklan, dan tiba-tiba alat keuangan web yang paling penting dihilangkan.

Di situlah program Brave Rewards masuk. Pengguna menerima Basic Attention Token (BATs) ketika mereka melihat iklan alternatif yang ditempatkan oleh Brave di chanel penelusuran. Pengguna bisa memberikan sebagian token mereka kepada penerbit. Situs berita Cheddar dan Dow Jones Media Group telah mendaftar untuk platform baru ini, tetapi Brave berharap bahwa semakin banyak penerbit akan beralih dan menawarkan konten premium dengan imbalan BATs.

Link Download

 

Tor Browser

Tor Browser adalah versi Firefox yang melayani satu tujuan yang sangat spesifik: Sebuah gerbang masuk yang sederhana untuk Tor (The Onion Router).

Tor adalah aplikasi yang dikombinasikan dengan jaringan terbuka yang bertujuan membuat kamu tidak terlacak dengan merutekan lalu lintas data kamu melalui beberapa server anonim. Meskipun terlihat biasa saja, sangat sulit bagi seseorang untuk mengidentifikasi kamu ketika kamu dikonfigurasikan dengan benar dan menggunakan sesuatu seperti Tor Browser untuk browsingi web terutama jika dikombinasikan dengan VPN.

Ada banyak penggunaan Tor Browser dan jaringan Tor yang sah, seperti orang yang tinggal di negara dengan pemerintah yang represif, serta jurnalis dan aktivis. Web gelap juga merupakan salah satu tujuan bagi orang yang menggunakan Tor, yang mencakup banyak situs jahat dan ilegal.

Dalam hal apa pun, jika kamu ingin tetap sepenuhnya anonim saat browsing web, Browser dan jaringan Tor cocok untuk kamu.

Link Download

 

Pengetesan

Perhatikan bahwa kami tidak menyertakan Internet Explorer dan Safari dalam perbandingan utama kami.

Browser Internet Explorer telah menua. Walaupun menerima beberapa peningkatan selama bertahun-tahun, tetapi Internet Explorer bukan lagi browser default pada Windows 10. Internet Explorer tidak menawarkan banyak hal di luar batas minimumnya. Internet Explorer hanya ada hari ini karena beberapa perusahaan masih membutuhkannya untuk aplikasi lama.

Sementara itu, browser web Safari masih digunakan oleh pemilik perangkat Apple. Namun tidak tersedia di Windows, Android, atau Chrome OS, jadi kami menghapusnya dari daftar utama kami.

Sebagian besar browser kompatibel dengan standar web dan menangani kinerja dengan relatif mudah. Seorang pengguna biasa mungkin tidak akan melihat perbedaan dalam kecepatan rendering antara browser modern saat ini, karena semua jauh lebih cepat dan lebih ramping daripada beberapa tahun yang lalu.

Kami menjalankan pengetesan berikut pada desktop dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ, 16GB RAM, dan SSD 512GB. Semua browser adalah instalasi bersih dari versi produksi terbaru pada awal 2020, dan semua dijalankan pada pengaturan default.

Kami menggunakan pengetesan Jetstream 2 terbaru yang berfokus pada aplikasi web modern, dan Edge mempertahankan peringkat teratasnya. Namun Versi Edge yang lama tidak dapat menyelesaikan tes, jadi pemenangnya adalah Edge versi Chromium. Opera berada di posisi kedua, dan Chrome berada di belakangnya, dengan Firefox berada di posisi terakhir dengan skor yang jauh lebih rendah.

Tolok ukur Kraken milik Mozilla menjadikan Firefox di posisi pertama, dengan Edge Chromium berada di urutan kedua, dan Chrome di posisi ketiga. Opera berada di urutan keempat, dan Edge yang lama di posisi terakhir.

Menariknya Chrome dan Edge Chromium tertinggal jauh dalam tes kepatuhan HTML5. Opera yang pertama, dan Firefox yang kedua.

Akhirnya, kami juga menguji seberapa banyak RAM yang digunakan setiap browser, baik tanpa tab terbuka maupun dengan sepuluh tab terbuka mengakses situs populer yang sama. Kami memastikan bahwa setiap browser tidak memiliki ekstensi yang berjalan, dan kami membiarkan setiap browser menyelesaikan loading halaman web sebelum melihat penggunaan memorinya. Untuk pengujian dengan sepuluh tab terbuka, kami menggunakan memori rata-rata ketika semua tab pertama kali dibuka dan kemudian lima menit kemudian untuk menjelaskan setiap variabilitas.

Ini bukanlah tes ilmiah, tetapi seharusnya cukup baik untuk memberikan gambaran tentang browser mana yang paling efisien dan paling efisien dalam hal penggunaan RAM. Kami menemukan Opera menggunakan jumlah RAM paling sedikit saat pertama kali dibuka, sementara Firefox menggunakan paling sedikit dengan sepuluh tab yang dimuat. Chrome jauh lebih efisien dengan banyak tab dibuka, sementara Edge Chromium adalah pemain yang solid di kedua pengetesan.

 

Keamanan dan Privasi

Alat yang paling berharga untuk penjelajahan aman adalah kebijaksanaan pengguna, terutama ketika kamu menganggap bahwa setiap browser web telah mengalami pelanggaran keamanan di masa lalu. Secara khusus Internet Explorer dan reputasi Chrome untuk melindungi keamanan dan kredensial privasi pengguna sangat buruk.

Chrome, Safari, Vivaldi, Opera, dan Firefox semuanya mengandalkan API Safe Browsing Google untuk mendeteksi situs yang berpotensi berbahaya. Berkat pembaruan yang konstan, Mozilla, Chrome, dan Opera semuanya membuat peningkatan keamanan yang konstan.

Semua browser juga menawarkan opsi sesi pribadi. Sesi pribadi (Incognito) mencegah penyimpanan riwayat, file internet dan cookie sementara (terhapus setelah jendela sesi pribadi ditutup). Namun dukungan browser untuk “Do Not Track” tetap selalu ada yang terlewat.

Mozilla membuat beberapa langkah dalam membedakan dirinya dari yang lain dengan fokus nyata pada privasi dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan pada rilis tahun 2018 membuatnya lebih sulit bagi jejaring sosial untuk mengumpulkan informasi pengguna.