Download 8 Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows

DSG akan memberikan daftar aplikasi gratis terbaik untuk mengubah alamat IP pada Windows. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengubah alamat IP pada PC secara manual maupun otomatis. Aplikasi pengubah alamat IP akan sangat berguna ketika kamu butuh untuk berpindah-pindah di antara banyak jaringan pada PC. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membuatkan banyak profil jaringan pada PC kamu sehingga kamu bisa dengan mudah berganti dari satu profil ke yang lain tanpa ribet.

Beberapa aplikasi memungkinkanmu memilih sebuah profil jaringan secara manual, beberapa akan secara otomatis mendeteksi jaringan dan berganti ke profil tertentu. Cek saja daftar aplikasi pengubah alamat IP, lengkapnya di bawah ini, untuk mengetahui lebih lanjut, dan juga tahu bagaimana cara mengubah alamat IP dan bagaimana cara memilih printer default untuk sebuah jaringan.

Aplikasi favorit untuk mengubah alamat IP:

DSG pilih NetSetMan karena memiliki banyak fitur-fitur lanjutan dibanding aplikasi sejenis. Ada opsi untuk mengubah profil IP secara otomatis dan memilih printer default. Kamu juga bisa mengimpor dan mengekspor profil jaringan sehingga kamu bisa menggunakan konfigurasi yang sama seperti komputer lain. Cek ulasan lengkapnya berikut ini.

1. NetSetMan

Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows NetSetMan

NetSetMan adalah aplikasi IP Manager gratis yang bisa digunakan untuk mengubah alamat IP pada PC kamu. Kamu bisa mengatur banyak konfigurasi IP untuk jaringan-jaringan berbeda. Hal terbaiknya adalah program akan mengganti konfigurasi IP secara otomatis berdasarkan jaringan mana yang tersambung.

Untuk profil alamat IP yang telah kamu buat, kamu bisa menyerahkan urusan mendapatkan alamat IP dan DNS server secara otomatis pada software ini. Kalau-kalau deteksi otomatisnya tidak bekerja, kamu bisa memasukkan detailnya secara manual. Beberapa detail tambahan tentang jaringannya bisa dimasukkan juga dalam sebuah profil jaringan. Tambahkan saja nama WiFi, tambahkan printer default untuk jaringan, namai Workgroup-nya, nama LAN/Adapter, dll.

Kalau kamu punya PC lain yang hendak disambungkan pada jaringan yang sama, tidak perlu membuat profil jaringan lagi dari awal. Cukup impor/ekspor profil konfigurasi IP yang sudah pernah dibuat di PC lain sebelumnya.

Aplikasi IP Manager kaya fitur ini adalah yang kamu butuhkan untuk mengubah alamat IP selagi berganti antara jaringan-jaringan berbeda. Versi gratis NetSetMan hanya bisa digunakan untuk keperluan non-komersil yaa.

Link Download

 

2. Free IP Switcher

Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows free IP switcher

Free IP Switcher adalah aplikasi gratis pengubah IP pada Windows. Aplikasi ini akan sangat berguna ketika kamu harus memindahkan PC/laptop kamu ke banyak jaringan secara berkala. Kamu bisa menyimpan konfigurasi IP untuk banyak jaringan sehingga menghemat waktu ke depannya. Buatlah profil-profil konfigurasi yang berbeda untuk jaringan yang paling sering kamu gunakan dan dengan cepat berganti jaringan ketika diperlukan.

Untuk setiap profil jaringan, kamu diharuskan mengonfigurasikan parameter-parameter berikut.

  • Pilih Network Adapter yang kamu gunakan pada PC.
  • Aturlah detail alamat IP secara otomatis atau manual. Jika kamu sedang terhubung dengan sebuah jaringan, pilih opsi untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis, atau kamu bisa memasukkan alamat IP, Subnet Mask, dan Default Gateway secara manual.
  • Aturlah detail DNS Server secara otomatis atau manual. Di sini kamu bisa secara otomatis mendapatkan alamat DNS atau memasukkan Preferred DNS dan Alternate DNS secara manual.
  • Masukkan detail Proxy Server jika diperlukan.
  • Kamu juga bisa menambahkan info berikut pada jaringan: nama komputer, Work Group, mengatur printer default pada sebuah jaringan, DNS domain, dan WNS server.

Dengan cara yang sama, kamu bisa membuat banyak profil jaringan. Yang perlu dilakukan untuk berpindah dari jaringan satu ke jaringan yang lain hanyalah sekali klik pada profil untuk mengaktifkannya.

Free IP Switcher adalah tool sangat sederhana untuk mengubah alamat IP pada PC kamu secara cepat. Kamu juga bisa mengatur printer default untuk sebuah jaringan, yang menjadi poin plus untuk aplikasi ini.

Link Download

 

3. Shock IP Changer

Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows shock IP changer

Shock IP Changer merupakan aplikasi gratisan lainnya untuk melakukan pergantian jaringan dengan mudah. Kamu bisa membuat banyak profil jaringan pada network card PC kamu.

Saat membuat sebuah profil jaringan, kamu bisa meminta aplikasi untuk mengisinya secara otomatis dengan cara mendeteksi IP dan DNS, atau memasukkan IP dan DNS custom. Kamu juga disediakan opsi untuk memilih sebuah printer default dari daftar printer yang tersedia dalam jaringan. Sebuah profil jaringan nantinya bisa dihapus atau dimodifikasi ketika dibutuhkan.

Untuk mengaktifkan sebuah konfigurasi IP, cukup klik salah satu pada daftar kemudian jalankan.

Tidak banyak yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi pengubah IP ini selain fitur yang sudah disebutkan di atas. Aplikasi ini merupakan tool sederhana untuk mengubah alamat IP.

Link Download

 

4. Argon Network Switcher

Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows argon network switcher

Argon Network Switcher adalah aplikasi open-source dan pengubah alamat IP. Lumayan berbeda dan unggul ketimbang sebagian besar software pengubah alamat IP lainnya. Kok bisa? Soalnya, ketika kamu membuat profil jaringan, kamu tidak hanya bisa mendefinisikan alamat IP dan DNS, tapi kamu juga bisa mengatur Proxy, Drive Map, printer default, Disabled Adapters, dll.

Kamu bisa mengubah IP secara manual ketika kamu terhubung dengan sebuah jaringan, atau kamu bisa mengaktifkan Autorun, yang akan mendeteksi dan menjalankan sebuah profil jaringan berdasarkan jaringan di mana kamu terhubung.

Link Download

 

5. IPSharkk

Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows IPsharkk

Kalau kamu sedang mencari pengubah IP yang memungkinkanmu internetan secara anonymous, cobalah IPSharkk. Untuk dicatat bahwa aplikasi ini tidak mengubah IP lokal pada PC, melainkan IP publik. Jadi kurang lebih kerjanya mirip VPN gitulah.

Sebuah daftar dari banyak lokasi geografis ditampilkan. Pilih satu lokasi untuk menjadikannya sebagai IP publik kamu. Daftar lokasi-lokasi IP adalah dari berbagai negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Turki, Prancis, dll. Kamu juga bisa menemukan banyak kota dari negara yang sama, misal kalo AS nih, ada New York, Tennessee, Oklahoma, dll.

Namun, versi gratisan IPSharkk dibatasi nih. Kamu hanya diberi bandwidth sebesar 150 MB untuk berselancar secara anonim di dunia maya setiap harinya. Juga, kamu juga hanya bisa berganti lokasi maksimal 5 kali, dan jadinya kamu hanya bisa mengakses protokol HTTP. Kalau mau batasannya hilang ya beli yang premium, hehe.

Link Download

 

6. IP Changer

Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows IP Changer

IP Changer memungkinkanmu menyimpan hingga 6 konfigurasi IP yang bisa kamu gonta-ganti nantinya. Aplikasi ini merupakan pengubah alamat IP open-source yang bisa dijalankan pada sistem operasi Windows.

Untuk setiap konfigurasi, berikanlah sebuah nama, tambahkan alamat IP, subnet mask, default gateway, DNS Server, dan WNS Server. Pindah-pindah antar konfigurasi yang tersimpan adalah mudah; cukup set aktif pada profil yang diinginkan. Konfigurasi jaringan saat ini bisa dilihat di sini, kalau belum update secara real-time ya tinggal klik Refresh.

Selain mengubah alamat IP, aplikasi gratisan ini bisa digunakan untuk ping sebuah situs, ping alamat gateway, dan mengatur proxy.

Link Download

 

7. TCP IP Manager

Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows tcp/ip manager

TCP IP Manager adalah aplikasi open-source lainnya untuk mengubah alamat IP pada PC kamu. Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk berpindah ke berbagai profil jaringan dengan hotkeys yang sudah dikonfigurasi sebelumnya.

Kamu bisa membuat banyak profil dengan cara menambahkan detail TCP/IP. Profil juga bisa terisi secara otomatis maupun manual. Fitur menarik lainnya adalah kamu bisa menambahkan banyak alamat IP untuk sebuah profil jaringan.

Opsi lainnya yang mungkin kamu sukai dari TCP IP Manager meliputi: pengaturan Proxy Server, mengubah Workgroup, dan MAC Spoofing.

Link Download

 

8. IP Shifter

Aplikasi Gratis Terbaik Pengubah Alamat IP pada Windows IP SHIFTER

IP Shifter kurang lebih sama dengan aplikasi pengubah IP yang telah dibahas sebelumnya, kecuali dukungan terhadap proxy untuk browser.

Untuk setiap profil jaringan yang kamu buat, masukkan alamat IP dan DNS dari network adapter yang digunakan. Selain itu, kamu juga bisa mengonfigurasi Proxy untuk browser seperti Mozilla Firefox.

Profil yang telah ditambahkan akan tampil pada sebuah daftar. Pilih salah satu profil dan klik Apply untuk mengaktifkan konfigurasinya.

Kamu bisa mengelola profil jaringan yang telah ditambahkan dengan cara menghapus, membuat baru, atau mengedit profil yang sudah ada.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.