Download 5 Aplikasi untuk Membuat Silsilah Keluarga Gratis Terbaik

Membuat silsilah keluarga juga bisa saja dilakukan ketika butuh untuk urusan-urusan tertentu, seperti warisan atau tugas sekolah, seperti yang pernah saya alami dulu hehe. Ada banyak pilihan aplikasi untuk membuat silsilah keluarga, yang semuanya memiliki tujuan utama untuk membuat dan mencatat data tentang garis keturunan keluarga besar.

Pada dasarnya aplikasi silsilah keluarga ini dapat membantu mengorganisir informasi mengenai nenek moyang, membuat buku dan laporan garis keturunan, dan membagikan hasil temuan secara online. Faktor yang menjadikan sebuah aplikasi silsilah keluarga terbaik beberapa di antaranya adalah bersifat sosial, ringan, cepat diakses, dan memiliki kapasitas penyimpanan cukup untuk menyimpan data dan berkas sebuah keluarga. Kapasitasnya haruslah cukup untuk menyimpan nama seluruh generasi, gambar, file pendukung, dan informasi relevan lainnya. Aplikasi juga harus mudah digunakan dengan tampilan antarmuka yang atraktif. Walaupun di Internet banyak layanan genealogi online, aplikasi komputer yang diunduh terlebih dahulu merupakan pilihan yang lebih baik. Pada artikel ini, kita akan mendiskusikan aplikasi silsilah keluarga gratis terbaik.

Aplikasi Silsilah Keluarga Gratis Terbaik

1. Legacy Family Tree

Aplikasi untuk Membuat Silsilah Keluarga Legacy Family Tree

Dengan Legacy Family Tree, pengguna terbantu untuk membuat laporan informatif dan grafik menarik untuk visualisasi garis keturunan dan membagikannya secara online. Legacy dapat terhubung langsung ke situs genealogi populer seperti Ancestry.com dan FamilySearch. Aplikasi disertai dengan peramban bawaan sehingga kamu bisa melakukan riset ke direktori silsilah keluarga online dan syukur-syukur kalau terhubung dengan keluarga ternama, hasil temuan tersebut bisa diimpor ke aplikasi. Legacy menyediakan banyak opsi untuk menampilkan temuanmu dan kamu bisa memilih satu dari 20 template laporan yang disediakan. Kalau kamu lebih suka menampilkan temuanmu dalam bentuk grafik, kamu bisa memilih dari 25 opsi tampilan grafik yang tersedia.

Aplikasi untuk Membuat Silsilah Keluarga Pohon silsilah pada Legacy Family Tree

Pohon silsilah pada Legacy Family Tree

Selain laporan dan grafik, kamu bisa membuat laman web untuk menampilkan sejarah keluarga besarmu. Fitur ini akan sangat membantu terutama ketika kamu hendak membagikan temuanmu dengan seluruh keluarga besar atau berencana membuat sebuah blog genealogi. Tampilan antarmukanya alus dan tidak berantakan. Legacy menggunakan color coding untuk mendefinisikan hubungan dan ikatan pernikahan yang kompleks. Aplikasi juga memiliki tool bawaan lain, seperti tool untuk mengecek entri ganda. Legacy juga menyediakan fitur untuk penyimpanan dokumen identifikasi diri dan disimpan dalam media. Legacy Family Tree dianggap sebagai salah satu aplikasi silsilah pohon terbaik dan terjangkau.

Link Download

 

2. Gramps

Aplikasi untuk Membuat Silsilah Keluarga

Gramps merupakan alternatif aplikasi silsilah keluarga kaya fitur yang tersedia untuk Windows, Mac OS, dan Linux. Dengan Gramps, kamu dapat dengan mudah menavigasi atau menyaring berdasarkan nama, keturunan, hubungan, keluarga, catatan, media, repositori, sumber daya, tempat, atau event. Tool yang disediakan juga sangat detail dan setiap entri akan memberikan lebih dari yang dibutuhkan. Contohnya, pada window ‘Place’, kamu akan menemukan entri untuk jalan, garis lintang, kota, dll. dan kamu bisa menambahkan tautan ke tiap tempat. Penanggalan juga bisa dipilih berdasarkan beberapa sistem penanggalan, termasuk kalender Islam dan Gregorian. Untuk tanggalnya, kamu harus menyebutkan apakah merupakan tanggal akurat atau masih estimasi.

Aplikasi untuk Membuat Silsilah Keluarga Gramps - Pohon Silsilah

Pohon silsilah pada Gramps

Gramps membuat laporan mendetail yang bisa dicetak sebagai bentuk laporan tunggal atau diletakkan bersama seperti puzzle. Kamu bisa copas sitasi dan menambahkan sumber-sumber ke keluarga, orang, multimedia, dan event. Satu hal yang unik dari Gramps adalah dukungan terhadap semua jenis hubungan dan pernikahan, misalnya nih, hasil adopsi atau pernikahan sesama jenis. Atau pelabelan sebagai ‘cloned individuals‘ yakni saat seseorang berlaku sebagai ayah dan ibu alias single parent.

Link Download

 

3. Family Historian 6

Aplikasi untuk Membuat Silsilah Keluarga Family Historian 6

Kalau kamu mencari aplikasi silsilah keluarga yang simpel, cobalah Family Historian 6. Dengan aplikasi ini, memasukkan detail seseorang hanya butuh beberapa kali klik. Meski begitu, aplikasi ini tergolong kaya fitur: online/laman web, paperless charting, window pencarian, peramban bawaan, dan tool bermanfaat lainnya untuk memetakan semua event dalam sebuah keluarga. Tool web hints akan menghubungkanmu langsung ke MyHeritage, tapi juga bisa kok ke situs lain seperti Ancestry.com dan FamilySearch.

Family Historian akan membuka dialog box berbeda untuk jenis informasi individu berbeda seperti anak/keturunan, pernikahan, dsb. Karena datanya ditampilkan dalam bentuk field vertikal panjang, mengubahnya menjadi mudah dan bisa menambahkan banyak detail yang berhubungan dengan individu. Begitu kamu memasukkan tempat dan lokasi seseorang, Family Historian akan menemukannya pada peta dunia. Dengan cara ini, kamu bisa tahu bagaimana keluarga besarmu menyebar selama ini. Kamu juga bisa mengunggah gambar event-event penting pada perjalanan hidup seseorang seperti pernikahan dsb. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencetak laporan dan menampilkan grafik.

Link Download

 

4. MyHeritage Family Tree Builder

Aplikasi untuk Membuat Silsilah Keluarga MyHeritage Family Tree Builder

MyHeritage Family Tree Builder memiliki salah satu tool navigasi terbaik untuk tampilan garis keturunan. Tampilan hour glass-nya dapat diperbesar lingkupnya, mulai dari tampilan sau orang hingga ke satu generasi sekaligus. Aplikasi dapat menggabungkan handai taulan dari silsilah keluarga lain pada situs MyHeritage.com. Aplikasi memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan akan mengecek secara otomatis akan adanya entri ganda pada pohon keluarga.

Saat memasukkan tanggal, sebuah pop-up kalender akan muncul. Laporan dan grafik dapat dipilih untuk menampilkan pohon keluarga. Laporan bisa dikonversi ke PDF, RTF, atau disimpan dalam HTML. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk upload langsung ke MyHeritage.com saja. Aplikasi juga mendukung berbagai jenis pernikahan dan tidak perlu menspesifikkan gender. Kamu juga dapat memasukkan entri untuk hubungan yang kompleks, seperti ‘Bertunangan’ atau ‘Lainnya’.

Link Download

 

5. Ancestral Quest

Aplikasi untuk Membuat Silsilah Keluarga Ancestral Quest

Aplikasi ini cocok bagi genealogis yang memiliki basis data besar. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak jenis pencarian beserta kalkulator hubungan sehingga ideal untuk mencari orang-orang dalam basis data yang besar. Laiknya aplikasi pohon keluarga top lainnya, Ancestral Quest mudah dihubungkan dengan situs genealogi populer seperti WorldVitalRecords, FamilySearch, dan Ancestry.com. Aplikasi juga disertai dengan peramban bawaan yang bisa digunakan untuk bookmark situs favorit.

Ancestral Quest memiliki tool unik bernama ditto. Ketika terjadi pernikahan poligami atau hubungan lain yang menghubungkan banyak saudara kandung ke satu individu, tool ditto akan menghubungkannya. Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengetahui keberadaan saudara tirimu. Tampilan antarmukanya rapi, dan kamu bisa customize tampilan grafik dengan warna berbeda untuk membedakan garis keluarga. Walau tidak semua fiturnya sempurna, Ancestral Quest masihlah salah satu yang terbaik karena fitur pencariannya yang luas.

Link Download

===

Simpulan

Program-program pembuat silsilah keluarga gratis terbaik di atas menyediakan lebih dari sekadar basis data genealogi, melainkan sekitar dua kali lipat lebih baik untuk ukuran alat penelitian. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur yang tersinkronisasi dengan layanan online pembuat silsilah dan situs genealogi populer. Di antara semuanya, Legacy Family 9 yang paling kami rekomendasikan, karena selain kaya fitur, sama dengan yang lain, juga mudah menghubungkan dan menjelaskan relasi yang rumit seperti adopsi, perceraian, dan pernikahan kembali.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.