Download 11 Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC

Berikut merupakan daftar aplikasi gratis terbaik untuk mencetak label untuk membuat dan mencetak label-label keren tanpa biaya. Aplikasi-aplikasi pencetak label berikut ini tergolong sederhana dan mudah digunakan. Kamu akan diberi pilihan untuk menambahkan gambar, barcode, teks, serial number, QR Code, dll. sesuai kebutuhan. Aplikasi pencetak label biasanya juga memberi pilihan apakah kita hendak mengedit lebih dari satu label sekaligus atau satu label saja. Informasi tambahan seperti informasi printer, informasi label, nomor produk, dll. dapat diatur sesuai kebutuhan. Opsi personalisasi lain juga disediakan. Semua aplikasi berikut tidak spesifik untuk merek printer tertentu, yang artinya bisa digunakan untuk printer apa saja.

Dari semua aplikasi gratis pencetak label yang ada pada daftar ini, DSG paling merekomendasikan Papilio Label Helper. Silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Papilio Label Helper

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC Papilio Label Helper

Papilio Label Helper merupakan aplikasi tepat untuk mencetak label secara gratis. Kamu dapat menggunakannya tanpa register selama 30 hari, selanjutnya sih harus register. Tapi tenang, gratis kok. Oh ya, agar dapat menjalankan aplikasi ini, PC kamu harus sudah terinstall DirectPlay ya.

Ada banyak pilihan template warna-warni yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa mendesain label sendiri kemudian digunakan sebagai template yang bisa dipilih untuk kemudian hari.

Di sini kamu disediakan banyak sekali objek yang bisa ditambahkan pada label, seperti: grafis, teks, barcode, outline, dll. Setiap tool memiliki opsi pengaturan sendiri seperti posisi, alignment, ukuran, jenis barcode, data barcode, warna barcode, sudut barcode, posisi barcode dll. Pengaturan lainnya juga ada, meliputi: halaman, posisi, alignment, menggandakan label, mengaktifkan/nonaktifkan seleksi label, memilih warna latar label yang akan dicetak, opsi outline, dan warna pada workspace. Project label juga dapat disimpan sebagai sebuah lembaran label. Opsi waktu hendak ngeprint outline juga bisa disetting: print outline, warna outline, ketebalan garis, warna bayangan, bayangan, dll.

Ada beberapa opsi lain untuk menambahkan atau mengedit teks, kontrol label, grafis, barcode, outline, dll. Jangan lupakan fitur untuk zoom label, uji coba cetak satu sampel, simpan sebagai PDF, dll.

Cara mencetak label secara gratis menggunakan Papilio Label Helper:

  1. Buka app Papilio Label Helper.
  2. Pilih create a new project, kemudian pilih template dari pilihan yang tersedia.
  3. Buatlah label sesuai keinginan dengan menggunakan banyak fitur yang tersedia.
    Jadilah kreatif dengan memanfaatkan fitur yang ada sebaik mungkin.
  4. Pilih untuk simpan project, mencetaknya, atau menyimpannya sebagai PDF.

Link Download

 

2. GIMP

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC GIMP

GIMP adalah aplikasi gratis & open-source populer untuk mengolah gambar yang bisa juga digunakan untuk membuat label sekaligus aplikasi pencetak label. Ada banyak aplikasi edit gambar yang bisa membantu penggunanya membuat label sesuai kebutuhan. Dalam hal ini ya GIMP. Jangan lupa download plugin GimpLabels atau G’MIC dulu ya.

GIMP memiliki banyak fitur lain yang bisa kamu gunakan untuk mengedit teks dan tool-tool lain semacam inserting tool, image tool, selection tool, layer tool, color tool, filter, clone tool, blur tool, smudge tool, pen tool, healing tool, airbrush tool, dll.

Setelah kamu membuat labelnya, label dapat di-print maupun disimpan sebagai file JPEG, PNG, ICO, TIFF, EPS, GIF, PDF, PPS, PSD, dll.

Cara menggunakan plugin GimpLabels pada GIMP untuk mencetak label:

  1. Ekstrak GimpLabels. Copy dan paste labels.scm pada folder scripts. Kalau di PC nya DSG, folder tersebut terletak di C:\Program Files\GIMP 2\share\gimp\2.0\scripts.
  2. Buka GIMP. Buat sebuah file baru dengan dimensi sesuai kebutuhan. Kamu juga dapat menggunakan fitur plugin untuk melakukan hal yang sama. Kemudian, browse ke File>Misc>Labels>Rect label.
  3. Gunakan tool bawaan untuk membuat desain suka-suka.
  4. Kemudian, pergilah ke Filters&Combine>Make Label Page.
  5. Atur konfigurasi berupa nama template, dari, ke, opsi background transparan, dan faktor terkait printer.
  6. Nantinya, berdasarkan seleksi yang telah kamu lakukan, label yang sudah dibuat bisa langsung di-print atau disimpan dalam berbagai format. Atau, diedit lagi.

Cara menggunakan plugin G’MIC pada GIMP untuk mencetak label:

  1. Bukalah GIMP setelah menginstall plugin G’MIC.
  2. Desainlah label kamu.
  3. Browse ke Filters>G’MIC.
  4. Expand opsi Arrays & tiles dan pilih Array [regular].
  5. Atur besaran X-tiles dan Y-tiles.
  6. Atur X-Offset atau Y-Offset sesuai kebutuhan.
  7. Atur opsi mirroring dan ukurannya.
  8. Pratinjau akan muncul.
  9. Kalau sudah oke, klik OK saja.
  10. Kalau belum, silakan diedit lagi. Kemudian, bisa dicetak atau disimpan ke format file yang kamu inginkan.

Link Download

 

3. Microsoft Office

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC Microsoft Office

Siapa yang tidak tahu Microsoft Word dan Microsoft Publisher, aplikasi dari Microsoft Office? Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk membuat dan mencetak label lho. Template label yang tersedia juga banyak banget. Kalau template yang ada di direktori online Microsoft masih kurang, kamu bisa mencari template di situs lain atau bahkan membuat sendiri. Kamu juga bisa memilih opsi personalisasi berbeda terhadap labelmu. Terdapat banyak opsi lain agar dalam pembuatan label lebih menyenangkan: insert various elements, desain, layout halaman, referensi, mailings, review, view, serta opsi layout.

Kamu bisa langsung mencetak labelmu atau menyimpannya dalam berbagai format seperti DOCX, DOCM, DOC, DOTX, DOTM, DOT, PDF, XPS, MHT, MHTML, HTM, HTML, RTF, TXT, XML, ODT, dan WPS.

Cara menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Publisher untuk mencetak label:

Cara 1

  1. Buka Microsoft Word atau Microsoft Publisher.
  2. Browse ke tab Mailings kemudian klik pada Labels.
  3. Masukkan detail yang diperlukan.
  4. Atur opsi cetaknya, mau full page banyak label, atau satu label.
  5. Klik pada tab Options dan pilih opsi yang ingin kamu tambahkan, seperti info printer, info label, nomor produk, dll. Kamu juga bisa membuat labelmu sendiri.
  6. Klik pada tombol Print untuk mulai mencetak label buatanmu.
  7. Akhirnya kamu bisa memilih untuk langsung mencetak atau menyimpannya dalam berbagai format yang disediakan.

Cara 2

  1. Bukalah Microsoft Word atau Microsoft Publisher dan mulailah browsing template.
  2. Pilihlah template yang paling kamu sukai.
  3. Editlah template tadi hingga sesuai dengan kebutuhanmu.
  4. Setelah selesai mendesain label, ubahlah opsi printing sesuai dengan printer kamu, atau simpanlah ke dalam format file yang kamu inginkan.

Link Download

 

4. Inkscape

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC Inkscape

Inkscape adalah aplikasi edit gambar dan vektor populer yang juga bisa digunakan untuk mencetak label. Pada aplikasi ini, kamu bisa menggunakan banyak tool yang tersedia untuk membuat label yang keren. Kamu dapat menambahkan gambar, teks, layer, path, object, filter, objek 2D dan 3D, dll.

Setelah kamu membuat labelnya, kamu dapat mencetaknya langsung atau menyimpannya sebagai file SVG, SVGZ, PDF, PNG, PS, EPS, EMF, WMF, POV, FX, ODG, TEX, DXF, GPL, HPGL, HTML, ZIP, PLT, SK1, FXG, XAML, SIF, TAR, dll.

Cara menggunakan Inkscape sebagai aplikasi pencetak label:

  1. Buka Inkscape, kemudian gambarlah label menggunakan tool bawaan sesuai selera.
  2. Kalau kamu ingin membuat beberapa label sekaligus, pilih menu Edit dan pilih Create Tiled Clones di bawah tab Clone.
  3. Pada window baru yang muncul, gunakan tab-tab berbeda seperti Symmetry, Shift, Scale, Rotation, Blur & Opacity, Color, dan Trace untuk mengatur setting-an untuk tiled cloning. Spesifikasikan baris, kolom, lebar, tinggi, shift, eksponen, alternatif, kumulatif, tile yang tidak termasuk, basis, sudut rotasi, blur, opacity, warna, dan opsi trace agar output-nya lebih cocok.
  4. Klik tombol Create untuk membuat tiled clones label.
  5. Kamu juga bisa lanjut mengeditnya, atau
  6. Mencetaknya atau menyimpannya dalam format sesuai kebutuhan.

Link Download

 

5. LibreOffice

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC LibreOffice

LibreOffice adalah aplikasi office suite open source keren yang ternyata bisa juga digunakan untuk mencetak label. Ada banyak template yang tersedia secara online yang bisa dipilih, yang bisa mempermudah tugasmu membuat label tentunya. Opsi untuk menambahkan formatting seperti teks, tabel, gambar, grafik, gambar seperti clip art, mengubah layout teks dll. sampai hasil jadi labelnya sesuai harapan. Kamu juga dapat menghubungkannya ke basis data dan membuat label berdasarkan entri basis data.

Setelah label terdesain kamu bisa memilih untuk langsung mencetaknya atau menyimpannya sebagai file ODT, OTT, FODT, UOT, DOCX, XML, DOT, DOC, XML, HTML, RTF, TXT, DOCX, PDF, dll.

Cara menggunakan LibreOffice sebagai aplikasi pencetak label:

  1. Buka LibreOffice. Pilihlah template Label yang paling kamu suka.
  2. Edit-edit saja (teks, formatting, gambar, clip art, dll.) sesuka hati.
  3. Cetaklah label yang telah didesain atau disimpan ke file tertentu.

Cara menggunakan LibreOffice sebagai aplikasi pencetak label dari basis data:

  1. Buka LibreOffice. Pilih menu New dan pilih opsi untuk membuat Label.
  2. Tambahkan teks alamat, basis data, tabel, field basis data, brand, jenis, format, etc. pada detail label.
  3. Gunakan tool lain (gambar, teks, clip art, dsb.) agar label makin sip.
  4. Dokumen akan berhasil dibuat dan kemudian kamu bisa memilih untuk mencetaknya atau menyimpannya.

Link Download

 

6. Krita

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC Krita

Krita merupakan aplikasi pencetak label populer yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini sudah terinstall plugin G’MIC (yang kalau di GIMP harus diinstall secara terpisah).

Pada aplikasi ini kamu disediakan banyak opsi untuk membuat label yang keren. Kamu bisa bermain-main dengan layer dan mengaplikasikan banyak filter. Label yang berhasil dibuat dapat langsung dicetak atau disimpan sebagai file KRA, ORA, CSV, EXR, GBR, VBR, GIH, JPEG, KPP, ICO, EXR, PBM, PGM, PNG, PPM, PSD, QML, R16, R8, SCML, ICB, TGA, TPIC, VDA, VST, TIFF, BMP, XBM, XPM, WEBP, dsb.

Cara menggunakan Krita sebagai aplikasi pencetak label:

  1. Buka Krita.
  2. Bukalah label yang hendak kamu cetak atau membuat label sendiri dengan tools bawaan yang tersedia.
  3. Klik pada tab Filter dan kemudian pilih G’MIC.
  4. Pada window baru yang muncul, pilih opsi Arrays and tiles.
  5. Pilih opsi Array [regular] dan spesifikasikan opsi X-tiles, Y-tiles, X-offset, Y-offset, Mirror, dan Size.
  6. Klik OK untuk menyelesaikan proses pembuatan label. Setelah itu, labelnya bisa diedit lagi, langsung di-print, atau disimpan.

Link Download

 

7. SSuite Label Printer

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC SSuite Label Printer

SSuite Label Printer tergolong aplikasi gratis yang baik untuk mencetak label. Bersama dengan aplikasi ini juga disertakan aplikasi lain seperti Address Book, Envelop Printer, Mail Merge Master, dan QT Writer Express.

SSuite Label Printer termasuk sederhana dan mudah digunakan. Kamu disediakan dua opsi: Address Printing atau General Printing, pilih sesuai kebutuhan. Kerennya lagi, kamu bisa mengimpor data dari file CSV. Bisa diekspor juga. Semua entri dapat ditambahkan, diedit, atau dihapus sesuai kebutuhan. Banyak pilihan label juga bisa dipilih. Kalau tidak ada yang sreg, bisa custom alias bikin sendiri.

Cara mencetak label secara gratis menggunakan SSuite Label Printer:

  1. Ekstrak package SSuite Label Printer hasil unduhan.
  2. Klik pada Label Printer.
  3. Tambahkan detail terkait label yang akan dicetak. Bisa juga impor/ekspor data CSV.
  4. Pilih kontak mana yang hendak diprint.
  5. Klik pada Preview dan aturlah beberapa opsi seperti printer, jenis label, kustomisasi teks, ubah font, ukuran font, jenis type, koordinat gambar, dll.
  6. Print.

Link Download

 

8. Avery Design & Print

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC Avery Design & Print

Avery Design&Print adalah aplikasi gratis & sederhana yang dapat digunakan sebagai aplikasi pencetak label. Ada banyak fitur yang dapat menunjangmu membuat label keren. Kamu dapat memilih untuk menambahkan teks, gambar, barcode, QR, nomor serial, dsb. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengimpor data dan membuat label dari data tersebut. Kamu juga dapat dengan mudah membuat label dari data value yang sama atau berbeda-beda dengan mudah.

Cara menggunakan fitur mencetak label pada Avery Design&Print:

  1. Buka Avery Design&Print.
  2. Register dan login pada aplikasi.
  3. Pilih apakah hendak memulai project baru dengan mengetikkan nomor produk atau memilih kategori dari pilihan yang tersedia.
  4. Pilih sebuah produk. Pilih sebuah desain yang paling kamu suka.
  5. Customize label kamu dengan tools yang tersedia: tambahkan teks, gambar, barcode, shapes, QR, nomor seri, dsb.
  6. Jika perlu, data yang dibutuhkan bisa diimpor dulu.
  7. Bisa memilih apa hendak mengedit satu label atau semuanya sekaligus.
  8. Desain label dapat disimpan pada PC atau secara online pada akunmu.
  9. Kamu juga bisa mencetak label langsung.

Link Download

 

9. IDAutomation Free Barcode Label Design

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC IDAutomation Free Barcode Label Design

IDAutomation Free Barcode Label Design merupakan aplikasi keren yang dapat digunakan sebagai aplikasi pencetak label. Kamu bisa menambahkan teks, barcode, elips, persegi, garis, gambar, dsb. Aplikasi label barcode ini juga bisa digunakan untuk membuat label dari basis data yang telah diimpor.

Opsi alignment beragam juga disediakan untuk memindahkan elemen ke depan atau sebaliknya. Elemen-elemen dapat diatur jaraknya secara horizontal, vertikal, atau dirotasi ke kanan atau ke kiri.

Cara menggunakan IDAutomation Free Barcode Label Design sebagai aplikasi pencetak label:

  1. Buka IDAutomation Free Barcode Label Design.
  2. Pilih opsi untuk membuat label baru.
  3. Di sini, kamu harus memilih printer yang akan digunakan, jenis label, dan satuan unit yang digunakan.
  4. Pilih jenis label dari opsi yang tersedia, atau buat sendiri. Kalau buat sendiri, kamu harus memasukkan ukuran serta jumlah baris/kolomnya.
  5. Pada layout yang sudah dipilih, desainlah labelmu dengan bantuan tools tambahan seperti teks, barcode, gambar, garis, elips, opsi spacing, opsi rotasi, opsi alignment, dll.
  6. Label yang sudah jadi bisa kamu print atau disimpan sebagai file IDA.

Link Download

 

10. Paper Label Maker

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC Paper Label Maker

Paper Label Maker adalah aplikasi pencetak label yang bisa diandalkan. Kamu bisa membuat satu atau banyak label. Sederhana dan mudah digunakan. Opsi yang bisa digunakan meliputi posisi, trace, z-order, pilih font dan alignment.

Kamu juga bisa menambahkan gambar dari banyak pilihan yang tersedia atau upload gambarmu sendiri. Setelah itu, kamu bisa melihat pratinjaunya atau mencetaknya.

Cara menggunakan Paper Label Maker sebagai aplikasi pencetak label:

  1. Bukalah Paper Label Maker.
  2. Buat sebuah project baru dan spesifikasikan nama projectnya.
  3. Kemudian ubah posisi, z-order, trace, dan opsi border sesuai kebutuhan.
  4. Bisa juga mengubah font, warna font, border, dll.
  5. Tambahkan gambar yang pas dengan label yang hendak dicetak.
  6. Pili opsi apakah ingin melihat pratinjau atau mencetak label.
  7. Kalau mau, label bisa disimpan sebagai file berformat PMS (wkwk).

Link Download

 

11. OpenOffice

Aplikasi Gratis untuk Cetak Label pada PC OpenOffice

OpenOffice adalah aplikasi office suite gratis yang juga bisa digunakan sebagai aplikasi pencetak label. Ada banyak templates yang tersedia yang bisa digunakan untuk mendesain label.

Tersedia banyak tools pendukung dalam mendesain label pada aplikasi ini. Kamu bisa bermain-main dengan banyak tools tadi untuk menghasilkan label yang ciamik. Beberapa diantaranya adalah menambahkan tabel, gambar, font, teks, grafis, dll.

Terakhir, kalau label sudah jadi, kamu bisa mencetaknya atau menyimpannya sebagai file ODT, OTT, SXW, STW, DOC, RTF, HTML, XML, PDF, atau UOT.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.