Download 11 Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis

Sedewa apapun spek PC kamu, selama masih terinstall Windows, bukan berarti sistem kamu bebas masalah. Memang, di beberapa kasus, masalah bisa diakibatkan karena spesifikasi hardware yang kurang memadai, tapi tidak kalah banyak juga yang disebabkan oleh hal lain. Seperti sebagian besar hal di dunia ini, Windows juga butuh perawatan dan servis secara berkala.

Baik newbie maupun mastah, sistem Windows kamu kalau lagi apes juga bakal menemui isu yang kadang-kadang tricky waktu didiagnosa. Ketika hal ini terjadi, ada opsi untuk membawanya atau memanggil tukang servis komputer, tapi jadikan hal tersebut opsi terakhir. Kamu selalu punya alternatif lebih baik, jadi sebelum membayar jasa servis alangkah baiknya kalau kita coba dulu membenahinya sendiri, dengan tool yang bisa didownload secara gratis pula.

DSG sangat merekomendasikan mencoba aplikasi-aplikasi diagnosis dan pemonitor performa sistem berikut terlebih dahulu. Bisa jadi, hasilnya jackpot banget lho!

Aplikasi monitoring performa PC terbaik

1. CPU-Z

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis CPU-Z

CPU-Z merupakan program keren yang akan memindai sistem kamu untuk melihat konfigurasi hardware internalnya. Tool ini wajib kamu miliki, terutama kalau kamu berencana upgrade PC dalam waktu dekat dan ingin menghindari masalah terkait inkompatibilitas. Tool ini juga bermanfaat ketika kamu lupa komponen apa saja yang sudah kamu install, yang bisa terjadi ketika kamu merakit sendiri PC kamu. Aplikasi ini juga bisa membantu kamu memverifikasi komponen-komponen ketika kamu membeli PC bekas agar dihindarkan dari zonk.

Link Download

 

2. Performance Monitor

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis Performance Monitor

Windows Performance Monitor saat ini hanya tersedia untuk versi sebelum Windows 10. Setelah kamu menjalankannya, cukup lihat pada sidebar dan pada menu Monitoring Tools, di situ kamu dapat menemukan Performance Monitor. Secara default, aplikasi hanya akan menampilkan ” % Processor Time” yaitu seberapa persen sistem kamu sedang digunakan saat itu. Kamu dapat menambahkan counter-counter lainnya, meliputi energi yang digunakan, pemakaian disk, ukuran file paging, ukuran indeks pencarian, dll.

Detail

 

3. Speccy

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis Speccy

Aplikasi ini merupakan salah satu tool gratis terbaik untuk mengetahui suhu CPU dan GPU. Tool ini kompatibel dengan semua sensor yang terintegrasi pada PC kamu dan akan mendeteksi data secara akurat.

Link Download

 

4. Open Hardware Monitor

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis Open Hardware Monitor

Yang satu ini merupakan aplikasi open source gratis untuk memonitor suhu CPU dan GPU. Tampilan antarmuka-nya sangat sederhana dan plain.

Link Download

 

5. CrystalDiskInfo

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis CrystalDiskInfo

Untuk memastikan apakah hard drive (HDD) atau solid state drive (SSD) kamu berada dalam kondisi terbaik, CrystalDiskInfo dapat menjadi sohib yang tepat. Soalnya nih, susah-susah gampang untuk mengetahui masalah yang berpotensi muncul ketika kondisi hard drive tidak bagus.

Aplikasi ini akan memberimu tampilan komplit dari semua keadaan terkini drive penyimpan data seperti HDD, SSD, dan USB drive. Detail yang ditampilkan meliputi suhu, uptime, waktu start-up, error states, dan banyak lagi. Tool ini juga mengkalkulasi Health Status keseluruhan.

Link Download

 

6. Windows Resource Monitor

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis Windows Resource Monitor

Windows memiliki fitur bawaan bernama Resource Monitor yang sudah disertakan sejak Windows Vista. Kamu bisa menjalankannya dari Task Manager, namun untuk Windows 10 berupa app terpisah, dan kamu bisa menjalankannya seperti app lain, yakni via menu Start.

Resource Monitor adalah cara lanjutan untuk mengakses data real-time mengenai keseluruhan sistem kamu dan biasanya digunakan bersama dengan Performance Monitor. Namun, yang paling sering sih ya memanfaatkan Resource Monitor untuk melihat detail proses dan penggunaan memori.

Wiki

 

7. LeeLu Monitors AIO

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis LeeLu Monitors AIO

Kalau kamu tidak puas dengan tool monitoring performa bawaan Windows, tool yang satu ini merupakan pilihan cocok. Tool monitoring ini dapat membantumu mengawasi folder, file registry, dan file memori pada sistem kamu. Paketan aplikasi ini memiliki banyak utilitas untuk memeriksa ‘kesehatan’ folder-folder dan akan menerbitkan warning ketika aktivitas-aktivitas error melebihi batas tertentu.

Link Download

 

8. Wise System Monitor

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis Wise System Monitor

Aplikasi ini merupakan salah satu tool monitoring sistem terbaik yang tersedia, menawarkanmu cara simpel dan cepat dalam memonitor penggunaan memori, penggunaan CPU, dan proses-proses terkait lainnya yang berjalan selaras dengan komponen hardware yang terinstall pada PC kamu. Aplikasi ini juga akan menampilkan proses apa yang memakan resource sistem dan bagian PC mana yang overheat.

Link Download

 

9. HW Monitor

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis HW Monitor

Sebagian besar program yang telah dibahas sebelumnya akan bekerja sempurna kalau kamu hanya pengguna PC reguler. Tapi kalau kamu adalah seorang gamer dan kamu sangat butuh informasi status perlengkapan gaming kamu, tool ini bisa dicoba. Aplikasi akan memonitor sistem PC dengan bantuan sensor primary health yang akan menampilkan info suhu CPU, konsumsi daya, voltase mainboard, kecepatan kipas, voltase GPU, dll. Satu lagi, tool ini masih satu developer dengan CPU-Z, gabungkan saja keduanya biar makin mantab.

Link Download

 

10. EnhanceMySe7en Free

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis EnhanceMySe7en Free

Yang satu ini merupakan program untuk peningkatan sistem atau tweaking yang menampilkan informasi sistem PC kamu dan suhu terkini dari CPU dan GPU. Tool ini akan menampilkan suhu minimum dan maksimum dari prosesor serta beberapa informasi vital lainnya seperti kecepatan kipas. Sebagai tambahan, tersedia fitur-fitur utilitas lainnya yang meliputi disk defragment, registry cleaning, start up manager, dll.

Selain EnhanceMySe7en yang khusus untuk Windows 7, kamu juga bisa mengunduh tool sejenis untuk Windows 10Windows 8, Vista, dan XP.

Link Download

 

11. CPU Thermometer

Aplikasi untuk Monitoring Performa PC Gratis CPU Thermometer

Merupakan tool berukuran kecil lainnya yang dapat dengan mudah menampilkan suhu pada sistem hardware kamu dengan tampilan antarmuka sederhana. Kamu dapat menemui suhu saat ini dari tiap-tiap core processor dan juga prosentase load, yang bisa juga kamu ganti unit pengukuran suhunya.

Link Download

 

Semoga rekomendasi tool monitoring di atas bermanfaat ya. Kamu tidak perlu menginstall semuanya sekaligus, pilih saja dulu yang mana yang sekiranya paling cocok untuk pengecekan atau monitor status PC Windows kamu secara berkala.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.