Download 15 Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows

DSG kali ini memberikan daftar aplikasi Windows gratis terbaik untuk katalog film. Adapun fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi di bawah ini meliputi: menambahkan film-film ke basis data dengan menunjukkan path file/foldernya, dapat mengambil detail info film dari web (IMDb, The Movie DB, Amazon Movies, dll.) dan masih banyak lagi.

Aplikasi katalog film favorit DSG adalah Ant Movie Catalog. Lanjut membaca untuk baca ulasan lengkapnya yaa :D

1. Ant Movie Catalog

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows Ant Movie Catalog

Ant Movie Catalog adalah aplikasi katalog film yang gratis dan mudah digunakan. Kegunaan utamanya adalah agar penggunanya dapat membuat dan mengelola basis data film pribadi. Kamu bisa mengimpor daftar film dari banyak format data seperti CSV, Excel, MS Access Database, DVD Profiler (XML Report), Local Media Files, dll.

Kamu dapat menambahkan film secara manual dengan mengetikkan nama film dan informasi mendetailnya dapat di-fetch dari internet dengan memanfaatkan layanan online seperti IMDb dengan menggunakan script (Tools >> Scripting). Aplikasi dapat mengambil semua info dari film apa saja. Beberapa fields yang bisa diambil infonya:

  • Sutradara
  • Produser
  • Negara
  • Kategori
  • Aktor
  • Bahasa
  • Tahun Rilis
  • Durasi Film, dan banyak lagi.

Kamu bisa mencetak basis data lengkapnya atau sebagian saja. Untuk fitur ini, Aplikasi menyediakan beberapa templates. Kamu bisa memilih salah satunya dan mencetaknya. Cover CD/DVD juga bisa diprint dengan templates yang ada. Kalau sudah, kamu bisa menyimpan basis datanya di format bawaan Ant Movie Catalog yaitu AMC atau format XML.

Link Download

 

2. EMDB

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows EMDB

EMDB (Eric’s Movie Database) adalah aplikasi gratis dan mudah digunakan untuk mengelola seluruh koleksi film maupun serial TV kamu. Aplikasi akan secara otomatis mengimpor informasi tentang media dari website IMDb. Kamu dapat juga menambahkan film secara manual. Beberapa fitur utamanya:

  • Support media yang disimpan dalam media penyimpanan fisik (disc) maupun yang tersimpan pada folder di komputer.
  • Support tampilan antarmuka multi-bahasa.
  • Support pencarian lanjutan.
  • Ekspor daftar film ke format CSV, TXT, HTML.
  • Support ekspor basis data dan mencetaknya.
  • Lone Tracking.
  • Pembaharuan banyak detail film sekaligus (batch).
  • Skin yang bisa diganti, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Inggris maupun Indonesia.

Link Download

3. My Movie Library

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows My Movie Library

My Movie Library merupakan aplikasi pengelola media yang sederhana dan mudah digunakan. Kamu dapat menambahkan film secara manual dengan mengetikannya atau menambahkan folder yang berisi film-film. Setelah itu, aplikasi akan mencocokkannya dengan judul film yang ada di IMDb. Setelah mendapatkan nama film di IMDb, kamu dapat menambahkan info-infonya ke basis data. Aplikasi menampilkan detail film dalam format tabular atau banyak kolom. Header kolom-kolomnya adalah ID, Nama, Tahun Rilis, Genre, Rating, Aktor, Sutradara, ID IMDb, Durasi, Kapan Ditambahkan, Berapa Kali Dimainkan, dll. Kamu dapat mengatur kolom mana saja yang ditampilkan. Kamu dapat mencari pada basis data kapan saja dengan menggunakan fitur pencarian. Kamu dapat memutar film apa saja pada daftar pustaka kamu dengan cara klik tombol “Play Movie”. Sejauh yang DSG coba, aplikasi bisa mendapat info detail film dari IMDb tapi gagal mengunduh cover art atau poster filmnya. Tapi gak tau lagi, sepertinya sudah diupdate. Coba aja dulu.

Link Download

4. Personal Video Database

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows Personal Video Database

Personal Video Database adalah alternatif aplikasi katalog film gratisan yang ada pada daftar ini. Merupakan aplikasi yang sedikit berbeda dibanding aplikasi sejenis lainnya. Aplikasi akan mengunduh detail info dari sebuah film dari internet dan menyimpannya ke basis data. Kamu dapat mengaplikasikan info tersebut pada file film tertentu dengan menentukan folder tujuan. Aplikasi ini memiliki fitur impor dan ekspor basis data. Kamu dapat mengimpor informasi film dari bermacam website basis data film sementara fitur ekspornya memungkinkan kamu untuk menyimpan basis data dalam format berbeda, seperti TXT, CSV, HTML, HTML Table, Simple Page List, XML, dan banyak lagi.

Link Download

5. Filmotech

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows Filmotech

Filmotech adalah aplikasi katalog film gratis. Kamu dapat menambahkan film dari folder mana saja ke basis data sesuai preferensi kamu. Setelah menambahkan film ke basis data, kamu bisa mengupdate informasinya juga dari web. Kalau kamu punya basis data film yang besar, kamu bisa mencari film dengan fitur pencarian yang tersedia. Kamu dapat menandai film apa saja sebagai sudah/belum ditonton. Kamu juga bisa meminjamkan film ke teman kamu dan menambahkan info “tanggal dipinjam” dan “dipinjamkan ke” pada basis data. Kamu bisa menonton trailer film online pilihanmu pada daftar dengan klik tombol “Show Trailer” pada laman deskripsi film. Kamu dapat mencetak info filmnya beserta posternya juga apabila diperlukan.

Link Download

6. moVee 8

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows moVee 8

moVee 8 adalah aplikasi katalog film yang gratis dan mudah digunakan. Pada halaman utamanya, pada dasarnya aplikasi akan menampilkan detail film Box Office, Coming Soon, dan Trending dari website TMDb. Aplikasi juga membuat koleksi film kita senantiasa up-to-date dengan menyediakan info terbaru dari web. Tampilan antarmuka-nya mudah dipahami. Aplikasi akan mengunduh info detail dari film apa saja pada koleksi kamu secara otomatis dari website. Kamu hanya perlu menambahkan film dari sebuah folder dengan mengklik tombol “Browse For Folder” pada tampilan utama.

Link Download

7. Data Crow

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows Data Crow

Data Crow adalah aplikasi katalog kaya fitur yang selain bermanfaat untuk membuat katalog, juga bisa mengelola basis data dari banyak jenis benda koleksian, jadi tidak hanya film saja. Contohnya: buku, kontak, kontainer, gambar, media, film, album musik, aplikasi, dan banyak lagi tergantung kreativitas. Salah satunya kan untuk film nih, jadi kamu bisa menggunakannya untuk mengelola koleksi film kamu dengan mudah. Ketika pertama kali menjalankan aplikasi ini, kamu akan diminta mengatur folder dan memilih bahasa pada tampilan antarmuka. Kamu dapat dengan mudah menambahkan item baru dengan cara klik modul pada bagian kanan. Aplikasi ini dapat mengunduh detail film dari berbagai website populer seperti IMDb.com, ecs.AmazonWS.com, TheMovieDB.org dan banyak lagi. Kamu dapat mencari judul secara manual dengan mengetikkan namanya pada kotak pencarian. Setelah menambahkan info film pada basis data kamu dapat mengklik tombol “Save all items” untuk menyimpan info yang terkumpul.

Link Download

8. Movie Explorer

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows Movie Explorer

Movie Explorer adalah aplikasi pengkatalog film untuk Windows yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasinya portabel, tidak memerlukan instalasi. Aplikasi akan menampilkan informasi tentang film yang kamu punya pada koleksimu. Letakkan filmmu pada folder “Videos” default. Contohnya di “C:\Users\user_name\Videos”. Setelah itu, aplikasi akan otomatis mengunduh informasi film terkait dari IMDb dan menambahkannya secara otomatis juga ke basis data. Kamu dapat memutar filmnya dengan media player favoritmu dari halaman informasi film dengan klik tombol Play tentunya.

Link Download

9. jMovieManager

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows jMovieManager

jMovieManager adalah aplikasi yang sangat bermanfaat untuk mengelola koleksi pribadi film-film kamu. Merupakan aplikasi portabel berbasis Java, cukup jalankan file JAR nya dan sudah siap dipakai deh. Kamu dapat menggunakan film pada basis data dengan menambahkan film dari folder tertentu. Setelah menambahkan film ke koleksi, kamu dapat mencari judulnya untuk informasi yang tersimpan di website film. Setelah menambahkan info detail, kamu bisa menyimpan basis datanya di lokasi preferensi kamu. Aplikasi akan mengunduh info detail film dari website themoviedb.org. Aplikasi ini memiliki tampilan ala Calendar dan kamu bisa melihat poster-poster film yang akan tayang, sedang tayang di bioskop, dan top-rated.

Link Download

10. GrieeX

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows GrieeX

GrieeX adalah aplikasi katalog film yang mudah digunakan. Kalau kamu punya koleksi film yang luas banget, merapikan koleksimu bisa jadi melelahkan, karena itulah aplikasi semacam ini diperlukan. Kamu dapat menambahkan film pada basis data dengan menggunakan opsi-opsi berikut: Add With File, Add With Folder, atau Add With Manual. Aplikasi ini dapat mengunduh informasi dari film apa saja dari website IMDb dan TheMovieDB dan menyimpannya. Kamu dapat memutar film apa saja pada basis data menggunakan aplikasi media player default di komputermu dengan mengklik tombol Play pada toolbar utama. Aplikasi ini juga bisa mengunggah basis data ke Dropbox.

Link Download

11. MoviePly

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows MoviePly

MoviePly termasuk aplikasi pengorganisir film yang sedikit berbeda. Kamu dapat menambahkan film ke basis data-nya menggunakan fitur drag and drop. Kamu harus men-drag dan men-drop file atau folder ke tampilan aplikasinya untuk menambahkannya ke basis data. Kemudian, aplikasi akan mengunduh informasi detail film dari website berdasarkan nama filenya. Kalau kamu punya koleksi film yang banyak, kamu dapat menggunakan kotak pencarian untuk mencari berdasarkan judul film. Kamu juga dapat memutar film tertentu dengan cara dobel klik pada poster film.

Link Download

12. MediaMonkey

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows MediaMonkey

MediaMonkey pada dasarnya adalah aplikasi media player yang bisa juga dijadikan media manager. Versi gratisannya memiliki banyak fitur yang lebih dari cukup untuk mengelola file media. Setelah menambahkan file pada librari, kamu dapat menemukan info media dari internet. Editor auto tag nya juga memungkinkanmu menampilkan dan menyimpan info dari file video dari website. Aplikasi ini tersedia dalam versi portabel dan tidak. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk file audio. Kamu juga bisa memberikan rating pada item apa saja pada daftar dari 0 sampai 5 sebagai referensi yang memudahkanmu nanti.

Link Download

13. Griffith

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows

Griffith adalah aplikasi gratisan untuk mengelola koleksi media. Kamu dapat menambahkan film-film ke basis data dengan mengetikkan judul film dan detail lainnya terkait film tersebut secara manual. Kamu dapat membuat backup rutin dari basis data film dan disimpan ke folder sesuai kebutuhan. Aplikasi ini juga bisa mengunduh informasi detail film dari website, tapi waktu DSG coba sih gagal. Tapi coba aja dulu siapa tahu cuma trobel di sini aja hehe.

Link Download

14. Media Companion

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows Media Companion

Media Companion merupakan alternatif lain dari aplikasi pengelola koleksi film dalam format basis data. Kamu bisa menambahkan judul film dan informasi detail lainnya langsung terunduh otomatis dari internet. Aplikasi ini support baik untuk film maupun serial TV. Kamu juga bisa mencari film baru. Kamu juga bisa menambahkan folder offline ke dalam daftar untuk memasukkannya pada basis data.

Link Download

15. MeD’s Movie Manager

Aplikasi Katalog Film Gratis Terbaik untuk Windows MeD's Movie Manager

MeD’s Movie Manager adalah aplikasi manajemen film gratis. Kamu dapat membuat dan memperbarui koleksi film-film kamu. Kamu dapat menambahkan folder yang berisi film ke dalam basis data dengan memberikan path foldernya. Aplikasi ini dapat mengunduh informasi detail film dari website seperti IMDb, klaimnya sih begitu. Pengguna dapat menambahkan film secara manual juga kok tapi, kalau-kalau fitur otomatisnya macet. Aplikasi ini memiliki beberapa mode instalasi, salah satunya adalah Cross Platform Installer.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.