Download 7 Aplikasi Monitoring Karyawan Gratis Terbaik untuk Windows

Aplikasi monitoring karyawan adalah sebuah aplikasi yang membantu penggunanya mengawasi aktivitas karyawan ketika sedang tidak ada yang mengawasi secara langsung. Aplikasi jenis ini dapat membuat bisnis menjadi lebih baik, seperti: meningkatkan produktivitas bisnis dengan monitoring karyawan, meningkatkan performa karyawan, membantu karyawan untuk lebih berkonsentrasi pada kerjaannya, dll.

Anda dapat menggunakan software jenis ini untuk mengawasi aktivitas komputer karyawan dengan mudah dan efektif. Setiap aplikasi pada daftar ini berbeda-beda namun sama-sama menyediakan fitur yang sangat efektif untuk memonitor komputer karyawan. Anda dapat menggunakan aplikasi monitoring karyawan untuk melihat screenshot, keystroke, aplikasi yang dijalankan, ataupun aktivitas mouse komputer karyawan Anda.

Daftar ini terdiri dari banyak jenis aplikasi monitoring karyawan, mulai dari yang berbasis cloud, diproteksi password, monitoring proses, hingga yang berbasis screenshot. Beberapa diantaranya juga bersifat cross-platform.

Berikut ini merupakan 7 aplikasi monitoring karyawan gratis terbaik untuk Windows:

1. Screenshot Monitor

Aplikasi Monitoring Karyawan Gratis Terbaik untuk Windows Screenshot Monitor

Screenshot Monitor adalah salah satu aplikasi monitoring karyawan berkualitas, berbasis cloud, dan dapat digunakan untuk memonitor hingga 2 karyawan dan 3 screenshot per jam untuk tiap karyawan. Aplikasi ini juga memiliki fitur notifikasi desktop saat screenshot diambil. Semua data dan screenshot tersimpan secara online. File instalasinya pun kecil, tidak sampai 500 KB.

Cara memonitor komputer karyawan Anda dengan aplikasi ini:

  1. Install aplikasi ini pada komputer karyawan.
  2. Bukalah aplikasi, tambahkan sebuah monitoring task pada tampilan antarmuka aplikasi dan jalankan task tersebut.
  3. Nantinya akan ada notifikasi desktop ketika aplikasi ini mengambil screenshot pada komputer karyawan.
  4. Login ke website resmi aplikasi ini dan Anda dapat melihat screenshot yang telah diambil dari komputer karyawan tadi.

Link Download

 

2. iSafe Free Keylogger

Aplikasi Monitoring Karyawan Gratis Terbaik untuk Windows iSafe Free Keylogger

Pada prinsipnya, iSafe Free Keylogger merupakan aplikasi key logger, namun dapat digunakan untuk memonitor komputer karyawan. Install aplikasi ini pada komputer karyawan dan jangan lupa untuk mengatur proteksi password. Kalau sudah, aplikasi ini akan terus terbuka di tray sistem dan secara berkala akan merekam aktivitas karyawan Anda. Dengan adanya password tadi, karyawan Anda tidak akan bisa memanipulasi hasil rekam jejaknya (yaa kecuali kalau karyawannya punya passwordnya ya, hehe). Beberapa fitur monitoring yang disediakan: Screenshots, Keystroke, Application, Clipboard, Mouse Activity, dll.

Cara memonitor komputer karyawan Anda dengan aplikasi ini:

  1. Install aplikasi ini pada PC karyawan.
  2. Buka aplikasi ini dengan memasukkan password awal “123“. Anda dapat mengubahnya setelah itu.
  3. Pada bagian kiri tampilan aplikasi adalah Log Explorer.
  4. Perluas menu tersebut, dan Anda dapat melihat berbagai log yang berguna untuk memonitor PC karyawan Anda, seperti: Screenshot, website yang dikunjungi, Keystroke, mesin pencari, mikrofon, dll.

Link Download

 

3. StatWin Single Lite

Aplikasi Monitoring Karyawan Gratis Terbaik untuk Windows StatWin Single Lite

StatWin Single Lite adalah aplikasi monitoring yang dapat Anda gunakan untuk memonitor semua proses yang berjalan pada komputer karyawan. Dengan kata lain, aktivitas karyawan Anda dapat termonitor. Adapun detail dari proses yang disertakan meliputi nama proses, waktu mulai, total waktu, dll. Aplikasi ini juga menyimpan data monitoring yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

Cara memonitor komputer karyawan Anda dengan aplikasi ini:

  1. Install aplikasi ini pada komputer karyawan dan jalankan aplikasinya.
  2. Aplikasi akan terus berjalan pada tray sistem, mencatat dan merekam semua proses pada komputer karyawan yang disertai tanggal perekaman.
  3. Bukalah aplikasi ini pada tray sistem komputer karyawan Anda dan Anda akan dapat melihat semua proses yang pernah dijalankan sebelumnya pada komputer karyawan Anda.

Link Download

 

4. PC ScreenWatcher

Aplikasi Monitoring Karyawan Gratis Terbaik untuk Windows PC ScreenWatcher

PC ScreenWatcher merupakan aplikasi monitoring yang mudah digunakan yang dapat digunakan untuk memonitor tampilan layar pada komputer karyawan Anda. Kemudian, aplikasi dapat juga mengirim detail aktivitas karyawan Anda ke alamat email Anda. Aplikasi ini bersistem password protected dan ikon pada tray sistem dapat disembunyikan. Artinya, Anda dapat mengawasi komputer karyawan Anda tanpa sepengetahuannya.

Link Download

 

5. ActivTrak

Aplikasi Monitoring Karyawan Gratis Terbaik untuk Windows ActivTrak

ActivTrack merupakan salah satu aplikasi monitoring karyawan terbaik dan berbasis cloud. Merupakan aplikasi monitoring yang tersembunyi dan mudah digunakan. Aplikasi ini dapat mengambil tangkapan layar (screenshot), membuat laporan, memblokir situs, dll. dari komputer karyawan Anda. Aplikasi ini memiliki file setup yang kecil, hanya sekitar 2 MB. Selain itu, sifatnya cross-platform dan tersedia juga untuk Mac OS. Anda harus membuat sebuah akun pada website resminya untuk dapat mulai menggunakannya.

Link Download

 

6. RescueTime

Aplikasi Monitoring Karyawan Gratis Terbaik untuk Windows RescueTime

RescueTime adalah aplikasi monitoring berukuran kecil, cross-platform, dan berbasis cloud untuk PC. Anda dapat menggunakannya secara efektif untuk memonitor website dan aplikasi pada komputer karyawan Anda. Anda juga dapat mengatur goals untuk karyawan dan aplikasi akan mengirimkan laporan mingguan terhadap kinerja karyawan Anda yang berhubungan dengan komputer. Setelah menginstall aplikasi ini, Anda perlu mendownload ekstensinya untuk Google Chrome atau Mozilla Firefox (gratis juga kok). File setup nya kecil, tidak sampai 2 MB. Selain untuk Windows, tersedia juga dalam versi Linux maupun Mac OS.

Link Download

 

7. Hubstaff

Aplikasi Monitoring Karyawan Gratis Terbaik untuk Windows Hubstaff

Hubstaff adalah aplikasi tracking karyawan berbasis cloud yang mudah digunakan di mana dapat Anda gunakan untuk memonitor PC karyawan Anda dengan efektif. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur yang sangat berguna, seperti: time tracking, penyimpanan untuk screenshot, pencatatan aktivitas keyboard dan mouse, dll. Aplikasi ini juga memfasilitasi notifikasi email. Aplikasi monitoring karyawan gratis ini juga cross-platform, yang tersedia untuk Mac OS dan Linux. Untuk versi gratisnya, Anda dibatasi hanya bisa memonitor satu karyawan dalam satu waktu.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.