Download 7+ Aplikasi Osiloskop Gratis Terbaik untuk Windows

Berikut adalah daftar aplikasi osiloskop gratis terbaik pada Windows. Aplikasi-aplikasi ini akan bekerja sebagai software CRO pada PC kamu untuk menganalisis sinyal dan suara. Bilamana kamu sedang bokek dan belum mampu beli osiloskop, kehadiran software osiloskop PC ini akan sangat membantu. Semua aplikasi di bawah telah dites menangani masukan sinyal suara via input jack audio 3.5mm pada PC. Kamu juga bisa kok menganalisis sinyal lain dari sirkuit atau perangkat dengan aplikasi CRO, namun membutuhkan setup hardware. Simak cara menjadikan laptop/PC kamu sebagai osiloskop aja ya.

FYI, menurut KBBI, osiloskop adalah peranti uji yang menggunakan tabung sinar katode untuk menampakkan pada tabir pendar, nilai sesaat dan bentuk gelombang besaran elektronik yang berubah dengan cepat, sebagai fungsi waktu atau besaran lain.

Aplikasi berikut juga bisa disebut sebagai aplikasi penganalisis spektrum. Ketika mulai membaca sinyal dari inputan, kamu bisa melihat spektra sinyal baik satu maupun kedua channel. Sebagian besar aplikasi juga menyedakan mode tampilan FFT waveform. Ada aplikasi yang hanya menganalisis spektrum audio, ada juga yang menyediakan detail sinyal dengan lebih detail. Kamu bisa mengukur frekuensi, voltase puncak, crest factor, ZRLC, face, dll. Salah satu aplikasi juga menyediakan opsi Filter di mana kamu bisa mengaplikasikan filter FIR berbeda pada inputan sinyal dan kemudian menganalisisnya. Ada tool signal generator juga di beberapa software.

Intinya disimak aja lah ulasan detilnya di bawah, biar lebih tahu fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi dan menemukan mana yang paling cocok buatmu.

Aplikasi Osiloskop Gratis Terbaik

Di antara semuanya, DSG paling merekomendasikan Visual Analyser. Tool dan fiturnya banyak dan akan sangat membantu saat menganalisis sinyal. Tidak hanya menampilkan bentuk gelombang, namun juga beserta nilai frekuensi, voltase puncak, ZRLC, dan banyak lagi. Lebih detailnya silakan lanjut membaca ya :D

1. Winscope

Winscope

Winscope adalah aplikasi osiloskop gratis yang bisa digunakan untuk menganalisis sinyal apa saja pada komputer kamu. Ketika kamu menginput sinyal, aplikasi akan menampilkan spektrum sinyal, mengukur frekuensi, menggambarkan pola Lissajous, menampilkan spektrum FFT, menyimpan data sinyal, dll. Aplikasi akan membaca inputan sinyal via audio jack 3.5mm pada komputer kamu.

Untuk memulai analisis sinyal setelah menghubungkan masukan sinyal, klik pada tombol Play pada tampilan antarmuka Winscope. Kamu akan mulai melihat tampilan spektra sinyal. Pada tampilan antarmuka software osiloskop ini, kamu akan menemukan banyak opsi untuk menganalisis sinyal, seperti:

  • Trace Modes: Ada tiga mode tracing spektra yang tersedia, yakni YT Single Trace, YT Dual Trace, dan XY Mode.
  • Menampilkan spektra dalam tampilan Line Plot atau Scatter Plot.
  • FFT Mode: Mentransformasikan masukan sinyal untuk menampilkan amplitudo vs. waktu spektra dalam amplitudo vs. frekuensi spektra.
  • Correlometer juga tersedia, yakni fitur untuk mencari korelasi antara dua sumber suara.
  • Menyimpan data analisis sinyal dalam format DAT.

Masih ada fitur-fitur lain juga seperti mengatur posisi tampilan osiloskop, mengatur trigger point, mengatur delay, dll. Kamu juga bisa mengganti warna spektra untuk traces berbeda.

Link Download

 

2. Visual Analyser

Visual Analyser

Visual Analyser merupakan pilihan software osiloskop terbaik pada Windows. Merupakan aplikasi osiloskop ekstensif yang disertai penganalisis spektra sinyal. Juga, kamu akan menemukan banyak tool untuk menampilkan data yang terkait sinyal, mencari nilai dari banyak parameter, menghitung frekuensi, mengaplikasikan fitur, dll. Ada dua penampil spektra sinyal pada osiloskop ini: satu menampilkan spektra sinyal umum, sementara satunya lagi menampilkan spektra FFT dari sinyal tersebut.

Pada bagian kiri tampilan antarmuka, kamu akan menemukan opsi untuk mengganti parameter penampil spektra. Kamu dapat mengubah zoom factor, nilai ms/d, posisi plot X dan Y, dll. Nilai-nilai seperti frekuensi, nilai mean, crest factor, voltase puncak, ZRLC, fase, kanal, dll. dapat ditemukan di sini. Opsi untuk menangkap scope atau spektrum juga tersedia.

Yang terbaik dari tool ini adalah merupakan aplikasi osiloskop yang dilengkapi dengan filter. Kamu bisa mengaplikasikan berbagai filter pada inputan sinyal, kemudian menghitung nilai dan menampilkan spektranya. Bisa mengatur filter berbeda baik pada kanal A dan B. Sebagian filter yang tersedia: FIR low pass, FIR high pass, FIR band pass, FIR band reject, dan IIR Notch. Kamu juga bisa lho mengaplikasikan filter FIR custom.

Aplikasi osiloskop yang satu ini memang jos karena disertai banyak tools untuk menganalisis sinyal secara menyeluruh.

Link Download

 

3. Soundcard Oscilloscope

Soundcard Oscilloscope

Soundcard Oscilloscope adalah aplikasi osiloskop kaya fitur yang gratis untuk penggunaan pribadi. Merupakan aplikasi osiloskop dengan generator sinyal dan banyak tools lainnya. Inputan sinyal akan ditampilkan pada tampilan antarmuka. Kamu bisa mengubah parameter plot spektra untuk melihat dan menganalisis spektra sinyal secara real-time dan seksama. Aturlah amplitudo kanal untuk kedua kanal secara terpisah atau membiarkan semua kanal tersinkronisasi pada amplitudo kanal umum. Aturlah rentang waktu mulai 1 menit hingga 10 detik. Kamu juga bisa mengatur mode kanal seperti: single, CH1 – CH2, CH1 + CH2, atau CH1 x CH2.

Tools penghitungan sinyal untuk mencari nilai frekuensi dan voltase juga tersedia. Nilai real-time akan ditampilkan langsung pada layar spektra.

Tools lain tersedia pada tabs-tabs. Tampilkan grafik XY atau tampilkan grafik frekuensi. Tab Signal Generator akan meng-generate sinyal secara manual. Kamu bisa meng-generate sinyal custom untuk channel 1 dan 2. Generate sinus, segitiga, persegi, gigi gergaji, pink noise, atau white noise. Aturlah amplitudo sinyal, frekuensi, dll. Output dari generator sinyal bisa didengarkan lewat speakers yang terhubung pada PC. Sinyal hasil generator bisa juga direkam atau disimpan pada PC dalam format WAV.

Link Download

 

4. Oscilloscope

Oscilloscope

Oscilloscope adalah aplikasi osiloskop gratis yang hanya menampilkan spektra XY dari sebuah sinyal atau file audio. Kamu tidak dapat menganalisis suatu sinyal, melainkan hanya melihat spektra XY-nya saja. Kamu bisa menginputkan sinyal via audio jack 3.5mm, menggunakan mikrofon yang terhubung dengan PC, atau cukup pilih file audio pada PC untuk melihat gelombangnya.

Merupakan aplikasi yang simpel dan tidak banyak fitur. Memang awalnya hanya dirancang untuk menikmati bentuk gelombang dari lagu/file audio kok. Opsi yang tersedia hanyalah mengubah skala bentuk gelombang, tebal garis gelombang, hue (warna), intensitas, dan afterglow.

Link Download

 

5. Frequency Analyzer

Frequency Analyzer

Frequency Analyzer merupakan aplikasi osiloskop sederhana lain yang akan menampilkan bentuk gelombang suara secara real-time. Aplikasi akan mengambil input audio dari mic yang terhubung pada sound card PC dan menampilkan spektra sinyal secara real-time. Kamu bisa menganalisis sebuah file audio dengan format WAV atau BMP.

Selain bentuk gelombang dari sinyal, akan ada window lain yang menampilkan spektrum frekuensi dari sinyal suara tadi juga. Opsi konfigurasinya memungkinkanmu mengubah skala gelombang dan beberapa parameter lain. Kamu bisa memilih dari 8 hingga 16 bits per sampel, kecepatan FFT, frekuensi sampling, dan points per transform. Tidak banyak memang yang ditawarkan.

Link Download

 

6. Real-time Spectrum

Real-time Spectrum

Seperti namanya, Real-time Spectrum akan menampilkan spektra dari inputan sinyal secara real-time. Aplikasi osiloskop ini menampilkan bentuk gelombang real-time dan bentuk gelombang FFT. Aplikasi akan mendeteksi sinyal dari jack audio 3.5mm pada PC kamu.

Opsi yang tersedia meliputi menampilkan gelombang dari kanal Kiri, Kanan, atau keduanya. Selain itu adalah opsi untuk memilih jenis grafik: Cepstrum, Smoothed Spectrum, Filterbank, atau Auditory Filterbank. Kamu bisa juga mengatur frekuensi maksimal, frame rate, dan rentang dinamis dari grafik.

Kalau mau diprint, pause dulu bentuk gelombangnya dan pilih opsi Print.

Link Download

 

7. AUDio MEasurement System

AUDio MEasurement System

AUDio MEasurement System adalah aplikasi osiloskop gratis untuk Windows. Aplikasi osiloskop ini disertai dengan generator sinyal, penganalisis spektrum, dan tool penghitungan respons frekuensi.

Parameter skala osiloskop bisa disesuaikan untuk menganalisis sinyal. Kamu bisa mengubah nilai dari skala X, v/div kanal kiri maupun kanan, offset, dan trigger edge. Merupakan aplikasi yang mudah digunakan sebagai osiloskop sekaligus menganalisis bentuk gelombang dari sinyal.

Link Download

 

Pilihan Aplikasi Osiloskop Lainnya

Di atas adalah aplikasi-aplikasi osiloskop yang bekerja dengan sinyal yang ditangkap oleh sound card via jack 3.5mm atau mic USB. Namun, masih ada tools osiloskop lain yang membutuhkan USB atau penghubung lain untuk menerima dan memroses sinyal. Beberapa membutuhkan USB scope untuk bekerja, beberapa lagi kompatibelnya dengan Arduino atau perangkat mikrokontroler. Beberapa lain membutuhkan tools lain yang dihubungkan ke PC untuk bisa mendeteksi sinyal. Ini dia beberapa yang DSG rekomendasikan.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.