Download 9 Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows

Barcode memiliki semacam “kode rahasia” yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dalam berbagai bidang. Untuk menerjemahkan sandinya, kamu bisa menggunakan mesin pembaca barcode yang dapat memindai atau scan barcode dengan sangat cepat. Tapi, lain halnya kalau hendak membaca barcode digital berupa gambar pada komputer karena menggunakan mesin pembaca barcode bukanlah ide yang bagus.

Kamu dapat menggunakan aplikasi pemindai barcode di bawah ini untuk menerjemahkan gambar barcode dari berbagai format file gambar populer dengan mudah. Mayoritas memiliki kemampuan untuk memindai gambar barcode dari sebuah file dan juga dapat memindai bermacam jenis barcode. Beberapa diantaranya bahkan bisa memindai barcode menggunakan webcam.

Daftar aplikasi gratis terbaik pemindai barcode untuk Windows

1. ByteScout BarCode Reader

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows ByteScout BarCode Reader

ByteScout BarCode Reader dapat memindai lebih dari satu barcode dari format file PDF, GIF, TIF, BMP, JPG, dan PNG serta dari webcam. Setelah pemindaian, aplikasi akan memberikan detail dari setiap barcode yang termasuk jenis barcode dan kode-nya sendiri disertai pratinjau gambar.

Aplikasi ini dapat melakukan decode (penerjemahan kode barcode) dari hampir seluruh tipe barcode populer, meliputi: QR Code, Postnet, Code 128, PDF 417, UPC-A, EAN, dll. Dan lagi, kamu juga dapat memindai langsung banyak file (batch). Aplikasi berukuran kecil ini juga menyediakan navigation explorer pada sisi samping tampilan antarmuka untuk dengan cepat mengeksplor gambar-gambar yang mengandung barcode.

Link Download

 

2. ORPALIS Virtual Barcode Reader

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows ORPALIS Virtual Barcode Reader

Bisa dibilang, ORPALIS Virtual Barcode Reader adalah tool pemindai barcode yang unik. Cara kerjanya adalah menggunakan mouse komputer untuk memindai gambar barcode-nya. Saat membuka aplikasi ini, akan muncul lingkaran merah di sekitar ikon mouse komputer.

Kapanpun sebuah gambar barcode memasuki area di dalam lingkaran, maka garis lingkaran akan berubah warna menjadi hijau dan sebuah teks barcode ter-generate. Kamu dapat menyalin teks barcodenya dengan menekan Ctrl+Shift+C pada keyboard dan mengubah ukuran lingkaran pemindai dengan menekan Ctrl+Shift dan scroll pada mouse wheel. Aplikasi ini dapat memindai berbagai macam barcode, seperti: UPC-A, EAN 13, DataLogic2of5, BcdMatrix, dll.

Link Download

 

3. ZBar bar code reader

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows ZBar bar code reader

ZBar bar code reader adalah aplikasi command prompt untuk memindai barcode. Dari sebuah command, aplikasi dapat memindai banyak barcode dari gambar dan video. EAN-8, QR Code, Code 39, EAN-13/UPC-A, Interleaved 2 of 5, UPC-E, dan Code 128 adalah sebagian barcode yang bisa dipindai. Selain Windows, aplikasi ini juga tersedia untuk Linux.

Link Download

 

4. kamkode

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows kamkode

kamkode adalah aplikasi pemindai barcode dan pembuat barcode berbasis Java. kamkode dapat memindai gambar barcode dari webcam yang terhubung dengan komputer kamu. Jadi, aplikasi ini cocok digunakan bagi yang punya komputer/laptop dengan webcam. Aplikasi ini dapat mendeteksi barcode bertipe 1 dimensi dan 2 dimensi. Kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat barcode. Selain Windows, kamkode juga tersedia untuk Linux. Pastikan komputer kamu sudah terinstall Java sebelumnya ya.

Link Download

 

5. IBscanner Free

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows IBscanner Free

Kita dapat memindai hingga 9 jenis barcode menggunakan IBscanner Free. Aplikasi ini akan memindai gambar dengan barcode dan akan menghasilkan detailnya disertai pratinjau gambar. Detail barcodenya meliputi jenis barcode dan teks barcode hasil terjemahan. Code128, CodeBar, EAN 13, Interleaved 2 of 5 adalah beberapa jenis barcode yang dapat diterjemahkan oleh aplikasi ini dari format file gambar PNG, JPEG, TIFF, dan GIF. Aplikasi ini juga tergolong kecil dan tersedia dalam versi portabel maupun tidak, dengan ukuran file setup yang hanya sekitar 600 KB saja.

Link Download

 

6. Katanshi Barcode Reader

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows Katanshi Barcode Reader

Katanshi Barcode Reader dapat memindai barcode dari gambar maupun kamera dan menyimpannya dalam file baru. Kamu dapat memindai banyak barcode dan aplikasi akan menyimpan detail dari tiap barcode dalam sebuah daftar. Nantinya, daftar tersebut dapat disimpan dalam format file TXT, CSV, dan XML. Jenis barcode yang dapat dipindai meliputi code 39, code 128, EAN-8, EAN-13, UPC-A, dan UPC-E. Sedangkan BMP, GIF, PNG, dan TIFF adalah format inputan file gambar yang didukung.

Link Download

 

7. VidikonReader

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows VidikonReader

VidikonReader merupakan pemindai barcode jenis Aztec, DataMatrix, PDF417, dan Small Aztec. Aplikasi ini dapat memindai sebuah barcode dari gambar maupun kamera. Kamu harus memilih barcode yang hendak dipindai dari menu Code pada menu bar, membuka atau memindai gambar dan kemudian akan menghasilkan teks hasil decode. Aplikasi ini berukuran kecil (tidak sampai 1 MB) dan portabel.

Link Download

 

8. bcTester

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows bcTester

Memindai barcode menggunakan bcTester tergolong mudah dan menyenangkan. Kamu dapat membuka lebih dari satu file gambar barcode dan memindainya dengan mudah. Aplikasi ini dapat memindai jenis barcode populer dari yang 1 dimensi hingga 2 dimensi. Beberapa diantaranya: QR Code, DataMatrix, PDF417, Interleaved 2 of 4 dan barcode linier lainnya. PNG, JPG, PDF, TIFF, dan BMP adalah format file masukan yang didukung.

Link Download

 

9. Barcode Labels Scanner

Aplikasi Pemindai Barcode Gratis Terbaik untuk Windows Barcode Labels Scanner

Barcode Labels Scanner merupakan pemindai barcode 1 dan 2 dimensi yang mendukung lebih dari 15 jenis barcode. Kamu dapat memindai barcode dengan cara memilih jenisnya terlebih dahulu dan membuka gambar yang terdapat barcode dari tampilan antarmukanya. Aplikasi ini dapat memindai lebih dari satu barcode yang ada pada satu file gambar. Aplikasi pemindai barcode gratis ini berukuran sangat kecil, tidak sampai 100 KB.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.