Download 4 Aplikasi Pengunci Folder Gratis Terbaik pada Windows

Windows versi berapapun sampai saat ini belum menyediakan fitur untuk mengunci folder dengan bantuan password. Singkatnya, kamu tidak bisa memproteksi folder dengan password tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Meskipun telah disediakan fitur untuk menyembunyikan folder, fiturnya tidak begitu maksimal karena sudah banyak pengguna Windows lain yang tahu. Oke, katakanlah kamu sudah pasrah untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memproteksi folder. Namun, kebanyakan aplikasinya berbayar. Yang gratis hanya sedikit.

Dalam daftar berikut, kita akan membahas empat aplikasi folder locker gratis terbaik yang tersedia untuk Windows. Sebenarnya masih ada beberapa lagi, namun kebanyakan aplikasinya kurang sip alias bakal ikut menginstall malware atau adware pada PC. Semua aplikasi yang disebutkan di bawah ini kompatibel baik untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Aplikasi Pengunci Folder Gratis Terbaik

1. SecretFolder

SecretFolder

Saat butuh mengunci folder, SecretFolder adalah favorit DSG. SecretFolder tidak bisa di-uninstall tanpa memasukkan master password yang sudah diset untuk melindungi folder-folder rahasia kamu. Artinya, kalau ada orang usil yang punya akses terhadap PCmu, orang tersebut tetap tidak bisa mengakses folder yang terproteksi dengan cara menguninstall program SecretFolder.

Kekurangan aplikasi ini mungkin terletak pada tampilan antarmuka yang sangat dasar. Tapi gak begitu ngaruh sih, selama aplikasi berhasil mengerjakan tugasnya dengan baik tanpa masalah.

Link Download

 

2. HiddenDIR

HiddenDIR

HiddenDIR adalah program kece lainnya yang didesain untuk memproteksi folder dengan password dengan mudah. Aplikasi ini menawarkan tampilan antarmuka yang lebih baik daripada beberapa program sekelasnya. Juga, sangat mudah dalam penggunaannya.

Link Download

 

3. LocK-A-FoLdeR

LocK-A-FoLdeR

Lock-A-Folder adalah aplikasi gratisan lain untuk memproteksi folder dengan password. Sama seperti tools pengunci folder lainnya, kamu perlu memasukkan sebuah master password dan kemudian menambahkan favorites yang hendak kamu kunci.

Sama seperti SecretFolder, aplikasi ini tidak bisa di-uninstall tanpa master password. Kamu harus memasukkan master password untuk memulai proses uninstall, yang juga berarti siapa saja yang punya akses ke PC kamu tidak bisa melakukan uninstall Lock-A-Folder dan mengakses file dan folder yang terproteksi.

Sayangnya, aplikasi ini sepertinya sudah tidak diupdate lagi oleh pengembangnya. Namun, masih bisa berfungsi dengan baik kok sejauh ini.

Link Download

 

4. Free Hide Folder

Free Hide Folder

Tampilan antarmukanya sangat dasar, namun tidak memengaruhi fungsinya. Free Hide Folder adalah program alternatif untuk mengunci dan menyembunyikan folder-folder penting pada Windows.

Link Download

 

Kalau kamu punya rekomendasi aplikasi folder locking gratis lainnya yang oke, tolong kasih tahu ya via kolom komentar di bawah. Thanks :D

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.