Download 10+ Aplikasi Screen Sharing & Remote Access Gratis Terbaik

Apa kamu termasuk orang yang sering dimintai tolong orang lain untuk memperbaiki komputernya? Atau barangkali, kamulah si orang lain tersebut. Bagaimanapun, melihat dan mengontrol layar secara remote dapat menghemat waktu dan salah paham di kedua belah pihak. Aplikasi remote access tidak hanya membantu memfasilitasi saat ada komputer yang bermasalah, tapi juga bisa sangat bermanfaat saat mengadakan rapat/pertemuan lewat komputer tanpa bertatap muka secara langsung.

Sudah banyak aplikasi remote access dan screen sharing yang pernah diulas, tapi kali ini DSG akan memberikan daftar aplikasi yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya, tapi gak kalah bagus dibandingkan aplikasi remote access dan screen sharing yang lebih populer seperti TeamViewer dan LogMeIn.

1. CrossLoop

CrossLoop merupakan aplikasi remote access dan screen sharing, bergantung dari akses apa yang kamu berikan kepada seseorang yang dapat mengakses komputermu. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac. Kamu memang tidak wajib membuat akun, terutama kalau tidak melakukan screen sharing, tapi tidak ada ruginya juga registrasi.

CrossLoop memiliki spesialisasi untuk melakukan koneksi one-on-one, di mana aplikasi lain ada yang support untuk konek ke beberapa perangkat sekaligus. Fokus utama dari CrossLoop adalah menjadi alat penengah untuk membantu mengatasi permasalahan komputer seseorang.

Fitur

Memang sederhana, tapi ketika hendak menyetting CrossLoop, kamu akan menyadari bahwa proses instalasi dan registrasi nya tidak banyak basa-basi serta tampilan antarmukanya simpel, namun bermanfaat. Ini penting ketika digunakan sebagai aplikasi yang membantumu memperbaiki permasalahan pada komputer seseorang. Kan ogah ya kalau menggunakan aplikasi screen sharing untuk “memperbaiki” aplikasi screen sharing lain.

Aplikasi Screen Sharing CrossLoop

Terdapat dua tabs, yakni Access (gambar kiri) dan Share (gambar kanan).

Fitur-fitur lain adalah sesi yang tidak dibatasi waktu serta waktu per sesi. Aplikasi ini memiliki enkripsi koneksi 128-bit yang aman. Ada juga kemampuan untuk transfer file, remote reboot, dan remote reconnect, yang kalau di aplikasi lain bisa berbayar alias tidak gratis.

Keunggulan

Tampilan antarmuka simpel dan adanya aplikasi Android.

Aplikasi Screen Sharing CrossLoop SS

Kekurangan

Tidak ada fitur lain seperti chat dan belum tersedia untuk Linux.

Kesimpulan

Salah satu favorit DSG dari semua aplikasi yang direview kali ini. Aplikasinya mudah digunakan dan tersedia cara penggunaannya yang juga mudah dimengerti orang awam. Dari 5 bintang, DSG beri rating 4 untuk CrossLoop.

NB: Kabarnya CrossLoop sekarang dikelola oleh AVG dan termasuk dalam bundel dalam aplikasi AVG CloudCare.

Link Download

 

2. Mikogo

Mikogo merupakan aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk remote access dan screen sharing. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux serta merupakan program yang bagus banget digunakan dalam kerja tim.

Fitur

Aplikasi Screen Sharing Mikogo

Tidak hanya fitur dasar seperti chat dan file transfer, tapi kamu juga bisa menentukan aplikasi mana yang terlihat oleh viewers ketika kamu mempresentasikannya. Ada fitur whiteboard untuk membuat coretan/gambaran dan teks. Tampilan antarmuka-nya sangat intuitif dan ada opsi untuk merekam juga.

Fitur lain yang DSG suka adalah speech bubbles (gampang, bisa dinonaktifkan kok kalau gak suka) yang membantu mengingatkanmu apa saja yang bisa dilakukan aplikasi ini. Juga, ketika kita menjalankan aplikasi, kamu dapat melihat dalam layar kecil di window aplikasi, yang akan menampilkan tampilan layar di komputer orang lain yang sedang terhubung.

Keunggulan

Banyak fitur yang sangat membantu disertai koneksi banyak orang membuatnya sangat cocok digunakan dalam tim. Tidak ada batasan waktu pula.

Kekurangan

Kode pada aplikasi tidak bisa di-copy dan paste, window juga tidak bisa di-resize. Setiap kali ikon aplikasi diklik, sebuah window baru akan muncul. Jadi, harus menutup window satu-persatu dari system tray ketika sudah tidak digunakan lagi.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Mikogo bagus untuk tim, tapi bisa juga digunakan sebagai tool one-on-one. Kalau kebutuhanmu hanya untuk one-on-one, jadi agak bloated sih sebenernya. Dari 5 bintang, DSG kasih rating 4.5 untuk Mikogo.

Link Download

 

3. ShowMyPC

Aplikasi Screen Sharing ShowMyPC

ShowMyPC berfokus pada screen sharing. Dengan tampilan antarmuka yang cukup simpel serta kompatibilitas untuk Windows, Mac, dan Linux, aplikasi ini merupakan pilihan solid jika kamu mencari aplikasi untuk berbagi tampilan layar komputer.

Fitur

Aplikasi Screen Sharing ShowMyPC SS

Pada versi gratisnya, fiturnya meliputi kemampuan untuk mengambil dan membagikan screenshots, support smartphone Android, chat room whiteboard (terbatas), sharing aplikasi (terbatas), file transfer (tidak bisa transfer folder), penjadwalan rapat, password yang berlaku satu jam, durasi satu sesi maksimal satu jam, jumlah partisipan per meeting terbatas (bergantung dari trafik jaringan saat itu).

Aplikasi Screen Sharing ShowMyPC login

Keunggulan

Tidak perlu instalasi – langsung jalan.

Kekurangan

Siap-siap dicekoki iklan popup yang menawarkan versi premium setiap kali selesai sesi.

Kesimpulan

ShowMyPC bukan favorit utama DSG sih. Website-nya bukan yang paling mudah dipahami navigasinya (untuk nemu link versi gratisannya agak susah karena terkesan disembunyikan hehehe). Tapi, tampilan antarmukanya oke kok dan mudah dipahami juga. Rating 3.5/5 deh untuk ShowMyPC.

Link Download

 

4. MingleView

Aplikasi Screen Sharing MingleView

MingleView adalah aplikasi screen sharing berbasis Windows yang sepenuhnya gratis, yang berarti tidak akan ada popup setelah sesi selesai yang menggoda kita untuk upgrade ke versi premium. Juga tidak diperlukan proses instalasi, cukup didownload dan dijalankan dengan mengklik “Share”.

Fitur

MingleView, secara fitur, memiliki banyak fitur menarik. Aplikasi ini tidak membatasi parsitipan dan meeting hosting nya. Kamu juga tidak perlu registrasi atau daftar seperti kebanyakan aplikasi dalam daftar ini.

Aplikasi Scree Sharing MingleView SS

Sepertinya MingleView adalah aplikasi yang menawarkan kualitas resolusi layar paling tinggi. Tampilan antarmuka-nya simpel dan mudah dipahami, hanya beberapa tombol saja. Koneksi peer to peer nya aman dan diproteksi oleh SSL. Sebagai tambahan, tidak perlu konfigurasi port forwarding atau firewall spesial sehingga bisa langsung digunakan.

Keunggulan

MingleView merupakan aplikasi yang cepat, mudah digunakan, serta platform apa saja dapat melihat tampilan desktop lain melalui platform berbasis web.

Kekurangan

File instalasi yang bisa diunduh hanya untuk Windows.

Kesimpulan

MingleView bukan alternatif yang buruk untuk aplikasi screen sharing, tapi menurut DSG juga bukan yang terbaik. Memang, ada yang bilang kalau tampilan/UI nomor ke-sekian, yang penting fiturnya. Tapi, menurut DSG, UI juga merupakan fitur dan MingleView tidak begitu intuitif dan clean UI-nya.

Namun, sudah impresif mengingat fitur yang dimiliki dan benar-benar gratis tanpa embel-embel. Cocok digunakan ketika kamu merencanakan sebagai host sebuah meeting, yang penting kamu pengguna Windows sih. DSG kasih rating 3/5 untuk MingleView.

Link Download

 

5. Live Look

Aplikasi Screen Sharing Live Look

Live Look ini mirip MingleView, sama-sama aplikasi screen sharing, tapi berbasis website, jadi tidak perlu download. Aplikasi ini cocok bagi mereka yang butuh menampilkan tampilan layar mereka tapi tidak bisa atau tidak mau mendownload aplikasi (untuk alasan tertentu). Bagaimanapun, Live Look memasang tarif untuk penggunaan aplikasinya, tapi di awal kita diberi kredit $5 saat mendaftar.

Fitur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Live Look adalah aplikasi berbasis website sehingga dapat diakses dari berbagai platform. Tampilan antarmuka baik untuk website maupun sharing window-nya sangat clean dan mudah digunakan. Untuk melihat layar perangkat lain, kamu tidak perlu membuat akun.

Aplikasi Screen Sharing Live Look SS

Namun, untuk sharing tampilan layar, kamu butuh akun.

Keunggulan

Live Look tersedia untuk semua platform dan mudah digunakan, tanpa basa-basi. Tidak disebutkan berapa jumlah maksimal pengguna yang dapat melihat tampilan layar, tapi sepertinya tidak dibatasi.

Kekurangan

Tidak sepenuhnya gratis :( hanya diberi ‘modal awal’ $5, bisa jadi cepat habis kalau kita mengadakan sesi screen sharing yang lama. Fiturnya juga standar-standar saja.

Kesimpulan

Apabila kamu mencari aplikasi screen sharing yang sangat sederhana dan hanya menggunakannya sebentar saja, Live Look adalah pilihan pas. Kalau sedang mencari tool untuk membantu banyak klien atau teman-teman kamu dan butuh fitur yang lain, berarti bukan ini. Rating DSG 2.5/5 untuk Live Look.

NB: Saat ini Oracle telah mengakuisisi LiveLOOK, sehingga ke depannya support akan diberikan oleh Oracle. Namanya berubah menjadi Oracle Cobrowse.

Aplikasi Screen Sharing Live Look Login

Link Download

 

6. ScreenLeap

Aplikasi Screen Sharing ScreenLeap

ScreenLeap juga aplikasi berbasis website dan hanya support untuk screen sharing. Namun, menurut DSG sih dari semua aplikasi screen sharing yang berbasis web, ini salah satu yang bekerja dan tampilannya paling baik. Mudah digunakan juga -cukup klik tombol besar yang bertuliskan “Share your screen now“.

Fitur

Memang tidak banyak fitur yang disediakan, tapi kemudahan dan performa-nya tidak bisa dikesampingkan. Fitur utamanya adalah kemampuan untuk membagikan sebuah sesi dalam beberapa cara. Ada tautan yang bisa dicopy-paste ke aplikasi mana saja, mulai dari aplikasi chatting, email, sampai kirim pesan Facebook. Ada juga kode yang bisa dicopy atau dibacakan ke orang yang terhubung denganmu. Kamu juga bisa mengetikkan alamat email atau nomor telepon orang yang hendak kamu bagikan kodenya.

Aplikasi Screen Sharing ScreenLeap SS

Keunggulan

Sangat sederhana dan mudah digunakan. Ada banyak cara untuk membagikan undangan sesi tergantung preferensi. Kamu juga diberikan opsi untuk membagikan windows berbeda atau tampilan layar keseluruhan.

Dan juga, tidak perlu akun atau registrasi.

Kekurangan

Tidak ada kekurangan yang mencolok dari ScreenLeap sih, mungkin hanya karena bukan merupakan aplikasi mainstream, tapi merupakan website sederhana.

Kesimpulan

Bisa dibilang, ScreenLeap mengungguli MingleView dan Live Look untuk aplikasi screen sharing berbasis website. Sederhana, cepat, dan sangat bermanfaat sesuai kegunaannya. Sangat direkomendasikan untuk keperluan screen sharing yang tidak terlalu rumit. Kasih rating 4.5/5 daaah…

Link Download

 

7. SkyFex

SkyFex adalah layanan remote access online. Artinya, tidak memerlukan download aplikasi karena berbasis browser/website. Yang juga berarti bahwa dapat diakses untuk semua platform, menjadikannya pilihan bagus untuk kamu yang mencari aplikasi yang mudah digunakan untuk membantu klien atau teman-teman.

SkyFex juga memiliki fitur keren untuk membantu branding perusahaan, karena bisa custom tampilan antarmuka-nya dengan logo, warna, dan tautan custom serta menampilkan link untuk remote sessions pada website perusahaan. Hal ini akan membangun loyalti dan kepercayaan customer, dan lebih profesional juga kan. Tapi gak gratis sih fitur yangi ini hehe.

Fitur

Terlepas dari fitur kustomisasi yang tidak gratis, web app nya terbilang cukup bagus. Laman-nya clean dan simpel. Ada opsi untuk menambahkan komputer tambahan untuk diasosiasikan dengan akun. Terdapat juga beberapa cara untuk terhubung dengan klien, baik dengan ID, mengirim tautannya secara langsung ke klien atau dengan undangan via email.

Aplikasi Screen Sharing SkyFex

Saat sesi sedang berjalan, kamu memiliki akses terhadap beberapa tools seperti informasi sistem, remote control, mengirim file, remote reboot, sharing desktop, chat, dan mode full screen. Ketika kamu mengklik kanan, akan muncul notifikasi dalam bentuk message bubble.

Aplikasi Screen Sharing SkyFex SS

Keunggulan

SkyFex versi gratisan memiliki banyak fitur keren. Dari remote control hingga melihat informasi sistem, dijamin puas dan lebih dari cukup.

Kekurangan

Sayangnya, ada beberapa kekurangan pada SkyFex nih. Pertama, kamu hanya diberi waktu maksimal 30 menit untuk tiap sesi. Tapi hal ini bisa diakali cukup dengan menginisiasi sesi baru lagi setelah sesi pertama habis waktu.

Kedua, perlu plugin browser yang harus diinstall pada komputer klien saat tautan-nya diklik. Takutnya, ada adware atau spyware nyelip. Tapi sejauh ini belum ada kasus seperti itu.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, SkyFex merupakan aplikasi remote desktop yang sangat bagus. Aplikasi ini memiliki semua fitur yang kamu butuhkan, dan semoga tidak sampai 30 menit cukup ya untuk menuntaskan semua keperluan, tapi sebenarnya tidak begitu masalah juga kalaupun lebih dari 30 menit, terlebih hal tersebut jarang terjadi. Salah satu keunggulan utamanya adalah SkyFex memiliki aplikasi lokal yang dapat diakses di mana saja cukup dengan melakukan sign-in. Tidak perlu mendownload dan install program kalau kamu sedang berada pada komputer umum tapi hendak terhubung dengan seseorang. DSG memberi rating 4.5/5 untuk SkyFex.

Link Download

 

8. Yugma SE For Skype

Aplikasi Screen Sharing Yugma SE For Skype

Yugma SE For Skype adalah aplikasi screen sharing dan conferencing. Sangat pas digunakan untuk tim dan profesional dari kalangan bisnis yang hendak mengadakan meeting, tapi tidak memiliki waktu atau berhalangan melakukan tatap muka. Serta, Skype kan sudah tidak asing lagi bagi banyak pengguna, jadi kenapa tidak mengintegrasikannya dengan Yugma SE dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah?

Aplikasi Screen Sharing Yugma SE For Skype SS

Fitur

Integrasi Skype nya memungkinkan kamu bertindak sebagai presenter untuk mengimpor semua kontak dan mengundang orang-orang langsung dari daftar.

Aplikasi Screen Sharing Yugma SE For Skype Confrence

Terdapat banyak fitur lain mulai dari berganti presenter, melakukan konferensi telepon via Skype, menjadwalkan meeting, menggunakan anotasi, serta menggunakan whiteboard. Berikut ini fitur lengkapnya.

Features
Yugma
Yugma SE
(For Skype)
Skype Name Auto login & registration
Skype Name & Yugma User ID Sync
Desktop Sharing •
Free Teleconferencing Number •Skype
Public and Private Chat •Skype
OS Support: Windows, Mac & LinuxWindows, Mac & LinuxWindows & Mac Only
Shared Mouse & Keyboard control •
Change Presenter •
Annotation & Whiteboard tools •
Schedule Meeting •
Meeting Recording & Playback •
Shared File Space • •
Advertisement •No advertisements
Join Meeting Options for AttendeesYugma Free, P Series and the Yugma Viewer (View Only)Yugma SE, Yugma Free, P Series and the Yugma Viewer (View Only)
Access to your Skype Contact List
Single Application Sharing •
Time / Number of Meeting per dayOnly For Free Users.Only For Free Users.
Automatic Updater

Yugma SE For Skype hanya tersedia untuk Windows dan Mac. Pengguna Linux masih bisa ikutan meeting-nya kok, hanya saja tidak bisa menjadi host.

Aplikasi Screen Sharing Yugma SE For Skype Login

Kerennya lagi, kamu bisa mengundang hingga 20 orang dalam satu meeting.

Aplikasi Screen Sharing Yugma SE For Skype Invite Confrence

Keunggulan

Sejauh ini, DSG sudah menyinggung semua keunggulan Yugma di atas. Merupakan aplikasi yang solid dengan tampilan antarmuka mudah digunakan yang tidak hanya intuitif, namun juga produktif, dan hal tersebut sangat penting bagi kalangan profesional. Website-nya juga secara keseluruhan mudah kok navigasinya.

Kekurangan

Tidak kompatibel dengan Linux adalah salah satu kekurangan terbesar. Kekurangan lainnya adalah setiap meeting mempunyai batasan waktu 30 menit dan dihitung sejak program dijalankan.

Kesimpulan

Yugma SE For Skype adalah tambahan yang sangat baik untuk Skype dan karena banyak orang sudah menginstall Skype pada komputernya, membuat proses koordinasi menjadi lebih mudah. Namun, saat berpartisipasi pada meeting, tidak perlu membuka Skype kok, cukup menambahkan email Skype pada field Email ID. DSG memberi Yugma SE For Skype rating 4/5.

Link Download

 

9. VYEW

VYEW adalah tool kolaborasi online yang tidak hanya memiliki fitur untuk mengambil screenshots dan screen sharing, melainkan banyak lagi fitur lainnya seperti VOIP, webcam, teleconferencing, custom branding, dsb. yang sebagian besar gratis.

Link Download

 

10. TightVNC & UltraVNC

Baik TightVNC maupun UltraVNC merupakan opsi gratis lainnya yang bisa digunakan untuk remote access via VNC. Kedua program ini memberi akses log in ke sebuah komputer, termasuk komputer milikmu di rumah ketika kamu sedang pergi, namun masih bisa mengendalikan desktopnya.

===

Bottom line

Terdapat keunggulan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi, namun DSG paling merekomendasikan antara ScreenLeap, SkyFlex, Mikogo, dan CrossLoop. Pilihan pastinya, ya menyesuaikan kebutuhanmu saja. Yang mana yang jadi favoritmu?

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.