Download 5 Aplikasi untuk Sinkronisasi File & Folder pada Windows

Apabila kamu hendak menyimpan satu set file dan folder yang identik pada dua komputer/disk/lokasi berbeda, peran utilitas sinkronisasi file dan folder bisa membantumu melakukannya dengan mudah. Sebagian pengguna Windows sudah familier dengan Microsoft SyncToy. Akan tetapi, jika kamu mencari aplikasi gratisan pihak ketiga, beberapa utilitas di bawah ini juga mencatat file yang kamu buat, ubah, atau hapus.

Aplikasi gratis untuk sinkronisasi file dan folder berikut akan melakukan pekerjaan yang kamu hindari, yakni backup folder setiap waktu, atau mentransfer file secara berkala, semua secara manual. Semua bisa dilakukan secara otomatis, efisien, dan efektif.

Aplikasi untuk sinkronisasi file dan folder

1. FreeFileSync

Aplikasi untuk Sinkronisasi File & Folder pada Windows FreeFileSync

FreeFileSync adalah tool open source untuk komparasi dan sinkronisasi folder yang telah dioptimasi untuk performa dan kegunaan tinggi, tanpa tampilan antarmuka berlebihan. Tool ini akan membandingkan file entah itu berdasarkan kontennya, ukurannya, atau tanggalnya. Seorang pengguna cukup melakukan drag and drop folder yang hendak dibandingkan atau disinkronisasi.

Aplikasi akan menyinkronisasikan folder secara otomatis atau hanya memindahkan file terpilih di antara folder-folder secara manual. Aplikasi juga bisa membuatkan perintah sinkronisasi sesukamu. Selain itu, ada Filters yang akan membantu pengguna mengontrol file-file yang di-overwrite sehingga tidak ada konten penting yang hilang.

Fitur:

  • Deteksi file yang telah dipindah dan diubah namanya
  • Menyalin file terkunci dengan Windows Volume Shadow Copy Service
  • Tersedia untuk 32-bit dan 64-bit
  • Mendukung nama file yang sangat panjang (melebihi MAX_PATH yang hanya 260 karakter)
  • Mendukung file besar dengan ukuran lebih dari 4 GB.
  • Opsi memindahkan file ke Recycle Bin terlebih dahulu ketimbang dihapus/dioverwrite
  • Tersedia versi portabel juga
  • Bisa diupdate secara otomatis
  • Tersedia dalam berbagai bahasa.

Link Download

 

2. AllwaySync

Aplikasi untuk Sinkronisasi File & Folder pada Windows Allway Sync

Seperti namanya, Allway Sync menjalankan proses sinkronisasi file dan folder secara menyeluruh (all-way). Aplikasi ini mendukung semua file sistem virtual dan tidak ada adware yang disisipkan.

Allway Sync memiliki tampilan yang mudah digunakan dan mendukung lebih dari 30 pilihan bahasa. Implementasi dari algoritma-algoritma inovatif menjadikan tugas sinkronisasi jauh lebih mudah. Semua modifikasi dan penghapusan file tercatat pada basis data. Allway Sync bersifat gratis terbatas untuk penggunaan pribadi.

Fitur:

  • Konfigurasi dan kustomisasi fleksibel
  • Mendukung file dengan ukuran berapapun
  • Tampilan visual yang mudah digunakan
  • Mendukung banyak format file sistem (FAT, NTFS, SAMBA, Netware, X-Drive, CDFS, UDF, dll.)
  • Dapat diinstall pada desktop, laptop, USB flash disk, HDD eksternal, atau perangkat aktif U3
  • Bisa menyinkronkan lebih dari 2 folder
  • Dapat menyinkronkan data di antara PC desktop dan laptop kamu via jaringan.

Link Download

 

3. SyncBack Free

Aplikasi untuk Sinkronisasi File & Folder pada Windows SyncBack Free

SyncBack Free dengan mudah membantumu melakukan backup dan sinkronisasi file ke drive yang sama, drive atau medium (CD-RW, Compact Flash, dll.) yang berbeda, sebuah server FTP, sebuah jaringan, atau sebuah arsip ZIP.

Bahkan apabila kamu kehilangan sebuah file, mudah untuk melakukan recover karena program memiliki tool restore yang akan mereplikasi hierarki folder bersama dengan file di dalamnya. Tidak diperlukan registrasi dan pembayaran untuk menggunakan SyncBack Free. Aplikasi ini gratis digunakan untuk penggunaan pribadi, edukasi, amal, pemerintahan, maupun komersil.

Link Download

 

4. Synkron

Aplikasi untuk Sinkronisasi File & Folder pada Windows Synkron

Synkron adalah aplikasi cross-platform yang bisa berjalan di banyak platform seperti Windows, Mac, dan Linux dan dapat menjaga file dan folder senantiasa terupdate.

Aplikasi sederhana ini akan menyinkronkan banyak folder, namun, sebelum melakukannya, akan dilakukan analisis menyeluruh terlebih dahulu. Aplikasi memiliki banyak fitur bermanfaat untuk mengkonfigurasikan opsi sinkronisasi. Aplikasi juga memiliki kemampuan untuk me-restore file yang telah di-overwrite dan dihapus.

Fitur:

  • Menyinkronkan banyak folder sekaligus
  • Mengaplikasikan wildcards untuk menyinkronkan hanya file yang diinginkan, tidak menyertakan file yang tidak diinginkan
  • Akan me-restore file jika ter-overwrite atau terhapus saat sinkronisasi sebelumnya
  • Memiliki banyak opsi untuk membantu konfigurasi proses sinkronisasi secara mendetail
  • Cross-platform.

Link Download

 

5. File Synchronizer

Aplikasi untuk Sinkronisasi File & Folder pada Windows File Synchronizer

File Synchronizer adalah pilihan baik untuk menyinkronkan koleksi file media yang bejibun, seperti MP3, Video, dan banyak lagi tanpa menyalin tiap file secara manual. Aplikasi ini memiliki fitur Clone Mode yang akan menyinkronkan sebuah folder agar cocok dengan sebuah master folder, yang akan mempermudah kerjaanmu pastinya.

File Synchronizer memiliki kemampuan sebagai utilitas backup yang bisa diandalkan. Aplikasi ini akan menyimpan backup dari file-file yang berubah saat melakukan speedy backups. Aplikasi ini juga bekerja baik pada drive eksternal maupun komputer yang terhubung dalam jaringan kabel maupun nirkabel.

Link Download

 

Kalau belum ada yang cocok, cek juga TreeComp yang bisa jadi cocok buat kebutuhanmu.

Beritahu kami kalau ada software gratisan lain yang kamu sarankan :D

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.