Download 5 Aplikasi Utilitas Sistem Gratis Terbaik untuk PC

Aplikasi Utilitas Sistem Gratis Terbaik untuk PC

Saat PCmu masih baru dulu, terasa kenceng banget kan ya. Aplikasi dan game favorit kamu berjalan cepat dan tanpa gangguan, kebukanya pun hanya butuh waktu satu kedipan mata saja. Namun, lama kelamaan sudah tidak begitu lagi, karena hadirnya aplikasi yang tidak perlu, add-on yang tidak dibutuhkan tapi terinstall sendiri, dan gangguan lainnya. Untungnya, ada yang namanya tool utilitas sistem nih: aplikasi yang bisa membantu agar PC kamu terasa seperti baru lagi, yaa atau paling tidak jadi tidak lemot dan tidak gampang crash.

Tentunya ada ribuan aplikasi utilitas sistem di luar sana, namun berikut ini favorit DSG. Meskipun semuanya gratis, hati-hati ya saat menginstall aplikasi di bawah. Jangan asal next-next aja waktu install, bisa jadi ada Adware ikut keinstall juga soalnya. Secara umum bukan Adware sih, hanya aplikasi, toolbar, atau pengubah mesin pencari yang tidak kamu inginkan/butuhkan. Sudah siap? Yuk mulai bersih-bersih PC.

1. CCleaner

CCleaner

Membersihkan file yang tidak dibutuhkan untuk meningkatkan kecepatan plus keamanan

CCleaner sudah ada sejak lama, dan salah satu alasan yang membuatnya populer adalah kemampuannya membersihkan dalaman PC kamu yang tidak bisa dilakukan oleh banyak utilitas sistem lain.

CCleaner juga ada versi berbayarnya yang memberikan fitur proteksi real-time dan bersih-bersih terjadwal, namun DSG rasa versi gratisnya sudah cukup karena sudah bisa menghapus file temporer, menghapus cache browser, menghapus cookie yang tidak dibutuhkan dan tetap mempertahankan yang dibutuhkan, dll.

Kalau PC kamu lagi lemot akhir-akhir ini, cobalah aplikasi utilitas sistem yang ini dulu. Karena banyaknya fitur dan pemindaian yang dalam levelnya, CCleaner menjadi aplikasi utilitas sistem gratis terbaik untuk Windows.

Link Download

 

2. Autoruns

Menghentikan proses startup tidak perlu sehingga mempercepat waktu booting PC

Aplikasi yang berjalan pada PC, ada yang kamu tahu keberadaannya, dan ada yang tidak.

Kategori yang terakhir akan berjalan ketika kamu booting Windows, atau saat log in, atau saat menjalankan tool sistem tertentu. Kamu bisa menemukan dan menghilangkan aplikasi yang berjalan sembunyi-sembunyi tadi dengan aplikasi utilitas sistem super bernama Autoruns. Aplikasi ini lebih mendetail dan fiturnya lebih banyak daripada startup manager punya CCleaner, jadi lebih spesifik dan mantab untuk menghapus aplikasi-aplikasi tidak diinginkan.

Autoruns juga akan sangat bermanfaat ketika sebuah program tidak mau di-uninstall karena lagi running katanya, padahal kita tidak pernah menjalankannya.

Link Download

 

3. Recuva

Utilitas esensial untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus dari media penyimpanan apapun

Recuva

Ada banyak tool recovery data di luar sana, namun Recuva masih menjadi favorit DSG. Tidak hanya mengembalikan file yang terhapus (asal tidak di-overwrite), aplikasi utilitas sistem gratis ini dapat mengembalikan file dari media portabel seperti USB flash disk dan kartu memori.

Bahkan aplikasi ini bisa juga mendapatkan kembali data dari media penyimpanan yang rusak secara fisik, walaupun tingkat keberhasilannya juga variatif, bergantung pada tingkat kerusakan.

Versi berbayarnya memang lebih keren karena dukungan terhadap virtual hard disk dan support teknis langsung, namun versi gratisnya sendiri sudah lebih dari cukup dan layak disimpan pada flash disk sebagai bagian dari emergency toolkit kamu.

Link Download

 

4. Auslogics Duplicate File Finder

Cari, temukan, dan hapus file-file ganda/berlebih untuk membebaskan ruang pada drive kamu

Auslogics Duplicate File Finder

Salah satu kelemahan media digital adalah mudahnya terjadi kopian ganda dari file yang sama sehingga memakan kapasitas penyimpanan file. Hal ini bisa menjadi masalah serius bagi pemilik hard disk yang sudah mau penuh, apalagi pemilik SSD yang notabene kapasitasnya lebih terbatas.

Hadirnya aplikasi seperti Auslogics Duplicate File Finder akan sangat membantu menyelesaikan permasalahan ini. Aplikasi utilitas sistem gratis ini akan memindai PC kamu mengenai adanya file ganda dan kamu bisa mengatur pencarian, apakah hanya mencari jenis atau ukuran file tertentu, apakah file duplikat langsung dihapus atau diletakkan pada holding area terlebih dahulu untuk kamu cek. Aplikasi yang benar-benar bermanfaat bagi pengguna Windows.

Saat menginstall Duplicate File Finder, pilih ‘Custom Install’ untuk memastikan kamu tidak mendownload program ekstra yang tidak kamu butuhkan, dan tolak semua penawaran untuk mengubah laman homepage kecuali kamu benar-benar tertarik. Saya sih ogah.

Link Download

 

5. Revo Uninstaller Free

Hapus semua jejak program untuk menghindari file sampah yang biasanya masih tertinggal meski program telah di-uninstall

Revo Uninstaller Free

Kalau kamu sering mencoba aplikasi-aplikasi, pasti sudah familier dengan uninstaller bawaan aplikasi, yang ternyata mereka meninggalkan file-file sisa dimana-mana. Terlebih kalau program tersebut datang dengan tool lain seperti toolbar pada browser dan aplikasi ‘pembantu’ yang malah merepotkan, sehingga harus dihapus terpisah.

Nah, Revo Uninstaller Free adalah utilitas sistem gratis yang akan menyelesaikan masalah tersebut dengan cara memindai bit-bit yang mungkin ditinggalkan oleh uninstaller standar, dan opsi multiple uninstall nya akan sangat menghemat waktu. Memang versi gratisnya tidak bisa menghapus dan uninstall aplikasi yang sudah terinstall sebelum Revo diinstall, tapi untuk selain itu alias aplikasi yang baru, bakal bekerja dengan sangat baik.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.