Download 10 Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows

Jika kamu sering membuka banyak aplikasi bersamaan, sebuah aplikasi virtual desktop bisa membantumu membuka semua window aplikasi lebih terorganisir pada desktop. Sebuah program virtual desktop akan membagi aplikasi-aplikasi yang kamu buka dalam beberapa virtual desktop terpisah sehingga mengurangi keruwetan ketimbang menggunakan satu desktop.

DSG mengumpulkan tautan dan informasi tentang beberapa aplikasi virtual desktop gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengorganisir desktop Windows kamu agar lebih rapi.

1. Dexpot

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows Dexpot

Dexpot adalah manager virtual desktop gratis (untuk penggunaan pribadi) untuk mengorganisir program yang terbuka pada desktop menggunakan hingga 20 virtual desktop terpisah. Kamu bisa memberi pengaturan di virtual desktop mana sebuah aplikasi ‘bercokol’ begitu dibuka. Setiap desktop dapat memiliki wallpaper sendiri dan resolusi layar sendiri. Navigasi antar desktop mudah dilakukan, Dexpot menyediakan banyak cara untuk melakukan navigasi, meliputi shortcut keyboard, thumbnail kecil pada desktop yang sedang aktif, serta sebuah pratinjau full-screen dari semua desktop.

Kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan Dexpot dengan dukungan plugins untuk berbagai kebutuhan.

Link Download

 

2. Yet an other Desktop Manager 3D (Yod’m 3D)

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows Yet an other Desktop Manager 3D

Yod’m 3D adalah manager virtual desktop untuk Windows yang memiliki fitur penggantian desktop yang ditampilkan dalam banyak kubus 3D. Kamu bisa bebas memilih background dari kubus dan perintah yang digunakan untuk merotasi kubus. Ada juga opsi apakah hendak menjalankan Yod’m 3D saat Windows dinyalakan (start up). Yod’m 3D tidak perlu diinstall, cukup dijalankan programnya dan akses opsi-opsi via ikon menu popup pada tray sistem.

Link Download

 

3. Virtual Dimension

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows Virtual Dimension

Virtual Dimension adalah aplikasi virtual desktop gratis & cepat untuk Windows yang dilengkapi banyak fitur bermanfaat. Kamu dapat memiliki jumlah virtual desktop yang tidak terbatas dan mengatur konfigurasi berbeda untuk tiap-tiap desktop, meliputi wallpaper, warna background desktop, dan nama tiap-tiap desktop. Kamu juga bisa memindahkan sebuah window ke desktop berbeda dan mengatur windows tertentu untuk bisa diakses semua desktop. Kamu juga bebas mengatur hotkeys untuk mengoperasikan program.

Fitur bermanfaat lain dari Virtual Dimension meliputi kemampuan untuk membuat window apapun agar always on top, meminimize window manapun ke tray sistem, dan kemampuan untuk melakukan drag-and-drop untuk memindahkan sebuah window ke desktop lain.

Link Download

 

4. VirtuaWin

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows VirtuaWin

VirtuaWin adalah aplikasi virtual desktop manager gratis untuk Windows untuk mengorganisir aplikasi-aplikasi kamu dalam empat virtual desktop –atau kalau ngikut istilah di VirtuaWin– workspaces. Sangat bisa dicustom dan dikembangkan penggunaannya. VirtuaWin memungkinkan penggunanya bebas mengkonfigurasi pengaturan untuk tiap-tiap desktop, meliputi wallpaper dan ikon mana yang diaktifkan/dinonaktifkan pada tiap desktop. Kamu juga bisa memindahkan windows ke desktop berbeda dan memilih windows mana yang selalu tampil pada semua desktop.

VirtuaWin sangat mungkin dikembangkan kegunaannya karena ketersediaan plugins & modules yang banyak, meliputi satu yang mencatat berapa lama waktu yang kamu habiskan di tiap virtual desktop. Ini berguna ketika kita menggunakan desktop berbeda untuk tiap project yang sedang dikerjakan. Kamu juga bisa mengunduh set ikon tambahan untuk menggantikan set ikon default pada taskbar.

VirtuaWin juga tersedia dalam versi portabel sehingga kamu dapat dengan mudah menggunakannya pada beberapa komputer.

Link Download

 

5. nSpaces

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows

nSpaces memungkinkan kita untuk menggunakan banyak virtual desktop dengan banyak aplikasi berbeda yang terbuka pada Windows. Kamu dapat menamai tiap desktop; nama tersebut akan tampil pada space switcher. Setiap virtual desktop dapat memiliki wallpaper, gambar background, dan password sesukamu. nSpaces menyediakan hotkeys yang bisa diubah-ubah di setiap desktop yang kamu buat. Kamu juga dapat melakukan drag and drop aplikasi ke virtual desktop pada space switcher.

Link Download

 

6. Finestra Virtual Desktops

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows Finestra Virtual Desktops

Finestra adalah aplikasi virtual desktop Windows yang mudah digunakan yang mana kamu bisa membuat virtual desktop dalam jumlah tidak terbatas, yaa batasnya sih memori di PC kamu lah hehe. Program ini menggunakan pratinjau window dari semua desktop kamu pada window manager/switcher. Kamu bisa menggunakan tombol angka pada number pad keyboard kamu sebagai hotkeys desktop.

Fitur bermanfaat lainnya meliputi dukungan terhadap banyak monitor, ikon pada tray sistem dengan menu pada tiap-tiap desktop, opsi untuk menambahkan satu ikon tray sistem per desktop, sticky windows yang tampil pada semua desktop, background berbeda di tiap desktop, dan pengaturan untuk mengunci program pada desktop tertentu.

Link Download

 

7. Tri-Desk-A-Top

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows Tri Desk A Top

Tri-Desk-A-Top adalah aplikasi virtual desktop manager gratis untuk Windows yang menyediakan tiga virtual desktop aktif yang bisa diakses melalui ikon tray sistem atau hotkeys. Kamu juga bisa memindahkan window aplikasi ke desktop berbeda. Ketika kamu memilih window pada desktop yang sedang aktif, beberapa opsi berikut tersedia: minimize, maximize, restore, bring to front, close, dan kill.

Tri-Desk-A-Top membutuhkan minimal Microsoft .NET Framework 2.0. Kalau belum ada, tidak perlu khawatir, karena nanti waktu instalasi Tri-Desk-A-Top otomatis akan mengunduh dan menginstall .NET Framework terlebih dahulu kalau belum ada.

Website Tri-Desk-A-Top menyediakan banyak informasi tambahan mengenai hotkeys yang tersedia untuk menavigasi dan memindahkan windows antar tiga desktop.

Link Download

 

8. mDesktop

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows mDesktop

mDesktop adalah aplikasi virtual desktop manager ringan untuk Windows yang menyediakan hingga 10 virtual desktop untuk mengorganisir aplikasi dan folder kamu. Kamu bisa menggunakan hotkeys untuk menavigasi antardesktop, memindahkan windows antardesktop, dan menspesifikkan program terbuka atau folder yang dapat diakses semua desktop. mDesktop bersifat portabel sehingga tidak perlu proses instalasi. Cukup jalankan program dan klik kanan pada ikon tray sistem untuk mulai mengakses desktop dan pengaturan program. Kamu juga dapat menyembunyikan ikon tray sistem bila perlu.

Link Download

 

9. Xilisoft Multiple Desktop

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows Xilisoft Multiple Desktops

Xilisoft Multiple Desktops adalah virtual desktop manager gratis untuk Windows yang mana kamu bisa membuat hingga sembilan desktop dan berpindah antar desktop satu dengan yang lain menggunakan hotkeys, tombol nomor, atau klik mouse. Kamu juga bisa mengatur desktop pada layar virtual dan memproteksi tiap desktop dengan password.

Link Download

 

10. Screen-It

Aplikasi Virtual Desktop Gratis Terbaik Windows Screen-It

Screen-It adalah program virtual desktop gratis dan simpel untuk Windows 32 bit yang menyediakan maksimal dua desktop untuk mengelompokkan program yang terbuka pada PCmu. Kamu juga dapat menjalankan program secara otomatis begitu Screen-It dijalankan ke dalam sebuah virtual desktop baru dengan memanfaatkan tool Screen-It Job Maker.

Link Download

Itu tadi rekomendasi aplikasi virtual desktop gratis untuk Windows dari DSG. Kalau kamu punya pengalaman lain, bagikan ya :D

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.