Antivirus Gratis untuk PC: Avast Free Antivirus

Kebanyakan software antivirus gratis tidak menawarkan banyak fitur selain perlindungan standar terhadap virus, tetapi Avast Free Antivirus sedang menjajaki langkah untuk menuju menjadi sebuah paket lengkap aplikasi keamanan dengan banyak fitur.

Download Software Avast Free Antivirus Smart Scan

Perlindungan Antivirus

Avast Free Antivirus akan mencocokkan file baru dengan database virus mereka yang terus diperbarui. Jika malware ditemukan pada PC/ komputer kamu, kamu dapat memilih untuk meng-upload ke server Avast untuk dilakukan analisa lebih lanjut.

Avast Free Antivirus akan menampilkan notifikasi peringatan ketika mendeteksi lampiran email berbahaya dan halaman Web jahat, dimana fitur ini tidak ada di antivirus gratis lainnya.

Avast Free Antivirus juga memiliki fitur “Smart Scan” untuk mencari plugin browser yang berbahaya, password yang lemah, masalah kompatibilitas, software lama yang memerlukan update, ancaman jaringan dan masalah kinerja.

Kamu dapat menggunakan Avast Free Antivirus untuk memindai/ scan setiap drive, folder atau file dengan mencarinya pada Windows Explorer atau File Explorer, kemudian klik kanan pada item tersebut. Tapi Avast tidak akan secara otomatis melakukan scan pada USB flashdisk ketika itu terpasang.

Kinerja antivirus

Avast Free Antivirus bekerja lebih baik dari Microsoft Windows Defender atau Security Essentials dalam pendeteksian malware atau virus

Fitur Keamanan dan Privasi

Seperti kebanyakan produk antivirus gratis, Avast Free Antivirus tidak memiliki sandbox untuk menjalankan/ tes software yang kamu curigai berbahaya.

Tetapi Avast Free Antivirus memiliki password manager, yang kamu tidak akan temukan dalam software antivirus gratis lainnya, ditambah dengan fitur browser Web aman untuk aktivitas perbankan dan belanja online, dan adanya mode game agar bebas gangguan (notifikasi) saat bermain game.

Tampilan

Antarmuka pengguna Avast sangat kontras, dengan warna putih, oranye dan hijau, yang mendominasi meskipun beberapa bagian memiliki warna yang gelap. Layar utama tidak menampilkan kapan pemindaian terakhir terjadi.

Tanda centang hijau menunjukkan perlindungan sistem aktif dan tanda “X” atau “!” dengan warna merah apabila dibutuhkan tindakan segera (misal terdeteksi virus, software memerlukan update dll).

Kesimpulan

Avast Free Antivirus melampaui apa yang diharapkan dari sebuah software antivirus gratis dengan memasukkan password manager dan home-network scanner. Dampak sistem hampir tak terasa, dan memungkinkan kamu membuat perubahan lebih lanjut untuk bagaimana Avast Free Antivirus bekerja.

Namun Avast Free Antivirus membutuhkan waktu yang lama untuk memindai sistem. Namun, Avast Free cocok bagi mereka yang ingin fitur tambahan pada antivirus yang mereka install, tetapi tidak ingin membayar untuk fitur-fitur tersebut.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.