Game Edukasi Terbaik untuk Anak

Untuk menemukan aplikasi dan game edukasi favorit untuk anak-anak, kami menghabiskan lebih puluhan jam untuk meneliti dan menguji lebih dari seratus aplikasi yang direkomendasikan oleh pendidik, pakar, dan orang tua. Jika Anda memiliki tablet dan Anda menginginkannya lebih dari sekadar alat untuk bermain game dan menonton video, atau jika Anda mencoba menemukan aplikasi untuk smartphone yang akan melakukan lebih dari sekadar membuat anak-anak Anda sibuk, kami punya beberapa saran bagus.

Aplikasi matematika favorit

Permainan matematika tidak hanya membuat anak mencari tahu sebuah fakta atau menghafal, melainkan menggunakan visual, narasi, dan alur cerita untuk membantu anak menemukan konsep matematika dan membangun keterampilan mereka. Kami menyukai aplikasi jenis ini karena menawarkan permainan dan latihan yang disesuaikan dengan usia dan tingkat keterampilan yang berbeda dan karena mendorong orang dewasa dan anak-anak untuk bermain bersama.

Bedtime Math: Aplikasi matematika untuk keluarga

 Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - Bedtime Math

Usia: 3+

Bedtime Math(iOS dan Android) berupaya menjadikan praktek matematika seperti yang dilakukan cerita pengantar tidur dengan mengubah matematika menjadi rutinitas yang menyenangkan antara anak dan pengasuh.

Bedtime Math menawarkan masalah harian untuk anak-anak agar dipecahkan bersama dengan orang dewasa selama waktu tidur atau kapan saja. Setiap latihan berpusat pada narasi pendek atau fakta menarik dan pertanyaan berdasarkan empat tingkat kesulitan, mulai dari Pra-taman kanak-kanak hingga sekolah dasar.

Bedtime Math adalah salah satu dari sedikit aplikasi pendidikan anak-anak yang telah dievaluasi dalam studi peer-review . Studi khusus ini menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan aplikasi secara teratur dapat meningkatkan nilai matematika mereka. Studi ini juga menunjukkan bahwa Bedtime Math dapat membantu orang tua mengurangi kecemasan mereka sendiri terhadap matematika, sebuah fenomena yang dapat mempengaruhi secara negatif sikap anak-anak mereka terhadap matematika dan kemampuan mereka dalam mata pelajaran.

Link Download

DragonBox Numbers dan DragonBox Big Numbers: Aplikasi untuk visualisasi matematika

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - DragonBox Numbers

Usia: 4 – 8 (DragonBox Numbers) dan 6 – 9 (DragonBox Big Numbers)

DragonBox Numbers (iOS & Android ), ditujukan untuk anak-anak 4 sampai 8 tahun, dimana akan memperkenalkan pengertian angka, penambahan, dan pengurangan melalui karakter lucu yang disebut Nooms. Karakter dirancang untuk menyerupai batang Cuisenaire, alat bantu edukasi matematika yang memperkenalkan operasi aritmatika kepada anak-anak secara langsung. Pada aplikasi ini anak-anak dapat memberi makan, mengiris, dan mengurutkan Nooms, mengembangkan keakraban dengan penjumlahan, pengurangan, pecahan.

Sedangkan DragonBox Big Numbers untuk anak-anak berusia 5 hingga 9 tahun, pemain akan mengikuti petualangan Nooms yang lebih kompleks, menyelesaikan persamaan penjumlahan dan pengurangan panjang untuk mengumpulkan dan memperdagangkan sumber daya.

The Nooms berfungsi sebagai versi digital dari apa yang oleh guru kelas disebut manipulatif matematika, alat bantu edukasi fisik yang membantu anak-anak kecil memahami konsep teoritis matematika dengan cara yang nyata. Untuk anak-anak yang lebih dewasa, rangkaian DragonBox berlanjut dengan aljabar dan geometri Euclidean.

Link Download

 

Aplikasi pengkodean (Coding) favorit

Banyak aplikasi hebat yang dapat mengajarkan pengkodean kepada anak-anak prasekolah sampai SD. Kami telah memilih empat dari aplikasi ini karena mereka sangat mudah untuk memulai dan tidak memerlukan kemampuan membaca, atau untuk anak dan orang tua tanpa pengalaman dan pengetahuan tentang pengkodean. Terlepas dari aplikasi apa yang digunakan, orang tua harus memikirkan aplikasi pengkodean sebagai aktivitas keluarga.

Lightbot dan Lightbot Jr: Teka-teki pengkodean untuk pemula

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - Lightbot

Usia: 9 tahun ke atas (Lightbot) dan 4 – 8 (Lightbot Jr)

Pada Lightbot (iOS dan Android), anak-anak memecahkan serangkaian teka-teki sederhana dengan menyusun perintah yang membuat robot maju melewati rintangan dan menerangi kotak. Saat mereka menguasai konsep dasar, mereka dapat menambahkan perintah yang lebih kompleks, seperti kondisional, loop, dan pernyataan bertingkat.

Sedangkan pada Lightbot Jr anak-anak dapat mengikuti struktur yang serupa dengan Lightbot tetapi dengan kecepatan yang lebih lambat dan dengan tantangan yang lebih sederhana yang berfokus pada penguatan dasar-dasar. Dibutuhkan sedikit membaca, jadi anak yang belum bisa membaca mungkin membutuhkan bantuan orang dewasa di awal percobaan.

Link Download

ScratchJr: Aplikasi pengkodean kreatif

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - ScratchJr

Usia: 5 tahun ke atas

Pada ScratchJr (iOS & Android), anak-anak memilih karakter dan adegan latar belakang dan menyeret blok pemrograman grafis yang disatukan seperti potongan puzzle untuk membuat urutan animasi dan alur cerita. Meskipun aplikasi ini memiliki beberapa isyarat tertulis, blok pemrograman sebagian besar menggunakan simbol (seperti panah dan tanda berhenti) untuk menunjukkan apa yang mereka lakukan (seperti menggerakkan karakter ke depan atau membuatnya berhenti). Saat anak-anak menjadi terbiasa dengan cara menyusun kode, mereka dapat mulai membuat cerita.

ScratchJr tidak berbasis pelajaran tetapi dirancang untuk memberi anak-anak untuk bereksperimen, belajar, dan berkreasi melalui percobaan dan kegagalan. Pada dasarnya Anda tidak diarahkan ke jalur tertentu, maka anak-anak yang lebih kecil akan membutuhkan orang dewasa atau anak yang lebih dewasa untuk membimbing mereka agar mereka terbiasa dengan ScratchJr.

Link Download

Osmo Coding Awbie: aplikasi untuk pengkodean langsung

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - Osmo Coding Awbie

Usia: 5 hingga 12 tahun

Cara kerjanya: Osmo Coding Awbie membutuhkan sistem dasar Osmo seperti ​​dudukan dan layar yang dipasang ke kamera perangkat dan kompatibel dengan game Osmo lainnya untuk iPad, iPhone, dan Amazon Fire. Sistem ini memungkinkan pemain untuk menggunakan bidak fisik untuk berinteraksi dengan game berbasis layar. Anak-anak menggunakan batu bata yang ditandai dengan perintah, panah, angka, dan putaran untuk membuat skrip yang mengarahkan karakter melewati labirin dan tantangan, mengambil hadiah seperti stroberi.

Osmo Coding Awbie menggabungkan aplikasi dengan potongan fisik membuat anak-anak lebih sabar dan bijaksana saat mereka mengatasi tantangan. Ketika sesuatu murni terjadi di layar, anak-anak terkadang hanya akan mengetuk secepat mungkin, menebak-nebak secara acak. Dengan teknik manipulatif, akan memperlambat pemikiran mereka. Objek fisik juga membuat lebih mudah untuk bermain game dengan banyak orang, mendorong diskusi, kolaborasi, dan pemecahan masalah kelompok. Dengan Osmo Coding Awbie anak-anak dapat mengeksplorasi dan membuat jalurnya sendiri.

Link Download iOS

 

Aplikasi sains dan eksplorasi favorit

Dalam kategori ini kami memilih tiga aplikasi yang berfokus pada anatomi, alam, dan ruang, karena ketiga aplikasi tersebut menawarkan cara-cara unik dan bebas kepada anak-anak untuk menjelajahi topik sains. Setiap aplikasi mendorong anak-anak untuk berlama-lama dan menyelam lebih dalam dengan kecepatan mereka sendiri.

The Human Body: Sebuah aplikasi untuk melihat apa yang ada di dalam

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - The Human Body

Usia: 5 tahun ke atas

Pada The Human Body, anak-anak mengeksplorasi anatomi dengan menjelajahi berbagai organ dan sistem. Misalnya mengamati mulut mengunyah makanan dan menelan minuman, lalu berlanjut ke perut untuk memecah makanan, dan mengikuti kilatan saraf sinyal saat mereka berpacu ke otak.

The Human Body memang tidak berfokus pada pengajaran pelajaran anatomi khusus kepada anak-anak, tetapi lebih pada memicu keajaiban dan daya tarik terhadap tubuh dan apa yang dapat dilakukannya. Visual yang menarik dari aplikasi ini berupa kartun atau grafis, dan efek suara yang ama menarik dengan instruktifnya animasinya, memberi anak-anak gambaran mendalam tentang apa yang terjadi di dalam diri mereka. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan label teks yang mengidentifikasi sistem dan organ, tetapi tidak perlu kemampuan membaca untuk mendalami aplikasi, membuatnya dapat diakses secara merata oleh anak-anak yang belum bisa membaca.

Link Download iOS

Toca Nature: aplikasi untuk mengeksplorasi alam

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - Toca Nature

Usia: 4 tahun ke atas

Pada Toca Nature (OS & Android, anak-anak mulai dengan sebidang tanah sederhana tempat mereka dapat menaikkan atau menurunkan gunung, membuat danau, membersihkan atau menanam hutan, dan membuat gurun. Mereka dapat memperbesar berbagai area di area mereka untuk mengumpulkan dan mendistribusikan sumber daya seperti jamur, ikan, atau beri. Saat mereka mengubah dan membentuk lingkungan, berbagai jenis hewan, tumbuhan, dan ikan akan muncul, berkembang biak, bermigrasi, atau menghilang.

Mirip dengan game membangun tanpa narasi populer seperti Minecraft, Toca Nature memanfaatkan kesenangan yang didapat anak-anak dari berkreasi tanpa batas, mengeksplorasi dan menjelajahi game dengan fokus unik pada dunia alam.

Aplikasi seperti Toca Nature tidak memiliki tujuan edukasi eksplisit, tidak mencoba mengajari anak-anak nama-nama hewan atau jenis medan, melainkan aplikasi eksplorasi dengan pengalaman seorang anak dengan menciptakan dan memanipulasi lingkungan, dan kemudian mengamati bagaimana tumbuhan dan satwa liar berubah, anak-anak dapat melihat bagaimana hewan, sumber daya, dan lingkungan berinteraksi.

Link Download

Professor Astro Cat’s Solar System: Aplikasi untuk menjelajahi luar angkasa

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - Professor Astro Cat's Solar System

Usia: 8 hingga 12, atau 6 tahun ke atas dengan bimbingan orang dewasa

Di Professor Astro Cat’s Solar System anak-anak menjelajahi aplikasi seperti mereka membaca buku, mempelajari fakta, ilustrasi, dan animasi tentang planet, bulan, bintang, dan eksplorasi ruang angkasa. Pada poin lainnya terdapat kuis dan tantangan lainnya memungkinkan Anda mendapatkan camilan sarden untuk Professor Astro Cat.

Aplikasi ini membutuhkan kemampuan membaca, tetapi alur cerita yang menghibur dan fakta menarik membuatnya menyenangkan untuk orang dewasa bermain bersama dengan anak-anak yang lebih kecil.

Link Download

 

Aplikasi edukasi sosial dan emosional favorit kami

Edukasi sosial dan emosional yang mencakup kesadaran diri, empati, keterampilan komunikasi, dan membangun hubungan, di antara kapasitas lainnya, semakin diakui sebagai komponen penting dari pendidikan anak. Ketiga aplikasi di bawah ini memungkinkan anak-anak menjelajahi berbagai aspek seperti ekspresi diri, emosi, dan permainan sosial.

Me: A Kid’s Diary: Sebuah aplikasi untuk ekspresi diri

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - Me A Kids Diary

Usia: 7 tahun ke atas

Anak-anak membuat buku harian digital tentang kehidupan mereka dengan menjawab pertanyaan tentang diri mereka sendiri, membuat avatar untuk anggota keluarga, teman, dan orang yang dicintai lainnya dan mendesain medianya sendiri. Anak-anak menavigasi semua entri ini di “Me Map” mereka, semacam lanskap multimedia kehidupan mereka.

Kid’s Diary membantu anak-anak secara kreatif mendokumentasikan perasaan, pengalaman, dan orang yang mereka cintai melalui berbagai media dan mode ekspresi. Dalam beberapa hal, aplikasi menawarkan pengalaman yang mirip dengan media sosial seperti mengupload foto, membuat video, menulis pengalaman, dan memetakan koneksi pribadi, tetapi dalam lingkungan yang sepenuhnya tertutup (tidak ada komunikasi atau berbagi aktual dalam aplikasi). A Kid’s Diary dapat menciptakan ruang bagi anak-anak untuk mulai mengeksplorasi (dan bagi orang tua untuk berdiskusi) ekspresi diri.

Link Download

Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings: Aplikasi untuk emosi

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - Daniel Tigers Grr-ific Feelings

Usia: 2 hingga 5 tahun

Anak-anak menjelajahi dunia dari serial PBS “Kids Daniel Tiger’s Neighborhood” melalui permainan, lagu, dan aktivitas seni sederhana yang berfokus pada identifikasi dan eksplorasi perasaan dan emosi. Aplikasi ini menawarkan berbagai cara bagi anak-anak untuk berlatih, berbicara tentang, dan mengalami emosi, seperti dengan menggambar, mengambil foto diri mereka sendiri yang sedang merasa marah atau bahagia, atau berlatih latihan yang menenangkan dengan Daniel Tiger.

Aplikasi ini sederhana dan dapat diakses oleh anak-anak yang sangat muda, dengan isyarat verbal dan pengingat yang membantu mereka melalui tampilan yang mudah dinavigasi.

Link Download

Toca Tea Party: Sebuah aplikasi untuk bermain sosial

Game Edukasi Online Terbaik untuk Anak - Toca Tea Party

Usia: 2 tahun ke atas

Toca Tea Party sangat sederhana, anak-anak dapat mengatur meja teh dengan piring, cangkir, minuman, dan camilan untuk tiga tamu, dan sisanya terserah imajinasi anak-anak Anda. Tidak ada tujuan selain menuangkan minuman, mengunyah camilan, dan mengelap tumpahan, dan aplikasi ini memiliki titik akhir, setelah menyelesaikan camilan dan minuman, meja akan bersih dan piring akan ditempatkan di wastafel.

Toca Tea Party merupakan tempat bermain imajinatif dan sosial yang bebas untuk anak-anak kecil. Anak-anak dapat bermain sendiri (mungkin dengan mengundang boneka atau boneka binatang sebagai tamu) atau dengan satu atau dua orang lainnya, sebuah fitur unik untuk permainan di tablet agar berhasil dengan baik. Anak Anda akan tidak pernah bosan dengan Toca Tea Party dengan permainan berpusat pada mengobrol, berpura-pura, dan berbagi.

Link Download