HP Android Hilang? Ini yang Seharusnya Kamu Lakukan

Apabila kamu kehilangan HP Android kamu baik itu jatuh atau kemalingan (jangan sampe lah ya), pasti akan mendatangkan bencana, karena tidak hanya perangkatnya saja yang hilang, tapi banyak sekali data penting yang tersimpan pada Android yang juga ikut hilang.

Karena pengalaman pribadi, hikmah ketika HP Android hilang adalah tahu apa yang harus dilakukan setelah kehilangan HP dan bagaimana cara mencegah atau meminimalisir kemungkinan kehilangan HP sewaktu-waktu.

Postingan ini dibagi dalam 2 bagian.

Pertama adalah apa yang harus kamu lakukan segera setelah kamu sadar bahwa HP kamu hilang atau dicuri. Langkah-langkahnya termasuk bagaimana cara menemukan HP kamu dan mengamankan data-data penting dan sensitif yang ada pada perangkat Android tersebut.

Kemudian kita akan move on ke pencegahan untuk mengamankan Android. Cekidot.

Langkah apa yang harus dilakukan ketika HP Saya Hilang!

Ada 4 hal yang dapat kamu lakukan segera setelah perangkat Android kamu tidak ketemu setelah dicari kemana-mana: lacak Android; amankan akun-akun, blok kartu SIM, dan hapuskan tautan akun kamu pada Android.

1. Cara Melacak HP Android

Ada cara gratis dan mudah untuk melacak perangkat Android kamu, yaitu dengan menggunakan Android Device Manager.

Tidak perlu menginstall-nya terlebih dahulu di HP agar bisa mulai melacak. Cukup kunjungi website dan sign in dengan akun Google yang juga kamu gunakan untuk sign in di Android.

Cara lain: ketik “find my phone” pada browser Chrome yang telah sign-in dengan akun yang sama dengan akun Google pada HP yang hilang.

Android-Device-Manager

Lokasi terakhir dari HP kamu akan ditampilkan dalam akurasi sekitar 20 meter. Kamu juga akan mendapat informasi seberapa jauh HP tersebut berada, dan kapan terakhir online.

Pada laman ini kamu juga bisa mengunci HP kamu, membuatnya berdering (agar lebih mudah ditemukan kalau-kalau jaraknya dekat) atau jalan terakhir adalah menghapus data-data yang ada pada device untuk mencegah pencurian identitas atau kehilangan data penting karena penyalahgunaan.

 

2. Cara Mengamankan Akun-Akun

daftar-akun-android

Mungkin kamu sudah login banyak akun di HP Android kamu, baik email, media sosial, akun aplikasi chat, semuanya di HP (yang telah hilang).

Tentunya sangat penting untuk mengamankan semuanya dengan cara log in ke perangkat lain kemudian ubahlah passwordnya. Cara ini juga harus kamu terapkan di akun Google utama kamu.

Dengan mengubah password akun Google utama, orang tidak diinginkan yang mengakses HP kamu tidak akan mendapatkan akses ke akun pribadi, kontak, aplikasi, dan info lainnya.

Cara Mengamankan Akun

Perlu diketahui bahwa mengubah password akun Google tidak akan memengaruhi usahamu untuk melacak lokasi perangkat lewat Android Device Manager pada langkah pertama diatas.

Kamu masih bisa melacak Android kamu, menguncinya, atau menghapus semua phone data secara remote setelah merubah password.

 

3. Cara Blok Kartu SIM

Memblokir kartu SIM tidak hanya penting untuk mencegah penyalahgunaan telepon, tapi ingatlah juga bahwa aplikasi chat/messaging seperti Whatsapp dan Line menggunakan nomor telepon untuk verifikasi akun. 

Ditambah lagi apabila kamu mendaftar verifikasi 2-langkah untuk akses ke akun seperti email (Gmail), kamu pasti butuh kepemilikan atas nomor telepon kamu.

Tenang, berdasar pengalaman DSG, pihak operator seluler akan membantu kok bagaimana cara mendapatkan nomor telepon kita kembali, biasanya dengan diberi kartu SIM baru dan memblokir seluruh aktivitas yang dilakukan pada kartu SIM lama.

 

4. Cara Menghapus Tautan Akun pada Android

Langkah ini memang tidak cukup urgent tapi tetap perlu dilakukan. Hapus tautan (unlink) akun kamu dari device kamu yang hilang agar proses sync pada Android kamu tidak terjadi lagi.

unlink_dropbox_android

Contoh, jika kamu menggunakan Dropbox pada Android, unlink device kamu pada akun Dropbox lewat website dengan cara pergi ke laman keamanan akun Dropbox kemudian carilah device yang dimaksud dari daftar kemudian klik tombol ‘x’. Kamu harus melakukan hal ini untuk semua layanan yang kamu tautkan di HP kamu satu persatu.

 

5. Lapor polisi…

 

Cara Agar HP Android Tetap Aman

HP Android hilang dan ingin move on. Pastinya perlu tindakan pencegahan dong ya untuk mengurangi resiko menghilangkan HP.

1. Selalu Mengaktifkan Fitur Lacak Lokasi

android_device_manager

Agar aplikasi seperti Android Device Manager dapat bekerja, device kamu harus mengaktifkan fitur info lokasi. Android Device Manager akan melaporkan posisi terkini dari smartphone, ketika terakhir online. Karenanya, kamu juga harus:

 

2. Selalu Aktifkan Internet

mengaktifkan_paket_data_pada_android

Tidak hanya info lokasi yang harus diaktifkan, smartphone kamu juga harus terkoneksi dengan Internet agar bisa dilacak menggunakan aplikasi pelacak.

Jika punya kebiasaan bergantung pada koneksi WiFi di rumah, kampus, atau kantor, selalu aktifkan paket data Internet ketika kamu keluar dari zona WiFi tadi…

Memang lebih menguras baterai, tapi lebih worth karena jika kamu butuh apa-apa untuk melacak smartphone kamu. Kalau internet mati/kuota habis, mungkin sudah saatnya HP nya diikhlaskan… :( :( :(

 

3. Gunakan Kunci Layar

android_lock_screen_password_pattern_lock

Untuk mencegah orang iseng menggunakan smartphone kamu, sebaiknya kamu mengaktifkan kunci layar (lock screen). 

Ada beberapa jenis kunci layar dengan level keamanan yang berbeda. Level keamanan terendah ada pattern lock screen, kemudian ada camera lock, PIN lock, dan terakhir ada password lock.

android_on_body_detection

Kamu bisa mengatur seberapa lama HP kamu harus menunggu sebelum meminta kamu membuka kunci layar. 

Jika Android kamu minimal Android 5.0 (Lollipop), ada fitur bernama on-body detection dimana smartphone akan unlocked terus selama kamu membawanya dan secara otomatis terkunci jika smartphone diletakkan/sedang tidak dibawa.

 

4. Non-aktifkan Tombol Power (Fisik)

Salah satu hal yang dilakukan oleh para maling HP adalah mematikan HP untuk mencegah pemiliknya melacak HP dengan telepon atau aplikasi pelacak.

Kamu bisa menghentikannya dengan cara menonaktifkan tombol power fisik sehingga tidak bisa ditekan oleh si maling.

Cara menonaktifkan tombol power adalah menggunakan Xposed Framework yang bisa didownload disini.

  1. Install.
  2. Pergilah ke tab download untuk menginstall modul bernama GrafityBox (gunakan fitur Search untuk menemukannya lebih cepat).
  3. Ada beberapa versi modul, pilihlah yang pas dengan versi Android kamu.
  4. Pergilah ke tab versions dan tap tombol download pada versi yang kamu inginkan.
  5. Untuk mengaktifkan modul, restart HP kamu.
  6. Pada aplikasi GrafityBox, pergilah ke opsi Power Tweaks.
  7. Aktifkan opsi Disable power menu on lock screen.

xposed_framework_android

Nah, sekarang siapapun yang ingin mematikan HP kamu harus melalui lock screen terlebih dahulu.

 

5. Pilihlah HP Android dengan Baterai Non-Removable

Masih terkait dengan Tips #4 diatas, karena si maling tidak bisa mematikan HP kamu, tindakan selanjutnya yang mungkin dia lakukan adalah mencabut baterai dari Android.

Beberapa smartphone Android populer dengan baterai yang tidak bisa dicopot/menyatu dengan body (non-removable) ada Xiaomi Mi4i dan Moto G.

baterai_motorola_moto_g

Jika sudah sampai sini, si maling mau tidak mau harus menunggu HP mati karena kehabisan baterai. Tapi harusnya Tips #4 dan Tips #5 sudah memberimu cukup waktu untuk melacak smartphone kamu.

 

6. Jangan Lupa Backup Data

Bagi banyak orang yang pernah kehilangan HP, kehilangan terbesar yang dihadapi adalah hilangnya data super penting seperti jadwal kerja, meeting penting, deadline project, progress fitness, foto-foto, dll.

Daripada terus menerus secara berkala salin data tadi ke PC atau media penyimpanan lain, sekarang kamu bisa lebih mudah melakukan backup data Android via cloud kok.

Dengan semua data kamu yang telah ter-backup di cloud, tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan dokumen dan catatan penting kapanpun kamu apes kehilangan HP.

Oh ya, beberapa pabrikan smartphone bahkan menyediakan fasilitas penyimpanan cloud gratis lho, seperti Asus dengan fitur Web Storage nya dan Xiaomi dengan Mi Cloud nya.

asus_webstorage

Kesimpulannya, tidak peduli seberapa protektif kita dengan HP Android kita, jika sudah apes, bisa jadi kita kehilangan atau ketinggalan HP dan tidak bisa diambil kembali.

Berdasar pengalaman salah satu rekan bernama Agus, waktu kehilangan HP, dia sudah mencoba menelepon HP-nya yang hilang tapi sudah dimatikan oleh pelaku. Kemudian dia login ke Android Device Manager lewat perangkat lain, dan mendapatkan instruksi bagaimana cara menghapus semua data secara remote segera setelah HP (dan akses internet) menyala.

Memang, yang bisa dilakukan hanyalah memperkecil kerugian dan menjadi lebih hati-hati dengan HP berikutnya, dengan memberikan tindakan preventif untuk mengamankan perangkat dari oknum yang tidak diinginkan.

69 Komentar
  1. Jojo berkata:

    Kalau seandainya ada sidik jari apa si pelaku masih tetap bisa reset??? Saya lacak posisi hp terakhir cuman udah mati

  2. Arn berkata:

    Bang hp saya hilang , 4 hari pertama masih bisa dilacak lewat aplikasi temukan perangkat saya tapi hp dalam keadaan mati hanya terlihat lokasi terakhir saja. Hari ke 5 sy coba lagi cari menggunakan aplikasi temukan perangkat saya ternyata sudah disana tertulis tidak dapat menjangkau perangkat . Artinya apa yah bang ? Apa hp dalam keadaan mati atau sudah direset sama sipencuri ?

    1 lagi bang. Setau Abang apa masih bisa hpnya dilacak dengan bantuan polisi menggunakan no iMEI handphone kita saja ?
    Mohon dijawab . Terima kasih

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Untuk pertanyaan pertama, HP bisa jadi karena dalam keadaan mati atau sudah direset. Untuk pertanyaan kedua setau saya polisi belum punya teknologi untuk melacak hp berdasarkan IMEI. Polisi mungkin bisa bekerjasama dengan operator mengetahui lokasi terakhir berdasarkan no tlpn

  3. hris berkata:

    hape saya hilng dan banyak data pribadi, hp saya saya kunci bang . apakah data tersebut akan aman jika hp tersebut di reset oleh pencuri. atu ada jalan lain sehingga data saya dalam bahaya?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Kalau direset harusnya semua data penting anda akan hilang, tapi siapa yang tahu si pencuri mengambil data anda terlebih dahulu sebelum meresetnya. Alangkah baiknya anda mereset semua akun (google, facebook, dll) yang terkait dengan hp yang hilang tersebut

  4. nenglih berkata:

    Aph yg d mksufd vendor

  5. Yulia berkata:

    Berarti jika hpnya udh di factory reset sm yg ngambil, kita udh gabisa lacak lokasi lewat akun google yg terhubung pada hp yg hilang itu ya bang?

  6. Anonim berkata:

    hp saya kemaren sore juga hilang di curi orang masuk dalam rumah sore hari

  7. Regina tasya berkata:

    Apakah kita bisa tau hp itu telah direset oleh orang? Tapi saat saya cek di find my phone itu masih tetap offline. Itu hp keadaan mati atau itu hp sudah direset? Apakah aplk bisa membedakan hp tersebut sudah direset atau hny dimatikan saja?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      fitur “find my phone” tidak bisa membedakan hp sudah direset atau dalam keadaan mati. find my phone hanya bisa mendeteksi ketika HP masih aktif dan belum di reset

  8. Setiya Kuntari berkata:

    Saya kehilangan HP sekitar 3 jam yang lalu. Sayangnya, saya lupa akun gmail. Ada cara lain untuk melacak keberadaannya?
    #maaf masih syok

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Kalau hp nya memiliki fitur lacak, mungkin masih bisa dilacak. Tapi kalau tidak ada dan lupa akun gmailnya maka hp tidak bisa dilacak. coba saja reset password akun gmailnya apabila masih ingat alamat email gmail yang digunakan di hp. setelah itu login dan ikuti langkah yang ada di artikel

  9. mey berkata:

    mau tanya klo hapus prangkat data yg ada d hp seperti poto dokumen yg tersimpan d memori hp itu bisa terhapus jg atau engga ?

  10. Anonim berkata:

    saya beru saja kehilangan hp xiomi saya, saya tidak bisa melacaknya, krn sudah dimatikan sama yg ngambil, apakah bisa saya blokir hp nya walaupun dalam keadaan hp mati

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Untuk blokir hp tidak bisa. minimal bisa mengamankan akun penting dengan menghapus koneksi dari hp ke akun google dan akun penting lainnya

      • mey berkata:

        kalo hp hilang trus melakukan hapus perangkat data menggunakan google device, apakah data seperti poto atau dokumen yg tersimpan d memori hp bisa terhapus juga?

  11. Anonim berkata:

    Apakah dng trkunci aplikasi si maling ngk bsa pke hp trsbut? Atou ttp bsa d bobol wlupun apliksi trkunci

  12. rini berkata:

    Saya tidak bisa masuk kemenu tweak pada gravitybox apa masih ad yg kurng?
    Tipe hp ny. Yang hilngkn yg dimasukan?

  13. Riduan berkata:

    Permisi kak,klo hp nya udah ke reset ada kemungkinan bisa di lacak ga ya?trmkasih

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Berdasarkan pengalaman, kalau sudah direset mustahil bisa di lacak lagi. harapan kenapa hp bisa ditemukan/ dilacak karena masih terhubung ke akun google.

  14. yusuf berkata:

    gimna sh cara mencari hp yng hilng dihplain

  15. Ian berkata:

    Masuk ke gmail dimintai verifikasi di hp sama nomor,… gimana cara ngelewati itu?

  16. Luthfie berkata:

    Kenapa pas saya buka GravityBoxnya kok tidak merespon, ada yg kurang kah ?

  17. Anonim berkata:

    saya baru saja ke hilangan hp tgl 4 mei , kmrn sempat data masih aktif dan bisa saya lacak , dan udh menemukan posisi hp nya cuma di lokasi tsb belum ada orang yg ngaku telah menemukan hp saya
    dan sekarang hp saya susah off semua dari sim card dan jaringan internet nya
    apakah saya bisa memblock hp dg no imei yg sudah saya simpan biar orng yg nemu tidak bisa mempergunakan hp saya . Terima kasih

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Untuk block perangkat setau saya jarang bisa, karena itu tergantung vendor ponselnya menediakan fitur itu atau tidak

  18. Anonim berkata:

    Sore , mau tanya gimana cara melacak hp sedangkan hp yang dilacak belum diaktifkan untuk android device managernya . Terimakasih

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Kalau dulu pernah menautkan akun google ke perangkat Android yang hilang, seharusnya otomatis android device managernya sudah bisa digunakan.Coba aja dulu langkah yang sudah dijelaskan diatas

  19. dede berkata:

    Install gravitybox ini ponsel dlm keadaan root ya om ?

  20. hildan berkata:

    Hp saya hilang 7 februari yg lalu tp blm coba buat dilacak….apa masih bisa kl dilacak skrng??

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Dicoba aja dulu dengan cara yang sudah dijelaskan diatas, mudah2an hp nya belum di reset

  21. dewi sartika berkata:

    Hp saya hilang tgl3q desember 2017, sy sdh memblokir no sim card apakah ada kemungkinan yg menemukan hp saya dpt membobol akses medsos sy, apa yg hrs sy lakukan ? apaka sy hrs mengganti password akses ke nedsos saya ?

    saya ada mencatat IMEY samsung krn hp yg hilang samsung J5 ,..bagaimana cara pemblokirannya ?

    Thanks atas penjelasannya

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Secepatnya hapus koneksi akun google ke hp yang hilang, lihat caranya di artikel, ganti password email google, akun medsos, dan akun penting lainya,untuk samsung j5 tampaknya tidak bisa diblokir, minimal kalau masih terkoneksi ke akun google bisa dilacak aja

  22. Anonim berkata:

    Malam sy mau tanya. Sy sudah mengganti smw password dr medsos dan email sya. Apakah sync email di hape sy yg dicuri akan otomatis sync off? Dan kontak2 handphone sy akan hilang dr hape tersebut? Terima kasih

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Saran saya hapus koneksi akun google ke hp tersebut, karena bisa saja password direset dan email bisa diakses karena hp masih terkonesi ke akun google

      • Anonim berkata:

        cara hapus koneksi ke akun google di hp yang lama gimana caranya ?
        soalnya saya juga pernah kehilangan hp, semua password sosmed, email udah diganti, tpi belum tau gimana tuh hapus koneksi di hp yg sdh hilang. terimakasih.

        • Firman Herdiansyah berkata:

          Seperti yang sudah dijelaskan diatas, silakan akses Android Device Manager, dari sana ada fungsi untuk hapus semua koneksi dan data di perangkat Android yang diinginkan

  23. Anonim berkata:

    hp saya dicuri namun di password klo si maling membobol apakah data data seperti foto akan hilang?

  24. ridwan ram berkata:

    Bagus sekalih

  25. sunadi berkata:

    Terimakasi atas penjelasanya, dan saya insa Allah akan terus melacaknya sampai hp saya di hidupkan dan berharap hp saya bisa balik lagi

  26. sujadi berkata:

    Sudah di lakukan pelacakan tapi selalu tidak bisa terjangkau perangkatnya apa yg terjadi??

  27. Maya berkata:

    Hp saya yang hilang sudah di lock lewat email, tapi email tersebut saya pakai lagi di hp yang baru, apakah hp saya yang hilang tetap ke lock?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Satau saya satu akun google bisa di tautkan ke banyak perangkat, dan setiap perangkat (hp) punya setingan terpisah.

  28. Abell berkata:

    Bagai mana kalo kita dah tau lokasiny tp blm bsa mnju ke pencuriny sebab alamatny blm dpt terjangkau msh dlm lingkaran lokasi

  29. Abell berkata:

    Hp aku di curi tp aku posisi hp aku di mn alamat lgkapny tidk muncul msh ad sktr bgai mana bsa mendekatiny dan bagai mana klo saat berdering???

  30. Nika berkata:

    Tolong bantu kenapa saat sy masuk grafity box muncul notif GrafityBox system framework tidak merespon?

  31. Putra berkata:

    Hp saya baru tadi pagi di curi, fitur locknya sudah aktif dan sudah saya lock dari jauh tp skrg hp nya masih mati. Saya sudah lakukan perintah untuk hapus tapi menunggu hp tsb menyala krn setelah menyala langsung otomatis terdelete semua data2nya.

    Hp yg hilang redmi note 3

    alhamdulillah sy sudah ikhlaskan,

  32. aulia berkata:

    hp saya di jambret, bagaimana caranya agar si pencuri tidak bisa memakai nya sama sekali

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Kalo sampai tidak bisa dipakai sama sekali itu susah dan hampir mustahil untuk saat ini, paling tidak aulia bisa mengamankan akun penting yang terhubung ke hp, ikuti saja petunjuk yg sudah di jelaskan di post ini

  33. Alan berkata:

    Hp saya di curi sama orang terdekat..sebelumnya hp saya sudah pake PIN pengunci bawaan perangkat..tapi sudah ketahuan sama si pencuri..
    Saya sudah pake ADM untuk mengunci tapi masih bisa di buka karena si pencuri tau PIN penguncinya…
    Bagaimana cara mengganti PIN lama dgn PIN baru dari jarak jauh

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Maaf saya g tau cra ganti PIN lama dgn PIN baru sprti yg dtnykn. Saran saya cba hubungi vendor hp-nya langsung

  34. ranidar berkata:

    Gimana caranya biar dia ngga bisa factory reset?

    Mengingat bisa saja mereka bobol pin lockscreen,

    • Putra berkata:

      Saran saya sebisa mungkin keamanan hp nya double. Tergantung jenis hp yg digunakan. Kemudian setiap aplikasi yg dipakai di ksh pengaman juga walaupun sedikit ribet saat kita memakainya karena terlalu banyak kode keamanannya. Kemudian untuk layar terkunci setting dengan waktu tercepat, jadi ketika tidak digunakan otomatis hp langsung mati layarnya dan terkunci. Jangan lupa aktifkan android device manager karena sangat membantu. Terakhir saran saya sering2 cari diinternet tips keamanan untuk hp dan coba diterapkan. Thanks

  35. Anonim berkata:

    versi gravitybox android ku ga adaya?

  36. Tamjis berkata:

    Tudak paham. Punya hp satu….hilang… bgmn caranya hp yg hilang udh gk bisa dipakai lagi oleh pencuri

    • Firman Herdiansyah berkata:

      maaf kami tdak tauh caranya kalo yg seperti itu. Disini hanya menjelaskan cara melacak, menghapus akun google yang terkoneksi dengan hp, dan blokir no hp. Kalo yang agan maksud kyanya mesti tanya langsung sama vendornya

  37. Sabda berkata:

    The command has been sent, but not responded yet. It might be:
    The device has already been shutdown.
    No signal or no SIM card
    The device has no network

    Apakah bisa nantinya hp sy yg dicuri akan terkunci, skrg hp nya kayanya dlm keadaan mati.

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Kalo sblm dcuri di aktifin fitur penguncian dan selama ga di factory reset, hpnya bakal kekunci. Tapi realistis aja kalo hp udah kecuri pasti kuncian apapun bisa di buka terkecuali tuh hp pake sistem pemnguncian perangkat

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.