IGTV, Aplikasi Video untuk Melihat Konten Kreator Instagram Favorit

Instagram sedang merayakan satu miliar pengguna dengan memperkenalkan platform video lewat aplikasi baru yang dirancang untuk video secara vertikal yang dikhususkan untuk platform mobile. Pada hari Rabu 20 Juni 2018, Instagram secara resmi meluncurkan IGTV yang sebelumnya telah banyak dirumorkan oleh banyak pihak. IGTV merupakan sebuah tempat untuk video vertikal dengan durasi hingga satu jam lengkap dengan tampilan layar penuh swipe controls seperti Insta Story.

Aplikasi Video untuk Melihat Konten Kreator Instagram Favorit

Tidak seperti YouTube atau Facebook Watch, IGTV terasa lebih seperti perpaduan antara Stories dan platform video online yang lebih tradisional karena antarmuka pengguna dan fakta bahwa IGTV adalah platform yang dikhususkan untuk perangkat mobile. Hal ini berarti IGTV menggunakan video vertikal yang tidak perlu memutar perangkat untuk tampilan layar penuh.

Daripada mengganggu tampilan layar penuh dengan kontrol navigasi, IGTV menggunakan gerakan berbasis swipe untuk menavigasi ke berbagai video. Aplikasi langsung membuka video yang akan diputar secara otomatis. Swipe ke atas akan menampilkan video tambahan, yang dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk Following, Popular, dan Continue Watching.

Sementara desain dan gerakan layar penuh lebih seperti Insta Story, IGTV meniru beberapa fitur yang diharapkan dari platform video seperti YouTube dan Vimeo. Platform dibagi berdasarkan channel, dan setiap pengguna akan memiliki satu channel. Dan sementara IGTV dirancang untuk tampilan perangkat mobile, video dapat diunggah melalui aplikasi maupun dari desktop.

IGTV memiliki batas durasi video satu jam, peningkatan besar dari batas satu menit Instagram pada video yang dibagikan di dalam feed. Video juga memiliki komentar yang sama, komentar, dan pintas langsung sebagai konten dalam feed Instagram. IGTV akan menjadi aplikasi Instagram terpisah, tetapi video berdurasi panjang juga akan diintegrasikan ke Instagram itu sendiri.

Popularitas Instagram Stories di atas aplikasi sejenis lainnya menunjukkan bahwa aplikasi video dengan fitur serupa dapat dilakukan dengan baik di antara kerumunan Instagram, tetapi seberapa baik aplikasi ini belum dapat dipastikan. Instagram adalah rumah populer bagi fotografer profesional serta pengguna biasa dan influencer sosial media, dan format vertikal IGTV dapat berarti lebih banyak influencer berbagi IGTV tersedia untuk iOS dan Android.

Link Download

1 Komentar
  1. kemahasiswaan berkata:

    Terimakasih mas informasinya

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.