Konversi Dokumen ke PDF Menggunakan Microsoft Word

File dokumen PDF sangat berguna untuk mendistribusikan dokumen dengan tujuan utama agar bisa dilihat dengan cara yang sama oleh semua orang. Biasanya kamu akan membuat dokumen menggunakan aplikasi lain, dan kemudian mengonversinya menjadi PDF. Namun bagi saya cara termudah dan efisien adalah melakukannya menggunakan Microsoft Word.

Konversi Dokumen ke PDF Menggunakan Microsoft Word

Jika kamu memiliki versi desktop Microsoft Word, cara termudah untuk mengonversi dokumen kamu ke PDF adalah menggunakan Word itu sendiri.

Buka dokumen yang ingin kamu konversi, dan kemudian klik tab “File“.

Konversi Dokumen ke PDF Menggunakan Microsoft Word - 1

Pada jendela tampilan berikutnya, pilih “Save As” dari daftar di sebelah kiri.

Konversi Dokumen ke PDF Menggunakan Microsoft Word - 2

Pada layar Simpan Sebagai, pilih tempat kamu ingin menyimpan PDF (OneDrive, PC ini, folder tertentu, atau di mana saja).

Selanjutnya, klik panah dropdown di sebelah kanan kotak “Save as type”, dan pilih “PDF (* .pdf)” dari menu dropdown.

Konversi Dokumen ke PDF Menggunakan Microsoft Word - 3

Jika mau, kamu dapat mengubah nama file saat ini. Saat kamu siap, klik tombol “Save“.

Setelah menyimpan file PDF, kamu akan kembali ke dokumen Word kamu, dan PDF baru akan terbuka secara otomatis di penampil PDF default PC/ Laptop kamu.

 

Jika kamu Tidak Memiliki Microsoft Word

Jika kamu tidak memiliki Word, tetapi perlu mengonversi dokumen yang dikirim seseorang kepada kamu, kamu memiliki beberapa pilihan:

Google Drive: Kamu dapat mengunggah dokumen Word ke Google Drive, mengonversinya menjadi Dokumen Google, dan kemudian mengonversinya menjadi PDF. Cara ini berfungsi cukup baik jika kamu memiliki dokumen Word yang sederhana dan kebanyakan teks tanpa banyak format (dan jika kamu sudah memiliki akun Google).

Situs Web Konversi: Ada banyak situs di luar sana yang menawarkan untuk mengonversi dokumen Word ke PDF secara gratis. Kami merekomendasikan freepdfconvert.com. Situs ini adalah situs yang aman, bekerja dengan cepat, dan melakukan pekerjaan yang cukup bagus pada dokumen Word bahkan dengan sedikit editing. Dan situs ini benar-benar gratis jika kamu hanya perlu mengonversi dokumen Word ke PDF sesekali. Langganan berbayar memberi kamu fitur tambahan seperti konversi tidak terbatas (beberapa dokumen sekaligus), dan kemampuan untuk mengonversi lebih banyak jenis file.

LibreOffice: LibreOffice merupakan aplikasi kantor sumber terbuka gratis yang menawarkan banyak fitur yang sama dengan Microsoft Office. Kamu bahkan dapat membuka dokumen Microsoft Word, dan mengonversinya menjadi PDF.

Artikel Lainnya

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.