7 Layanan Chat Online Klasik untuk Mengobrol dengan Teman

Jika kamu adalah penggemar Instant Messenger AOL, jangan khawatir. Masih ada beberapa layanan bermanfaat yang tersedia. Percaya atau tidak, masih banyak orang di dunia yang senang menggunakan layanan pesan instan. Dan kami tidak berbicara tentang iterasi modern seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Kami mengacu pada aplikasi bergaya MSN Messenger tahun 1990-an.

Tentu saja, semakin sulit menemukan yang bagus. Banyak “pemain besar” lama telah berhenti bekerja. Sejak 2017, Yahoo Messenger dan AOL Instant Messenger telah menghilang untuk selamanya.

Namun, jika kamu adalah penggemar pesan instan, jangan khawatir. Masih ada beberapa layanan pesan instan online yang patut dicoba jika kamu suka mengobrol dengan teman dan keluarga.

Layanan Chat Online Klasik

mIRC

Layanan Chat Online Klasik untuk Mengobrol dengan Teman - mIRC

Internet Relay Chat (IRC) adalah salah satu cara pertama yang digunakan secara luas untuk mengobrol online. IRC adalah pendahulu dari banyak aplikasi perpesanan instan modern yang kita gunakan saat ini.

Meskipun hadir sejak tahun 1988, IRC tetap menjadi media obrolan yang sangat populer hingga hari ini. Perkiraan terbaru yang tersedia mengklaim bahwa sekitar 500.000 orang masuk ke layanan setiap hari melalui jaringan ribuan server.

Untuk menggunakan protokol IRC, kamu memerlukan klien IRC. Aplikasi paling terkenal adalah mIRC. Sudah ada sejak 1995 dan termasuk di antara 10 aplikasi paling populer di dunia selama puncaknya pada tahun 2003.

mIRC mendukung daftar teman, transfer file, koneksi multi-server, IPv6, enkripsi SSL, dukungan proxy, tampilan UTF-8, UPnP, suara yang dapat disesuaikan, pesan yang diucapkan, pemberitahuan, dan pencatatan pesan.

Aplikasi ini hanya tersedia di Windows.

ICQ

Aplikasi Chat Room Terbaik untuk Android - ICQ

ICQ bisa dibilang situs pesan instan pertama yang menawarkan obrolan instan untuk akun pengguna individu yang difokuskan pada percakapan satu lawan satu. ICQ memainkan peran kunci dalam memindahkan orang dari IRC.

Hebatnya, meskipun jumlah pengguna menyusut aplikasinya masih baik. Sebuah facelift pada April 2020 menghadirkan konversi audio-ke-teks, balasan cerdas, panggilan video 50 orang, push-to-talk, dan grup hingga 25.000 pengguna. ICQ tersedia di Windows, Mac, Linux, Android, iOS, dan melalui portal web.

Pidgin

Pidgin menggabungkan layanan obrolan dari beberapa layanan pihak ketiga menjadi satu tampilan yang mudah digunakan. Pidgin mendukung layanan terkenal seperti Facebook, Slack, dan Skype, serta banyak lagi aplikasi khusus seperti Omegle, OkCupid, dan ICQ. Menariknya, Pidgin juga bekerja dengan IRC.

Pidgin memiliki pustaka plugin yang luas, banyak di antaranya menghadirkan banyak fungsionalitas tambahan. Pidgin tersedia di Windows, Mac, dan Linux. Tidak ada versi mobile yang tersedia.

Miranda NG

Miranda NG (singkatan dari “New Generation”) adalah versi reinkarnasi dari Miranda IM yang pernah populer. Miranda NG telah dirancang agar ringan pada sumber daya sistem dan cepat dijalankan. Miranda NG juga open source, yang akan menyenangkan para fanatik keamanan.

Messenger online itu sendiri mirip dengan Pidgin. Miranda NG bertindak sebagai toko serba ada untuk semua layanan obrolan yang paling sering kamu gunakan. Pada saat penulisan, 15 aplikasi / protokol didukung. Mereka:

  • Discord
  • Em-LAN
  • Facebook
  • Gadu-Gadu
  • ICQ
  • IRC
  • Jabber
  • Minecraft Dynmap
  • Omegle
  • Sametime
  • Skype
  • Steam
  • Tox
  • Twitter
  • VKontakte

Seperti Pidgin, Miranda NG memiliki perpustakaan tambahan yang dikembangkan komunitas. Namun, kebanyakan tambahan yang tersedia mengubah estetika atau beberapa elemen fungsionalitas.

Misalnya, ada add-on yang memperkenalkan tema Simpsons di seluruh aplikasi dan add-on lain yang menambahkan lebih banyak pilihan ke toolbar utama aplikasi.

Miranda NG hanya tersedia di Windows.

Telegram

Aplikasi Chat Room Terbaik untuk Android - Telegram

Meskipun situs dan aplikasi perpesanan instan gaya lama masih memiliki tempat, cukup jelas bahwa dunia telah berpindah. Hari ini, ada koleksi baru aplikasi obrolan yang mengincar perhatian kamu.

Yang paling populer dan paling terkenal adalah WhatsApp, tetapi ada kekurangannya. Yang paling menonjol adalah persyaratan bagi kamu untuk menghubungkan WhatsApp ke telepon. Kamu tidak dapat masuk pada versi desktop kecuali ponsel kamu sudah siap.

Telegram tidak bekerja dengan cara yang sama. Setelah kamu melakukan penyetelan awal, kamu dapat masuk tanpa ponsel dan dapat menggunakan aplikasi di banyak perangkat secara bersamaan. Beberapa fitur Telegram terbaik termasuk bot, dukungan untuk banyak nomor telepon, obrolan rahasia, dan server proxy.

Ada aplikasi Telegram resmi untuk Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi Telegram pihak ketiga untuk desktop kamu .

Adium

Adium yang merupakan aplikasi khusus Mac adalah aplikasi serbaguna lainnya yang dapat terhubung ke beberapa layanan pesan instan online. Aplikasi yang gratis dan open source ini mendukung Twitter, ICQ, IRC, Gadu-Gadu, dan banyak lagi.

Sekali lagi, seperti Miranda NG dan Pidgin, tersedia plugin pihak ketiga, meskipun tidak ada pilihan sebanyak yang akan kamu temukan di dua aplikasi lainnya. Memang, hanya lima plugin yang terdaftar di situs Adium: Skype, Skype for Business, Telegram, Steam, dan WhatsApp.

Di mana kamu akan menemukan lebih banyak variasi adalah dalam daftar “Xtras.” Ada beberapa proyek yang dbuat komunitas, termasuk ikon dok baru, tema daftar kontak, tema pesan, kumpulan suara, ikon menu, ikon status, dan banyak lagi lainnya.

7 Cups

7 Cups sedikit berbeda dari aplikasi lain yang pernah kami lihat. Tidak seperti situs obrolan online yang menyenangkan untuk berbicara dengan teman dan keluarga, situs ini ditujukan untuk orang-orang yang menderita tekanan emosional. 7 Cups menempatkan pengguna berhubungan dengan seseorang yang akan mendengarkan mereka, dengan pendengar tersedia 24/7.

Semua pendengar adalah sukarelawan, dan lebih dari 300.000 orang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Beberapa dari mereka bahkan mengkhususkan diri pada nasihat untuk anak-anak berusia antara 13 dan 17 tahun. Jika kamu membutuhkan nasihat yang lebih baik, kamu dapat membayar $150/ bulan untuk mendapatkan akses ke 180 terapis profesional. Terapi profesional hanya tersedia untuk orang dewasa.

Pelajari Lebih Lanjut Tentang Mengobrol Online

Sebenarnya, masa depan mulai terlihat semakin suram untuk jenis layanan obrolan ini. Sementara IRC mempertahankan pengikut setia di Usenet, sisanya tampaknya dalam penurunan.

Bangkit dan bangkitnya WhatsApp dkk. tidak menunjukkan tanda-tanda mengalah, memaksa pemilik layanan perpesanan online yang lebih lama untuk beralih ke aplikasi seluler sebagai gantinya.

Namun, sementara situs obrolan online ini terus beroperasi, kamu harus memanfaatkannya untuk merasakan internet seperti 20 tahun yang lalu.