7 Cara & Pengaturan Agar Suara Spotify Lebih Baik

Ingin memiliki pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik di Spotify? Ini adalah pengaturan untuk kamu sesuaikan.

Spotify telah membuka pintu bagi jutaan artis, menciptakan berbagai cara untuk berbagi langganan dan mengubah cara kita mendengarkan musik di mana saja.

Namun banyak pengguna Spotify masih tidak menyadari kekuatan di ujung jari mereka. Spotify memungkinkan kamu menyesuaikan berbagai pengaturan untuk mempersonalisasi hiburan kamu, mulai dari volume hingga transisi yang mendukung AI.

Jika kamu tidak pernah memeriksa pengaturan Spotify kamu sebelumnya, artikel ini untuk kamu. Kami akan membahas semua cara agar Spotify kamu terdengar lebih baik untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman mendengarkan kamu.

Berikut adalah beberapa cara mengubah audio di Spotify untuk membuat perbedaan besar.

Normalisasikan Tingkat Volume

Kita semua pernah mengalami momen ketika sebuah lagu baru diputar jauh lebih keras dari yang sebelumnya. Dengan Normalisasi, Spotify menyesuaikan level volume untuk kamu agar hal ini tidak terjadi.

Untuk mengubahnya, buka Home > Settings > Normalize.

Cara & Pengaturan Agar Suara Spotify Lebih Baik - Normalisasikan Tingkat Volume

Kontrol Kualitas Audio

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kamu dapat menyesuaikan pengaturan untuk setiap jenis sesi mendengarkan mulai dari streaming Wi-Fi, streaming paket data, hingga download.

Apa Jenis Kualitas Audio di Spotify?

Spotify memberi kamu pilihan untuk mengubah kualitas audio kamu dengan lima pilihan: otomatis, rendah, normal, tinggi, dan sangat tinggi (automatic, low, normal, high, very high).

automatic adalah kualitas audio default, di mana kualitas audio tergantung pada seberapa stabil koneksi internet kamu. Dengan pengaturan ini, Spotify akan memilih kualitas tingkat tertinggi tanpa mengganggu sesi mendengarkan musik kamu.

Perkiraan untuk setiap jenis kualitas audio lainnya di Spotify adalah 24kbit/dtk untuk low, 96kbit/dtk untuk normal, 160kbit/dtk untuk high, dan 320kbit/dtk untuk very high. Pilihan kualitas audio yang sangat tinggi hanya tersedia di Spotify Premium.

Kbit/s yang lebih tinggi berarti kamu akan mendengar detail musik yang lebih jernih tetapi akan menggunakan lebih banyak bandwidth dan data. Download dalam kualitas tinggi akan menggunakan lebih banyak ruang disk di handphone kamu.

Cara Mengubah Kualitas Audio Spotify

Cara & Pengaturan Agar Suara Spotify Lebih Baik - Kontrol Kualitas Audio

Untuk mengakses pengaturan Kualitas Audio di iOS dan Android, buka Home > Settings > Audio Quality, dan sesuaikan kualitas streaming sesuai keinginan kamu.

Equalizer

Equalizer memungkinkan kamu menyesuaikan rentang spektrum volume audio: Rendah, Sedang, dan Tinggi. Menyesuaikan frekuensi akan membantu menyempurnakan jenis musik favorit kamu agar terdengar lebih baik.

Pengaturan Equalizer Terbaik di Spotify

Ketika datang ke pengaturan equalizer terbaik di Spotify, tidak ada satu ukuran baku untuk semua. Pengaturan equalizer yang ideal akan bervariasi di seluruh perangkat, genre, dan bahkan masing-masing lagu.

Misalnya, jika kamu menggunakan speaker laptop standar, umumnya disarankan untuk meningkatkan bass dan mengurangi mid. Sebagai perbandingan, saat menggunakan speaker dengan bass yang kuat, kamu dapat memilih untuk meningkatkan nada tinggi untuk menyeimbangkannya.

Faktanya, bahkan faktor seperti usia dan kemampuan pendengaran kamu memengaruhi pengaturan EQ yang ideal untuk pengalaman mendengarkan yang optimal. Sementara setiap orang akan memiliki preferensi mereka sendiri, Spotify menyelamatkan kebanyakan orang dari banyak masalah dengan preset bawaan untuk equalizer.

Cara Mengganti Equalizer Spotify di iOS dan Android

Cara & Pengaturan Agar Suara Spotify Lebih Baik - Equalizer

Untuk mengaktifkan Equalizer kamu, berikut cara melakukannya melalui iOS. Buka Home > Settings > Audio Quality > Equalizer dan aktifkan. Ketuk salah satu preset yang tersedia untuk kamu atau sesuaikan dengan menggeser titik.

Jika kamu pengguna Android, pilihan untuk mengatur equalizer di Spotify mungkin bergantung pada pabrikan perangkat kamu. Untuk mengetahui apakah perangkat kamu dapat menanganinya, kamu dapat memeriksa pilihan di Home > Settings > Audio Quality. Jika kamu menemukan kata Equalize dan dapat mengetuknya, perangkat kamu akan diarahkan ke panel kontrol equalizer kamu.

Pengguna Android mungkin mendapatkan peringatan yang mengatakan bahwa equalizer dapat mengubah volume secara tidak terduga dan menonaktifkannya jika kamu mengalami masalah. Jika kamu menggunakan sumber audio yang kompatibel seperti headphone atau speaker, akan muncul pilihan untuk menggunakan Dolby Atmos, upscaler UHQ, dan Adapt Sound.

Cara & Pengaturan Agar Suara Spotify Lebih Baik - Adapt Sound

Baik Dolby Atmos dan upscaler UHQ memberikan suara surround dan pengalaman resolusi suara yang ditingkatkan, sementara Adapt Sound membantu menyesuaikan profil suara kamu berdasarkan rentang usia kamu.

Cara Menggunakan Equalizer Spotify di Perangkat Lain

Sayangnya, pilihan ini tidak tersedia untuk semua perangkat. Untuk pengguna Mac, aplikasi macOS Spotify tidak memiliki equalizer. Sedangkan untuk pengguna Windows, akses equalisasi berbeda-beda per perangkat. Untungnya, ada banyak pilihan equalizer pihak ketiga yang tersedia untuk didownload, banyak di antaranya gratis.

Terakhir, kamu mungkin tidak dapat menggunakan pengaturan ini saat tersambung ke perangkat audio eksternal seperti speaker atau earphone. Untuk mengetahui apakah perangkat kamu memiliki equalizer bawaan, periksa manual atau konsultasikan dengan produsen perangkat kamu.

Aktifkan Akselerasi Perangkat Keras

Cara & Pengaturan Agar Suara Spotify Lebih Baik - Aktifkan Akselerasi Perangkat Keras

Bagi kita yang memiliki komputer “monster”, masuk akal untuk mengoptimalkan pengalaman mendengarkan kita dengan apa yang dapat ditangani oleh komputer kita. Akselerasi perangkat keras Spotify memanfaatkan perangkat keras kamu yang ada untuk membantu mengoptimalkan kinerja aplikasi. Akselerasi perangkat keras Spotify berfungsi di desktop Spotify untuk Windows dan macOS.

Untuk mengaktifkan akselerasi perangkat keras Spotify, buka Settings > Show Advanced Settings. Di bawah Compatibility, aktifkan Enable hardware acceleration.

Perhatikan bahwa sementara akselerasi perangkat keras dapat melakukan banyak hal untuk pengalaman mendengarkan kamu, itu juga dapat menyebabkan masalah pemutaran seperti lagu yang tidak dapat diputar di Spotify.

Menyesuaikan Pengaturan Spotify kamu

Setelah kamu memilih pengaturan terbaik yang membuat perbedaan paling mencolok di atas, kamu sekarang dapat melanjutkan untuk menyempurnakan detail kecil yang membuat pengalaman mendengarkan Spotify kamu unik.

Crossfade

Terbaik untuk mendengarkan terus menerus seperti saat olahraga atau saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus, Crossfade adalah fitur rapi yang menghilangkan semua keheningan atau jeda di antara trek lagu.

Cara & Pengaturan Agar Suara Spotify Lebih Baik - Menyesuaikan Pengaturan Spotify kamu Crossfade Gapless Automix

Untuk menyesuaikan pengaturan crossfade kamu di iOS, buka Home > Settings > Playback. Scroll ke bawah hingga kamu melihat Crossfade dan seret penggeser ke level pilihan kamu.

Untuk Android, kamu dapat pergi ke Home > Settings > Crossfade dan geser ke preferensi yang kamu inginkan.

Pengguna desktop juga dapat memperbarui Crossfade dengan memilih Settings > Show Advanced Settings > Playback.

Kemudian, klik  Crossfade songs dan atur panjang crossfade yang kamu inginkan.

Gapless

Terbaik untuk mendengarkan musik live atau klasik, Gapless membuat musik kamu terus berjalan tanpa mencampurnya. Tepat di bawah Crossfade, kamu dapat mengaktifkannya dengan mengklik “switch” ke kanan.

Automix

Terakhir, Automix adalah fitur kecerdasan buatan Spotify untuk transisi yang mulus. Menggunakan beberapa metode seperti crossfading, skipping, looping, atau bahkan menambahkan efek transisi, kamu bahkan tidak akan menyadari perubahan setiap trek musik.

Ditemukan di bawah Gapless, alihkan “switch” Automix ke kanan untuk memulai.

Maksimalkan Pengalaman Mendengarkan Musik Kamu

Selama bertahun-tahun, Spotify telah memberi kami cara yang semakin baik untuk menikmati musik kami. Tidak hanya pilihan hiburan yang tak terbatas, tetapi juga ada banyak cara untuk menikmatinya dengan lebih baik. Pastikan kamu menyesuaikan pengaturan untuk pengalaman mendengarkan terbaik.