Mengganti Ikon Baterai pada Perangkat Windows

Battery Icons adalah aplikasi gratis untuk perangkat Microsoft Windows yang berfungsi untuk menampilkan indikator level baterai di system tray sistem saat dijalankan. Battery Icons dirancang untuk menggantikan indikator baterai bawaan dari sistem operasi Windows dan untuk memperjelas status baterai.

Ikon baterai bawaan pada perangkat Windows hanya memberikan perkiraan sekilas tentang daya baterai saat kamu melihatnya. Meskipun kamu dapat mengarahkan kursor mouse ke atas ikon baterai untuk menampilkan status daya sebenarnya, misal tersisa 28%, beberapa pengguna mungkin menginginkan ikon yang menunjukkan status tanpa harus menggerakan mouse.

Tangkapan layar di bawah ini menunjukkan ikon aplikasi Battery Icons dan di sebelahnya ikon baterai Windows bawaan.

Mengganti Ikon Baterai pada Perangkat Windows  - SS1

Battery Icons merupakan aplikasi gratis sederhana yang menampilkan status baterai pada perangkat Windows dengan ikon berbeda. Aplikasi ini memperkenalkan dua fitur yang membedakannya dari versi default Windows:

  • Battery Icons menggunakan empat ikon berbeda yang dapat disesuaikan pengguna untuk menampilkan level baterai 25%, 50%, 75% dan 100%.
  • Battery Icons menampilkan notifikasi ketika level baterai mencapai salah satu ambang batas.

Yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi dari situs resminya, mengekstrak file zip yang disediakan, dan menjalankan aplikasi. Kamu mungkin perlu menggunakan password untuk mengekstrak file zip aplikasi. Passwordnya adalah abc123 seperti yang tertera pada halaman web resminya.

Mengganti Ikon Baterai pada Perangkat Windows  - SS2

Apabila ikon tidak terlihat di system tray utama/ depan, dan kamu harus mengklik ikon panah (lainnya) untuk baru bisa melihat icon Battery Icons. Kamu bisa “drag and drop” ikon Battery Icons ke posisi yang dapat dilihat tanpa harus mengklik icon panah.

Ikon bawaan aplikasi memang tidak terlihat bagus di system tray Windows, tetapi kamu dapat mengganti ikon dengan file .ico (file khusus untuk icon) lainnya. Periksa situs seperti flaticon.com untuk menemukan ikon baterai yang kamu sukai, mengunduhnya, dan mengganti ikon bawaan yang digunakan aplikasi dalam pengaturan dengan ikon yang baru kamu download.

Ikon baru segera terlihat setelah kamu memilih “ok” di pengaturan.

Kamu juga dapat mengubah ikon secara langsung pada file .ini (file konfigurasi) aplikasi jika kamu menginginkannya. Kamu mungkin ingin menyembunyikan ikon Windows bawaan jika kamu berencana untuk menggunakan Battery Icons.

Battery Icons menggunakan sedikit memori dan hampir tidak menggunakan sumberdaya CPU.

Kata Penutup

Battery Icons adalah aplikasi sederhana namun berguna untuk Windows untuk menggantikan indikator status baterai bawaan di system tray Windows.

Battery Icons tidak memiliki opsi penyesuaian, saya ingin melihat adanya opsi untuk menonaktifkan tooltips, menambahkan lebih banyak level baterai, dan mengubah level baterai bawaan juga. Opsi untuk mengubah ikon menjadi angka untuk menunjukkan level baterai juga akan berguna juga.

Apa pendapat kamu tentang aplikasi ini?

Link Download