Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet

Google telah memastikan semua orang memiliki cadangan data penting mereka, dan baru-baru ini Google merilis alat baru untuk pengguna Windows dan Mac untuk membawa redundansi ke tingkat berikutnya. Namanya Backup and Sync yang merupakan adalah alat yang cepat dan efektif untuk menyimpan file-file penting kamu di cloud.

Backup & Sync menggantikan Google Drive dan Google Photos Uploader

Sebelum kita membahasnya, mari kita bicara sedikit tentang apa sebenarnya Backup dan Sync. Jika kamu pengguna Google, kamu mungkin sudah mengetahui alat sinkronisasi Google lainnya: Google Drive dan Google Photos Uploader. Keduanya kini telah diintegrasikan ke dalam Backup & Sync, sehingga kamu dapat mengontrol semua file, video, gambar, dan lainnya dari satu aplikasi. Di sinilah kamu akan mengontrol folder mana dari Drive kamu yang disinkronkan dari dan ke PC atau Mac kamu, serta menentukan folder gambar mana yang harus dicadangkan sebagai perpustakaan Foto kamu.

Google Drive tetap menjadi inti dari alat Backup & Sync, jadi jika kamu tidak pernah menggunakan google Drive maka sedikit penjelasan mungkin diperlukan. Pada dasarnya, Backup dan Sync memungkinkan kamu untuk menyinkronkan penyimpanan cloud Google Drive kamu dengan komputer kamu, apakah itu keseluruhan Drive atau hanya file dan folder tertentu. file dan folder tersebut kemudian diperlakukan sebagai file lokal di komputer, sehingga hal-hal penting kamu selalu terbarui di setiap komputer yang kamu miliki (dan di cloud).

Satu-satunya pengecualian di sini adalah file Google Documents (Google Sheets, Docs, Slides), karena Backup & Sync tidak akan downloadnya untuk akses offline. Namun, itu akan menempatkan ikon di folder Google Drive sehingga kamu dapat mengklik dua kali seolah-olah itu adalah dokumen biasa (kamu hanya perlu koneksi internet untuk melihat dan mengeditnya.)

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss1

Backup & Sync juga menambahkan satu alat lagi: pilihan untuk mencadangkan folder tertentu dari PC atau Mac kamu ke Google Drive kamu. Misalnya, saya menggunakan Google Drive untuk menyimpan hampir semua hal, sehingga dapat diakses dari semua perangkat saya yang lain. Tetapi folder screenshots di komputer Windows saya tidak ada di folder Drive, adanya di folder Pictures PC saya. Dengan Backup dan Sync, saya dapat mengakses folder dari salah satu perangkat saya yang lain, kapan saja.

Berikut cara mengaturnya dan menyinkronkan semuanya.

1. Download dan Instal Backup & Sync

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah download Backup & Sync. Pastikan untuk mengambil file installer yang sesuai untuk perangkat kamu (Mac atau PC). Jika kamu sudah menginstal Google Drive, jangan khawatir, alat ini akan secara otomatis menggantinya, tidak diperlukan penghapusan instalasi.

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss2

Seharusnya proses download dengan sangat cepat (tergantung dari kecepatan internet kamu), dan kamu hanya perlu menjalankan installer setelah selesai. Jika kamu menggunakan Google Chrome, cukup klik tombol download di bagian bawah halaman.

Beberapa detik kemudian, Backup & Sync akan di instal. Ketika selesai, notifikasi muncul mengatakan kepada saya untuk me-restart komputer saya untuk alasan yang tidak diketahui oleh saya.

Jika kamu sebelumnya telah menginstal aplikasi Google Drive, Backup & Sync akan secara otomatis login ke Akun Google kamu. Jika tidak, kamu harus login terlebih dahulu. Setelah itu, layar splash cepat akan memberitahu kamu semua tentang aplikasi: mencadangkan barang-barang kamu. Klik “Got it” untuk langsung menggunakan aplikasi.

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss3

2. Pilih folder lain di PC kamu untuk disinkronkan

Selanjutnya, mari kita lihat bagian My Computer, tempat kamu dapat memilih folder lain pada PC kamu untuk disinkronkan. Ada beberapa pilihan yang sudah tersedia di sini: Desktop, Documents, dan Pictures. Kamu cukup mencentang kotak di sebelah pilihan untuk mencadangkan semuanya dari lokasi itu ke Google Drive.

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss5

Tetapi jika kamu ingin mendapatkan sedikit lebih terperinci dan hanya mencadangkan folder tertentu, kamu dapat melakukan ini dengan mengklik pilihan “Choose Folder“. Navigasikan ke folder yang ingin kamu buat cadangannya, dan klik “Select Folder.”

CATATAN: File yang kamu sinkronkan dari folder Drive kamu tidak akan muncul di Drive di samping semua file kamu yang lain. Untuk mengakses file-file itu, buka Google Drive di web dan klik “My Computers” di menu sebelah kiri. pilihan ini juga tersedia di aplikasi seluler Google Drive.

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss6

Jika kamu ingin file atau folder muncul dibawah “My Drive”, kamu harus menyinkronkannya dengan cara lama: dengan meletakkannya di dalam folder Google Drive di PC kamu.

3. Atur pengaturan upload foto kamu

Di bawah pilihan folder di bagian “My Computer”, kamu juga dapat menentukan bagaimana kamu ingin mencadangkan gambar (tentu saja ini dilakukan jika kamu memilih untuk mencadangkan gambar dari PC):

  • Original Quality, pilihan ini akan memakan tempat di Drive kamu.
  • High Quality, pilihan ini tidak akan memakan ruang apa pun di Drive kamu. pilihan ini menggunakan algoritma kompresi cerdas untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas, sama seperti di aplikasi Foto Google pada perangkat Android dan iOS.

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss7

Kamu juga dapat menentukan bagaimana kamu ingin mengontrol pilihan penghapusan:
Remove Items Everywhere, Don’t Remove Items Everywhere, atau Ask Me Before Removing Items Everywhere. pilihan terakhir ditetapkan sebagai default, yang sebenarnya paling masuk akal. Jangan ragu untuk mengubahnya sesuai dengan kebutuhan spesifik kamu.

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss8

Terakhir, kamu dapat mencentang kotak di bagian Google Photos untuk secara otomatis memindai gambar baru di komputer kamu dan mengunggahnya ke Google Photos. Ada juga pilihan kecil di bagian bawah berlabel “USB Devices & SD Cards” yang dapat kamu gunakan untuk mengunggah file secara otomatis dari kamera digital kamu atau drive USB jika kamu mau. Cukup colokkan drive atau kartu dan tentukan apa yang ingin kamu lakukan dengannya.

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss9

4. Pilih folder yang akan disinkronkan dari Google Drive

Alat Backup & Sync dibagi menjadi dua bagian utama:

  • Google Drive: Aplikasi ini melakukan fungsi yang sama dengan aplikasi Google Drive yang asli. Kamu memilih folder apa yang akan disinkronkan dari penyimpanan cloud Google Drive kamu, dan folder itu akan muncul di folder Google Drive di PC kamu. Apa pun yang kamu masukkan ke folder itu juga akan disinkronkan ke Google Drive.
  • My Computer: Bagian memungkinkan kamu menyinkronkan file antara komputer dan Drive kamu tanpa meletakkannya di folder khusus Google Drive. Pilih saja folder dari komputer yang ingin kamu sinkronkan, dan folder itu akan disinkronkan ke penyimpanan cloud kamu (meskipun mereka akan muncul di bagian terpisah dari antarmuka Google Drive, bukan dengan semua file Drive kamu yang lain.)

Bagian Google Drive jauh lebih sederhana dan akan akrab bagi siapa saja yang telah menggunakan Google Drive di masa lalu.

Kamu memiliki beberapa pilihan spesifik dalam menu ini, antara lain:

  • Sync My Drive to this Computer: Gunakan pilihan ini untuk mengaktifkan/ menonaktifkan sinkronisasi Google Drive kamu ke komputer kamu.
  • Sync Everything in my Drive: Secara harfiah ini akan menyinkronkan seluruh konten Google Drive kamu ke komputer kamu.
  • Sync Only These Folders: Memungkinkan kamu menentukan folder mana yang akan disinkronkan dari Google Drive ke komputer kamu.

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss4

Pilih saja yang ingin kamu sinkronkan dan selesaikan.

Beberapa Catatan Tambahan tentang Backup & Sync

Ada beberapa hal lain yang layak disebutkan untuk Backup & Sync:

  • Kamu dapat mengganti nama komputer kamu dengan mengklik teks “My Computer” (atau yang serupa) di bagian atas halaman “My Computer” dan memberinya nama tertentu.
  • Kamu dapat dengan mudah meningkatkan penyimpanan Drive kamu atau memutuskan koneksi akun kamu dari tab “Settings”.
  • Pengaturan startup sistem, ikon sinkronisasi file, dan pengaturan klik kanan juga dapat dimodifikasi pada tab Pengaturan.
  • Aktivitas jaringan Backup & Sync dapat dibatasi di bagian “Network Settings” pada tab Pengaturan. Proxy dapat spesifik, dan tingkat downloadan / unggah dibatasi jika perlu.
  • Alat Backup & Sync akan hidup di system tray komputer kamu selama masih berjalan. Untuk mengakses pengaturannya, cukup klik ikonnya di system tray, klik menu tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih “Preferences.”

Menyinkronkan Folder Antar Komputer Melalui Internet - ss10

Cukup banyak, sungguh. Backup & Sync benar-benar alat yang sederhana.