Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee

Pagi ini saya mendapatkan SMS dari no yang tidak dikenal. Isi SMS tersebut mengatakan bahwa saya pemenang jutawan Shopee sebesar 125 juta. Siapapun pastikan senang bila mendapatkan rezeki mendadak seperti memenangkan sebuah undian, apalagi hadiahnya tergolong besar.

Namun seperti yang kita ketahui saat ini sering terjadi banyak penipuan yang mengatasnamakan sebuah Brand atau toko online terkenal, dimana modusnya hampir sama yaitu kita sebagai pemenang undian. Namun untuk mendapatkan hadiah tersebut kita harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu, dengan alasan untuk biaya admisnistrasi dll.

Ok, kembali ke SMS yang mengatakan saya pemenang undian ini dia penampakannya

Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee SMS

Hal pertama yang saya curigai bahwa ini adalah penipuan adalah alamat situs web yang ada dalam isi SMS merupakan web/ blog gratisan (blogspot) yang siapapun dapat membuatnya dengan mudah dan bebas, ditambah tampilannya yang tidak meyakinkan.

Dan seperti kebanyakan penipuan digital lainnya, banyak dari keterangan hadiah dan lainnya sangat tidak masuk akal. Sebagai contoh untuk pemenang Mobil dan berada di luar jakarta, hadiah akan di antar melalui transportasi udara menggunakan jasa pesawat kargo milik Angkatan TNI … HAH?????? depok aja di luar jakarta, berarti kalau pemenangnya orang depok bakal diantar pake pesawat? lah depok bandaranya dimana??? lagi pula sejak kapan TNU AU membuka jasa pengiriman kargo???

Setelah itu lalu saya mengirim pesan ke pihak Shopee untuk menanyakan apa benar saya pemenang Grandprize Jutawan Shopee. Dan ini jawaban dari pihak Shopee.

Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee Jawaban CS Shopee

Intinya pihak Shopee menyarankan untuk mengabaikan SMS tersebut dikhawatirkan terindikasi tindakan penipuan. Apabila kita diberikan hadiah menarik yang ditawarkan oleh Shopee, maka kita akan menerima notifikasi di akun Shopee pribadi.

Sebagai informasi, kita dapat melaporkan hal yang dianggap penipuan di link ini.

Apabila ada yang merasa pernah menerima SMS penipuan serupa atau bahkan pernah tertipu silakan kirim pengalaman kamu di kolom komentar agar tidak ada lagi yang tertipu oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagi yang sudah terlanjur melakukan transfer, langsung saja menghubungi pihak Bank dengan menyiapkan bukti percakapan/ chat/ sms penipuan

Dikarenakan banyaknya korban penipuan ini, dimohon untuk bagikan/ share artikel ini ke teman dan keluarga kamu agar mereka terhindar dari penipuan ini. Mari kita berantas penipuan online dan hoax di Indonesia.

58 Komentar
  1. Musayadah berkata:

    Laporin polisi aja sih orangnya. Kasian korban” yg lain. Alhamdulillah sya ngga jd tf. Nyari uang kok gitu amat yaa

  2. Musayadah berkata:

    Alhamdulillah sya blum jadi transfer. Awalnya ngga prcaya trus sya percaya krna ada fto bserta ktpnya. Trus sya udah krim alamat sya krna sya maunya dianter trus dia bilang suruh tf 1.250.000. Sya bilang sma paman sya itu gmna soalnya sya blum pnya rekening sndiri, paman sya bilang itu penipuan. Sya bilang sma kakak sya dia bilang itu penipuan jga. Trus sya cari nma ABDUL ROHMAN JAELANI di google itu bnar” direktur shopee apa bukan. Ternyata itu penipuan dan alhamdulillah nemu ini. Terimakasih informasinya

  3. Aduy berkata:

    Wah tadi saya dapet sms kaya gitu juga eh saya ga percaya saya cari cari eh ketemu deh emang bner peniupan untung aja ga ketipu

  4. Yeti berkata:

    Sya sudah tertipu transfer 1.250.000

  5. Nikitaa berkata:

    Pagi ini saya juga mendapatkan pesan yang sama persis. Untungnya saya mencari tahu kebenarannya dan saya menemukan postingan ini. Terimakasih sudah berbagi pengetahuan dan pengalamannya.

  6. Fanny prisca berkata:

    Jika sya sdh terlanjur tertipu gmna ya kak?? Sya hrs lapor kemana ini?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Langsung hubungi pihak bank, mungkin nanti oleh pihak bank diminta untuk menghubungi pihak kepolisian.

  7. Anonim berkata:

    Saya barusan kena tipu sudah transfer sjumlah 1.250.000.
    Jadi gimna apa bisa dibalikin lagi ya ๐Ÿ˜ญ

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Langsung hubungi/ datangi bank untuk melakukan pemblokiran rekening dengan membawa bukti penipuan

  8. Korban berkata:

    Saya juga tertipu๐Ÿ˜ญ kemarin sore saya buka sms itu, awalnya curiga bngtt trs udah telfon2 an sma pak ABDUL ROHMAN JAELANI berkali2 buat mastiin benar atau tidak. Dan saya terhasut karena dgn jumlah uang yg sangtt besar.

    Tp ada tdk percya nya juga sh. Trs minta ditransferin 1jt 250. Pd sore itu juga saya transferr dan katanya nunggu 15 menit lalu cek lagi no rek saya nanti 125juta udah ada di rek saya. Ternyata tdk ada. Lalu saya telpon lg trs disuruh trasfer lagi ternyata sejumlah 4jt550 katanya buat mencairkan hadiah yang saya dapat. Semalam saya dan keluarga saya berunding dan bersetuju kalo hari ini mau di tf in 4jt550.

    Dan pagi pagi saya caritau di internet ternyata liat postingan ini sama komentar ini saya gk jd tf in lg yg 4jt550. Lalu saya menelfon abdul rohmal jaelani untuk memancing supaya uang yg saya di tf in biar balik ternyata katanya tidak bisa. Aneh bngtt kan? Udah ketauan penipuannya bngtt nih. Trs saya bilang udah lah saya gk mau tf lg pak saya berhenti disini. Trs malah bicaranya mau ngancem2 saya gitu kaya mau dilaporkan kepolisi. Katanya klo saya tdk mau ditangkap saya harus trasfer dlu sejumlh 4jt550. Sumpah gedeg bngt tau ini penipuan๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    • Anonim berkata:

      Jadi kelanjutannya gmna mba
      Sudah di laporkan kah? Hasilnya gmna
      Soalnya saya jg barusan kena tipu

  9. wini rekayasa berkata:

    saya jg dapat sms yg sama kya gini tapi saya ga percaya takut penipuan,, saya cari tau di internet ternyata bner penipuan..

  10. Anisa berkata:

    Hampir aja kena tipu baru sya mau minjem uang buat transfer ternyata pas baca digoogel ketemu artikel ini alhamdulillah ga jadi kena penipuan

  11. elis berkata:

    untung saya blum transper brusan sampe mau kirim uang , baca” dl dsini alhmdulillah slamat

  12. Fanny prisca berkata:

    Sya jg pernah dpt sms seperti itu tpi sya sdh terlanjur transfer uang. Trus katanya kalau sya gk ngelanjutin rekening sya akan d blokir.. Itu gmna ya??

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Kemungkinan besar penipuan dan tidak usah ditanggapi. yapi kalau masih penasaran coa saja hubungi pihak Shopee

  13. Butom berkata:

    Bner x tu TUKIB. Masa no id/pin pmnang bisa sama gtu. Smaan yg ane dapet lg. Sms a TUKANG KIBUL Amatirnya ky gni: GRANDPRIZE SHOPEE! SELAMAT, Anda adalah Pemenang JUTAWAN SHOPEE 125’Jt dengan No.ID: AAQ2099 U/Info Lanjut Klik di_ www. info-promo11miliar. blogspot. com :-D

  14. Anonim berkata:

    Hay ka sya jga barusan dpt sms nya tpi saya gk percaya itu moduss

    Pelanggan YTH: Selamat_No Anda Resmi Mendapat Uang Tabungan Cek Rp.125 juta dari Shopee Indonesia PIN:AAQ2099
    Untuk Info KLIK: www. shopee-id29. blogspot.com

  15. novi berkata:

    Barusan q jg dpt sms kyk gitu trus prcya GK prcya sih q tlfn atas nma Abdul rohman Jaelani q tanyain itu bnr ap gk katanya sih bnr terus q tanya ke kakak q ktnya kalau adh biaya admin atw ap lah itu jangan mau dan Alhamdulillah saya gk jdie kripik

  16. Intan Sulistyaningsih berkata:

    SHOPEE GRANPRIZE.!!!
    Selamat,Anda M’dpt
    hadiah ke 2 dari
    JUTAWAN SHOPEE
    dgn NO.ID: AAQ2099
    U/Info hadiah klik:
    www. pesta-undianshopee. blogspot. com

    Barusan juga dapet sms kayak gitu wkwk gak percaya terus aku telfon aku kerjain sekalian ๐Ÿ˜‚ penipuan hoax wkwk

  17. Rida berkata:

    Sdh sering dpt sms penipuan perti ni..tp alhamdulillah sy gk pernah respon..krn yakin jls penipuan..mana ada pemberitahuan mndptkan hadiah berupa apapun memakai no pribadi n trf uang dulu…jd bg bpk ibu yg mndapatkan sms dng iming” mndptkan hadiah dr no pribadi hrs lbh selektif n waspada..jng mudah percaya n saran sy lbh baik d abaikan saja atau laporkan k pihak berwajib dng cara sms yg menyertakan no penipu..jd no itu akan segera d blokir..

  18. Nuraeni berkata:

    Selamat malem.
    Siang tadi saya mendapatkan sms juga dengan sebutan grandprize shopee tapi pin id tidak sama dengan kalian namanya pun beda dan tadi dia sudah tlpn dan menanyakn id pin saya cocok apa ngga .
    Itu gimana ya penipuan jga atau ngga?

  19. Rini berkata:

    Iyah td pagi saya jga dpt sms kya gini.udah girang aja ..tp nanyain sma suami itu cuma penipuan .

  20. Anonim berkata:

    Ya allah ko sy gx liat goolge dl y… Kena tipu 100 ribu… Sy iklas klu sy di giniin… Ckp rizki km sgtu.. Mungkin rizki sy lbh bnyk dri itu.. Mksh udh bnyk nipu orng… Nnti tanggung akibatny di akhirat…

  21. fatimah berkata:

    Alhamdulillah terimakasih informasinya… Sangat bermanfaat…

  22. Ryan berkata:

    S Abdul bajingan ya meresahkan

  23. Ratih mutia berkata:

    Td sore saya juga dapat sms ini..
    SHOPEE GRANDPRIZE
    Selamat Anda
    adalah Pemenang
    JUTAWAN SHOPEE
    125.juta dengan
    No.ID:AAQ2099
    U/info klik:
    www. infopromo11miliar. blogspot. com
    Saya klik blognya, dan benar ada keterangan no id dstu memang 125jt, udah girang aja, tp masa sih, qo ngehubunginnya lwt sms pke no pribadi lgi, trus harus tf uang dlu, perasaan liat d tv acara shopee kmren ga da pajaknya deh, mulai curiga kynya sih penipuan, ywdh tanya mbah google aja dlu, eh bener ada ternyata artikelnya,, bahwa ini penipuan,, masa iyaa sama semua no id pemenangnya,, ga pinter bgt sih y nipunya,, semoga ga ada lgi y kena tipu..

  24. desy harin berkata:

    saya juga udah trgesa2 tlfon dya . penasaran ko biasanya pemenang di shoope pasti ada di notivikasi shoopenya . ini ngga. bloonnya . kalo pun menang . masa kode nya kita sama smuah . pas nelfon sambil baca audzubillahiminasyaitin nirojim dlm hati . biar gak kna hipnotis manis dr mjlut si jaelan . . alhamdulillah allah masih nglindungin

  25. misda berkata:

    Ya allah saya sudah transfer kenmor tersebut . . saya kena tipuuu๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ saya mati*an ngumpulkan uang x dan saya malah di tipu

  26. DesaLina berkata:

    Saya tadi siang juga dapat SMS yang menyatakan bahwa saya menjadi pemenang uang sebesar 125 juta, trus saya penasaran kan, coba saya hubungi tu nomor nya ech dia bilang suruh transfer secepatnya, trus aku lanjutin tu,, aku bales aja bisanya nanti sore gitu. Ech ini telfon terus, trus ngancem* juga lagi katanya saya mau dituntut.. ya kali saya salah apaan coba mau nuntut* yang ada situ kali yang saya tuntut. ..

  27. Nina berkata:

    Alhamdulillah Saya hampir tertipu. Terimakasih infonya ๐Ÿ˜Š

  28. Felhma berkata:

    Wahh,,,saya jga barusan mendapat pesan yg serupa.Alhamdulillah gk jadi kena TIPU!

    “SHOPEE GRANDPRIZE!
    Selamat, Anda
    adalah Pemenang
    JUTAWAN SHOPEE 125’jt
    dengan NO.ID: AAQ2099
    U/Info Lanjut Klik di_
    www. GebyarShopee11miliar. blogspot. com”

  29. Muhamad Sahrul Gunawan berkata:

    Baru saja saya menerima and dari no. 081527474975 terus saya buka terus dari ido sms nya tersebut “SELAMAT!! ANDA Men-dpt HADIAH Dri PT.SHOPEE CEK Rp125juta, CODE ID ANDA AAQ2099 Untnk info klik: www. layanan-shopee23. blogspot. com” terus saya klik terus muncul, pas saya terus Baca sampe kebawah, katanya untuk info lebih lanjut hubungi pihak marketing terus saya telepon marketing itu, namanya ABDUL ROHMAN JAELANI, Ini no.telpnnya 0816902923, terus saya hubungi pas saya hubungi susah dihubungi panggilan nya menghubungkan terus, dia bicara harus kirim dulu uang sebesar Rp.1.250.000, saya sudah kirim no.rekening saya, tapi saya aga curiga karena bicaranya, terus saya bicara begini saya sekarang engga ada uang nya paling juga besok, iya engga papa besok juga ditunggu jam 12 siang, tapi tadi katanya jam 9 sudah ditutup disitu saya mulai curiga, alhamdulilah belum dikirim uang nya.

    • anella berkata:

      Alhamdulillah ternyata kebuka kedoknya., barusan aja ini tadi pagi saya juga mndapat sms serupa dengan PIN AAQ2099 yang mengatas namakan ABDUL ROHAMAN JAELANI sebelum uang senilai 125jt di transfer di rek. saya, saya harus kirim plsa 100rb di no. yang berbeda, perasaan aneh banget klau memang untuk biaya admin, kn bisa tuh di potong pajak dr undian hadiahnya bner-bener nggk masuk akal entah apa jalan pikiranya,.blum saya kirim plsanya dia tlf berulang-ulang mngkin kenapa belum di transfer plsanya untung seblum kirim plsa saya coba search siapa tau ada petunjuk banyak cara orang di luar sana yang memanfaatkan situasi, dan menghalkan segala cara agar tipunya berjalan mulus, untuk rekan, jangan smpai mnjadi korban penipuan., berhati-hati lah dan cek kebenaranya yaa karena pasti akan merugikan kita, terimakasih

  30. Retno wahyunungsih berkata:

    Hampir saja saya juga kena tipu! Untung aja saya cari2 di google siapa dia aslinya, di lihat d shopee gak ada tuh wakil direktur yang namanya ABDUL ROHMAN JAELANI! modus penipuan banget, ini ada buktinya.

    SELAMAT.NO WA anda
    terpilih sebagai
    pemenang ke-2
    dri.SHOPEE 12 12
    PIN;(AAQ2099)
    Mendapatkan uang 125jt
    Tidak menerima chat langsun buka situs kami
    UNTUK/info lebih lanjut klik di;
    www. layanan-shopee343. blogspot. com

  31. Nolimit berkata:

    Gua juga ada SMS seperti itu dan gua bales tak semudah itu ferguso

  32. Anonim berkata:

    Barusan sya juga dapat sms ini
    “SHOPEE
    GRANDPRIZE!
    Selamat Anda
    adalah pemenang
    JUTAWAN SHOPEE 125’jt
    dengan NO.ID:AAQ2099
    U/Info lanjut Klik di_
    www. kejutan-shopee11mily. blogspot. com

  33. Arista Setiani berkata:

    Alhamdulillah.. Untung aja buru2 searching..
    Pagi ini saya juga dapat sms beginian
    SHOPEE GRANDPRIZE!
    selamat,Anda
    adalah Pemenang
    JUTAWAN SHOPEE,125jt
    dgn NO.ID:KBR99D7
    U/info Lanjut klik_
    gebyar-shopee77. blogspot.com pas mau transfer inisiatif searching apakah ini penipuan atau tidak. Untung ketemu artikel ini. Terimakasih. Gak jadi krna tipu deh ๐Ÿ˜‰

  34. Joni berkata:

    Terima kasih atas tulisannya.
    Pagi ini jam 11.04 saya juga menerima sms serupa. Isinya berikut ini:
    GRANDPRIZE SHOPEE!!!
    Selamat!!! Anda adalah pemenang Hadiah Mobil honda HRV Dri.
    PESTA SHOPEE PIN: 2KL6C55. Cek pin hadiah anda di web: pestashopee. cf
    Sebelum saya melangkah lebih jauh, saya cek google apakah berita itu hoax atau tidak. Dan saya menemukan tulisan anda. Terima kasih. Saya tidak jadi tertipu.

  35. Mulattri berkata:

    Pagi ini saya mendapatkan pesan seperti itu. Baru saja saya mau transfer ternyata itu penipuan? Alhamdulillah tidak jadi transfer๐Ÿ˜ญ

  36. Chubb berkata:

    Alhamdulillah… hampir saja saya transfer…

  37. Vina berkata:

    Alhamdulillah engga jadi kena tipu ,untung ALLAH masih melindungi agar tidak tertipu .terimakasih buat situs ini ,ternyata banyak kode yang mirip dikrimkan oleh penipu tsb ya๐Ÿ˜‚

  38. Merry Indriana berkata:

    Assalamu’alaikum.. Selamat sore..
    Saya tadi siang juga dapat sms dari shopee grandprize.. (Abdul Rohman Jaelani)
    Antara yakin gak yakin sihh. ..
    Lalu saya coba tanya sama kakak saya .. Disitu saya dibilangin kalau penipuan.. Trus saya searching google. Dan akhirnya masuk kesini . ๐Ÿ˜
    Terimakasih ya atas informasinya ๐Ÿ™
    Hampir saja sya kena tipu.

  39. Sizuka berkata:

    Hampir saja mau kena tipu… Alhamdulillah Allah masih sayang sama saya …

  40. Anonim berkata:

    Siang ini saya juga dapat sms sama persis no id yg dikirimkan ke saya.

  41. Efonk berkata:

    Alhamdulilah saya sudah tertipu.saya sudah tfr uang sejumlah 1250000 untuk bea jasa pajak atas nama rek burhanudin. Sama juga orangnya abdul rohman jaelani

    • Anonim berkata:

      Ooh.. Jd itu penipuan ya…
      Tadi sore jg saya dpt Sms itu & sayapun jg yakin & ga yakin sh..
      Tp dgn saya membaca coment ini
      Saya jd tau & terimakasih atas infonya. Semoga ุงู„ู„ู‡
      Memberikan Rezeki yg melimpah Ruah melebihi uang Akhy/ukhty yg hilang/tipu itu
      & buat para penipu saya cukup ucap
      ุญุณุจู†ุง ุงู„ู„ู‡ ูˆู†ุนู… ุงู„ูˆูƒูŠู„

    • Eka berkata:

      Lalu pak bagaimana ? Ini saya juga suda tf uang 1juta 250 dan terus di hubungi sama pihak abdul rahman

      • Firman Herdiansyah berkata:

        Kalau bisa langsung hubungi pihak bank dan bilang kena kasus penipuan dengan melampirkan bukti transfer dan screenshoot gambar percakapan dengan customer service shopee yang ada di halaman ini

  42. Maya berkata:

    Wahh ini sama seperti yg saya alami. Tadi siang saya dapat sms seperti ini: Pelanggan YTH: Selamat_No Anda Resmi Mendapat Uang Tabungan Cek Rp.125 juta dari Shopee Indonesia PIN:AAQ2099 Untuk Info KLIK: shopee-ic. blogspot.com

    Dari awal memang sudah tidak percaya. Tapi iseng saya coba telpon marketing yg mengatasnamakan Abdul Rohman Jaelani. Ketika saya telpon cara bicaranya saja terbata-bata.
    Lalu saya tanyakan apa bukti kalau saya sebagai salah satu pemenang Jutawan Shopee, jawabnya malah ga nyambung.

    Alhamdulillah tidak kena tipu. Tetap hati-hati dan waspada !!!

  43. Anonim berkata:

    Alhamdulillah saya sudah ketipu.
    Semoga tidak ada korban lagi. Amin YA ALLAH.

  44. Jodi Paturrahman berkata:

    saya hampir saja ke tipu cuma saya searching searching dulu, udah mau transfer malah

  45. Astri berkata:

    Itu sama persis dg sms saya,saya sempat elp. Dan ngasih no.rekening saya
    Trs gimana ya?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Tidak perlu khawatir selama mba Astri belum transfer uang tidak masalah, segera saja laporkan ke pihak terkait (bank dan toko online-nya) untuk langkah pencegahan

  46. dea berkata:

    pagi ini sy juga terima sms yg sama. intinya meminta pengiriman uang adm trlebih dhulu. tpi ga sy respon krn ini modus penipuan

    • Dwina02 berkata:

      Hari ini saya dapat pesan seperti itu karna saya masih pelajar saya belum tau makanya itu alhamdulillah saya search dulu apa pesan itu benar atau tidak.. Alhamdulillah ternyata itu hoax terima kasih atas informasi nya.. ๐Ÿ™๐Ÿ™

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.