Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee

Pagi ini saya mendapatkan SMS dari no yang tidak dikenal. Isi SMS tersebut mengatakan bahwa saya pemenang jutawan Shopee/ Goyang Shopee/ THR Shopee sebesar 125 juta. Siapapun pastikan senang bila mendapatkan rezeki mendadak seperti memenangkan sebuah undian, apalagi hadiahnya tergolong besar.

Namun seperti yang kita ketahui saat ini sering terjadi banyak penipuan yang mengatasnamakan sebuah Brand atau toko online terkenal, dimana modusnya hampir sama yaitu kita sebagai pemenang undian.

Namun untuk mendapatkan hadiah tersebut kita harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu, dengan alasan untuk biaya administrasi dll. Ok, kembali ke SMS yang mengatakan saya pemenang undian ini dia penampakannya

Penipuan Shopee 2

 

Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee THR

Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee pemenang ke 2

Hal pertama yang saya curigai bahwa ini adalah penipuan adalah alamat situs web yang ada dalam isi SMS merupakan web/ blog gratisan (blogspot) yang siapapun dapat membuatnya dengan mudah dan bebas, ditambah tampilannya yang tidak meyakinkan.

Dan seperti kebanyakan penipuan digital lainnya, banyak dari keterangan hadiah dan lainnya sangat tidak masuk akal. Sebagai contoh untuk pemenang Mobil dan berada di luar jakarta, hadiah akan di antar melalui transportasi udara menggunakan jasa pesawat kargo milik Angkatan TNI … HAH?????? depok aja di luar jakarta, berarti kalau pemenangnya orang depok bakal diantar pake pesawat? lah depok bandaranya dimana??? lagi pula sejak kapan TNI AU membuka jasa pengiriman kargo???

Setelah itu lalu saya mengirim pesan ke pihak Shopee untuk menanyakan apa benar saya pemenang Grandprize Jutawan Shopee. Dan ini jawaban dari pihak Shopee.

Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee Jawaban CS Shopee

Intinya pihak Shopee menyarankan untuk mengabaikan SMS tersebut dikhawatirkan terindikasi tindakan penipuan. Apabila kita diberikan hadiah menarik yang ditawarkan oleh Shopee, maka kita akan menerima notifikasi di akun Shopee pribadi.

Sebagai informasi, kita dapat melaporkan hal yang dianggap penipuan di link ini.

Apabila ada yang merasa pernah menerima SMS penipuan serupa atau bahkan pernah tertipu silakan kirim pengalaman kamu di kolom komentar agar tidak ada lagi yang tertipu oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagi yang sudah terlanjur melakukan transfer, langsung melakukan pelaporan indikasi penipuan yang dapat dilakukan melalui kantor cabang Bank terdekat dgn membawa buku tabungan, kartu debit, KTP, surat pelaporan dari kepolisian

*Pihak Bank bisa melakukan pemblokiran rekening pelaku penipuan. Namun setiap Bank memiliki prosedur pemblokiran rekening yang berbeda. Dan setiap prosedur biasanya akan melibatkan kepolisian.

PASAL 378 KUHP Tentang Penipuan:

“Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.”

referensi: https://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4ceb3048897ea/penggelapan-dan-penipuan/

Dikarenakan banyaknya korban penipuan ini, dimohon untuk bagikan/ share artikel ini ke teman dan keluarga kamu agar mereka terhindar dari penipuan ini. Mari kita berantas penipuan online dan hoax di Indonesia.