Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee

Pagi ini saya mendapatkan SMS dari no yang tidak dikenal. Isi SMS tersebut mengatakan bahwa saya pemenang jutawan Shopee sebesar 125 juta. Siapapun pastikan senang bila mendapatkan rezeki mendadak seperti memenangkan sebuah undian, apalagi hadiahnya tergolong besar.

Namun seperti yang kita ketahui saat ini sering terjadi banyak penipuan yang mengatasnamakan sebuah Brand atau toko online terkenal, dimana modusnya hampir sama yaitu kita sebagai pemenang undian. Namun untuk mendapatkan hadiah tersebut kita harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu, dengan alasan untuk biaya admisnistrasi dll.

Ok, kembali ke SMS yang mengatakan saya pemenang undian ini dia penampakannya

Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee SMS

Hal pertama yang saya curigai bahwa ini adalah penipuan adalah alamat situs web yang ada dalam isi SMS merupakan web/ blog gratisan (blogspot) yang siapapun dapat membuatnya dengan mudah dan bebas, ditambah tampilannya yang tidak meyakinkan.

Dan seperti kebanyakan penipuan digital lainnya, banyak dari keterangan hadiah dan lainnya sangat tidak masuk akal. Sebagai contoh untuk pemenang Mobil dan berada di luar jakarta, hadiah akan di antar melalui transportasi udara menggunakan jasa pesawat kargo milik Angkatan TNI … HAH?????? depok aja di luar jakarta, berarti kalau pemenangnya orang depok bakal diantar pake pesawat? lah depok bandaranya dimana??? lagi pula sejak kapan TNU AU membuka jasa pengiriman kargo???

Setelah itu lalu saya mengirim pesan ke pihak Shopee untuk menanyakan apa benar saya pemenang Grandprize Jutawan Shopee. Dan ini jawaban dari pihak Shopee.

Modus Penipuan Pemenang Grandprize Jutawan Shopee Jawaban CS Shopee

Intinya pihak Shopee menyarankan untuk mengabaikan SMS tersebut dikhawatirkan terindikasi tindakan penipuan. Apabila kita diberikan hadiah menarik yang ditawarkan oleh Shopee, maka kita akan menerima notifikasi di akun Shopee pribadi.

Sebagai informasi, kita dapat melaporkan hal yang dianggap penipuan di link ini.

Apabila ada yang merasa pernah menerima SMS penipuan serupa atau bahkan pernah tertipu silakan kirim pengalaman kamu di kolom komentar agar tidak ada lagi yang tertipu oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.

Mari kita berantas penipuan dan hoax online di Indonesia.

4 Komentar
  1. Jodi Paturrahman berkata:

    saya hampir saja ke tipu cuma saya searching searching dulu, udah mau transfer malah

  2. Astri berkata:

    Itu sama persis dg sms saya,saya sempat elp. Dan ngasih no.rekening saya
    Trs gimana ya?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Tidak perlu khawatir selama mba Astri belum transfer uang tidak masalah, segera saja laporkan ke pihak terkait (bank dan toko online-nya) untuk langkah pencegahan

  3. dea berkata:

    pagi ini sy juga terima sms yg sama. intinya meminta pengiriman uang adm trlebih dhulu. tpi ga sy respon krn ini modus penipuan

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.