Modus Penipuan Pemenang LAZADA GRANDPRIZE!

Pagi ini saya kembali menerima SMS yang terindikasi penipuan. Setelah sebelumnya banyak yang telah tertipu dengan Modus Penipuan Shopee, maka tidak bisa dipungkiri bahwa penipuan SMS Pemenang LAZADA GRANDPRIZE! bisa memakan banyak korban juga.

Dengan memanfaatkan ketidaktahuan calon korban akan penipuan online, ditambah banyak korban yang gelap mata kalau sudah menyangkut hadiah yang cukup besar. Banyak dari korban rela mentransfer uang jutaan rupiah ketika mereka percaya akan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah.

Maka dari itu saya akan membahas kenapa SMS yang saya terima merupakan bentuk penipuan dan mungkin Anda yang juga menerima SMS yang sama tidak tertipu dengan penipuan murahan ini.

Mari kita lihat isi SMS nya terlebih dahulu

Modus Penipuan Pemenang LAZADA GRANDPRIZE!

Setelah itu inilah penampakan situs penipuannya

Modus Penipuan Pemenang LAZADA GRANDPRIZE! Web

Web penipuan dengan desain yang cupu dan ga ada bagus-bagusnya

Lalu mengapa saya bisa mengatakan ini sebuah penipuan? Sebenarnya dari isi SMS pun saya sudah bisa menduga bahwa ini penipuan, ditambah beberapa hal yang tidak masuk akal,  malahan terkesan lucu, diantaranya

    1. Pemenang harus melunasi biaya administrasi balik nama STNK/BPKB kendaraan sebesar 4,7jt untuk kendaraan mobil dan 750rb, melalui perbankkan setempat di tujukan ke Rekening yang dipercayakan pihak Samsat Metro Jaya. Hadiah belum diterima sudah minta biaya ini itu, dan biasanya hadiah berupa kendaraan baru jadi buat apa balik nama.
    2. Saat SMS dikirimkan Lazada tidak sedang mengadakan undian apapun
    3. Situs web tidak menggunakan domain resmi lazada Indonesia lazada.co.id. Biasanya kalau ada promo pun pihak lazada tetap menggunakan domain resminya seperti promoundian.lazada.co.id
    4. Situs web menggunakan web gratisan (blogger), namun si penipu cukup pintar dengan menggunakan “custom domain” (pesta-lazada2019.tk) agar meyakikan calon korbannya bahwa ini bukan situs gratisan
    5. Dalam keteranganya di web dicantumkan “Diharapkan Kepada Pemenang Untuk Tidak Menyebarluaskan Mengenai Masalah Hal Ini Sebelum Hadiah Diterima, Untuk Menghindari Adanya Pemalsuan Pemenang, Iri Hati & Cemburu Sosial. UUD No.32 Pasal 331 Ayat 23, Tentang Kecemburuan Sosial Sesama Masyarakat“. Sejak kapan ada Undang Undang Dasar yang mengatur Kecemburuan Sosial Sesama Masyarakat …. haha
    6. Menyertakan lembaga negara (KPK, Kominfo, Kepolisian) untuk pengesahan Undian yang bersifat komersial. Memangnya ini undian untuk koruptor apa.
    7. Dan banyak lag hal janggal & lucu lainnya.

Kesimpulannya, untuk tidak tergiur akan penipuan seperti ini, dan JANGAN PERNAH TRANSFER UANG untuk undian yang anda menangkan dengan alasan apapun.

*Apabila ada yang sudah terlanjur tertipu silakan hubungi pihak bank Anda untuk tindak lanjut.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.