Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows - ss2

Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows

Pada Windows 10 kamu dapat berbagi file di komputer kamu dengan pengguna lain melalui jaringan, dan meskipun ini mungkin terlihat rumit, sebenarnya berbagi file adalah tugas sederhana ketika menggunakan alat yang disediakan oleh Windows.

Tergantung pada lingkungan jaringan dan apa yang kamu coba capai, setidaknya ada empat cara untuk mengatur berbagi file di Windows 10. Kamu dapat menggunakan folder Publik, yang merupakan pengaturan khusus yang memungkinkan untuk berbagi file melalui jaringan lokal tanpa mengkonfigurasi izin.

Atau kamu dapat berbagi konten menggunakan fitur Berbagi File di Windows 10. Dan jika kamu ingin berbagi file dengan orang lain di internet, kamu dapat menggunakan berbagi file dengan OneDrive atau Google Drive.

Dalam panduan ini kamu akan mempelajari langkah-langkah untuk berbagi file melalui jaringan menggunakan File Sharing.

Cara berbagi file menggunakan File Explorer

Menggunakan fitur Berbagi File bawaan pada Windows 10 adalah metode terbaik yang dapat kamu gunakan untuk berbagi file di jaringan lokal, karena lebih fleksibel. Kamu dapat menggunakan izin yang lebih ketat, dan kamu dapat berbagi file dengan hampir semua perangkat, termasuk perangkat Mac, Android, dan Linux.

Ada dua cara untuk berbagi file menggunakan File Explorer. Pertama kamu dapat menggunakan pengaturan dasar yang memungkinkan kamu untuk dengan cepat berbagi file di jaringan dengan konfigurasi minimal, atau kamu dapat menggunakan pengaturan lanjutan untuk mengatur izin kustom dan mengatur opsi lanjutan lainnya.

Share Folder pada Windows

Kamu harus mengaktifkan berbagi file Windows, agar sistem operasi lain dapat mengakses PC kita. Untuk melakukan ini ikuti langkah berikut:

Klik kanan pada icon jaringan (Wifi/ Lan) pada “System Tray” (pojok kanan bawah) lalu pilih “Open Network & Internet Settings

Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows - ss1

Pilih “Sharing Option” pada bagian “Change Your Network Setting

Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows - ss2

Di “Private Network” pada bagian “Network Discovery” pilih “Turn on automatic setup of network connected device

Pada “File and printer sharing” pilih “Turn on file and printer sharing

Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows - ss3

Di “All Networks” pada bagian Public Folder Sharing pilih “Turn on sharing so anyone with network access can read and write files in the Public folders

Pada bagian “Password protected sharing” pilih “Turn on password protected sharing” agar hanya yang memiliki password (user dan password login Windows) yang bisa mengakses folder yang di share.

Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows - ss4

Klik Save changes, lalu restart PC kamu.

 

Berbagi file menggunakan pengaturan dasar

Untuk berbagi file di jaringan lokal menggunakan pengaturan cepat, gunakan langkah-langkah ini:

Buka File Explorer di Windows 10.

Arahkan ke folder yang ingin kamu bagikan.

Klik kanan item, dan pilih opsi Properties.

Klik pada tab Sharing.

Klik tombol Share.

Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows - ss5

Gunakan menu tarik-turun untuk memilih pengguna atau grup untuk berbagi file atau folder. (Untuk tujuan panduan ini, pilih grup “Everyone“.)

Klik tombol Add.

Di bawah bagian “Permission Level“, pilih jenis izin berbagi yang kamu inginkan dari folder tersebut. Misalnya, kamu dapat memilih Read (default) jika kamu hanya ingin pengguna dapat melihat dan membuka file. Jika kamu memilih Read/Write, pengguna dapat melihat, membuka, memodifikasi, dan menghapus konten pada folder yang kamu bagikan.

Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows - ss6

Klik tombol Share.

Klik tombol Close.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkahnya, konten yang dibagikan harus tersedia saat menjelajah komputer secara remote di File Explorer > Network.

Cara Pengaturan Share File di Jaringan Windows - ss7