Dimana Disimpan Sertifikat Vaksin APK PeduliLindungi

Anda sedang bingung dimana mencari sertifikat vaksin yang di download di aplikasi PeduliLindungi untuk Android?

Ditengah segala keribetan yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 ini, yang salah satunya adalah kita harus “check-in” menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Walaupun cara ini sangat ideal untuk melakukan pengecekan terhadap siapa saja yang sudah vaksin, tapi hal ini tidak terlepas dari kekurangan.

Salah satu kekurangan dengan cara ini adalah harus adanya jaringan internet aktif. Selain itu sering aplikasi error sehingga kita tidak bisa check-in.

Untuk mengatasi ini kita bisa menunjukan sertifikat vaksin yang telah di print maupun menunjukan sertifikat vaksin yang telah di download baik melalui aplikasi, web, maupun SMS.

Masalah lain muncul dengan cara ini terutama untuk download sertifikat vaksin di Aplikasi mobile terutama Android. File yang telah didownload tidak bisa kita temukan di galeri foto, padahal filenya berupa file gambar. Lalu dimanakah file tersebut berada?

Cek info berikut ini tentang cara download sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi untuk Android dan dimana mencari file sertifikat vaksin yang telah di download tadi.

*Sebagai catatan saya anggap Anda telah menerima sertifikat vaksin yang diterbitkan, dan telah melakukan registrasi di aplikasi PeduliLindungi.

Cara Download Sertifikat Vaksin di aplikasi PeduliLindungi

Langkah 1

Buka aplikasi PeduliLindungi, lalu klok tombol “Vaccine Certificate

Dimana Disimpan Sertifikat Vaksin APK PeduliLindungi - Step 1

Langkah 2

Lalu klik pada nama orang yang sertifikat vaksin-nya ingin di download

Dimana Disimpan Sertifikat Vaksin APK PeduliLindungi - Step 2

Langkah 3

Apabila Anda sudah mendapatkan vaksin kedua atau vaksin booster, maka akan ada lebih dari satu sertifikat vaksin yang tersedia. Klik pada salah satu gambar sertifikat vaksin yang ingin di download.

Cara Download Sertifikat Vaksin di aplikasi PeduliLindungi - Step 3

Langkah 4

Klik Tombol “Download Certificate“.

Lalu akan muncul notifikasi yang menanyakan “Apakah Anda ingin mengunduh kedalam smartphone Anda?”. Klik “Ya, Unduh

Sertifikat akan di download dan di simpan di smartphone Anda.

Cara Download Sertifikat Vaksin di aplikasi PeduliLindungi - Step 4

Mencari File Sertifikat Vaksin aplikasi PeduliLindungi

Langkah 1

Buka aplikasi atau apk “File Manager“. Aplikasi ini biasanya sudah terinstal (preinstalled) di smartphone Anda jadi tidak usah mendownload aplikasi tambahan. Walau begitu Anda juga bisa menggunakan apk file manager pihak ketiga apabila anda terbiasa menggunakannya.

Penamaan aplikasi ini berbeda-beda tergantung merek smartphone & OS yang digunakan. Pada intinya aplikasi jenis ini dapat meilhat daftar file yang terdapat di smartphone Anda.

Dimana Disimpan Sertifikat Vaksin APK PeduliLindungi - Step 1 - 1

Langkah 2

Akses atau buka folder yang bernama “Pictures“. Apabila anda tidak bisa menemukanya, buka bagian atau tab “Album” lalu cari folder “Pictures” dari daftar.

Di folder “Pictures” inilah sertifikat vaksin yang telah di download berada.

Dimana Disimpan Sertifikat Vaksin APK PeduliLindungi - Step 2-2

Langkah 3

Setelah Anda menemukan file sertifikat vaksin, Anda bisa menyimpan, memindahkan, atau share file sertifikat vaksin tersebut untuk kemudahan akses nantinya.

Selamat mencoba.