10 Tips Google Calendar Ini Akan Membuat Anda Menguasai Jadwal

Tidak ada orang yang suka terlambat dalam hal apa pun, baik itu rapat, kencan, atau bertemu dengan teman Anda. Di situlah kalender sederhana berperan.

Seperti semua kalender, Google Calendar seharusnya membuat Anda tetap di jalur dan tepat waktu. Setidaknya, jika Anda tahu cara menggunakannya. Bahkan jika Anda adalah seseorang yang menjadwalkan segalanya mulai dari makan malam hingga membaca, meluangkan waktu berjam-jam untuk mempelajari setiap fitur Google Calendar atau permata tersembunyi dapat mengganggu jadwal Anda yang sudah sibuk.

Jadi, inilah beberapa kiat dan trik Google Calendar terpenting yang Anda perlukan untuk mendapatkan kembali waktu Anda, mengurangi rapat yang tidak perlu, dan membuat semua orang mendapatkan pembaruan tanpa harus membombardir dengan pesan atau pemberitahuan yang terus-menerus.

Ketahui Notifikasi Anda

pemberitahuan acara kalender google

Mendapatkan notifikasi 48 jam sebelum janji pertemuan tidak sepenuhnya membantu, juga tidak untuk notifikasi 10 menit sebelum Anda seharusnya berada di bandara. Jadi, kendalikan notifikasi Anda sebelum Anda mulai membuatnya.

Anda dapat menyesuaikan setiap pemberitahuan kalender dengan mengeklik ikon Pengaturan dan memilih kalender Anda. Anda akan melihat opsi untuk menambahkan sebanyak (atau sedikit) notifikasi notifikasi yang Anda inginkan, dan menentukan apakah notifikasi tersebut muncul di perangkat Anda atau sebagai email. Menambahkan pemberitahuan untuk acara sepanjang hari sama sederhananya, seperti jika Anda lupa tentang reuni keluarga pada hari Sabtu ini.

Selain itu, Anda dapat mengaktifkan pemberitahuan email yang memperingatkan Anda tentang perubahan acara Anda, apakah itu pembatalan atau perubahan tempat.

Periksa Kalender Default Perangkat Anda

Jika Anda menemukan bahwa ketika sudah menambahkan acara ke kalender namun tidak melihatnya di tempat yang Anda harapkan, Anda mungkin berurusan dengan kalender default yang ditetapkan salah. Hal ini bisa menjadi masalah jika Anda menggunakan aplikasi kalender default di perangkat Mac atau iOS, karena kalender iCloud default mungkin bukan pilihan utama Anda.

Di iOS, memodifikasi kalender default Anda mudah. Kunjungi Settings > Calendar, dan pilih Default Calendar untuk melihat kalender yang tersedia yang disediakan oleh akun di bagian Passwords & Accounts Settings. Di Mac, buka aplikasi Kalender dan pilih Kalender dari kiri atas bilah menu. Dari sana, Anda dapat mengubah kalender default dan aplikasi kalender default, serta peringatan apa pun yang Anda inginkan (atau tidak inginkan).

Bagikan Jadwal Anda Dengan Anggota Keluarga

jadwal berbagi kalender google

Ingin memberi tahu keluarga atau teman Anda tentang kejadian terbaru dalam hidup Anda, atau setidaknya membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mengetahui kapan Anda punya waktu luang untuk makan malam? jawabannya adalah bagikan jadwal Anda dengan mereka.

Pilih kalender Anda di Pengaturan dan scroll ke bawah ke bagian “Share with specific people”. Di sana Anda dapat mengundang orang untuk melihat kalender Anda, dan memberi mereka hak istimewa seperti kemampuan untuk mengubah tanggal atau sekadar melihat bagian paling dasar dari jadwal Anda.

Tambahkan “Tujuan” / Goal Dari Handphone Anda untuk Tetap di Jalur yang ditetapkan

Ingin kembali ke latihan gym Anda, atau belajar sedikit lebih banyak bahasa Prancis sebelum perjalanan Anda ke luar negeri? Jika Anda memiliki ponsel cerdas, Google dapat membantu meluangkan waktu sesuai jadwal Anda untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Di aplikasi Google Calendar iOS dan Android, Anda dapat menambahkan “Tujuan” responsif, yang melihat jadwal Anda untuk secara otomatis menambahkan jadwal yang berulang untuk berolahraga, membaca, atau menyelesaikan cucian mingguan (Anda juga dapat membuat tujuan Anda sendiri). Atribut seperti waktu mulai atau frekuensi juga dapat disesuaikan, memberikan lebih banyak informasi kepada kalender Anda untuk menyesuaikan diri dengan jadwal Anda dengan lebih baik.

Semakin banyak Anda menyelesaikan (atau menunda) tujuan Anda, semakin baik Google Calendar dalam memilih waktu utama agar Anda tetap di jalur. Anggap saja sebagai pelatih kehidupan Anda yang dapat disesuaikan.

Biarkan Kalender Anda Mengatur Rapat Anda

Kecuali Anda membagikan agenda dengan semua orang yang berinteraksi dengan Anda, menjadwalkan pertemuan dengan lebih dari satu orang bisa menjadi latihan yang membuat frustrasi. Jadi, daripada berakhir dengan serangkaian email masuk penanda bahwa undangan kalender “CVS” anda diterima, serahkan ke Google untuk menemukan waktu yang tepat untuk semua orang.

Saat Anda membuat acara, pilih bagian “Find a Time” di samping “Event Details,” dan tambahkan tamu yang ingin Anda sertakan dalam proses penjadwalan. Jika mereka berbagi informasi kalender dasar dengan Anda, Anda akan dapat melihat kapan mereka sibuk atau senggang, dan memilih waktu yang tepat untuk semua orang. Di bawah daftar tamu, Anda bahkan dapat melihat waktu rapat yang disarankan Google jika Anda lebih suka membiarkan mesin mengambil alih.

Gunakan Suara untuk Mengontrol Kalender Anda

Rumah pintar dan asisten suara dirancang untuk menghilangkan pekerjaan kasar dari tugas sehari-hari. Dengan menyinkronkan Google Calendar Anda dengan Google Assistant, Anda cukup menanyakan tentang hari Anda, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke suatu acara, atau menambahkan janji baru ke jadwal Anda tanpa melihat layar.

Anda memerlukan aplikasi Google Home di handphone Anda terlebih dahulu. Dari sana, tekan Setting, lalu pilih “More Settings” di bagian bawah halaman. Pada tab Assistant , Anda dapat mengscroll ke bawah untuk melihat daftar perangkat dan mengaktifkan hasil penelusuran personal, yang akan memberi perangkat Anda akses ke kontak, kalender, dan pengingat. Di tab Services, Anda dapat mengatur kalender default Anda, dan memilih mana yang ditampilkan di perangkat seperti Google Home Hub.

Atur Jam Kerja Anda dan Buat Janji dengan Mudah

jam kerja kalender google

Sulit untuk fokus pada jadwal Anda sendiri jika ada orang yang bisa menghubungi dan memaksakan jadwal mereka sendiri pada jadwal Anda. Meskipun Anda jelas tidak harus menerima setiap janji pertemuan kalender yang dikirimkan kepada Anda, pengaturan jam kerja Anda memudahkan mereka yang mengirim undangan kalender untuk mempertimbangkan kembali apakah Anda siap untuk bergabung dalam rapat lima menit sebelum Anda harus pergi.

Appointment slots memudahkan orang lain untuk mengetahui kapan Anda senggang untuk mengobrol juga, menghemat waktu di kedua sisi. Menambahkan kedua jadwal Anda sangat ideal, dan Anda bisa melakukannya jika Anda memiliki akun G-Suite berbayar (seperti yang Anda dapatkan dari tempat kerja atau sekolah Anda), yang menyediakan beberapa fitur lebih banyak dibandingkan dengan akun Google standar.

Jangan Biarkan Zona Waktu Mengacaukan Anda

zona waktu kalender google

Terlambat berjam-jam untuk menelepon seseorang di belahan dunia lain tidak hanya akan membuat Anda frustrasi, tetapi mungkin juga sedikit kelelahan. Jika zona waktu tidak cocok untuk Anda, Anda bisa mendapatkan sedikit bantuan dalam hal menjadwalkan percakapan internasional atau antar kota dengan benar. Tekan ikon Pengaturan dan scroll ke bawah ke “Time zone”, di mana Anda dapat mengaktifkan opsi untuk menampilkan zona waktu dan jam dunia dalam versi web Google Calendar.

Dan meskipun Anda dapat mengubah zona waktu sepenuhnya jika Anda bepergian antar negara, Anda dapat dengan mudah mengubah zona waktu dari satu kalender, mungkin kalender yang Anda bagikan dengan seseorang di negara lain, atau untuk liburan panjang Anda.

Impor Kalender Adalah Impian Bagi yang sering Lupa

kalender liburan google

Selalu lupa ketika Hari Besar Keagamaan seperti seseorang yang tidak memiliki kalender?, itulah sebabnya daftar “calendars of interest” Google adalah tambahan yang sempurna untuk kalender Anda sendiri. Di bagian “Other Calendars”, di bawah kalender yang dibuat pengguna, Anda dapat berlangganan, atau mengimpor kalender lain dari seluruh web.

Kalender minat Google terutama terkait dengan liburan dan olahraga, dan menawarkan berbagai tingkat bantuan tergantung pada tim yang Anda dukung atau keyakinan agama Anda.

Dikejar untuk Waktu? Pelajari Pintasan Keyboard Anda

Pintasan keyboard Google adalah penyelamat bagi mereka yang tidak suka menyeret dan menjatuhkan, mengklik, atau sekadar mengacaukan alur saat Anda mencoba mengoptimalkan waktu yang dihabiskan di kalender Anda.

Seperti perluasan teks, mempelajari cara menggunakan pintasan untuk menambahkan acara, mengscroll tanggal, menyingkirkan janji, atau melompat ke agenda hari ini dapat menghemat beberapa menit setiap hari, yang bertambah. Lihat daftar pintasan Google saat Anda siap melakukan lompatan dan meninggalkan mouse untuk cara pengelolaan kalender yang lebih lancar.